14 Trik Unik Nan Sederhana Ini Membuktikan Jika Sains Itu Ternyata Menyenangkan!

350 views

Banyak orang yang tidak menyukai sains karena dianggap sulit dan kompleks. Sains yang sering diidentikkan dengan ilmu hitung, banyak membuat alergi banyak pelajar. Padahal, banyak trik sains sederhana yang bisa kita coba di rumah. Apa saja? Yuk, diintip beberapa trik sains sederhana di bawah ini!

Percobaan Lada dan Air

Percobaan lada dan air

Percobaan lada dan air via pinterest.com

Hal yang harus kamu siapkan ketika melakukan percobaan ini adalah air, lada, wadah dan sabun cuci piring. Pertama-tama, masukan air ke dalam wadaah yang sudah disiapkan.

Lalu celupkan jarimu ke dalam wadah, tidak ada hal aneh yang terjadi. Namun apa yang akan terjadi jika kamu menempelkan sabun cuci piring ke tangan kemudian menyelupkan tanganmu ke dalam air berisi lada? Tara, lada tersebut seakan berlari menjauh dari tanganmu. Ajaib bukan?

Percobaan Wiski dan Kartu

Percobaan wiski dan kartu

Percobaan wiski dan kartu via 9bytz.com

Trik sains kali ini hanya membutuhkan air putih, wiski, dua gelas kecil dan kartu yang berukuran agak tebal. Pertama kamu masukkan wiski dan air putih ke dalam dua gelas yang berbeda.

Lalu, tutup gelas yang berisi air putih dan letakkan diatas gelas berisi wiski. Geser kartumu sehingga ada celah kecil diantara gelas berisi wiski dan air putih. Tunggu beberapa menit sampai wiski berpindah ke gelas yang tadinya berisi wiski. Wah, bisa kamu jadikan trik sulap nih!

Percobaan Balon Tahan Api

Balon tahan api

Balon tahan api via youtube.com

Percobaan balon yang fireproof ini lebih simple lagi. Kamu hanya membutuhkan balon yang telah kamu isi air, kemudian ditiup. Setelah itu, nyalakan api dibawah balon yang telah diisikan air. Secara ajaib, balonmu tidak akan pecah! Jadi ayo, buktikan dan cobalah trik ini di rumahmu.

Mengembangkan Balon Tanpa Meniupnya

Mengembangkan balon tanpa meniupnya

Mengembangkan balon tanpa meniupnya via pinterest.com

Kamu hanya perlu menyiapkan balon, cuka, baking soda dan botol bekas air mineral untuk melakukan percobaan ini. Pertama-tama, masukkan cuka ke dalam botol bekas air mineral, kemudian masukkan juga baking soda ke dalam balon.

Lalu, secara hati-hati masukkan balon yang berisi baking soda itu ke dalam botol berisi cuka. Niscaya, balonmu akan mengembang tanpa perlu kamu tiup. Menarik untuk segera kamu coba, kan?

Percobaan Bom Busa

Bom busa

Bom busa via youtube.com

Hal yang kamu perlukan untuk menciptakan busa yang meledak adalah air, koran sebagai alas, larutan cuka, baking soda, plastik bening berpenutup, deterjen, pewarna makanan dan tisu. Pertama-tama, masukkan air, cuka, pewarna makanan sesuai selera dan deterjen ke dalam plastik transparan.

Kemudian lebarkan tisu diatas alas (koran), dan taburkan baking soda diatasnya, lalu lipat lagi tisunya agar melapisi baking soda. Setelah itu, masukkan baking soda berlapis tisu tersebut ke dalam plastik yang telah dicampur dengan berbagai bahan. Bom milikmu sudah jadi, tinggal kamu kocok dan bomnya akan siap untuk meledak. Tenang, bom ini tidak berbahaya, justru malah bisa menciptakan wahana permainan yang seru.

Membuat Gunung Berapi

Membuat gunung berapi

Membuat gunung berapi via pinterest.com

Gunung Berapi ternyata bisa kamu buat dengan sangat mudah. Menggunakan beberapa alat sederhana, dan kamu juga bisa menciptakan gunung merapimu sendiri, lho.

Pertama-tama, siapkan botol air mineral, tepung (tanah liat), soda kue, cuka, sabun cair, air panas dan pewarna makanan. Kemudian buat gunung dengan menggunakan adonan tepung (tanah liat) dan botol bekas air mineral. Jangan lupa sisakan lubang pada botol sebagai tempat keluarnya lava.

Kemudian, masukkan sedikit air panas ke dalam botol, tambahkan sabun cair dan soda kue. Untuk membuat erupsi, campurkan cuka kedalam berbagai adonan tersebut, tambahkan pewarna agar lebih terlihat nyata. Menarik bukan?

Air Mancur Soda

Air mancur soda

Air mancur soda via youtube.com

Jika kamu tertarik untuk membuat air mancur sendiri, trik satu ini bisa kamu coba di rumah. Selain baking soda dan cuka, campuran antara air berkarbonasi dan permen mint juga dapat menimbulkan efek “meledak”.

Untuk membuat air mancur soda ini kamu hanya memerlukan beberapa permen mint dan soda. Tunggu beberapa saat, kamu sudah berhasil membuat air mancur-mu sendiri. Sangat mudah, bukan?

Membersihkan Noda Pakaian dengan Bedak

Membersihkan noda pakaian

Membersihkan noda pakaian via emptyhousefullmind.com

Pernahkah kamu kesal karena noda pakaian tidak hilang dengan deterjen biasa? Jangan khawatir, kamu bisa menggunakan bedak untuk membantu menghilangkan noda. Pertama, bersihkan noda pakaianmu menggunakan bedak, tunggu sebentar. Kemudian, cuci pakaian dengan deterjen seperti biasa. Dijamin deh, noda di pakaianmu akan hilang.

Telur Transparan

Telur transparan

Telur transparan via bathactivitiesforkids.com

Satu lagi trik sains sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Hanya menggunakan cuka dan wadah, kamu dapat membuat telur menjadi transparan. Caranya hanya dengan merendam telur semalaman ke dalam wadah berisikan cuka. Perhatikan apa yang terjadi kemudian cuci telurnya. Niscaya telurmu akan berubah menjadi transparan.

Membuat Telur Menjadi Ciut

Telur menjadi ciut

Telur menjadi ciut via blog.thedistilledwatercompany.com

Setelah kamu berhasil membuat telurmu menjadi transparan, kamu juga bisa membuatnya menciut dengan sendirinya, lho. Kamu tinggal rendam telur yang sudah terkelupas kulitnya karena cuka tersebut, dan rendam kembali menggunakan sirup selama semalam. Keesokannya, secara ajaib telurmu akan berubah mejadi ciut.

Mengambil Koin Dalam Air, Tanpa Membuat Tanganmu Basah

Mengambil koin

Mengambil koin via youtube.com

Meskipun terdengar mustahil, tapi trik ini sangat mudah untuk dilakukan. pertama-tama masukkan air ke dalam wadah, kemudian letakkan koin di dalamnya. Remas kertas, kemudian masukkan kedalam gelas, selanjutnya bakarlah kertas tersebut. Letakkan gelas berisi kertas terbakar diatas wadah secara terbalik. Hasilnya air akan naik ke dalam gelas sehingga piring yang semula basah menjadi kering.

Balon Tidak Pecah Setelah Ditusuk

Balon tidak pecah setelah ditusuk

Balon tidak pecah setelah ditusuk via youtube.com

Balon yang memiliki dua sisi tebal, ternyata dapat kamu manfaatkan untuk membuat percobaan sains sederhana. Dengan sebilah bambu tipis yang sudah diruncingkan dan minyak goreng, kamu dapat menusuk balonmu tanpa membuatnya meledak. Percobaan ini dapat kamu lakukan asalkan kamu menusuknya dua pada sisi balon yang tebal. Selamat mencoba!

Balon Menempel Pada Rambut

Balon menempel pada rambut

Balon menempel pada rambut via science-sparks.com

Gesekan pada balon ternyata dapat membuat aliran energi yang dapat membuat benda-benda tertentu menempel pada balon. Pertama-tama, tiuplah balon kemudian ikat agar tidak ada udara yang keluar dari balon. Kemudian gesekan balon di rambut/ sweater kesayanganmu sekitar sepuluh kali dan diamkan selama satu menit. Efeknya rambutmu akan berdiri mengikuti balon dan sweatermu akan menempel pada balon.

Membersihkan Koin Kotor Menggunakan Cuka

Membersihkan koin kotor

Membersihkan koin kotor via thehappyhousewife.com

Ada cara mudah agar uang logam milikmu kembali kinclong. Caranya, masukkan cuka dan satu sendok garam ke dalam gelas plastik. Selanjutnya, masukkan koin kotor milikmu ke dalam larutan cuka dan garam tersebut, diamkan selama beberapa menit. Setelah beberapa menit, keringkan koinmu kemudian bersihkan. dijamin deh uang koinmu akan bersih dan tidak lagi membuat dompetmu kotor.

Bagaimana? Ternyata sains tidak selalu menakutkan bukan? Dengan berbagai trik sains diatas, kamu juga bisa mengajarkan kepada adik atau keponakanmu jika ternyata sains itu menyenangkan. Apalagi jika percobaannya kamu lakukan bersama dengan orang terdekatmu. Jadi, tunggu apalagi?

dunia sains percobaan sains sederhana sains itu menyenangkan

Related Post

Leave a reply

2 + four =