3 Kendaraan Kuno dan Jadul Ini Bisa Disulap Dengan Sangat Menakjubkan Berkat Tangan Kreatif Modifikator Dalam Negeri!

587 views

Dunia otomotif tanah air memang tak akan pernah lekang oleh zaman. Kreasi dan inovasi anak negeri tidak kalah gencarnya dimata dunia. Bahkan anak bangsa berani bersaing dalam bidang modifikasi otomotif mereka, menciptakan gaya baru yang khas dalam industri otomotif tanah air. Mulai dari modifikasi terhadap mesin bermotor yang terbilang kuno dan langka, sampai mesin canggih keluaran terbaru negara-negara maju berhasil membuat dunia tercengang akan kreasinya.

Seperti yang kita tahu, perkembangan dunia otomotif tidak terlepas dari pengaruh negara-negara maju yang selalu memproduksi mesin-mesin otomotif terbarunya. Baik Negara-negara di benua Eropa ataupun di benua Amerika yang merupakan negara pencetus pertama mesin otomotif dunia hingga era modern ini.

Menilik lebih jauh dimasa silam, teknologi otomotif kuno nyatanya masih memiliki penggemar setia sepanjang masa. Terbukti masih banyaknya kolektor mesin otomotif dan kendaraan klasik ini di berbagai negara. Biasanya para pecinta otomotif klasik ini bukan hanya gemar untuk mengoleksi mesin klasik saja, melainkan mereka juga ahli dalam bereksperimen menciptakan atau mengubah bentuk otomotif klasik tersebut menjadi sedikit berbeda. Bukan hanya sekedar bualan, beberapa desain otomotif antik ini pun mampu mendobrak kepopuleran di mata dunia. Berikut beberapa otomotif keren hasil modifikasi anak negeri yang berhasil dikenal dunia menjadikan otomotif klasik ini kembali ke permukaaan :

Volks Wagen Dimodifikasi Menjadi VW Terpanjang Di Dunia Berkat Kreasi Anak Negeri

VW Terpanjang Di Dunia

VW Terpanjang Di Dunia via lampost.co

Siapa tak mengenal Volks Wagen, kendaraan klasik yang sangat digemari terutama pada masanya di tahun 1950-an. VW merupakan mobil klasik buatan Jerman yang sampai sekarang masih tetap eksis, terbukti dengan masih banyaknya penggemar, termasuk di tanah air. VW sendiri mulai diproduksi dengan jenis Type 2 pada tahun 1950. Adapun produksi terakhir VW Kombi adalah di Negara Brazil.

Berawal dari sekedar hobi dan kegemarannya memodifikasi berbagai jenis mesin otomotif, Wahyu Pamungkas berhasil membangkitkan eksistensi mobil VW klasik ini di era modern. Modifikator asal Semarang ini berhasil mengubah VW jenis Combi Brazil tahun 1990 menjadi VW berjenis Dakota tahun 1966. Suatu hal yang sangat dibanggakan bagi pria pemilik Yudi Motor Sport (Yumos) di desa Mangunharjo ini. Mobil ini tergolong spesial karena memiliki panjang yang mencapai 7,25 meter, suatu angka yang menjadi rekor dunia dengan kategori VW terpanjang di dunia.

Desain interior mobil VW ini juga mendapat sentuhan modifikasi yang tak kalah spesialnya. Desain interior dibuat elegan dan mewah sebanding dengan mobil mewah keluaran era modern ini. Dominasi interior yang berwarna putih dan krem juga memberi kesan elegan pada VW klasik ini. Kemudian dilengkapi dengan adanya minibar didalam mobil, tempat set audio, sofa panjang sebagai tempat duduk penumpang, dan freezer, serta ornamen pendukung lainnya membuat desain klasik ini bisa bersaing dengan mobil mewah lain. VW ini dapat memuat setidaknya 20 orang penumpang.

Modifikasi intern juga dilakukan dengan menukar mesin bawaan yang hanya berkapasitas 1500 cc menjadi 2000 cc, sehingga mampu mengatasi bobot kendaraan yang semakin berat. Selain itu, ditambahkan juga satu as roda belakang untuk dapat menyesuaikan dimensi kendaraan. Mobil klasik yang sering dikenal sebagai minibus yang berjenis type 2 ini masih belum didukung oleh airbag dan antilock bracking system. Selain itu penambahan sunroof pada VW ini juga menambah nilai kreatifitas tersendiri dimata para pecintanya. Untuk menyelesaikan misi modifikasi ini, Yumos menggunakan setidaknya 3 unit VW type 2.

Vespa Hasil Modifikasi Juga Tak Kalah Populer Di Kancah Internasional

Vespa Hasil Modifikasi

Vespa Hasil Modifikasi via scootercommunity.blogspot.com

Dari awal kemunculannya di tahun 1946 di Italia, Vespa terus mendapat penggemar dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan Indonesia sendiri merupakan Negara terbesar kedua dengan komunitas pecinta vespanya setelah Italia. Vespa yang biasa dikenal dengan sebutan scooter ini tergolong sebagai kendaraan yang tak lekang oleh waktu. Karena pesona klasiknya terus menyedot perhatian dunia, terlebih dalam hal kreatifitas para modifikatornya.

Tak sedikit juga para pecinta scooter ini melakukan modifikasi yang nyentrik dan unik. Desain vespa yang telah dimodifikasi juga banyak yang telah meramaikan pangsa otomotif dunia. Modifikasi yang dilakukan bisa jadi lebih elegan dengan sentuhan disana-sini. Namun ada juga yang melakukan modifikasi hingga menjadi vespa gembel atau ekstreme vespa, hingga melakukan modifikasi jauh dari bentuk vespa sebenarnya.

Telah banyak vespa yang di modifikasi oleh modifikator asal Indonesia, kebanyakan dari mereka merupakan anggota komunitas pecinta vespa. Hingga salah seorang penulis asal Swiss membukukan pengalamannya dalam menemui modifikator vespa tanah air. Buku ini merupakan karya Donald W. Nueburger yang merupakan warga Negara Swiss yang tertarik untuk mengabadikan pengalamannya dalam sebuah buku. Tak heran buku yang dibandrol dengan harga fantastis ini mendapatkan antusias masyarakat mancanegara untuk lebih mengetahui beragam kreasi modifikator dalam negeri. Buku yang berisi sekitar 300 foto ini menampilkan semua pose vespa modifikasi di Indonesia.

Bajaj Juga Kembali Eksis Dengan Modifikasinya Menjadi Transportasi Berbasis Listrik

Bajaj Listrik

Bajaj Listrik via tribunnews.com

Bajaj, siapa tak mengenal alat transportasi yang satu ini? Terkenal dengan polusinya dari mulai polusi gas buangan sampai suara, kendaraan ini hampir tergerus zaman. Bajaj kini hampir punah, dibeberapa kota besar terutama Jakarta, bajaj memang sudah hampir susah untuk ditemui. Kendaraan beroda tiga yang dapat mengangkut dua orang penumpang sekaligus sebenarnya pernah populer diawal produksi dan operasinya. Hingga dikenalkan kepada masyarakat luas karena teknologinya yang berbeda dari kendaraan lain kala itu.

Saat ini bajaj dikreasikan dan dikenalkan dengan gaya yang baru, dengan energi baru yang diterapkan bajaj adalah dengan memanfaatkan energi listrik sebagai bahan bakarnya. Jadi sudah dipastikan bahwa bajaj ini akan menjadi kendaraan umum yang aman untuk digunakan.

Bajaj ini dilengkapi dengan fitur yang dapat mengaktifkan sistem stabilitas saat menikung. Selain itu bajaj listrik ini dapat mengendalikan setiap roda belakang secara terpisah dengan menggunakan motor independen. Emisi CO2 yang dihasilkanpun cenderung lebih rendah dari bajaj bahan bakar gas (BBG) yang biasa digunakan. Makanya bajaj listrik ini dapat dikatakan sebagai kendaraan yang efisien.

Peluncuran teknologi transportasi perusahaan swasta lokal ini merupakan peluncuran paling baru yang ada di Indonesia. Bajaj yang dulu dikenal sebagai kendaraan yang bising dan mengganggu kini akan mulai eksis lagi. PT Arrtu Mega Engine ini menciptakan bajaj dengan tenaga listrik yang mencapai 2000 watt. Hanya membutuhkan waktu selama 5 jam untuk pengisian ulang daya listrik sehingga dapat beroperasi dengan jarak maksimal 150 km dan kecepatannya mencapai 60 km/jam.

Desain bajaj yang didominasi oleh warna putih dengan body yang sedikit lebih besar dari bajaj pada umumnya ternyata dapat memuat lebih banyak penumpang juga. Warna putih pada bajaj member kesan elegan dan canggih, dilengkapi dengan motif batik pada bagian depan bajaj memberikan sentuhan khas Indonesia.

dunia otomotif modifikasi kendaraan kuno modifikasi keren

Related Post

Leave a reply

13 − 4 =