4 Tips Penting Untuk Kamu yang Ingin Menghemat Anggaran Bahan Bakar Kendaraan!

539 views

Saat ini, kendaraan merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Berbagai dealer kendaraan menawarkan kredit kendaraan yang memudahkan orang-orang untuk memiliki kendaraan. Tidak heran jika dalam satu rumah, suatu keluarga memiliki lebih dari satu kendaraan.

Karena hal tersebut, bakar bakar kendaraan tentu saja saat ini menjadi kebutuhan, setelah sandang, pangan, dan papan. Tetapi bahan bakar juga merupakan produk yang harganya cenderung naik dari waktu ke waktu. Tentu saja hal ini membuat kita yang memiliki kendaraan akan memutar otak untuk dapat menghemat anggaran bahan bakar atau bensin.

irit bahan bakar

irit bahan bakar via sidomo.com

Di antara berbagai jenis kendaraan, sepeda motor merupakan kendaraan favorit. Hal ini dikarenakan ukurannya yang kecil memudahkan untuk beraktivitas di tengah lalu lintas yang padat. Harganya juga jauh lebih terjangkau dibanding mobil.

Jika anda salah satu pengguna sepeda motor, atau sedang berencana ingin membelinya, tidak perlu khawatir. Kali ini kita akan membahas mengenai langkah-langkah yang dapat anda lakukan agar dapat menghemat anggaran bahan bakar anda.

1. Pilihlah motor yang hemat bahan bakar

Untuk anda yang sedang memikirkan untuk membeli sepeda motor yang akan menolong aktivitas anda, penggunaan bahan bakar dari suatu sepeda motor layak untuk dipertimbangkan. Meskipun irit atau tidaknya penggunaan bahan terkait dengan berbagai faktor, menurut hasil klaim dari pabrik dan tes ride, ada beberapa sepeda motor yang irit bahan bakar. Motor-motor tersebut antara lain Yamaha V-Ixion, Honda New Megapro Fi, Yamaha Mio J, Honda Beat Fi, Yamaha Mio Gt, Honda Vario 125 Fi, Honda Supra X 125 PGM – Fi, Honda Absolute Revo Fi, Yamaha All New Soul GT Blue Core, Yamaha Jupiter Z1, dan Suzuki Nex.

Jika anda sudah memiliki sepeda motor, dan sepeda motor anda masuk dalam salah satu sepeda motor di atas, bukan berarti anda tidak perlu melihat langkah-langkah penghematan lainnya. Tetapi jika sepeda motor anda tidak masuk dalam daftar sepeda motor di atas, tenang saja, masih banyak langkah yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan bahan bakar.

2. Servislah sepeda motor anda dengan teratur

Service Sepeda Motor

Service Sepeda Motor via www.solusimobil.com

Apa hubungannya teratur menservis sepeda motor dengan penghematan penggunaan bahan bakar? Ternyata kedua hal tersebut berkaitan erat. Ketika motor anda diservis, ada beberapa hal yang akan dilakukan yang menolong sepeda motor anda dalam pemakaian bahan bakar, yang sulit untuk anda lakukan sendiri.

Dalam servis sepeda motor, petugas akan mengecek tekanan ban anda. Meskipun ini merupakan hal sederhana, namun tekanan ban yang pas akan menghemat konsumsi bahan bakar anda. Bahan bakar akan boros sekitar 10 – 15 % jika tekanan angin kurang.

Selain itu, petugas juga akan mengecek kondisi roda. Kelancaran putaran roda perlu diperhatikan. Hal ini karena putaran roda yang berat atau tidak presisi akan menyebabkan laju sepeda motor menjadi berat dan membuat boros bahan bakar. Petugas biasanya akan mengecek pelek, bearing roda dan memberikan pelumas sesuai kebutuhan.

Hal lain yang akan dilakukan petugas servis adalah mengecek busi sepeda motor anda. Salah satu bagian yang pending dalam menentukan boros atau tidaknya konsumsi bahan bakar adalah busi. Busi akan bekerja secara efektif sampai jarak tempuh 6000 – 7000 Km, jika lebih dari itu akan membuat performa busi menurun sehingga hasil pembakaran di ruang bakar menurun yang menyebabkan campuran gas tidak terbakar sempurna. Yang perlu diperhatikan adalah kebersihan dan kerenggangan elktroda busi.

Salah satu bahan yang penting ketika petugas menservis sepeda motor anda adalah mereka akan melihat kebutuhan pelumas sepeda motor. Kehadiran pelumas akan membuat kerja mesin menjadi lebih enteng dan menjaga kompresi di ruang bakar secara sempurna. Pelumas disarankan agar diganti secara rutin setiap jarak tempuh 2000 – 2.500 Km.

Selain itu, ada juga filter udara yang perlu penanganan tepat. Filter jenis viscous element tidak boleh dibersihkan atau disemprot angin bertekanan tinggi karena akan merusak filter dan membuat pelumas penangkap debu luntur. Jika sudah kotor, seharusnya diganti baru, sehingga dapat menghemat bahan bakar. Petugas servis anda lebih memahami masalah ini.

Ada beberapa hal lagi yang dilakukan petugas pada saat servis sepeda motor anda, yaitu menyetel klep dan kopling. Celah klep yang terlalu longgar atau rapat menyebabkan tenaga mesin menurun sehingga anda akan cenderung memutar gas lebih dalam, hal ini akan membuat konsumsi bahan bakar bertambah.

3. Jadilah pengendara yang baik

Mungkin anda bingung. Mengapa menjadi pengendara yang baik dapat menghemat konsumsi BBM? Jawabannya adalah karena cara anda dalam menggunakan setiap bagian dari sepeda motor anda dapat menentukan konsumsi bahan bakar anda. Bahkan hal ini dapat menghemat penggunaan bahan bakar sampai 15%.

Yang pertama yang perlu diperhatikan adalah anda harus mengatur jarak anda ketika menarik rem. Rem perlu diatur agar tidak “menempel” yang akan membuat sepeda motor lari lebih berat sehingga boros bahan bakar.

Yang kedua, yang sama penting dengan yang pertama adalah perhatikan beban sepeda motor anda. Jika anda terbiasa menaikkan barang-barang yang berat di atas sepeda motor anda, itu akan membuat pemakaian bahan bakar menjadi boros. Hal ini dikarenakan sepeda motor yang membawa beban berat akan membuat laju kendaraan ikut berat karena anda sering memutar gas dalam ketika berkendara dengan cepat.

Yang berikutnya adalah hindari kebut-kebutan. Hal ini akan membuat putaran gas lebih kencang dan ketika motor berhenti gas akan diputar mendadak. Motor juga menjadi sering direm mendadak. Sebaliknya kendarakan sepeda motor anda dengan kecepatan normal sehingga anda dapat memainkan putaran gas dengan baik dan memposisikan persneling pada kecepatan yang pas.

Hal yang lain juga adalah terkait dengan pemanasan mesin motor ketika hendak digunakan. Memanaskan mesin motor penting untuk dilakukan karena akan membuat mesin melakukan “pemanasan” sebelum bekerja. Tetapi perlu diperhatikan agar proses pemanasan tidak terlalu lama, cukup satu menit. Karena pemanasan yang terlalu lama akan membuat knalpot lebih cepat keropos karena terlalu panas.

4. Pilihlah bahan bakar yang tepat.

memilih bahan bakar yang tepat

memilih bahan bakar yang tepat via klxadventure.com

Ada beberapa jenis bahan bakar untuk sepeda motor anda. Masing-masing bahan bakar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Secara umum, orang-orang akan lebih memilih premium karena harganya lebih murah dan lebih banyak orang yang menggunakannya.

Ternyata, pertamax atau bahan bakar nontimbal, meskipun harganya lebih mahal namun manfaatnya bagi sepeda motor anda lebih besar. Hal ini karena pertamax lebih murni dibandingkan premium sehingga membuat mesin anda lebih baik kerjanya.

Tetapi yang penting untuk diingat adalah jangan suka mengganti-ganti jenis bahan bakar sepeda motor anda. Masing-masing sepeda motor memiliki tipe mesin yang lebih sesuai dengan jenis bahan bakar tertentu, sehingga pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan karakter sepeda motor. Kesesuaian ini akan membuat konsumsi bahan bakar lebih hemat.

Bagaimana, apakah anda sudah memperhatikan hal-hal di atas sebelumnya? Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat anda dapat menghemat anggaran bahan bakar anda. Selamat menjadi pengendara yang bijak!

dunia otomotif irit bensin memilih bahan bakar yang tepat tips menghemat bahan bakar

Related Post

Leave a reply

one × 2 =