5 Aplikasi Solutif buat Para Pejuang Skripsi ataupun Kamu yang Dikeroyok Deadline!

519 views

Apakah kamu salah satu manusia yang lagi sumpek karena banyak deadline? Atau sedang terjebak masa akhir jenjang sekolah? Kalau kamu termasuk mahasiswa tingkat akhir, atau nama kerennya skripsi-man, yuk, sini lihat apa yang kami punya!

Stres karena pekerjaan

Stres karena pekerjaan via bankstreet.edu

Nih, ada beberapa review tentang aplikasi yang bisa bantu (meringankan beban) kamu yang sedang berada dalam masa genting perkuliahan. Buat kamu yang sedang mempersiapkan ujian juga boleh lho merapat ke sini. Siapa tahu kamu juga butuh.

Sebelum kita masuk ke ranah aplikasi, kamu perlu tahu nih bahwa yang akan dibahas adalah aplikasi pengguna Android yang gratis. Cocok banget kan buat yang sedang berhemat?

Any.do

Any.do

Any.do via play.google.com

Para jomblo, ini adalah kabar baik buat kamu semua. Kamu nggak perlu punya pacar hanya untuk mengingatkanmu makan, mandi, ke kampus, pinjem buku, dan lain –lain. Any.do ini fungsinya sama seperti alarm tapi lebih oke, karena dia bisa mengingatkanmu dengan amat sangat cerewet sejak harimu dimulai.

Dengan aplikasi ini, kamu tinggal memasukkan semua aktivitas yang perlu kamu lakukan setiap hari. Misalnya nih, kamu harus ketemu dosen jam 7 pagi di kantornya, kamu tidak perlu susah-susah nyogok temen di samping kamar untuk membangunkanmu pagi-pagi.

Kamu hanya perlu melaporkan semuanya ke Any.do lalu dia akan membangunkanmu satu atau dua jam sebelum agendamu dimulai. Seperti alarm pada umumnya, ia akan memberikan pilihan untuk menunda. Tapi saat kamu memilih untuk menunda sebuah pekerjaan, dia akan menanyakan kapan kamu akan melakukan pekerjaan itu.

Aplikasi ini cukup gigih mengingatkan kita agar jauh dari kemalasan dan menghindari keteledoran. Oh iya, Any.do juga menyediakan layanan premium. Jika kamu membeli versi premium, kamu akan mendapatkan beberapa fitur tambahan seperti tema yang bisa diubah, memasukkan file ke dalam catatan, berbagi jadwal dengan teman, hingga mengingat sebuah tempat.

WPS Office

WPS Office

WPS Office via play.google.com

Aplikasi satu ini adalah versi mobile dari office yang ada di laptop atau komputermu. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengedit dokumen atau membuat dokumen baru berupa pengolah kata (word), pengolah angka (spreadsheet), serta presentasi (presentation/powerpoint). Tak ketinggalan, WPS juga menyematkan kemampuan untuk membuka dokumen yang berformat pdf .

Ukuran aplikasi ini lumayan kecil, bahkan untuk smartphone yang menggunakan RAM 512 MB pun bisa menjalankan aplikasi ini dengan lancar. Pada awal penggunaan, kamu diminta untuk membuat akun WPS. Kamu bisa menggunakan akun Facebook, atau gmail yang sudah kamu miliki.

Tujuan dari pembuatan akun ini adalah untuk sinkronisasi otomatis jika kelak kamu berganti ponsel atau mengedit dokumen dari desktop. WPS juga punya WPS cloud semacam sistem backup seperti milik Google Drive atau dropbox.

Selain itu, dengan adanya akun WPS, kamu juga bisa mengubah warna dasar WPS yang berwarna merah menjadi warna lain yang sudah disediakan. WPS ini memiliki fungsi dan kemampuan yang mendekati versi office desktop dan dilengkapi kaca pembesar.

Kaca pembesar buat apa, ya? Nah, kalau kamu edit dokumen di HP, kadang kamu akan kesulitan karena ukuran teks yang terlalu kecil. Nah, kaca pembesar ini hadir ketika kamu sedang menggeser kursor. Kaca ini akan memperjelas bagian teks atau kata yang sedang kamu lewati. Cerdas sekali, ya?

Office Lens

Office Lens

Office Lens via play.google.com

Tak jarang pekerjaanmu mengharuskan kamu mencatat dengan cepat dan mengunggah data berupa hasil scan tulisan tangan atau tanda tangan seseorang. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan hasil scan yang lebih baik daripada hanya sekadar foto dari kamera bawaan HP-mu.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa menyimpan hasil scan dengan format gambar dan pdf. Revisi dari dosen pun ada baiknya kamu scan. Tujuannya adalah jika terjadi suatu hal yang tidak kamu inginkan, kamu sudah siap dengan backup berupa file.

Misalnya, saat skripsi yang harus kamu revisi dan bertuliskan catatan dosenmu kehujanan atau terbuang tanpa sengaja. Pusing, kan, kalau kamu harus kembali ke dosen dan minta revisi lagi? Bisa-bisa bukan dapat revisi tapi malah dapat omelan karena ketidaksengajaan yang menimpamu.

Oh iya, dengan aplikasi ini, kamu juga bisa menghemat uang saku, karena kalau kamu harus scan di tempat fotocopy, kamu akan dikenai biaya 1000 rupiah per lembar. Dengan aplikasi semacam ini, kamu tinggal scan sendiri lalu print jika dibutuhkan.

Google Drive, Drop Box, Quip, dan Aplikasi Penyimpanan Gratis Lainnya

Google drive

Google drive via mashable.com

Aplikasi penyimpanan gratis ini sangat penting buat kamu yang bermobilitas tinggi. Jika kamu adalah tipe orang yang simple dan tidak suka membawa harddisk eksternal kemana-mana, kamu harus punya salah satu aplikasi ini.

Pilihlah aplikasi yang bisa disinkronkan dengan e-mail di desktop atau laptopmu. Maksudnya adalah agar kamu bisa menyimpan file penting di laptop agar bisa terbaca di HP dan sebaliknya.

Jangan lupa atur aplikasi untuk sinkronisasi setiap saat agar sedikit perubahan yang kamu lakukan bisa disimpan dan diakses secara real time. Bagaimanapun, laptop adalah benda buatan manusia yang bisa rusak juga.

Kalau laptop sudah diforsir berhari-hari, pasti ia juga akan merasa lelah dan performanya akan berkurang sedikit demi sedikit. Nah, untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, sebaiknya kamu mulai rajin mem-back up pekerjaanmu ke media penyimpanan virtual.

Berhati-hatilah dengan password yang kamu gunakan. Jangan disebar secara bebas agar datamu terlindung dari kemungkinan pencurian ide atau perusakan baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Joox

Joox

Joox via play.google.com

Aplikasi ini bukan berfungsi untuk meringankan pengeditan atau membantumu membaca buku. Tapi, Joox ini menjadi jawaban atas kebosanan dan rasa penatmu saat melaksanakan segala tugas atau deadline yang mencekik.

Aplikasi ini memberimu keleluasaan untuk mendengarkan berbagai jenis lagu mulai dari lagu jadul sampai lagu paling baru tanpa harus membajak. Kamu hanya perlu menjadi member VIP untuk bisa menikmati semua fasilitas yang tersedia.

Jika kamu belum ingin membayar langganan, jangan khawatir, karena pengembang aplikasi ini mengizinkanmu merasakan pelayanan VIP. Caranya adalah kamu hanya perlu membagikan lagu yang sedang kamu dengar melalui Joox ke media sosial Facebook dan WeChat.

Dengan membagikannya ke akun Facebookmu, kamu bisa mendapatkan sehari layanan VIP. Sedangkan jika kamu membagikannya ke WeChat, kamu bisa mendapat 15 hari gratis pelayanan VIP. Dengan layanan VIP, kamu bisa mendengar semua lagu baru dengan tambahan efek DTS yang tersimpan di server Joox.

Lima aplikasi di atas mungkin masih belum sempurna. Tetapi saat ini kamu bisa mengandalkan aplikasi tersebut untuk sekadar mengurangi bebanmu. Sebagai pengguna yang baik, karena aplikasi tersebut gratis, jangan lupa untuk memberikan rating dan review sesuai dengan pengalamanmu saat menggunakan aplikasi tersebut.

Komentarmu akan digunakan oleh pihak pengembang untuk memperbaiki pelayanan mereka di setiap update. Tidak butuh waktu lama, kok, untuk memberi tanda bintang dan menyatakan sekelumit kekaguman atau kekecewaan terhadap aplikasi yang kamu pakai. Jangan lupa ucapkan terima kasih pada pengembang aplikasinya, ya, karena itu sangat berarti untuk mereka.

Ingat, seberat apapun tugas dan kewajibanmu, Tuhan memberikan banyak bantuan di segala penjuru. Tinggal kamunya nih, bisa memanfaatkan bantuan-bantuan itu atau tidak. Yuk, lebih produktif lagi. Semangat!

aplikasi berguna aplikasi untuk skripsi dunia teknologi

Related Post

Leave a reply

five × 5 =