5 Resep Makanan Yang Bisa Buat Weekendmu Jadi Seru!

656 views

Weekend enaknya dihabiskan dengan kegiatan nonton film sambil ngemil. Kamu yang bosan dengan pisang goreng atau cemilan biasa yang sering kamu buat di rumah bisa nih mencoba resep-resep di bawah ini.

Memasak

Memasak via http://www.cookingmomster.com/

Alat, bahan dan cara membuatnya mudah kok. Gak akan bikin kamu capek sebelum mulai makan. Kamu yang masih kos juga bisa masak. Kalau alatnya kurang, pinjam dong sama ibu kos. Jangan lupa bagi makanannya kalau sudah matang ya. Siap???

Roti Gulung Isi Pisang

Roti gulung pisang coklat

Roti gulung pisang coklat via edge-generalmills.com

Resep pertama ini sangat sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan roti tawar, pisang, selai cokelat (pakai nutella juga boleh), serta mentega. Udah? Iyaa udah itu aja cukup. Alat yang diperlukan hanya teflon, botol / penggulung adonan juga bisa, dan spatula.

Nah langkah pertama, kamu pipihkan dulu roti tawar dengan botol, kemudian olesi bagian dalamnya dengan selai cokelat sampai rata. Iris pisang kemudian letakkan diatas olesan selai, lalu gulung. Setelah selesai membuat gulungan pisang, panaskan mentega di teflon.

Panggang roti gulung di teflon sambil dibolak-balik. Selesai deh roti gulung pisangnya. Kamu bisa sesuaikan resep dengan selera kamu ya. Jika kamu tidak suka pisang, mungkin kamu bisa ganti dengan buah lain, atau dengan marshmalllow.

Selai cokelat juga boleh diganti dengan selai rasa lain. Pokoknya kamu bebas bereksperimen deh dalam acara masak-masak weekend mu.

Cilok saus kacang

Cilok saus kacang

Cilok saus kacang via http://santeaja.com/

Kamu suka cilok? Daripada harus antri di depan sekolahan dan rebutan sama anak-anak SD, lebih baik kamu coba buat sendiri di rumah. Bahannya mudah dicari kok. Kamu hanya butuh tepung kanji (1kg), tepung terigu (1/4 kg), 3 gelas air, garam (1 sdm), kaldu ayam bubuk (1 sdm), serta daun bawang.

Kamu juga perlu menghaluskan bumbu supaya cilok homemade kamu lebih spesial nih. 5 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, serta 1 sdt merica di ulek / dihaluskan. Sudah siap? Sekarang masuk ke langkah pertama.

Campurkan air, bumbu halus, kaldu dan garam di atas panci, kemudian masak hingga mendidih. Sambil menunggu, kamu bisa campurkan tepung kanji, terigu, dan daun bawang. Kemudian, tuangkan air mendidih tadi sedikit demi sedikit ke campuran tepung sambil diaduk.

Hasil akan lebih baik jika kamu menggunakan sendok/pengaduk kayu. Jika sudah kalis, bentuk adonan bulat bulat kecil sampai adonan habis. Setelah selesai membentuk bulatan, didihkan air di panci, kemudian rebus adonan cilok tunggu hingga mengapung.

Jika sudah mengapung, tiriskan cilok dan kamu bisa lanjutkan membuat saus kacang. Bahan yang dibutuhkan adalah, kacang tanah yang sudah digoreng lalu ditumbuk (200 gram), ½ sdm garam, ½ sdm kaldu ayam, 1 sdm gula, 3sdm saus sambal botolan.

Kemudian haluskan 5 siung bawang putih, 7 siung bawang merah, 8 cabe keriting, dan 10 cabe rawit. Kalau kamu suka pedas, bisa diubah ya jumlahnya. Sesuaikan dengan seleramu. Setelah siap, tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai wangi. Masukkan garam, saus sambal, kaldu, gula, dan kacang tanah.

Aduk kemudian campur dengan sedikit air. Masak hingga kental dan masukkan cilok. Selesai, kamu bisa menikmati cilok khas rumahan yang dijamin sehat dan sedap. Sehat karena kamu bisa mengganti bahan yang kamu anggap terlalu banyak pengawet/MSG dengan bahan lain.

Es Yoghurt

Yoghurt homemade

Yoghurt homemade via squarespace.com

Sudah yang manis dan pedas, sekarang saatnya buat makanan segar. Bahannya adalah yoghurt plain (1 liter), 250 gram gula pasir, 250ml air, ¼ sdt garam, dan pewarna makanan kalau kamu mau yoghurt warna warni.

Cara membuatnya, panaskan air di panci, kemudian masukkan gula. Jika gula telah larut, matikan api kemudian dinginkan larutan gula tersebut. Masukkan larutan gula ke dalam yoghurt dingin, kemudian campur juga pewarna makanan. Jangan banyak-banyak ya, cukup beberapa tetes saja.

Untuk mempercantik bentuk es yoghurt dan memudahkan untuk memakannya, kamu bisa pakai cetakan es yang berbentuk kotak kecil, atau cetakan es loli. Tuangkan adonan yoghurt ke cetakan kemudian tusukkan stik yang nantinya akan berfungsi sebagai pegangan.

Masukkan ke freezer, dan tunggu hingga beku. Es yoghurt yang sedap dan sehat siap dihidangkan. Adikmu yang masih kecil juga bisa mengkonsumsinya karena kamu membuat dengan bahan berkualitas bukan pakai air mentah.. hihi.. selamat mencoba.

Green Tea Latte

Greentea latte hangat

Greentea latte hangat via http://teaperspective.com/

Biasanya nih, minuman yang judulnya green tea ada latte-latte nya akan kamu temukan di cafe dengan harga diatas 10 ribu rupiah. Dengan niat yang kuat dan sedikit usaha, kamu bisa buat minuman enak ini di rumah, dengan ukuran gelas semau kamu, dan bisa minum sebanyak yang kamu inginkan.

Kamu harus belanja bahan dulu nih. Yang kamu perlukan adalah teh hijau bubuk, susu, air panas, dan gula. Langkah pertama, kamu harus mengayak bubuk teh agar gumpalannya tidak masuk ke dalam cangkir minummu dan mengganggu kenikmatan ngeteh kamu.

Kemudian, masukkan air panas (jangan yang mendidih ya) lalu aduk hingga bubuk teh larut dalam air. Kamu akan mendapati adonan teh hijau yang berbusa. Oiya kamu perlu agak sedikit tenaga untuk mengaduk agar terbentuk busa seperti di cafe-cafe.

Lanjut ke langkah berikutnya, siapkan sebuah panci, kemudian isi dengan susu dan gula. Panaskan susu dan gula diatas api sedang. Jika sudah muncul gelembung-gelembung di tepi panci, segera matikan api.

Aduk susu hingga berbusa, kemudian tuangkan ke adonan teh hijau. Aduk rata dengan sendok kemudian ayak kembali teh hijau bubuk sebagai hiasan di atas greentea latte kreasimu. Jika kamu menginginkan greentea latte dingin, kamu boleh tambahkan es secukupnya, atau masukkan saja minuman ke dalam kulkas.

Smoothie Anggur

Smoothies anggur campur-campur

Smoothies anggur campur-campur via cookpad.com

Kalau di akhir minggu perutmu rasanya tidak nyaman atau pencernaanmu tak lancar. Mungkin kamu harus mencoba resep yang satu ini. Didalam resep ini kamu akan menemukan serat, vitamin, yang terasa sangat lezat karena tidak mahal dan bisa dibuat sendiri.

Kamu siapkan dulu 200 ml yoghurt, 150ml susu cair, 2 sdm gula pasir, 500 gram anggur. Cara membuatnya, kamu pisahkan dulu anggur dari bijinya. Kemudian, blender buah ungu ini. Setelah halus, bekukan di lemari es.

Langkah berikutnya, blender semua bahan termasuk anggur yang sudah beku tadi hingga halus dan rata. Smoothie rumahan siap disantap. Kalau susah cari anggur kamu tak perlu memaksakan diri ya. Bisa kok diganti dengan strawberry atau buah yang kamu suka.

Waduh, jadi gak sabar nih nunggu weekend. Kamu mau bikin yang mana dulu nih? Yang seger-seger, pedas, atau yang manis? Kalau bingung bikin semua aja langsung, terus kamu bisa ajak teman-teman untuk makan bersama. Selain sehat di badan, weekend dengan praktek masak sendiri bisa bikin kantong sehat juga.

Sisa bahan juga bisa kamu simpan untuk dibuat lagi lain kali. Siap mencoba? Semoga berhasil ya cantik.

icip icip resep masakan resep cemilan weekend resep makanan buat weekend resep seru

No related post!

Leave a reply

thirteen + 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.