7 Aktivitas Agar Badanmu Tetap Bugar, Terutama Buat Kamu yang Malas Berolahraga!

696 views

Bagi kamu yang setiap hari hanya duduk di depan komputer seharian, olahraga sangat penting untuk menjaga ototmu supaya tidak kaku. Kadang ada perasaan capek atau tidak ada waktu dengan saat harus berangkat ke pusat kebugaran ataupun sanggar senam, apalagi sekarang sedang musim hujan yang membuatmu semakin malas keluar rumah. Untuk menghindari absen olahraga supaya badanmu tetap bugar, ada beberapa olahraga ringan yang bisa kamu lakukan tanpa kamu keluar rumah, bahkan bisa kamu lakukan setiap hari. Penasaran kan?

Jalan Kaki

Jalan-jalan di tengah jalan

Jalan-jalan di tengah jalan via http://www.inspiringwallpapers.net

Jalan kaki merupakan aktivitas pengganti olahraga yang paling mudah kamu lakukan, selain bebas biaya, kamu bisa melakukannya dimanapun. Bahkan saat dijalan raya, para pejalan kaki sudah diberikan ruang khusus, sehingga diupayakan tidak mengganggu pengguna kendaraan, seperti trotoar dan jembatan penyeberangan yang sudah diberikan oleh pemerintah untuk memfasilitasi para pejalan kaki.

Sayangnya di Indonesia jalan kaki kurang diminati untuk menempuh perjalanan dekat, karena sepeda motor lebih mendominasi jalan raya. Padahal jalan kaki bukan menandakan kamu tidak bisa membeli kendaraan sebagai alat transportasi jarak dekat, tetapi justru kamu memperhatikan kesehatan otot kakimu dengan cara membiarkannya bergerak sebagai mana mestinya.

Untuk kamu yang memiliki binatang peliharaan, seperti anjing ataupun kucing, kamu juga bisa mengajaknya jalan-jalan keliling komplek rumahmu. Selain kamu lebih sehat, anjing atau kucingmu juga lebih sehat. Jadi mulai sekarang, kamu tidak perlu malu untuk sering-sering jalan kaki ya.

Pilih Tangga Daripada Lift

Anak tangga

Anak tangga via http://archwall.xyz

Setelah teknologi menemukan lift sebagai pengganti tangga, kamu akan memilih lift dibandingkan harus bercapek-capek ria menyusuri berpuluh-puluh anak tangga di kantor atau kampusmu. Padahal tanpa kamu sadari, teknologi yang semakin memanjakan tubuhmu, justru akan merusak sistem kerja tubuhmu secara perlahan. Kenapa bisa demikian? Ya, tentunya dengan berbagai kemudahan yang diciptakan oleh teknologi akan semakin membuat badanmu semakin jarang bergerak.

Semenjak kehadiran lift dalam gedung bertingkat seperti kantor, kampus ataupun appartement, bahkan mungkin juga digunakan di rumah pribadi, fungsi tangga semakin bergeser. Tangga sudah tidak digunakan sebagai alat utama, karena biasanya tangga hanya digunakan bila lift macet. Dengan kemudahan dan keefisienan yang ditawarkan oleh teknologi, tentunya semakin bergeser segala hal yang bersifat manual atau membutuhkan tenaga.

Tanpa disadari, dengan hadirnya teknologi yang semakin mendominasi hidupmu, kamu melupakan fungsi organ tubuhmu yang semestinya dan membuatnya semakin sedikit gerak, hal ini dapat menyebabkan badan dan ototmu kaku. Sesekali pilihlah tangga daripada lift ya guys, selain badan tidak kaku, berat badan juga akan tetap stabil dengan kamu melakukan aktivitas fisik yang banyak.

Parkir Kendaraan Sedikit Lebih Jauh

Parkiran

Parkiran via http://www.doublevision.ca

Dengan memarkir kendaraanmu sedikit lebih jauh akan membuatmu lebih banyak bergerak. Tentunya saat kamu akan berangkat kerja ataupun kuliah dengan bembawa pelengkapan ‘tempur’ di dalam tas, tak hanya otot kakimu yang bekerja, otot bahumu juga bekerja menopang tasmu yang penuh dengan perlengkapanmu, kadang tangan juga masih menjinjing beberapa file yang tidak muat dimasukkan dalam tas.

Tak hanya itu otot wajahmu juga ikut bergerak, dengan memarkir kendaraan lebih jauh dari pintu masuk gedung, kamu akan lebih banyak bertemu orang berlalu lalang, tentunya saat kamu bertemu dengan teman, senyum akan selalu menghiasi wajahmu. Sehingga interaksi dengan orang sekitar akan lebih baik pula, tak hanya kesehatan fisik yang bisa kamu dapatkan, kesehatan jiwamu juga lebih terjaga. Terlebih jika saat pagi hari sebelum masuk kampus bisa melihat gebetan atau pacar tercinta saat berjalan kaki dan tentunya bisa membuat hatimu akan semakin sehat pula.

Masih mikir-mikir untuk parkir lebih jauh? Ga pengen bisa kebetulan jalan bareng doi masuk ke ruangan?

Menyapu atau Mengepel Kamar

Bersih-bersih yuk kak

Bersih-bersih yuk kak via http://www.motherhoodonadime.com

Beberes kamar adalah aktivitas rutin yang selalu kamu lakukan entah seminggu atau sebulan sekali. Berita bahagia untuk kamu yang rajin beberes kamar, karena dengan kamu menyapu atau mengepel lantai selama 15 menit setara dengan kamu sprint selama 10 menit. Dengan begitu, ga hanya lantaimu yang semakin cling, tapi badan juga semakin langsing.

Mulai sekarang jadikan menyapu dan mengepel sebagai agenda harianmu ya, selain kamar jadi bersih bebas kuman, badanmu bisa tetap bergerak.

Ikut Gowes Setiap Bulan

Jogja Last Friday Ride

Jogja Last Friday Ride via http://rasarab.wordpress.com

Sepeda saat ini juga termasuk salah satu gaya hidup masa kini, setelah generasi bike to work, sekarang ada juga komunitas gowes yang biasa keliling kota dengan sepeda secara beramai-ramai. Khusus untuk kamu yang tinggal di yogyakarta, setiap bulan selalu diadakan JLFR atau Jogja Last Friday Ride yaitu kegiatan keliling kota menggunakan sepeda dengan rute yang telah ditentukan, diadakan setiap jumat terakhir pada setiap bulan.

Peminat JLFR dari beragam kalangan, mulai anak-anak sekolah, kuliah ataupun buat kamu yang sudah berusia matang. Tenang saja, acara ini tidak dipungut biaya, siapa saja boleh mengikuti acara ini, syaratnya hanya 1, yaitu menggunakan sepeda, bisa beli, pinjam atau menyewa, yang penting jangan sepeda curian ya. Kamu bisa beramai-ramai dengan teman atau keluarga dalam mengikuti kegiatan ini, untuk kamu yang jomblo, mungkin tak hanya bisa menyehatkan badan saja, tetapi bisa menyehatkan mata dengan ketemu dengan orang baru yang kemungkinan bisa dijadikan pacar nantinya.

Belanja

Belanja dan wanita

Belanja dan wanita via http://eskipaper.com

Belanja dan wanita adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan, padahal sebenarnya tak hanya wanita saja yang hobi belanja, para pria juga ada kok yang hobi belanja, hanya saja berbeda dengan wanita yang hobi jalan-jalan. Bagi kamu yang termasuk doyan belanja, ada kabar bagus yang akan membuatmu semakin mencintai belanja. Tak hanya bahagia bisa mendapatkan barang incaran, belanja bisa menjadikan badanmu beraktivitas lebih banyak.

Belanja disini adalah belanja konvensional ya, belanja yang mengharuskan kamu berjalan memutari atau bahkan berpindah dari beberapa toko yang bejejer sepanjang jalan, bukan belanja online. Dengan belanja di toko atau mall di kotamu, kamu bisa mendapat beberapa manfaat, yang pertama kamu bisa melihat secara langsung barang yang akan kamu beli, mulai dari bahan, kualitas bahkan ukuran, sehingga kemungkinan menyesal gara-gara barang tidak sesuai display akan lebih kecil.

Yang kedua, otot kakimu lebih banyak bergerak terlebih jika mengenakan high heels, saat kamu berjalan menyusuri beberapa rak atau toko yang berjajar. Yang terakhir tanganmu juga lebih banyak bergerak dengan mengambil beberapa barang, membawanya kesana kemari dan saat kamu membawa beberapa bungkusan saat pulang ke rumah.

Menari

Modern dance

Modern dance via http://www.amazon.co.uk

Menari bagi sebagian orang merupakan hobi atau bahkan sebagai mata pencaharian, buat kamu yang menyukai aktivitas ini sangat beruntung, karena menari juga bisa dikategorikan sebagai olahraga. Bahkan sekarang ini cabang olahraga senam banyak mengembangkannya seperti gerakan saat menari. Seperti zumba, belly dance, salsa, breakdance, shuffle bahkan tari tradisional dapat membuat tubuh kita bergerak lebih banyak.

Dengan menari selama 60 menti dapat membakar sekitar 400 kalori, cukup banyak bukan, sehingga kamu yang sekarang ini sedang menjalankan program diet, ikut kelas dance juga bisa dimasukkan list kegiatan mingguanmu. Tak hanya berat badan terjaga, jantung lebih kuat, badan jauh lebih lentur, kecerdasan otak yang yang semakin tinggi juga bisa kamu dapatkan.

Dengan beberapa kegiatan tadi, tentunya sudah tidak ada alasan lagi kamu malas olahraga ya, ingat tubuhmu adalah aset terbesarmu. Jaga baik-baik ya guys!

aktivitas biar tetap bugar malas olahraga

No related post!

Leave a reply

five + seventeen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.