7 Cara Menghemat Pengeluaran Di Akhir Bulan Bagi Para Anak Kos!

653 views

Istilah penghematan di akhir bulan sepertinya sudah menjadi istilah terkenal. Banyak institusi atau perusahaan yang akan memberikan gaji di awal bulan kepada pegawainya, sehingga para pegawai biasanya menjelang akhir bulan, uang akan semakin menipis. Biasanya hal ini juga sering terjadi di kalangan para mahasiswa yang ngekos.

Banyak mahasiswa yang menggantungkan pemasukan bulanan dari pemberian orangtua. Dan hanya sedikit yang bijak menyisihkan uang yang dapat digunakan sebagai cadangan di akhir bulan. Sehingga salah satu hal yang melekat di kehidupan mahasiswa adalah kehabisan uang di akhir bulan.

Tindakan pencegahan, seperti pengaturan keuangan yang baik sangat diperlukan. Tetapi, jika terlanjur krisis keuangan di akhir bulan, kamu dapat melakukan hal-hal ini untuk menghemat pengeluaran uang.

Masak sendiri

Masak sendiri

Masak sendiri via www.pritikin.com

Masak sendiri akan jauh lebih murah dibandingkan membeli makanan. Membeli kompor sejak awal memang mengeluarkan dana yang tidak sedikit, tetapi untuk pemakaian jangka panjang, ini akan membuatmu hemat sangat banyak. Kamu juga dapat masak bersama teman-teman, sehingga selain hemat bersama-sama, kalian akan memiliki kenangan indah bersama.

Bawa botol minum kemana-mana

Minum

Minum via pixabay.com

Minuman adalah salah satu barang yang sering dibeli. Ketika seseorang haus, akan sangat sulit untuk menahan tidak minum air. Oleh sebab itu, membawa air minum dalam botol kemana-mana akan menghemat pengeluaranmu di akhir bulan.

Batasi bepergian sendiri

Naik motor berdua

Naik motor berdua via www.provoke-online.com

Kalau kamu memiliki kendaraan, batasilah berpergian sendiri. Akan lebih hemat kalau kamu bepergian dengan teman. Kalian akan menghemat pengeluaran bahan bakar. Selain itu, hal ini akan memaksamu untuk pergi ke tempat yang betul-betul penting untuk dituju.

Cuci pakaian sendiri

Mencuci pakaian

Mencuci pakaian via triefashion.com

Salah satu kemudahan yang biasanya dirasakan anak kos adalah adanya jasa laundry pakaian. Hal ini membuat anak kos malas mencuci pakaian sendiri. Padahal, jika kamu mencuci sendiri, akan menghemat banyak uang.

Gunakan fasilitas internet kampus

Online di kampus

Online di kampus via dailycampus.com

Biaya untuk membeli paket internet mungkin memang saat ini semakin terjangkau. Tetapi, berselancar di internet seringkali membuat kita lupa waktu. Hal ini akan membuat pengeluaran untuk pulsa internet membengkak. Pakailah fasilitas wi-fi kampus, atau tempat-tempat umum lainnya.

Milikilah tempat penyimpanan uang receh

Uang receh

Uang receh via adentyablog.wordpress.com

Di awal bulan, ketika kiriman baru datang, seringkali kita menelantarkan uang receh. Padahal jika kamu menyediakan penyimpanan uang receh, dan selalu menaruh uang receh di tempat itu, uang itu akan menolongmu di akhir bulan.

Jangan pernah berhutang

Jangan berhutang

Jangan berhutang via blog.credit.com

Yang terakhir, jangan pernah berhutang. Hutang di akhir bulan akan membuat kamu harus mengeluarkan uang di awal bulan, yang akhirnya akan mengurangi jatah bulanan kamu.

Sekali lagi, cara ini adalah penanganan di kala darurat. Pepatah mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi sebaiknya, bijaksanalah mengatur uang sejak awal bulan, supaya kamu tidak terpaksa masuk dalam situasi mencekam di akhir bulan!

cara ngekos irit pola hidup anak kos tips menghemat pengeluaran

No related post!

Leave a reply

3 + 10 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.