7 Destinasi Wisata yang Tersebar di Jawa Tengah Ini Wajib Kamu Kunjungi Saat Musim Liburan Nanti!

375 views

Jawa Tengah dengan wilayahnya yang terdiri atas 29 Kabupaten dan 6 Kota besar yang mempunyai kekhasan di wilayah masing – masing, menjadikan provinsi ini menarik untuk ditelusuri. Obyek wisata di Provinsi ini sangat bervariasi dari wisata air hingga wisata pegunungan ada disini, pokoknya lengkap deh.

ini dia 7 tempat yang wajib kamu kunjungi bila berencana berwisata ke Jawa Tengah:

Umbul Manten, klaten

Umbul Manten

Umbul Manten via instagram.com

Ada yang udah pernah ke Umbul Manten? kalo ada yang udah pernah tempat ini gak jauh dari Umbul Ponggok sekitar 10 menitan ke utara dari Umbul Ponggok. Air disini yang sebening kaca dan dengan kedalaman yang mencapai 1,5 meter membuat Umbul ini mempunyai daya tarik tersendiri. Tidak perlu khawatir airnya bakalan keruh, karena sumber air dari Umbul ini berasal dari sumber air yang airnya selalu mengalir nggak habis – habis, namun bukan berarti kamu bisa berbuat seenaknya mengotori tempat ini. Karena tempat ini belum dikelola secara professional ada baiknya kamu membawa kantung sampah sendiri sebagai wadah sampah. Namun jangan khawatir, disini sudah ada kamar ganti dan juga ada beberapa penjual makanan dan minuman yang menyelamatkanmu dari kehausan dan kelaparan.

Taman Balekambang, Surakarta

Taman Balekambang

Taman Balekambang via wisatasolo.net

Tidak hanya berfungsi sebagai paru – paru kota, Taman yang terletak di jalan Balekambang no.1, Banjarsari, Surakarta ini juga berfungsi sebagai tempat berwisata dan bersantai di Kota Surakarta. Disini selain kamu bisa menikmati hijaunya pepohonan yang rindang, kamu juga bisa duduk santai sambil menikmati pertunjukan seni, yang membuat kamu bakal semakin betah disini. Bagi kamu yang pengen berwisata kesini, kamu bisa berkunjung ke taman ini pada jam 08.00 – 21.00. Cocok buat kamu yang pengen nongkrong atau sekedar menghabiskan waktu dengan orang – orang yang kamu kasihi.

Candi Cetha, Karanganyar

 Candi Cetha, KaranganyarCandi yang terletak di kaki gunung lawu ini selain menjadi tempat wisata tempat ini juga masih berfungsi sebagai tempat ibadah umat Hindu. Disini kamu akan disajikan pemandangan candi yang diselimuti dengan kabut, yang menjadikan tempat ini semakin indah sekaligus misterius, dan jika kamu sudah berada ditempat ini, kamu bisa langsung berkunjung ke Candi Kethek yang letaknya tidak jauh sekitar 300 meter dari pintu keluar Candi Cetha. Setelah dari Candi Cetha tak ada salahnya mampir ke Candi Sukuh, Air terjun Jumog, dan Bukit Teletubies, karena masih sejalur dengan Candi Cetha. Oh iya, Candi Cetha ini juga menjadi jalur alternatif untuk para pendaki melakukan pendakian menuju Gunung Lawu, jalur ini jarang didaki sehingga jalur ini nampak sepi dan alami, namun menimbulkan keasyikan tersendiri bagi para pendaki.

Pagoda Buddhagaya Watugong, Semarang

Pagoda Buddhagaya Watugong, Semarang

Vihara Buddhagaya Watugong via anekatempatwisata.com

Semarang terkenal sebagai salah satu kota bersejarah, maka dari itu banyak sekali bangunan bersejarah yang tersebar di kota ini. Salah satu bangunan bersejarah itu adalah Vihara Buddagaya Watugong, yang terletak di Jalan Pundak Payung, Banyumanik, Semarang.  Vihara Buddhagaya Watugong selain menjadi tempa wisata, juga masih berfungsi sebagai tempat ibadah Umat Buddha. Salah satu bangunan yang terkenalnya adalah Pagoda Kitesvara, dimana didalamnya terdapat patung Buddha Rupang yang besar. Pagoda Kitesvara mempunyai ketinggian sekitar 45 meter dan terdiri dari 7 tingkat, yang bermakna bahwa seorang pertapa akan mencapai kesucian pada tingkat ke tujuh dan dengan ketinggian 45 meter menjadikan pagoda ini menjadi pagoda tertinggi di Indonesia. Selain itu Vihara ini juga terdapat Vihara Dhammasala yang dikelilingi oleh pagar yang terdapat ukiran relief cerita Pattica Samuppada yaitu proses kehidupan manusia dari lahir hingga meninggal dunia. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Monumen Watugong, Monumen Dewi Kwan Im, dan Patung Buddha di bawah Pohon Bodhi yang membuat tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Pulau Panjang, Jepara

Pulau Panjang, Jepara

Pulau Panjang via honeymoonkarimunjawa.com

Selain terkenal dengan ukiran kayunya, Jepara menyimpan destinasi wisata yang sangat indah, mempesona, dan menarik yang wajib untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pulau Panjang yang mempunyai luas 19 hektar. Dengan dikelilingi laut dangkal, dasar terumbu karang yang terlihat jelas, dan pasir putih yang bersih, tempat ini cocok buat kamu yang pengen berenang dan menyelam atau snorkling. Bagian tengah pulau ini merupakan hutan tropis dengan tinggi menjulang serta diselingi perdu dan semak sebagai tempat berkembang biak burung laut. Di hutan ini didominasi oleh Pohon Randu, Dadap, Asam Jawa, serta Pinus. Jadi, Disini selain kamu bisa Berenang dan snorkling kamu bisa trekking mengelilingi Pulau Panjang sambil menikmati angin laut, teduhnya pepohonan dan tentu saja pemandangan hutan.

Untuk kamu yang suka berziarah di sebelah barat pulau ini terdapat makam tokoh ulama yang berjasa menyebarkan agama Islam di Jepara, yaitu makam Syeikh Abu Bakar. Di sekitar makam ini terdapat mata air yang disebut “air barokah”. konon, airnya memberikan kesehatan dan keselamatan.

Gunung Prau, Wonosobo

Gunung Prau, WonosoboTerletak di kawasan dataran tinggi Dieng, Wonosobo, tempat ini menjadi salah satu spot terbaik untuk merasakan dan melihat hangatnya sunrise berpadu dengan pemandangan Gunung Sindoro Sumbing. Tidak perlu khawatir, dengan ketinggian 2.565 mdpl dan medan yang tidak terlalu berat gunung ini ramah bagi kamu yang belum pernah mendaki atau masih pendaki pemula. selama perjalanan pendakian kamu akan disajikan pemandangan kawasan Dataran Tinggi Dieng, pokoknya bakal bikin perjalanan kamu gak melelahkan. Setelah bersenang – senang di Gunung Prau, nggak ada salahnya kamu mampir untuk melepas lelah ke Telaga Warna atau ke Candi Arjuna karena letaknya tidak terlalu jauh dari Gunung Prau.

Puthuk Setumbu, Magelang

Puthuk Setumbu, Magelang

Puthuk Setumbu via nipvanjava.wordpress.com

Puthuk Setumbu merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan sinar matahari pagi dengan pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang berdiri dengan gagahnya. Disini juga bisa menyaksikan kemegahan Candi Borobudur dari kejauhan yang diselimuti kabut dan dikelilingi oleh hutan disekitar Candi, sehingga menimbulkan kesan misterius pada Candi Borobudur. Bagi kamu yang berminat kesini, Puthuk Setumbu terletak di sebelah barat Candi Borobudur dengan jarak kurang lebih 4 kilometer dan untuk mendapatkan pemandangan yang bagus. Datanglah kesini pada bulan Agustus – September karena matahari tepat diantara merapi dan merbabu. Puthuk Setumbu di buka dari jam 04.00 – 17.00 untuk kamu yang ingin melakukan camping, bisa dikoordinasikan dengan pengelola tempat ini.

Nah, itu dia 7 tempat wisata di jawa tengah yang wajib kamu kunjungi. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat wisata yang kamu tuju.

destinasi wisata di jawa tengah obyek wisata di jawa tengah review tempat wisata wisata alam jawa tengah

Related Post

Leave a reply

1 × four =