7 Jurus Jitu Menjaga Keharmonisan Hubungan dengan Orang-Orang Terdekatmu!

1011 views

Keharmonisan merupakan salah satu hal penting dalam sebuah hubungan. Baik hubungan antara pasangan ataupun orang tua dengan anak. Keharmonisan juga merupakan salah satu bukti hubungan yang berkualias.

Akan tetapi, keharmonisan tidak serta merta didapat dengan mudah. Seringkali timbul beberapa hal yang mengakibatkan hilangnya keharmonisan dalam sebuah hubungan. Untuk itu, perlu beberapa trik jitu untuk menjaga keharmonisan dalam sebuah hubungan. Agar keharmonisan hubunganmu tetap terjaga, kamu perlu menerapkan beberapa hal berikut ini.

1. Belajarlah untuk Meredam Emosi dan Amarah

Belajarlah untuk Meredam Emosi dan Amarah

Gambar via intisari-online.com

Emosi merupakan sifat bawaan yang melekat pada diri setiap orang. Bagi sebagian orang emosi mudah dikendalikan, namun bagi sebagian yang lain bisa jadi emosi merupakan sesuatu yang sulit dikendalikan. Ada kalanya seseorang ada dalam kondisi yang santai, ada kalanya juga dalam kondisi emosi yang meledak-ledak. Hal tersebut terkadang menimbulkan masalah yang dapat mengganggu keharmonisan.

Untuk menjaga keharmonisan, kamu perlu belajar untuk mengendalikan emosi dan amarah. Dalam menjalin hubungan, ada kalanya kamu dan orang terdekatmu berada dalam sebuah masalah yang melibatkan emosi dan amarah. Dalam hal ini, kamu harus belajar untuk mengendalikan emosi dan amarahmu. Hal tersebut agar kamu terhindar untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat mengancam keharmonisan antara kamu dan orang terdekatmu, misalnya melontarkan perkataan yang kasar dan kurang pantas ataupun melukai fisik. Dengan demikian, keharmonisan kamu dan pasanganmu tetap terjaga.

2. Jangan Mengambil Keputusan dalam Keadaan Marah

Jangan Mengambil Keputusan dalam Keadaan Marah

Gambar via papasemar.com

Dalam keadaan marah, terkadang logika manusia tidak bekerja dengan baik dan semestinya. Karenanya, sangat tidak baik mengambil sebuah keputusan dalam keadaan marah. Bisa jadi keputusan yang diambil menjadi sangat fatal dan merusak keharmonisan.

Ketika kamu marah, usahakan untuk tidak serta merta mengambil sebuah keputusan. Ada baiknya kamu meredakan dulu amarahmu. Mintalah waktu untuk menyendiri kepada orang terdekatmu untuk meredakan amarahmu. Pikirkanlah dengan baik-baik hal yang sedang terjadi. Ada baiknya kamu mencari tahu hal-hal apa saja yang sebenarnya menjadi permasalahan dan menyebabkan hubunganmu dan orang terdekatmu menjadi tidak harmonis.

Setelah amarahmu reda dan pikiranmu lebih jernih, barulah pikirkan langkah apa yang harus diambil untuk menyelesaikan masalah yang mangancam keharmonisan hubunganmu dengan orang terdekatmu. Setidaknya, hal tersebut mengurangi resiko memperkeruh suasana yang memicu ketidakharmonisan.

3. Berusahalah Menjadi Pendengar yang Baik

Berusahalah Menjadi Pendengar yang Baik

Gambar via serbapandai.com

Ingin didengarkan merupakan salah satu naluri alamiah yang ada pada diri manusia. Ada kalanya kamu maupun orang terdekatmu ingin didengarkan. Baik dalam berpendapat maupun berkeluh kesah mengeluarkan isi hati dan pikiran.

Dalam sebuah hubungan, ada kalanya kita maupun orang terdekat kita berada pada fase ingin didengarkan. Dalam keadaan seperti ini, berusahalah untuk selalu menjadi pendengar yang baik. Buatlah orang terdekatmu menjadi nyaman ketika bercerita. Hal tersebut secara otomatis akan memupuk rasa nyaman dan percaya jika orang terdekatmu bercerita kepada kamu. Kenyamanan yang ada antara kamu dan orang terdekatmu adalah salah satu kunci untuk membuat hubungan menjadi harmonis. Selain itu, menjadi pendengar yang baik juga akan memupuk rasa saling mengerti. Ketika kamu dan orang terdekatmu saling mengerti, maka keharmonisan versi kamu dan orang terdekatmu akan lebih mudah terjalin.

4. Selesaikan Masalah Sesegera Mungkin

Selesaikan Masalah Sesegera Mungkin

Gambar via penople.com

Dalam sebuah hubungan, timbulnya masalah tentu saja kerap terjadi. Jika dibiarkan berlarut-larut, masalah yang ada bisa mengancam keharmonisan hubunganmu dengan orang terdekat. Karenanya, perlu adanya sikap untuk segera menyelesaikan permasalahan yang ada.

Tidak membiarkan masalah menjadi berlarut-larut adalah sebuah langkah yang baik untuk menjaga keharmonisan. Jika kamu dan orang terdekatmu mempunyai masalah, segeralah bicara dan berdiskusi untuk mencari solusi agar masalah tersebut cepat terselesaikan. Proses bicara dan berdiskusi untuk mencari solusi dan jalan keluar tersebut bisa lebih mendekatkan lagi antara kamu dan orang terdekatmu. Hal itu akan menstimulasi terjalinnya keharmonisan antara kamu dan orang terdekatmu.

5. Jalin Komunikasi yang Baik

Jalin Komunikasi yang Baik

Gambar via tekno.kompas.com

Komunikasi merupakan kunci penting dalam berhubungan dengan siapapun. Komunikasi membantu kita menyampaikan maksud dan tujuan kita kepada orang lain. Dengan komunikasi yang baik, kamu akan lebih mudah menyampaikan banyak hal. Pikiran, isi hati, maupun pendapatmu tentang sesuatu akan mudah kamu sampaikan kepada orang terdekatmu ketika komunikasi yang baik terjalin.

Komunikasi yang baik lebih dipengaruhi oleh kualitas komunikasi yang kamu jalin daripada kuantitasnya. Baik tidaknya komunikasi bukan dipengaruhi oleh kuantitas atau seberapa sering kamu dan orang terdekatmu berkomunikasi. Komunikasi yang baik didasarkan pada kualitas komunikasi yang terbentuk. Terkadang obrolan sekali dalam seminggu dengan topik yang berbobot akan dinilai lebih berkualitas daripada obrolan setiap hari dengan topik ala kadarnya. Itulah mengapa orang-orang dengan status hubungan long distance relationship tetap bisa mempunyai komunikasi yang baik dan berkualitas.

6. Beberapa Hadiah Kecil Bisa Menjadi Sangat Berarti

Beberapa Hadiah Kecil Bisa Menjadi Sangat Berarti

Gambar via banyakbaca.com

Dalam berhubungan, tentunya kamu tidak ingin hubungan yang monoton dan itu-itu saja. Kamu pasti ingin setiap momen dalam hubunganmu memiliki nilai penting. Salah satu hal yang bisa kamu coba adalah dengan memberi hadiah dan kejutan kecil.

Memberikan hadiah kepada orang terdekat kita merupakan salah satu bentuk perhatian dan kasih sayang. Hadiah juga bisa menjadi jembatan untuk lebih mendekatkan kita dengan orang terdekat. Hal tersebut juga akan menjadi salah satu simbol pengingat keberadaan kita. Beberapa hadiah kecil tentu saja akan membuat orang terdekat kamu merasa diperhatikan olehmu. Hal tersebut merupakan salah satu langkah baik untuk memupuk maupun menjaga keharmonisan hubungan yang terjalin.

7. Ingatlah Tanggal-Tanggal Penting

Ingatlah Tanggal-Tanggal Penting

Gambar via ensiklopedia-cewek.blogspot.com

Selain memberikan hadiah, salah satu hal lain yang bisa membuat hubunganmu penuh makna adalah tanggal-tanggal penting. Kamu perlu ingat tanggal-tanggal penting yang berpengaruh dalam hubunganmu dan orang terdekatmu. Ketika tanggal itu tiba, buatlah sesuatu untuk menunjukkan bahwa tanggal tersebut bermakna untukmu dan orang terdekatmu.

Contoh kecil yang bisa kamu lakukan adalah mengingat hari ulang tahun, hari ibu, ataupun anniversary. Berikan ucapan maupun kado pada tanggal-tanggal penting tersebut kepada orang yang kamu sayangi. Selain ucapan dan kado, kejutan juga bisa menjadi salah satu pilihan. Di tanggal penting tersebut buatlah sebuah kejutan kecil. Momen kejutan tersebut bisa menjadi pengalaman berharga yang tidak akan dilupakan oleh orang terdekatmu. Kado, ucapan maupun kejutan bisa menjadi wujud kepedulianmu. Hal tersebut tentu saja sangat baik karena kepedulian merupakan salah satu hal penting yang bisa membuat keharmonisan semakin terjalin.

Menjalin keharmonisan merupakan salah satu langkah penting agar hubunganmu dan orang terdekatmu bertahan lama. Cara-cara sederhana sangat mungkin dilakukan untuk menjaga keharmonisan. Poin penting yang harus diingat dalam menjaga keharmonisan hubungan adalah kualitas dari elemen-elemen pendukung terciptanya keharmonisan. Baik hubungan antara orang tua dengan anak, saudara, maupun pasangan kekasih tentu saja membutuhkan keharmonisan. Karenanya, kamu harus mengamalkan hal-hal penting tadi agar hubunganmu dengan orang-orang yang kamu sayangi tetap dan semakin harmonis. Share pengalamanmu, yuk!

hubungan antara pasangan menjaga keharmonisan menjalin keharmonisan

Baca Juga

Leave a reply

16 − 14 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.