7 Tahap Perkembangan Teknologi Komunikasi Pada Kehidupan Manusia yang Perlu Kamu Tahu

1486 views

Bicara soal teknologi, teknologi memang banyak macamnya. Mulai dari teknologi transportasi, teknologi mesin sampai teknologi komunikasi. Setiap tahun bahkan bulannya, teknologi selalu berkembang dengan pesat dan memunculkan inovasi baru dalam bidang teknologinya itu sendiri.

Teknologi komunikasi adalah salah satu contohnya. Teknologi komunikasi memang tidak akan lepas dari kehidupan manusia, apalagi dengan kata komunikasinya itu sendiri. Komonukasi dalam artian adalah interaksi antara dua orang atau lebih.

Dengan gabungan kata antara teknologi dan komunikasi dapat diartikan sebagai alat untuk berinteraksi. Seperti yang kamu tahu dan bisa kamu liat teknologi komunikasi  dalam kurun waktu 1 abad ini sudah sangat berkembang. Faktor perkembangan teknologi itu sendiri juga tidak dapat lepas dari kebutuhan manusia yang setiap waktunya membutuhkan efektifitas dan efesiensi dalam kehidupannya. Oleh karena itu bagi kamu yang ingin tahu akan perkembangan teknologi itu sendiri, dapat di lihat disini. Yuk! check this out!

1. Awalnya Cuma Pakai Surat!

Sampul surat kuno Indonesia pada tahun 1895

Old mail via www.koleksitempodoeloe.blogspot.com

Pada awal perkembangan teknologi komunikasi, untuk kamu yang ingin berkomunikasi jarak jauh sangatlah terbatas. Kata terbatas bukanlah tidak mungkin karena pada masa itu orang berkomunikasi antar belahan dunia satu dengan lainnya melalui surat menyurat. Dalam artiannya surat sendiri adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis kepada pihak lain atau orang lain.

Sejarah surat menyurat dan pengiriman pos tertua dan pertama di dunia adalah berasal dari Mesir kuno pada tahun 2000 SM. Pada awalnya surat menyurat di zaman Mesir kuno hanya berisikan dokumen-dokumen pemerintahan saja. Di mesir Sistem pengiriman pos di antar memakai kuda atau kereta kuda.

Seiring berjalannya waktu, fungsi dan jenis surat yang awalnya hanya berisikan dokumen negara sekarang ini sudah beralih fungsi dan bertambah jenis tentunya. Surat di era modern ini selain berisikan dokumen negara juga dapat berisikan surat pribadi. Berapa jenis surat antara lain, surat pribadi, surat resmi, surat niaga, surat dinas dan bahkan sampai surat lamaran kerja sekalipun.

Di Indonesia sendiri kegiatan surat menyurat atau perposan sudah terjadi pada zaman Kerajaan Majapahit, Tarumanegara dan Sriwijaya. Pada zamannya, surat menyurat memakai tulisan palawa, atau yang sekarang lebih dikenal dengan aksara jawa. Dulu kegiatan surat menyurat di Indonesia atau Nusantara memakai kulit pohon, binatang, tulang, dan semacamnya.

2. Telegraf Teknologi Komunikasi Tercanggih Pada Zamannya!

foto telegraf jaman jaman dulu

Telegraf via www.sadiman2007.blogspot.com

Teknologi komunikasi yang satu ini memang terbilang teknologi komunikasi modern pertama di dunia. Berbeda dengan surat teknologi yang satu ini lebih efisien dan efektif tentunya. Mengapa dibilang demikian? Yap, ini dikarenakan dengan telnologi ini informasi akan cepat sampai kepada yang dituju.

Ya! Telegraf namanya, siapa dari kalian yang tidak pernah mendengar kata telegraf? Tentu semua dari kamu pasti pernah mendengarnya, bahkan mungkin memakainya. Bagi kamu yang tidak tahu apa itu telegraf, telegraf merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengirim dan menerima pesan jarak jauh.

Telegraf biasanya memakai sandi morse sebagai kode komunikasinya. Biasa nya penggunaan telegraf digunakan untuk pengiriman surat-surat resmi dalam perjanjian bisnis seseorang. Di jaman modern seperti sekarang ini penggunaaan telegraf yang biasa kamu pakai adalah telegraf listrik.

Penemu telegraf listrik itu sendiri bernama Samuel Thomas Von Sommering Pada 1809.  Pada tahun 1837 telegraf yang notabene memiliki banyak pencipta mendapat hak paten pertama kali, setelah telegraf komersil pertama dibuat oleh William Fothergill Coke. Dan telegraf ini dipasarkan di Great Western Railway, Inggris, untuk pertama kalinya.

3. Ternyata Telepon Lebih Mudah Untuk Kamu!

foto gambar telepon jaman dulu

Telephone via www.talicatz.com

Seiring perkembangan zaman, manusia makin memiliki kebutuhan yang beragam. Tidak sedikit dari mereka yang merasa teknologi Komunikasi harus lebih berkembang untuk lebih memudahkan manusia untuk berinteraksi. Faktor ini ternyata mendorong Alexander Graham Bell untuk menciptakan sekaligus menemukan telepon.

Pastinya semua dari kamu memiliki telepon bukan?  Tentunya! Jika kamu tahu sejarahnya, seorang Alexander Graham Bell dalam menemukan telpon tidaklah mudah. Pada tahun 1875 Bell juga mulai ikut serta atas penelitian yang sedang gempar gemparnya terkait bunyi, listrik dan telegraf. Dengan dibantu asistennya Thomas Watson, Bell mulai menghabiskan harinya di penelitian ini.

Setelah menghabiskan hari bersama asistennya Thomas, Bell akhirnya mengajukan hak patennya atas alatnya yang dapat menghasilkan bunyi tertentu, pada 7 Maret 1876. Percobaan telpon pertama Bell dan Thomas dilakukan untuk komunikasi kabel lintas dunia dari New York ke San Fransisco pada tahun 1915 dan berhasil. Perkembangan telpon mulai pesat ketika satelit telepon pertama di luncurkan. Dan terbukti sampai sekarang kamu pasti menggunakan telepon dan kamu sepatutnya berterimakasih kepada Bell.

4. Pager, Sinyal Radio Komunikasi pertama

komunikasi pager keren

Pager via www.mysecretaryusa.com

Beberapa tahun setelah ditemukannya telepon, dunia teknologi pasa masa itu dikagetkan akan penemuan pager. Pager adalah salah satu dari sekian teknologi komunikasi yang menggunakan sinyal radio untuk berinteraksi jarak jauh. Sistem kerja pager memang hanya bisa untuk menerima pesan singkat.

Bagi kamu yang termasuk tahun 90an pastinya tahu akan alat pager ini. Bagaimana tidak? Pada tahun 90an alat pager ini adalah idola yang di idam-idamkan pada masa itu. Alat yang bekerja berdasarkan prinsip kode sinyal radio ini memungkinkan menyampaikan informasi dan menerimanya dengan jarak tempuh yang jauh dalam waktu yang lumayan singkat.

Alat pager ini awalnya dipakai oleh dokter-dokter yang bertugas untuk keadaan darurat di rumah sakit st. Thomas, London. Pencipta pager pertama kali diciptakan oleh Multitone Elektronics pada tahun 1952. Perkembangan dan popularitas pager sangat cepat berkembang seiring kebutuhan manusia yang kian bertambah.

Pada masa nya, pager memiliki beberapa jenis dengan dasar kemampuan yang berbeda. Radio panggil hanya dengan nada panggil, radio panggil numeric, radio panggil alphanumeric dan radio panggil dua arah.

5. Setelah Canggihnya Pager, Handphone Muncul Dalam Bentuk dan Fungsi yang Lebih Canggih

handphone pertama du dunia

Handphone via www.chinaypages.com

Seperti yang di katakan di awal, perkembangan teknologi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Mulai dari surat menyurat hingga yang paling canggih pada masa itu, pager. Ternyata perkembangannya tidak terhenti disitu lho. Kali ini dengan kombinasi telepon dan pager, handphone dapat lebih memudahkan menjalani aktifitas yang berhubungan dengan interaksi jarak jauh!

Semua orang mau kakek-kakek, lansia, anak muda, orang tua, anak kecil, dan tentunya kamu pasti sekarang menggunakan handphone untuk komunikasi jarak jauh. Definisi handphone sendiri adalah perangkat komunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar mirip dengan telepon biasa namun bisa dibawa ke mana-mana atau portable. Cara kerja handphone juga lebih simple di bandingkan dengan telepon konvensional karena handphone jaringannya menggunakan nirkabel yang terhubung langsung dengan satelit.

Dalan sejarahnya pencetus ide atau penemu handphone itu sendiri adalah Martin Cooper seorang pekerja pabrikan Motorola pada tanggal 9 April 1973. Model pertama handphone hasil ide Cooper ini adalah DynaTAC. Pada awalnya handphone pabrikan Motorola ini berbobot sekitar 2 kilogram dan menghabiskan biasa sekitar US$1 juta dalam pembuatannya.

Dalam pembuatan dan pemasaran handphone yang pertama ini menemui banyak rintangan. Mulai dari cara memasukan semua komponen telepon konvensional yang besar ke dalam telepon yang berukuran kurang lebih genggaman tangan. Untuk jaringan selularnya sendiri telepon genggam atau handphone ini juga menemui kesulitan dalam penghubungan satelitnya akan tetapi seiring dengan majunya kecerdasan manusia, handphone yang kamu miliki sekarang dapat meringankan aktivitas komunikasi mu kan!

6. Internet Jangkauan Untuk Kamu Berkomunikasi Lebih Luas dan Murah!

ilustrasi koneksi internet dunia maya

Internet via www.pcworld.com

Tentunya dari kamu semua pasti bisa bahkan lihai dalam penggunaan internet. Internet berasal dari kata internatinal working atau bisa dibilang jaringan internasionalSeperti yang kamu tahu internet adalah suatu teknologi komunikasi terluas yang ada di kehidupan sekarang. Mencari informasi sampai berhubungan jarak jauh dapat dilakukan dengan internet.

Internet pada awalnya adalah jaringan komputer yang di bentuk departemen pertahan Amerika Serikat dalam salah satu proyeknya yang bernama ARPA. Internet pertama kali di demonstrasikan dengan komputer yang berbasis UNIX. Dengan internet yang sambungannya melalu saluran telepon kita dapat melakukan komunikasi dengan jarak yang tidak terhingga.

Pada awal nya internet di ciptakan untuk keperluan militer Amerika Serikat. Dengan menyambungkan internet ke daerah daerah vital di Amerika pada waktu itu, pasukan militer dengan mudah dapat menghandle daerah yang bersangkutan. Awal nya internet hanya dapat mengakses 4 situs saja.

Sekarang ini fungsi dan tujuan internet bertambah, yang awalnya hanya untuk kepentingan militer berubah menjadi akses umum. Internet yang kamu kenal sekarang ini adalah internet yang sudah sangat maju. Jaringan internet tercepat bagi akses umum berada di negara Korea.

7. All In One, Smartphone!

smartphone jaman sekarang

Smartphone via www.blogblanja.com

Teknologi tercanggih masa kini yang tentunya kamu punya adalah smartphone, bukan begitu? Smartphone atau dalam artian Bahasa Indonesia adapah telepon pintar ini memang sedang booming  beberapa tahun terakhir ini. Dengan menggabungkan telepon, jaringan internet dan teknologi terdahulu lainnya seperti surat yang berbentuk elektronik sebut saja email dan sistem nada panggil pager di dalam satu alat membuat smartphone menjadi teknologi paling canggih sekarang.

Smartphone pertama di rancang oleh IBM dan rancangan pertama dari smartphone itu dinamakan Simon. Telepon pintar atau smartphone pertama ini di pasarkan oleh Bellsouth pada 1993. Fitur yang terdapat pada smartphone keluaran pertama ini antara lain dapat menerima dan mengirim panggilan masuk, kalender, permainan, petunjuk waktu dan telepon pertama ini tidak mempunyai tombol melainkan memakai layar sentuh untuk memilih nomor telepon.

Untuk telepon pintar dengan jaringan wifi pertama dikeluarkan oleh pabrikan Nokia. Communicator 9500 menjadi telepon pintar atau smartphone pertama dengan fitur kamera juga wifi di dalamnya. Setelah inovasi smartphone dengan kamera juga wifi pertama muncul, mendorong pabrikan telepon pintar lain memunculkan smartphone yang tidak kalah canggih seperti yang kamu tahu sekarang.

Teknologi komunikasi memang sangat penting di kehidupan manusia termasuk kamu. Dengan teknologi komunikasi yang maju ini dapat memudahkan kamu berkomunikasi dan berinteraksi lintas benua dengan mudah. Tentunya dan pasti beberapa tahun kedepan akan ada penemuan teknologi dalam bidang komunikasi yang lebih maju dari yang sekarang ini!

komunikasi jarak jauh teknologi komunikasi teknologi komunikasi tercanggih teknologi smartphone

Baca Juga

Leave a reply

two × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.