7 Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh dengan Sahabat-Sahabatmu agar Tetap Terasa Dekat!

1244 views

Pertemanan jarak jauh. Apa itu? Emang ada? Jangan salah berfikir bahwa hubungan jarak jauh hanya bisa dialami oleh mereka yang sedang berpacaran atau hubungan kisah asmara lainnya.

Pertemanan pun juga bisa dilewati dengan jarak jauh. Hal itu terjadi ketika kamu dan sahabatmu harus terpisah karena dia kembali ke kampung halamannya atau kamu yang harus pergi meninggalkannya karena waktumu di tempat perantauan entah untuk sekolah atau kontrak kerjamu sudah habis. Duh, pasti itu merupakan sesuatu yang amat sangat berat dan sedih harus berpisah dengan sahabat yang telah menemani hari-harimu dalam waktu yang lama bahkan mungkin sudah bertahun-tahun.

Tapi, apa daya keadaan memang mengharuskan kamu terpisah dengan sahabatmu. Meski bagitu, ini bukan alasan utama buatmu terpisah dengan sahabat kesayanganmu yang selama ini telah menjadi bagian hidupmu, kamu masih bisa kok tetap melanjutkan hubungan persahabatanmu seperti biasanya meski harus terpisah jarak yang jauh. Kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa tips buatmu yang akan menjalani atau sedang mengalami pertemanan jarak jauh dengan sahabat-sahabatmu tercinta. Yuk, simak tipsnya berikut!

1. Keep In Touch

Keep In Touch

Gambar via www.askideas.com

Kunci utama dari pertemanan jarak jauh adalah tetap saling berhubungan. Tanpa saling berkomunikasi, maka persahabatanmu otomatis telah berakhir. Tetapi sejauh apapun jarak yang memisahkanmu dengan sahabatmu, akan tetap terasa dekat jika terus menjalin komunikasi, tetap saling berbagi cerita mengenai kegiatan dan kehidupan sehari-hari, atau meski hanya sekedar menanyakan kabar saja itu sudah cukup untuk saling mengetahui keadaan masing-masing.

Teknologi sudah semakin canggih saat ini, jadi kamu gak ada alasan untuk kesulitan dalam berkomunikasi dengan sahabatmu karena masalah jarak.  Salah satu kegunaan teknologi yang saat ini sudah super canggih tentu akan memperpendek jarak yang terasa jauh.

2. Saling Mengerti Kesibukan dan Menghargai Privacy

Saling Mengerti Kesibukan dan Menghargai Privacy

Gambar via www.isigood.com

Pertemanan jarak jauh itu akan menuntutmu untuk lebih saling memahami dan mengerti kesibukan masing-masing. Mungkin kamu ingin selalu bisa dekat dan bercerita apapun pada sahabatmu atau kamu ingin selalu tahu keadaan sahabatmu sehingga pesan WA, BBM, Line atau sejenisnya darimu akan selalu membanjiri sahabatmu tanpa henti setiap harinya. Ada baiknya kamu jangan terlalu sering mengirim pesan pada sahabatmu karena itu bisa saja akan mengganggu dirinya.

Berikanlah sahabatmu sedikit ruang untuk menjalani kesibukannya sendiri, karena meski dia itu sahabatmu tetap saja ia membutuhkan ruang untuk privacy yang mungkin nggak setiap saat bisa diceritakan padamu. Ketika kamu tidak terlalu sering memunculkan diri lewat pesan-pesan itu, maka bisa loh menjadi sedikit ruang agar sahabatmu merindukanmu. Percayalah jika kamu sejenak menghilang dari peredaran, sahabatmu pasti akan mencarimu karena rindu atau mungkin khawatir. Senang dong kalau sahabatmu masih mengkhawatirkanmu. Itu artinya kamu masih menjadi orang penting buatnya. Toh bumbu rindu itu juga akan membuat jalinan persahabatanmu akan semakin erat.

3. Sempatkan untuk Memberi Surprise

Sempatkan untuk Memberi Surprise

Gambar via www.shopify.com

Jarak itu bukan alasanmu untuk tidak bisa memberikan perhatian atau tanda cinta pada sahabatmu. Sesekali kamu perlu memberinya kejutan ketika dia berulang tahun dengan mengirim kado atau hadiah. Bisa juga kamu memberinya sedikit surprise dengan hadir dihari-hari spesialnya. Hal ini akan membuat sahabatmu merasa kalau ia ternyata masih menjadi salah satu orang yang spesial dalam kehidupanmu.

4. Luangkan Waktu untuk Meet Up

Pertemanan jarak jauh bukan alasan buatmu gak bisa ketemu lagi dengan sahabatmu. Atur waktu bersama untuk kamu dan sahabatmu bisa saling bertemu meluapkan rindu meski mungkin hanya sebentar. Kamu juga bisa hanya sekedar bertemu untuk makan bersama dan pasti juga akan mengobati rasa rindumu pada sahabatmu.

Akan lebih memorable lagi jika kamu dan sahabatmu sesekali bisa mencari waktu dan meluangkan untuk liburan bersama ke suatu tempat yang memang sangat ingin kamu kunjungi dengan sahabatmu. Hal ini akan semakin mempererat tali persahabatan di antara kamu dan sahabatmu pastinya.

5. Tetap Selalu Ada

Tetap Selalu Ada

Gambar via www.hipwee.com

Walau kamu dan sahabatmu hanya bisa berkomunikasi lewat alat telekomunikasi tanpa bisa bertatap muka langsung, tapi itu bukan hal yang  sulit untukmu karena tidak bisa selalu ada untuknya. Namanya sahabat pasti harus bisa selalu ada buatnya dong. Luangkan waktumu disela-sela kesibukan ketika sahabatmu sedang membutuhkanmu untuk mendengar ceritanya atau membutuhkan dukunganmu.

Dengan tetap selalu ada untuknya, sekedar mendengar cerita dan mememberinya semangat dan mendukung segala apa yang menjadi pilihan sahabatmu akan membuat selalu dekat denganmu. Itu artinya kamu masih menjadi sahabat setianya yang selalu ada ketika sahabatmu membutuhkanmu.

6. Jangan Pamer

Jangan Pamer

Gambar via redaksi7.tk

Namanya juga pertemanan jarak jauh, pasti ada saatnya kamu akan bertemu atau berteman dengan orang baru. Kalau sudah begitu ketika kamu sedang asyik-asyiknya bersama teman baru, ada baiknya kamu jangan terlalu berlebihan mengumbarnya apalagi pada sahabatmu sendiri. Jika itu kamu lakukan, hal ini bisa saja akan membuat sahabatmu sedih dan merasa sudah kamu tinggalkan karena sudah punya teman baru bahkan mungkin akan merasa tidak dibutuhkan lagi. Jangan pernah melupakan sahabatmu yang sudah lebih dahulu mengenal baik dirimu ketika menemukan teman baru.

7. Let It Go

Let It Go

Gambar via akusenang.com

Sama halnya kamu yang mungkin bertemu orang baru, bisa juga sahabatmu menemukan teman baru. Pada saat itulah mungkin sudah saatnya kamu untuk melepaskannya. Bukan dalam artian yang sebenarnya untuk melupakannya, tetapi membiarkannya melanjutkan hidupnya sejenak. Sulit dan sedih pastinya, tapi siapa yang tahu memang inilah saatnya untuk kamu dan sahabatmu sejenak lebih fokus melanjutkan kehidupan masing-masing. Tapi percayalah jika kamu dan sahabatmu sudah berteman cukup lama dan sudah saling mengenal baik satu sama lain, meski kalian harus terputus hubungan suatu saat nanti kamu dan sahabatmu akan kembali bersama juga.

Kamu tak perlu takut harus terpisah dengan sahabatmu. Sejauh apapun kamu dan sahabatmu terpisah kalau kamu dengan sahabatmu sudah berteman lama tentu semua bukanlah hal yang menakutkan. Berteman jarak jauh tetap bisa saling men-support dan saling berbagi cerita.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk terus mempertahankan persahabatan kalian tanpa ada pemisah jarak. Kan sudah banyak aplikasi komunikasi yang serba canggih, jadi kenapa harus bingung? Mungkin tidak bisa sebahagia ketika bisa keep in touch secara langsung, tapi daripada tidak bisa berkomunikasi sama sekali itu lebih menyedihkan, bukan?

Kadang terpisah jarak itu malah bisa membuatmu dengan sahabatmu semakin erat. Akan lebih saling merindukan dan lebih saling memahami satu sama lain. Bahkan bisa membuatmu saling menghargai kehadiran satu sama lain yang mungkin sebelumnya belum terlalu sebesar ketika kalian harus terpisah jarak.

Jarak itu bukan alasan untukmu melepaskan sebuah persahabatan begitu saja. Bukan juga alasan saling melupakan dengan mudah. Mungkin perpisahan jarak akan lebih membuat kamu dan sahabatmu saling berterima kasih atas kebersamaan yang sudah dijalin sebelumnya. Jadi, sudah siap untuk berteman jarak jauh dengan sahabatmu? Yuk, share pengalamanmu!

hubungan jarak jauh hubungan pertemanan pertemanan jarak jauh

Baca Juga

Leave a reply

2 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.