7 Tips Merawat dan Menjaga Motormu Agar Tetap Awet dan Bertenaga

1000 views

Pada era sekarang ini dunia otomotif sangatlah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi mesin. Hal ini dibuktikan dengan munculnya kendaraan roda dua maupun roda empat yang ditemukan beberapa dekade terakhir ini. Untuk perkembangan dunia kendaraan atau  otomotif, muda ini sudah sangat berkembang pesat.

Hal yang mendorong pembuktian untuk perkembangan dunia otomotif yang sudah maju ini, bisa kamu lihat di kendaraan kamu. Untuk pemilihan kendaraan otomotif itu sendiri banyak orang dan mungkin kamu juga termasuk yang lebih senang menggunakan sepeda motor untuk bepergian. Selain lebih cepat dan efisien menerjang macet, ternyata sepeda motor dalam hal perawatannya juga mudah dibandingkan otomotif lainnya seperti mobil.

Karena  sepeda motor memiliki badan atau body yang lebih kecil dibandingkan kendaraan otomotif lain. Faktor ini menjadikan sepeda motor tentunya dalam hal perawatan juga murah dan tidak ribet. Bagi kamu pecinta otomotif sepeda roda dua ini, menjaga dan merawat mesin kendaraan sangatlah penting. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk kamu membaca artikel ini, tentunya untuk kebaikan kamu dan si kuda besi mu itu. Yuk! Lets check this things out!

1. Perhatikan Indikator Minimal Oli Mesin Untuk Keawetan Mesin Motor Kamu!

Perhatikan Indikator Minimal Oli Mesin Untuk Keawetan Mesin Motor Kamu!

Oil via Liputan6

Oli mesin merupakan bagian vital dari kendaraan sepeda motor. Oli mesin juga adalah komponen yang sangat penting dalam menunjang peforma mesin motor kamu. Di sini fokus utama kamu adalah memilih jenis oli apa yang terbaik untuk mesin motor kamu.

Oli standar yang dipakai untuk mesin motor biasanya berstandar SAE. Setiap tipe motor tentunya memakai tipe oli kadar SAE yang berbeda tipe juga. Untuk pelumas motor bertipe matic disarankan memakai pelumas yang lebih encer dibandingkan pelumas untuk motor bebek atau kopling.

Fokus selanjutnya untuk kamu agar mempunyai sepeda motor yang awet adalah konsisten dalam pemilihan oli. Pemilihan oli sangatlah riskan untuk motor kamu, alih-alih salah kiprah memilih oli dapat merusak mesin motor kamu. Oleh karena itu disarankan untuk kamu konsisten dalam pemakaian jenis oli untuk motor kamu. Ini untuk menghindari efek samping yang buruk untuk motor kamu jika kamu memakai oli dengan formulasi di dalamnya yang berbeda.

2. Perhatikan Pemakaian Oli dan Lakukan Pergatian Oli Secara Bertahap

Untuk masalah oli juga, sebaiknya kamu memperhatikan pemakaian oli untuk motor kamu. Untuk itu pergantian oli secara rutin atau berkala sangatlah diperlukan. Ini dikarenakan fungsi oli di sepeda motor yang berfungsi sebagai pelindung komponen-komponen penting dari gesekan yang terjadi di dalam mesin.

Ganti lah oli lama sepeda motor kamu dengan yang baru berdasarkan jarak tempuh yang sudah dilalui kamu. Untuk kamu yang menempuh jarak 200 – 500 kilometer perbulan, sebaiknya mengganti rutin oli setiap 1.5 bulan. Untuk pemakaian jarak tempuh 500 kilometer, baiknya oli diganti sebulan sekali. Sedangkan untuk jarak tempuh yang jauh hingga lebih dari 1200 kilometer perbulan, gantilah oli diganti 2 minggu sekali.

3. Busi Motor Kamu Juga Diperhatikan Ya!

Busi Motor Kamu Juga Diperhatikan Ya!

Busi via Blogmortech

Bagi kamu yang memiliki motor tentunya mengerti fungsi benda ini. Ya, busi memang menjadi salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam kinerja sepeda motor kamu. Fungsi busi sendiri adalah pemicu terjadinya pengapian di sepeda motor kamu dan ini memberikan efek berfungsinya sepeda motor kamu.

Jika kamu pernah mengalami hal seperti macetnya dan matinya sepeda motor secara tiba-tiba itu dapat dipastikan bahwa busi sepeda motor kamu kotor. Kotoran sisa hasil pembakaran yang dilakukan busi itu sendiri menempel hingga menyebabkan busi kotor dan sepeda motor pun macet. Oleh karena itu membersihkan busi secara rutin sangat lah penting untuk menghindari hal semacam itu.

Langkah yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan busi antara lain, kamu harus menyediakan kunci busi untuk membukanya. Lalu untuk membersihkan busi sepeda motor kamu, kamu membutuhkan sikat kawat beserta bensin yang sudah dilumuri ke sikat kawat tersebut. Untuk pembersihannya  jangan sekali-sekali mencelupkan busi ke bensin karena itu hanya membuat kotoran semakin menumpuk pada busi.

Untuk pengecekan apakah kamu sudah bersih total dalam pembersihan busi, kamu dapat menstarter motor kamu. Jika motor kamu menyala ini menjadi bukti bahwa kamu sudah cukup bersih dalam pembersihan tersebut. Dan ingat sekali lagi! Jangan abaikan komponen ini!

4. Perhantikan Masa Habis Pakai Part Mesin Sepeda Motor Kamu

Perhantikan Masa Habis Pakai Part Mesin Sepeda Motor Kamu

Kopling via www.jurigkamera.files.wordpress.com

Kata siapa bagian dari komponen sepeda motor akan bertahan selamanya dan tidak akan habis pakai? Bagi kamu yang berpikiran seperti itu tentunya salah besar! Di kendaraan sepeda motor ternyata juga ada beberapa part yang bisa habis pakai lho. Kopling yang terasa berat karena disebabkan oleh habisnya prodo kopling. Rem yang mulai sedikit demi sedikit loss yang disebabkan oleh mulai habis nya karet rem. Dua komponen tersebut adalah contoh part sepeda motor yang punya masa habis.

Hal kecil memang namun memiliki dampak yang sangat besar untuk sepeda motor kamu. Oleh karena itu, biasakan selalu rutin mengecek komponen atau part dari sepeda motor kamu yang sekiranya mempunyai masa habis.

5.  Jangan Sampai Bocor! Kerapatan Mesin Demi Awetnya Sepeda Motor Kamu

Jangan Sampai Bocor! Kerapatan Mesin Demi Awetnya Sepeda Motor Kamu

Vechile via Otomemia

Mesin sepeda motor sangat erat hubungannya dengan tekanan dalam ruang pembakaran (kompresi). Karena mesin adalah tempat pembakaran bahan bakar tentunya hal ini harus kamu jadikan perhatian tersendiri. Oli yang merembes dari mesin motor kerap terjadi dalam perihal mesin sepeda motor ini.

Merembesnya oli dari sela-sela mesin memang tidak terlalu berpengaruh pada kinerja mesin. Namun hal sepele ini seharusnya lebih kamu waspadai karena akan berakibat fatal jika rembesan oli keluar dalam skala yang besar. Oleh karena itu mengecek kerapatan mesin harus selalu dilakukan secara rutin.

Jika ada kebocoran, hal ini dapat ditangani dengan memberikan celah yang rembes itu dengan lem khusus (sealer). Namun kamu harus lebih teliti soal penambalan rembesan ini, karena mungkin pada beberapa kasus bocornya oli ini mengharuskan kamu turun mesin.

6. Mau Dipakai Atau Tidak, Tetap Panaskan Sepeda Motor Kamu!

Mau Dipakai Atau Tidak, Tetap Panaskan Sepeda Motor Kamu!

Super bike via hargaharian.com

Memanaskan sepeda motor adalah hal wajib bagi kamu yang ingin mempunyai sepeda motor yang awet bertahun-tahun. Biasakan untuk kamu memanaskan sepeda motor setiap pagi mau itu dipakai atau tidak sekalipun! Bagi kamu yang sering kejar waktu atau telat dan terburu-buru, usahakan ubah kebiasaan itu. Biasanya orang yang terburu-buru sangat jarang memanaskan sepeda motornya dan langsung memacu nya begitu saja dan itu sangat memicu kepada kerusakan sepeda motor.

Seperti layaknya manusia mesin juga perlu bersiap-siap dalam melaksanakan tugasnya. Mesin juga butuh kuda-kuda untuk menjalankan performa yang maksimal. Oleh karena itu usahakan panaskan 5 sampai 7 menit sepeda motor mu setiap mau dipakai ya!

7. Servis Rutin Setiap Bulan Penting Agar Sepeda Motor Kamu Awet Bertahun-Tahun

Untuk kamu yang sibuk akan urusan di kantor atau di tempat kerja dan tidak sempat merawat sepeda motor mu sendiri, usahakan luangkan 1 hari weekend setiap beberapa bulan  untuk berkunjung ke bengkel resmi. Hal ini perlu dilakukan karena jika tidak sepeda motor mu akan cepat jadi rongsokan. Setiap barang bagus tentu ada perawatannya bukan?

Untuk urusan servis di bengkel resmi memang hukumnya wajib. Apalagi bagi kamu yang belum paham tentang sepeda motor dan sibuk akan urusan diluar otomotif. Bawalah motor mu untuk diservis di bengkel resmi agar kesehatannya tetap terjaga. Tidak perlu rutin sebulan sekali, 3 bulan sekali atau ketika kamu rasa sudah harus perlu diservis langsung saja bawa sepeda motor kamu itu ke bengkel resmi.

Kendaraan roda dua memang  menjadi raja jalanan saat ini dengan membuktikan dominasi nya di jalan. Seperti nama julukannya, raja jalanan ini juga harus diperlakukan dan dirawat seperti bak nya raja agar tetap kokoh mendominasi. Oleh katena itu bagi kamu yang memiliki sepeda motor jangan lupa dirawat dan diperhatikan agar ia tetap mendominasi, ya!

cara merawat sepeda motor dunia otomotif menjaga motor agar tetap awet pecinta otomotif

Related Post

Leave a reply

thirteen + twelve =