7 Tips Motivasi Diri Untuk Kamu yang Sedang Down!

377 views

Dalam setiap perjalanan hidup manusia tentunya banyak hal yang harus dihadapi. Mulai dari hal-hal sedih, masa-masa terpuruk, hingga yang terburuk sekalipun, pasti akan kamu rasakan di perjalanan hidupmu. Perjuangan hidup yang buruk yang kamu rasakan semata-semata bukan hanya kesengsaraan, melainkan jembatan untuk meraih kesuksesan hidupmu sendiri. Banyak dari orang tua kamu, mama atau papamu, sering mengatakan bahwa semua perjuanganmu pasti akan menghasilkan sesuatu yang baik, dan itu pasti.

Akan tetapi, tak sedikit dari kamu merasa down dalam menghadapi ujian hidup tersebut. Wajar, sebagaimana manusia juga memiliki batas kesabaran dalam hal menghadapi ujian hidup tersebut. Tapi apakah kamu akan terus terpuruk begitu saja? Apakah kamu akan tetap diam dalam keterpurukan itu? Tentu tidak!

Oleh karena itu, ada baiknya kamu yang saat ini sedang down dan terpuruk menyimak artikel ini, lumayan buat memotivasi diri sendiri lho. Check this out!

Menangislah. Itu adalah hal yang NORMAL.

Menangislah. Itu adalah hal yang NORMAL

Menangislah. Itu adalah hal yang NORMAL via dailystormer.com

Menangis bagi sebagian orang memang diartikan sebagai hal yang memalukan. Tapi bagi sebagian orang lainnya menangis menjadi hal yang sangat wajar jika seseorang sedang bersedih. Banyak faktor yang dapat membuat orang menangis, antara lain kegagalan dalam karir, keluarga, percintaan, pendidikan, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang merasa sedang dalam titik terendah dalam hidupmu, entah karena masalah apapun itu, menangislah. Dalam hal ini, menangis menjadi awal yang  baik yang dapat membuat mu lebih tenang dalam menghadapi masalah. Jangan hiraukan perkataan orang lain yang mengatakan bahwa menangis itu memalukan, apalagi bagi lelaki. Karena pada dasarnya mereka yang mengatakan itu pun pasti pernah menangis.

Faktanya, dalam air mata yang kamu teteskan setiap kali menangis membawa keluar hormon kesedihan dalam dirimu. Selain membawa keluar hormon kesedihan, menangis juga membawa ketenangan dalam dirimu. Jadi, menangislah jika kamu memang ingin menangis. Hal ini bukanlah tanda bahwa diri mu lemah, melainkan kamu sudah terlalu kuat menahan beban selama ini!

Setelah menangis, ingatlah bahwa kamu masih punya Tuhan dan kamu tidak sendirian.

ingatlah bahwa kamu masih punya Tuhan dan kamu tidak sendirian

ingatlah bahwa kamu masih punya Tuhan dan kamu tidak sendirian via wordpress.com

Hal yang sangat berpengaruh bagi kebangkitan diri kamu setelah menangis adalah mengingat bahwa kamu masih punya Sang Pencipta Alam yang ada di sampingmu. Sebagai mahluk ciptaan-Nya, kamu tidak bisa mengelak bahwasannya ujian ini sebenarnya berasal dari Tuhan. Akan tetapi, Tuhan bukan berarti benci padamu dengan memberikan ujian ini. Dia ingin menguji seberapa tangguh dirimu dalam menghadapi keterpurukan ini, karena Dia mencintaimu.

Persiapkan dirimu dan beribadahlah. Bagi kamu yang merasa terpuruk, beribadah kepada Tuhan adalah hal yang wajib kamu lakukan karena hanya Dia yang dapat memberikan kamu jalan keluarnya. Berdoalah kepada Tuhan agar diberi jalan keluar dan tetap ingatlah bahwa Tuhan tidak akan memberikan ujian diluar kemampuan hamba-Nya.

Sekali lagi, ingat! Kamu tidak pernah sendiri. Tuhan selalu di sampingmu di manapun, kapanpun, apapun masalahmu.

Cerita tentang masalahmu kepada orang terkasih. Solusi adalah bonus; kedua telinga yang rela mendengarkanmu itu lebih penting.

Cerita tentang masalahmu kepada orang terkasih

Cerita tentang masalahmu kepada orang terkasih via wikihow.com

Siapa yang dari kamu yang tidak mempunyai orang terkasih? Tentunya semua punya. Orang terkasih bisa saja keluarga, teman, pacar, dan gebetan atau mungkin yang lainnya. Kehadiran orang terkasih dalam hidup memang sangat mempunyai efek besar, apalagi ketika kamu sedang dilanda masalah atau cobaan.

Jika kamu sedang terpuruk atau berada di titik dimana kamu merasa hidup tidak adil, cerita dan berbagi masalahmu kepada orang terkasih adalah hal terbaik. Dengan menceritakan masalahmu dengan orang terkasih, kamu akan merasa ditemani dan tidak sendirian, dan tanpa kamu sadari juga, hal itu memberikan kekuatan tersendiri. Selain hanya cerita dan berbagi masalah dan cobaan yang menimpa kamu dalam hidup, dengan orang terkasih kamu mungkin juga bisa menangis bersamanya untuk merasa lebih baik.

Kumpulan kata motivasi juga dapat membantumu.

Kumpulan kata motivasi

Motivation quotes via www.Sticky-Quotes.com

Ketika sedang terpuruk, kamu pastinya membutuhkan sesuatu yang dapat mendorongmu. Untuk itu, membaca buku tentang motivasi bisa sangat membantu. Mungkin sebagian dari kamu yang sedang terpuruk sangat malas atau sangat tidak bergairah untuk membaca buku-buku motivasi yang tebal. Oleh karena itu, potongan kata-kata motivasi dari orang-orang terkenal bisa menjadi solusinya.

Memang ketika kamu down, kata motivasi sangatlah manjur. Ini dikarenakan perasaan kamu yang terpuruk itu akan terdorong ingin bangkit setelah melihat atau membaca kata motivasi yang tentunya pas dengan keadaanmu sekarang. Kata-kata motivasi itu bisa kamu dapatkan dari tumblr atau media sosial lainnya yang biasanya memuat quotes dalam gambar.

Setelah membaca, buatlah kata motivasimu sendiri.

Tahap kedua di bagian tentang kata motivasi ini sangatlah membantu. Setelah kamu membaca dan melihat kata motivasi orang lain sebagai penyemangatmu, hendaknya untuk langkah baik selanjutnya adalah membuat kata motivasimu sendiri. Kata motivasi atau quotes yang kamu buat untuk diri kamu sendiri tentunya sangat cocok sebagai penyemangat kamu.

Selain berfungsi sebagai penyemangat diri, kata motivasi dari diri kamu sendiri ini berfungsi sebagai mindset kamu terhadap masalah yang sedang kamu hadapi. Bagaimana tidak, secara otomatis otak akan menangkap quotes buatanmu itu untuk menggerakan hatimu agar bangkit dari rasa terpuruk!

Menangis tidak apa-apa. Tapi, segera hapus air matamu, fokus pada tujuan.

fokus pada tujuan

fokus pada tujuan via www.theundercoverrecruiter.com

Apakah kamu yang terpuruk sudah melakukan beberapa hal di atas? Yap, bagus jika kamu sudah melakukannya! Yang harus dilakukan adalah hapus air matamu dan fokuslah kepada tujuanmu.

Setiap orang pasti punya tujuan hidup yang ingin dicapai dalam riwayat hidupnya. Pastinya kamu juga termasuk dalam kelompok itu tentunya. Dalam mencapai tujuan itu  pastinya banyak hadangan dan rintangan yang membuat kamu jatuh bangun atas itu.

Tentu tak sedikit dari kamu yang pernah mencapai titik dimana kamu merasa dibawah dalam mencapai keinginan hidup mu. Untuk itu fokus dan buat tekad juga rencana untuk bangkit dan mencapai keinginan mu itu. Dengan begitu otomatis jiwa mu akan kembali terbakar dan bersemangat lagi!

Bersyukur Akan Keterpurukan mu, Buat Kamu Bangkit

Bersyukur Akan Keterpurukan mu

Bersyukur Akan Keterpurukan mu via www.alt-creative.com

Titik terendah dan keterpurukan bagi seseorang dapat datang dari berbagai macam faktor. Cobaan dalam meraih mimpi sering kali menjadi faktor utama penyebabnya. Keterpurukan dan kejatuhan bagi seseorang memang sangat tidak mengenakan tapi bagi kamu yang sedang dalam masa terburuk hendaknya kamu bersyukur akan itu.

Bersyukur akan situasi buruk yang kamu dapat adalah salah satu hal yang dapat membantu mu bangkit. Selain membantu mu bangkit, bersyukur dalam situasi terburuk sekali pun dapat membuat mu tenang karena sadar ataupun tidak kamu percaya bahwa situasi ini akan berbalik menjadi keberhasilan untuk mu.

Dalam hidup setiap manusia tidak akan ada yang selalu mulus seperti yang diinginkannya. Setiap orang sukses yang kamu lihat juga pernah gagal sebelum mereka mendapat kesuksesan tersebut. Yang harus kamu tau adalah kegagalan dan terpurukan adalah bagian dari kesuksesan mu kelak.

Bagi kamu yang sedang merasa terpuruk dan merasa dunia ini tidak adil percayalah masa itu akan lewat. Percayalah bagi kamu yang terpuruk dan sedang dalam situasi terburuk, bahwa pelangi akan datang setelah badai. Angkat dagu mu, jangan lah tertunduk terlalu lama, walaupun itu hal yang wajar. Lihat lah kedepan dan tanamkan motivasi kesuksesan itu sendiri salam hidup mu! “Struggle worth something”.

bangkit dari keterpurukan cara memotivasi diri motivasi buat yang lagi terpuruk motivasi diri

Related Post

Leave a reply

20 − 3 =