7 Tips Pola Hidup Sehat Yang Bisa Kamu Ikuti Agar Harimu Kembali Ceria!

610 views

Gaya hidup sehat jaman sekarang ini sedang banyak dibicarakan di internet, karena memang kesibukan dan aktivitas harian membuat kita semua bisa lupa mengenai kehidupan yang sehat. Tanpa disadari, kamu juga bisa menjadi pelaku hidup tidak sehat loh guys.

Kalau tubuh kamu nggak sehat, melakukan aktivitas pun jadi nggak semangat, akibatnya kamu nggak bisa dapat hasil yang maksimal dalam pekerjaan ataupun nggak dapat nilai maksimal di sekolah atau kampus. Selain itu tubuh juga jadi gampang terserang berbagai penyakit. Nggak mau hal ini sampai terjadi sama kamu kan?

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk memiliki pola hidup yang sehat. Let’s check it out!

Makan Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan bergizi

Makanan bergizi via effandra.com

Makan makanan yang bergizi itu sudah menjadi kewajiban sebagai manusia untuk menjaga semua kesehatan organ tubuh, baik organ dalam maupun luar. Buah dan sayur itu adalah makanan yang kaya akan gizi, nutrisi, dan vitamin. Kamu bisa dapat paket komplit makanan sehat secara alami.

Coba deh, kamu rajin makan sayur dan buah tiap hari. Selain badan kamu yang makin sehat dan bugar, kulit kamu juga makin bersih, cerah, dan juga lembut. Kamu bisa dapet banyak banget manfaat dari mengkonsumsi buah dan sayur ini.

Tidur Dengan Waktu Yang Cukup

Tidur

Tidur via cantiksehatgue.blogspot.com

Kamu tahu nggak, sebetulnya manusia itu normal tidur dari malam hingga pagi hari seharusnya 8 jam loh. Hayo sekarang coba hitung waktu tidur kamu dalam sehari, apakah sudah cukup 8 jam? Jika kurang, hal ini akan menyebabkan tubuh kamu tidak fit dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Guys, siapa sih yang nggak suka tidur? Hihihi… Semua pasti suka, cuma masalahnya jaman sekarang ini untuk mendapat waktu tidur yang normal itu rasanya seperti susah sekali. Bahkan sehari mungkin tidak cukup hanya 24 jam, ya nggak? Terutama buat yang sering kerja lembur dan mahasiswa nih.

Well, begadang atau lembur sebenernya boleh aja kalau memang dibutuhkan dan ada tujuannya. Kalau enggak ya mending jangan, gunakan waktu itu untuk tidur. Bukan malah main game atau nonton youtube atau sekedar nongkrong bareng temen di kosan. Mending tidur aja dengan waktu yang cukup supaya badan kamu juga enak.

Kalau badan sehat dan bugar kan kamu bisa melakukan aktivitas dengan semangat dan enak kan? Kerja atau kuliah juga jadi semngat dan bisa dapat hasil yang maksimal, ya kan?

Sempatkan Berolah Raga Di Pagi Hari

Olah raga pagi

Olah raga pagi via newsterkini.com

Bagi kamu semua yang sibuk, jadwalnya padet dan nggak sempat nge gym, ada tips nih yang bisa buat kamu tetap bisa berolah raga di tengah kesibukan kamu. Coba deh, paksain diri kamu untuk bangun setengah jam lebih awal dari waktu biasanya.

Setelah bangun, cuci muka, dan minum air putih. Kemudian lakukan peregangan badan, seperti senam pagi yang biasa dilakukan saat kamu masih sekolah. Gerakan kepala ke kanan-kiri, bentangankan kedua tangan, regangkan ke dua kaki, dan sejenisnya.

Awalnya pasti susah ya, bangun lebih pagi dari waktu yang biasa. Tapi coba paksakan diri sedikit, setidaknya dalam sehari kamu bisa olahraga 15 menit ketika pagi hari. Yakin deh, tubuh kamu makin segar setelah mandi. Jadi melakukan aktivitaspun makin semangat. Hihihi…

Bike to Work

Bike to work

Bike to work via i.huffpost.com

Bike to work sekarang ini sudah populer di banyak tempat di dunia ini, terutama di Belanda. Di Indonesia sekarang juga sudah memulai menerapkan bike to work, walaupun belum banyak setidaknya sudah ada yang bergerak ya kan. Selain itu juga di negeri kita ini mulai gencar mengkampayekan Car Free Day. One Great Step, isn’t it?

Bike to work ini selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu, bermanfaat juga untuk menjaga kelestarian lingkungan loh. Tentu saja, karena sepeda kan tidak menggunakan bahan bakar, jadi mengurangi polusi udara. Bisa mendapat dua manfaat sekaligus!

Apa aja sih manfaat bersepeda bagi tubuh manusia? Banyak banget loh guys. Dengan bersepeda daya tahan tubuhmu akan makin kuat, menyehatkan jantung, mengencangkan otot, menjaga kesehatan pernafasan, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu peroleh.

Minum Banyak Air Putih

Air Putih

Air Putih via 4.bp.blogspot.com

Air putih ini memang nggak ada rasa khusus, warnanya juga ga menarik, terlihat biasa aja. Tapi bermanfaat baik bagi tubuh kamu. Idealnya kamu minum 8 gelas air putih dalam sehari agar terasa manfaatnya secara nyata.

Manfaat yang bisa kamu dapat jika rajin mengkonsumsi air putih adalah usus besarmu akan lebih sehat, peremajaan otot dalam tubuh, bisa membantu mengontrol berat badan, ginjal akan lebih bersih, dan yang spesialnya air putih juga bisa membuat kamu awet muda. Keren banget kan?

Awalnya buat yang belum terbiasa mengkonsumsi air putih pasti terasa aneh dan nggak enak. Tapi jika sudah terbiasa malah air putih terasa sangat menyegarkan tubuh. Untuk menjaga kesehatan tubuh kenapa enggak, ya kan?

Hindari Junk Food

Junk food

Junk food via images.thrivewire.com

Di jaman serba cepat ini memang banyak banget hal yang dituntut untuk serba cepat. Bahan makanan pun juga. Orang-orang pun cenderung memilih untuk mengkonsumsi fast food dan juga junk food, karena mereka berpikir penyajiannya cepat dan juga dapat menghemat waktu.

Hayo siapa yang suka banget makan junk food dan minum minuman bersoda atau yang mengandung alkohol? Makanan dan minuman ini memang rasanya enak sih, tapi kamu tahu nggak akibat yang akan kamu terima jika kamu sering mengkonsumsi makanan dan minuman ini?

Terlalu banyak mengkonsumsi junk food dan minuman bersoda atau beralkohol dapat memicu terjadinya penyakit diabetes, berat badan berlebih / kegemukan, resiko terserang depresi, masalah dalam sistem pencernaan, bahkan juga menurunkan fungsi kerja otak! Serem banget kan, guys! Big no deh!

Tapi kok bisa serem gitu sih akibatnya? Itu karena makanan-makanan itu adalah makanan yang diawetkan, ketika dimasak akan menyerap banyak minyak, dan juga junk food ini banyak mengandung lemak jahat! Jadi kamu harus hindari makanan seperti ini guys, boleh saja makan, tapi jangan keseringan mengingat bahaya yang di dapat dari mengkonsumsinya.

Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Mencuci muka

Mencuci muka via cantik-id.com

Menjaga kebersihan diri adalah faktor yang juga penting dalam pola hidup sehat. Dengan badan yang bersih dan juga wangi, pasti kamu jadi semangat juga dalam menjalani aktivitas kamu, ya kan? Seperti yang kamu semua sering dengar, kebersihan adalah bagian dari iman. Hihihi…

Pertama dari kebersihan diri. Mencuci muka setelah melakukan banyak aktivitas. Setelah itu mandi udah pasti harus 2 kali dalam sehari, bersihkan badan dengan benar.

Setelah itu kebersihan tempat tinggal kamu. Ini nggak boleh diabaikan juga loh. Tempat yang kotor dan tidak terawat itu bisa jadi sarang penyakit dan juga nyamuk. Jika sudah begini pasti tubuh jadi gampang banget capek dan gampang juga terkena penyakit. Nggak mau kan?

Jadi rajin-rajin lah membersihkan diri dan lingkungan tempat tinggal kamu. Supaya hidup jadi lebih sehat.

Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Langkah awalnya bisa dimulai dari diri sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat.

Dengan memiliki pola hidup yang sehat, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat bagi tubuh. Tubuh makin sehat, menjalani aktivitas sehari-haripun makin semangat dan juga produktif. Jadi bisa memberi dan mendapatkan hasil yang maksimal dari usaha kami.

Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat buat kamu ya. Jangan cuma dibaca aja, praktikkan juga agar hidup kamu jadi lebih baik. Semoga berhasil, cheers!

gaya hidup sehat jaman modern tips pola hidup sehat

No related post!

Leave a reply

four + 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.