8 Seragam Sekolah Terunik dan Tercantik dari Berbagai Belahan Negara di Dunia!

1436 views

Masing-masing negara memiliki keunikan dari seragam sekolahnya. Seperti di Indonesia. Seragam sekolah SD adalah rok atau celana pendek berwarna merah hati dan dipadukan dengan kemeja putih berlengan pendek.

Untuk siswa SMP, celana dan rok atau kulot pendek berwarna biru tua yang dipadukan dengan kemeja putih berlengan pendek. Sedangkan untuk siswa SMA, kemeja putih berlengan pendek atau panjang yang dipadukan dengan rok atau kulot pendek maupun panjang berwarna abu-abu, bagi siswa laki-laki menggunakan celana panjang.

Back to school

Back to school via moneymag.com.au

Untuk siswi perempuan, beberapa sekolah memiliki peraturannya sendiri, ada yang menggunakan rok span pendek atau panjang berwarna abu-abu, celana kulot pendek maupun panjang, dan rok dengan lipatan-lipatan yang memiliki panjang dibawah mata kaki.

Lalu bagaimana keunikan seragam-seragam siswi perempuan di belahan negara lain, yuk kita lihat.

Seragam Sekolah Siswi Perempuan di Inggris

England Uniform

England Uniform via www.pinterest.com

Kamu pasti tidak asing dengan seragam ini. Jika kamu penggemar serial film Harry Potter kamu akan menemukan seragam yang sama yang digunakan siswa siswi di Inggris Raya. Seragam para siswi perempuan adalah perpaduan kemeja putih, dan rok dengan model sailor skirt selutut. Untuk musim dingin biasanya ditambahkan sweater berkerah V dan ditambahkan blazer.

Siswi perempuan juga menggunakan stocking atau legging gelap untuk paduan rok yang digunakannya. Semua sekolah di Inggris memiliki seragam dengan blazer.

Blazer tersebut menunjukkan almamater sekolahnya karena terdapat lambang sekolah pada bagian sebelah kiri dada.

Untuk laki-laki, seragam yang digunakan adalah kemeja berwarna putih, dan celana panjang. Tidak lupa pula sweater untuk musim dingin dan blazer. Seragam mereka juga dilengkapi dengan dasi.

Seragam Sekolah Siswi di Jepang

Seifuku

Seifuku via www.ajeinomoto.com

Seragam ini adalah seragam untuk siswi sekolah di Jepang. Pemerintah Jepang memiliki peraturan unik tentang ketentuan rok bagi siswinya. Pemerintah Jepang mewajibkan panjang rok perempuan tidak boleh melebihi lutut dan harus berada sekitar 17-22 cm di atas lutut

Seragam ini terinspirasi dari pakaian pelaut. Rok yang digunakan adalah model sailor skirt. Kemeja putih dengan model dan bentuk kerah disesuaikan dengan model baju pelaut. Kemeja pun dilengkapi dengan dasi.

Biasanya para siswi menggunakan kaos kaki panjang yang hampir menutupi lutut mereka. Seragam di Jepang juga dikombinasikan dengan blazer dan sweater ketika musim dingin.

Biasanya seragam sekolah di Jepang berwarna biru tua atau biru laut, merah, dan dominasi warna putih.  Seragam ini memiliki nama Jepang, Seifuku.

Seragam Sekolah Siswi di Korea Selatan

Geum Jan Di school uniform

Geum Jan Di school uniform via www.dramabeans.com

Kalian yang hobi menonton drama Korea pasti tidak asing dengan seragam sekolah ini kan? Seragam sekolah ini memang memiliki kesamaan dengan seragam dari Negara Jepang. Rok dengan model sailor skirt dipadukan dengan kemeja putih dan dasi.

Yang berbeda adalah kemeja tidak memiliki kerah seperti kerah pelaut yang diadaptasi oleh seragam sekolah di Jepang.

Rok pendek seragam ini juga dipadukan dengan kaos kaki panjang selutut. Untuk musim dingin, tidak berbeda dengan seragam jepang, seragam Korea juga dilengkapi dengan sweater dan blazer yang memiliki logo sekolahnya.

Seragam sekolah di Korea pun juga memiliki warna yang di dominasi dengan warna biru tua. Beberapa sekolah juga menggunakan rok berwarna merah atau coklat yang memiliki pattern atau pola kotak-kotak.

Seragam Sekolah Siswi di Thailand

Thailand school uniform

Thailand school uniform via www.gregetan.com

Seragam sekolah untuk siswi di Thailand memang sedikit unik. Orang awam pasti tidak akan mengetahui bahwa mereka adalah seorang siswi sekolah menengah atas. Seragam yang digunakan lebih mirip seragam karyawati kantoran.

Kemeja putih yang dipadukan dengan pencil skirt pendek membuat mereka seperti karyawati yang akan pergi bekerja. Biasanya rok yang digunakan adalah warna hitam, biru tua, dan coklat gelap.

Untuk laki-laki, seragam menggunakan kemeja dengan dengan lengan pendek dan celana pendek. Namun beberapa sekolah juga ada yang memiliki peraturan lain untuk seragam laki-laki.

Biasanya siswa laki-laki juga menggunakan kemeja berlengan panjang, celana panjang, dan menggunakan dasi.

Seragam Sekolah Siswi di Vietnam

Vietnam school uniform for highschool

Vietnam school uniform for highschool via www.pinterest.com

Seragam sekolah untuk siswi perempuan di Vietnam memang sangat unik. Nama seragam ini adalah Ao Dai. Seragam ini berbahan dari sutra halus berwarna putih yang melambangkan kecantikan wanita Vietnam.

Bentuk dari seragam ini adalah sebuah dress sepanjang mata kaki yang memiliki belahan dibagian paha kanan dan kirinya. Seragam ini juga dilengkapi dengan celana panjang putih. Seragam untuk siswi ini memang di rancang berwarna serba putih.

Untuk siswa laki-laki, seragam tidak berbeda jauh dengan seragam sekolah di negara lain. Seragam siswa laki-laki adalah kemeja putih berlengan pendek yang dipadukan dengan celana panjang berwarna gelap dan memakai dasi.

Seragam Sekolah Siswi di Arab

Arab school girl

Arab school girl via www.youthkiawaaz.com

Karena Arab adalah negara Islam, maka siswi perempuan diwajibkan menggunakan hijab ketika bersekolah. Seragam siswi perempuan arab biasanya adalah kemeja panjang dan celana panjang atau seragam yang memiliki panjang hingga mata kaki.

Tidak hanya siswa laki-laki saja yang memakai celana panjang, siswi perempuan di Arab juga diwajibkan memakai celana panjang. Seragam yang digunakan pun harus longgar sehingga tidak memperlihatkan bentuk tubuh pemakainya.

Seragam Sekolah Siswi di Afrika

Afrika school girls

Afrika school girls via www.sbs.ox.ac.uk

Seragam sekolah untuk siswi perempuan di Afrika biasanya berbentuk dress terusan dengan panjang selutut yang memiliki tali di pinggang.

Beberapa seragam sekolah memiliki warna masing-masing sesuai dengan kebijakan sekolahnya, ada yang berwarna hijau, pink, dan biru. Variasi pada seragamnya pun hanya terletak pada corak seperti penambahan garis dengan warna lain, kerah, dasi, dan tali pada pinggang.

Rata-rata seragam sekolah untuk siswi perempuan di Afrika memiliki panjang hanya sampai lutut saja.

Seragam Sekolah Siswi di Australia

Australia school girl

Australia school girl via kununurradhs.wordpress.com

Seragam sekolah untuk siswi perempuan di Australia sangat unik. Pihak sekolah memberikan beberapa pilihan seragam yang dapat digunakan ketika musim panas atau musim dingin.

Siswa dan siswi bebas memilih antara celana panjang atau pendek, rok atau celana kulot, terusan panjang dengan atasan kemeja, kaos polo, atau sweater dan baju hangat. Untuk musim panas, sekolah memperbolehkan semua siswanya menggunakan celana pendek.

Seragam sekolah dari masing-masing negara memang sangat unik dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Beberapa negara juga memiliki peraturan khusus untuk seragam sekolahnya seperti Jepang yang mengharuskan rok diatas lutut, Arab yang mengharuskan siswinya memakai hijab, Australia yang memperbolehkan siswanya memakai celana pendek saat musim panas, dan lain sebagainya.

Apakah keunikan seragam dari Indonesia? Seragam di Indonesia memiliki warna sesuai dengan jenjang pendidikan yang sedan di tempuh. Selain itu beberapa sekolah juga memperbolehkan siswinya memakai kulot yang merupakan perpaduan antara celana dan rok.

Sangat banyak ya keunikan dari seragam-seragam sekolah ini. Semoga artikel ini dapat memberimu informasi dan pengetahuan baru.

seragam sekolah Seragam Sekolah Tercantik Seragam Sekolah Terunik

Baca Juga

Leave a reply

three + twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.