8 Tips Sederhana Untuk Merawat Motormu Saat Musim Hujan Tiba!

392 views

Saat musim penghujan tiba, itu saatnya bagi kamu yang menggunakan kendaraan sepeda motor harus memberikan perhatian yang berlebih pada motor kamu. Hal ini dikarenakan saat menggunakan motor dibawah guyuran hujan akan menyebabkan beberapa kerusakan pada bagian motor. Kerusakan terjadi dikarenakan kandungan air hujan mengandung zat asam yang bisa menyebabkan kerusakan, karat dan kotornya beberapa bagian yang ada pada motor.

Musim hujan

Musim hujan via www.cekremi.com

Nah, pastinya kamu tidak ingin dong motor kesayanganmu rusak begitu saja. Oleh sebab itu ada baiknya melakukan beberapa tips dibawah ini untuk menghidarkan motormu dari kerusakan. Tips yang cukup mudah dan pastinya bisa membuat motormu tetap tahan lama meskipun kamu gunakan untuk menerobos hujan setiap hari. Nah, apa saja tipsnya? Berikut ulasannya…

Setelah Menggunakan Motor Dibawah Guyuran Hujan, Segera Cuci Motor Kamu Agar Terhindar dari Karat dan Kerusakan

cuci motor

cuci motor via indo-motif.com

Air hujan memiliki kandungan asam yang bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian motor. Untuk menghindari kerusakan dan menjaga agar motor tetap terawat adalah dengan mencucinya setelah pemakaian dibawah air hujan. Atau jika tidak ingin mencuci setidaknya guyur atau siram dengan air sumur atau air tanah pada bagian-bagian penting pada motor.

Kandungan asam pada air hujan bisa merusak bagian bodi yang menyebabkan cat bisa terkelupas dengan cepat. Selain itu untuk bagian-bagian yang terbuat dari logam bisa dengan cepat pula terjadi karat sehingga akan mengurangi performa pada motor. Oleh karena itulah, membersihkan bagian-bagian motor seperti rantai, body, mesin dan lainnya sangatlah penting.

Dengan mengguyur dengan menggunakan air tanah maka air hujan yang ada pada motor akan hilang. Sehingga kandungan asam tidak terlalu lama mengendap pada motor dan tidak akan menyebabkan kerusakan. Siram dengan menggunakan air bersih pada bagian penting maka motorpun akan lebih awet dan tahan lama. Selain itu dengan mencuci motor juga akan membantu penampilan motor yang tetap bersih setelah terkena berbagai debu dan juga kotoran dari air.

Poles Motor Juga Bisa Menjadi Cara Pencegahan Karat Pada Motor

poles motor

poles motor via news.federal.co.id

Kegiatan yang satu ini sepertinya juga merupakan kegiatan yang sangat sepele. Bahkan jarang sekali dilakukan dan sering untuk diabaikan. Padahal, sebenarnya mempoles motor bisa berguna untuk mengurangi kemungkinan pengkaratan degan cepat pada motor.

Gunakan saja cairan pemoles motor atau silikon yang mampu menghilangkan karat yang terkandung pada air hujan. Poles pada bagian body sehingga kadar asampun juga akan berkurang dan bahkan menghilang. Pastinya, cara ini akan sangat ampuh untuk mengurangi resiko karat yang bisa saja terjadi pada body motor setelah pemakaian dibawah guyuran air hujan.

Perhatikan Kondisi Rantai, Air Hujan Bisa Menyebabkan Rantai yang Berkarat

rantai berkarat

rantai berkarat via tribunnews.com

Bagi yang menggunakan motor bergigi pastinya rantai menjadi salah satu bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. Kandungan asam yang terkandung pada air hujan juga bisa menyebabkan karat pada bagian rantai lho. Terutama untuk motor yang tidak memiliki pelindungan atau penutup pada rantai. Pastinya air hujan bisa dengan bebas mengguyur pada bagian lantai.

Untuk bagian rantai cara merawatnya juga sangatlah mudah. Selalu cek kondisi rantai setelah digunakan dibawah guyuran air hujan. Kencangkan kembali setelan rantai sesuai dengan standar agar tetap nyaman untuk digunakan.

Selain itu, setelah digunakan dalam kondisi hujan atau dibawah guyuran hujan juga menyebabkan rantai cepat kering. Nah, untuk membuat rantai agar tetap bisa tahan lama saat digunakan maka yang perlu kamu lakukan adalah dengan melumasi rantai setelah pemakaian. Dengan begitu, rantaipun akan tetap dalam kondisi yang bagus dan aman untuk digunakan.

Cek Selalu Bagian Rem Depan dan Rem Belakang Agar Motor Selalu Aman Digunakan

cek bagian rem

cek bagian rem via www.okezone.com

Rem merupakan bagian safety pada motor. Dengan fungsinya untuk keselamatan pada motor, maka bagian ini menjadi bagian yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika digunakan dibawah guyuran hujan biasanya rem juga akan mendapatkan dampak dari air hujan.

Untuk menjaga agar rem tetap berfungsi dengan baik maka yang dibutuhkan adalah menjaga kebersihan dari rem. Kebersihan rem depan dan belakang harus sangat diperhatikan agar rem tetap berfungsi dengan baik dan juga nyaman saat digunakan. Bersihkan debu-debu yang menempel pada rem agar rem tidak mudah aus.

Bagian yang juga sangat penting pada rem yang harus juga diperhatikan adalah pada bagian kanvas rem. Kanvas rem ini memiliki sifat yang mudah mengembang jika terkena air tapi akan sangat mengeras jika sudah mengering. Jika sudah mengeras maka rem makan berat untuk digunakan. Untuk menanganinya cukup semprot bagian kanvas rem dengan menggunakan air bersih setelah itu nyalakan motor sembari menginjak rem.

Dengan cara tersebut maka akan membuat rem cepat kering dan bersih lagi dari kotoran yang menempel. Dengan membersihkannya secara teratur maka motor akan kembali pada kondisi yang bersih dan terhindar dari karat. Sehingga rem pun tidak akan berkarat dengan cepat.

Jika Motor Sudah Terlalu Sering Tergenang Air Hujan Segera Ganti Oli Mesin Motor

ganti oli mesn motor

ganti oli mesn motor via federaloil.co.id

Oli mesin juga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat motor mulai digunakan dibawah guyuran hujan ataupun untuk menerobos genangan air di jalan terlalu sering. Memang sih jika dilihat dari luar tidak terlihat kerusakan. Akan tetapi jika lama kamu diamkan maka bisa membuat air hujan masuk ke dalam oli mesin melalui celah-celah baut.

Hal ini juga sangat membahayakan bagi motor. Sebab apabila oli sudah tercampur dengan air maka akan membuat oli menjadi tidak berfungsi dan malah justru akan merusak mesin dan menjadi tidak berfungsi dengan baik. Untuk melihat apakah oli masih baik atau tidak, kamu bisa melakukan pengecekan dengan mudah.

Lihat saja tampilan dari oli tersebut, jika oli sudah memiliki warna keputihan atau bahkan sudah seputih susu maka oli sudah harus dan sangat wajib untuk segera diganti. Atau jika oli sudah terlihat bening berminyak itu juga tandanya jika sebaiknya oli untuk segera anda ganti. Nah, dengan demikian kondisi mesin motor kamu pun akan selalu terjaga dan bisa berfungsi dengan baik.

Bersihkan Knalpot Agar Knalpot Tidak Mudah Berkarat

membersihkan knalpot

membersihkan knalpot via motorplus-online.com

Air hujan yang mengguyur motormu setiap hari dan genangan air yang kamu terjang setiap hari bisa membuat knalpot motor tertempel kotoran yang sangat banyak. Kotoran yang menempel pada bagian dalam ataupun leher knalpot harus dibersihkan agar knalpot tidak mudah berkarat dan rusak dengan cepat. Pembersihan kotoran ini berfungsi untuk pembuangan pada motor bisa berfungsi dengan baik.

Cara untuk membersihkan knalpot sangatlah mudah. Cukup keluarkan air hujan yang masuk ke dalam knalpot. Kemudian semportkan oli ke bagian dalam knalpot kemudian olesi dengan grease pada leher knalpot. Setelah itu panaskan motor selama 3-5 menit.

Dengan cara ini, kotoran pada knalpot pun akan keluar dan kembali bersih. Selain untuk mempelancarkan pembuangan pada motor, pembersihan knalpot juga berfungsi untuk membuat knalpot tidak mudah berkarat. Nah, motor kamu pun akan kembali berfungsi dengan baik.

Perhatikan Bagian Kabel atau bagian kelistrikan pada motor

cek bagian kabel listrik motor

cek bagian kabel listrik motor via mpm-motor.co.id

Kabel yang pada motor sebisa mungkin harus terhindar dari air hujan. Bagian kabel yang keluar jika terkena air hujan secara terus-terusan bisa menyebabkan arus pendek atau konslet pada motor. Jika ini terjadi akan menyebabkan listrik konslet dan akhirnya akan menyebabkan arus listrik pada motor mati.

Untuk menghindarinya cukup lakukan pengecekan secara teratur agar kabel tetap didalam. Dengan melakukan pengecekan secara teratur pastinya akan membuat motor terhindar dari konslet. Sehingga, kamupun akan tetap bisa menerobos genangan air dengan tenang.

Lakukan Service Secara Rutin Untuk Menjaga Kondisi Motor

servis motor secara rutin

servis motor secara rutin via autotekno.sindonews.com

Jika perawatan yang sederhana diatas sudah dilakukan maka langkah berikutnya adalah membawa motor kamu ke bengkel dan lakukan servis rutin juga sangat penting lho. Lakukan paling tidak sebulan sekali agar kondisi motor tetap dalam kondisi yang mulus dan memberikan kondisi yang terbaik. Dengan cara ini kamu bisa mengetahui bagian mana yang kurang baik sehingga kamu bisa langsung memperbaikinya.

Selain itu dengan melakukan perawatan secara teratur seperti service ini juga bisa membuat motor kamu tetap dalam kondisi yang bersih. Tidak hanya bagian luar body saja, tetapi bagian dalam mesin, oli dan sebagainya bisa dibersihkan dan diganti dengan mudah. Dengan begitu, motormu akan semakin nyaman saat kamu gunakan.

8 cara tersebut merupakan tips yang sangat mudah agar motor kamu tetap dalam kondisi yang maksimal meski harus digunakan secara terus menerus saat hujan. Melewati genangan air yang tinggi dan guyuran hujan yang harus kamu lewati setiap hari bisa kamu atasi dengan cara ini. Nah, sangat mudah bukan? Lakukan tips ini dan dapatkan kondisi motor yang terbaik.

cara merawat motor kesayangan dunia otomotif merawat motor saat hujan

Related Post

Leave a reply

14 + fifteen =