9 Galaksi yang Wajib Kamu Tahu Ini Sering Dijadikan Objek Penelitian Para Astronom!

490 views

Hai guys! Dari antara kamu semua, ada yang tertarik mengenai ilmu astronomi nggak? Atau ada yang mau kuliah ambil jurusan astronomi agar dapat meneliti dan mempelajari objek astronomi secara lebih detail? Kalau iya, artikel ini bisa bantu kamu untuk mengenali beberapa jenis galaksi yang sering menjadi objek penelitian para astronom.

Sebenarnya galaksi itu apa sih? Galaksi adalah sebuah sistem masif yang terikat oleh gaya gravitasi, yang di dalamnya terdapat banyak bintang, gas, debu, logam, black hole, dan beberapa material yang belum dapat dipastikan jenis dan bentuknya. Apa aja sih galaksinya? Check it out!

1. Galaksi Bima Sakti

bentuk galaksi bima sakti

Bima Sakti via s.kaskus.id

Nama lain: Milky Way
Jarak dari bumi: 26.000 tahun cahaya
Diameter: 220.000 tahun cahaya

Siapa yang nggak tau galaksi ini? Nggak mungkin kamu nggak taukan, galaksi ini adalah galaksi tempat kita semua bernaung. Galaksi Bima Sakti memiliki julukan galaksi kanibal, ini dikarenakan galaksi ini masih aktif memakan galaksi yang ukurannya lebih kecil. Salah satu galaksi yang pernah menjadi korban adalah galaksi kecil bernama Sagitarius.

Galaksi Bima Sakti juga memiliki Supermassive Black Hole yang terletak di pusat galaksi ini. Black Hole dari Bima Sakti bernama Sagitarius A. Sagitarius A memiliki bobot 40.000 massa matahari. Diketahui juga bahwa Sagitarius A terus tumbuh dengan memakan black hole kecil di sekitarnya.

2. Galaksi Andromeda

planet planet di galaksi andromeda

Andromeda via en.wikipedia.org

Nama lain: M31, NGC 224
Jarak dari Bima Sakti: 2,5 juta tahun cahaya
Diameter: 260.000 tahun cahaya

Andromeda adalah galaksi yang jaraknya paling dekat dengan Galaksi Bima Sakti. Galaksi ini termasuk galaksi yang bisa kita lihat di malam yang cerah. Jika kita melihatnya dengan mata telanjang, rupa galaksi ini nampak seperti kabut tipis. Namun ketika kamu melihatnya dengan teropong, kamu bisa melihat bintang-bintang mengelilingi Andromeda.

Galaksi ini memiliki 26 calon black hole dan 1 supermassive black hole. Black hole dari Andromeda memiliki bobot 140 juta kali massa matahari. O ya, 1 fakta unik yang harus kamu tahu, gambaran galaksi Bima Sakti yang selama ini kamu lihat itu, sebenarnya adalah gambaran dari galaksi Andromeda.

3. Galaksi M87

Galaksi M87

M87 via mauwpinter.files.wordpress.com

Nama lain: NGC 4486
Diameter: 120.000 tahun cahaya

M87 berisi gas yang sudah bercampur dengan material yang berasal dari kumpulan bintang yang sudah lama mati. Seperti galaksi yang lainnya, M87 memiliki supermassive black hole. Tapi black hole dari M87 ini beda dari black hole yang lain, bobotnya mencapai 3,5 miliar massa matahari!

Ada kemungkinan M87 memiliki lebih dari satu black hole. Dikelilingi oleh gas panas dan memiliki lebih dari satu black hole, galaksi yang satu ini memang luar biasa. Terdengar seram dan berbahaya ya guys

4. Galaksi IC 1101

galaxy ic 1101

IC 1101 via en.wikipedia.org

Jarak dari bumi: 1,045 ± 0,073 miliyar tahun cahaya

IC 1101 adalah galaksi terbesar di alam semesta ini, terbentuk dari banyak galaksi yang kemudian mereka bersatu. Galaksi ini terbentuk dari banyak bintang yang didalamnya terdapat kadungan logam yang tinggi, beberapa di antaranya bahkan 7 miliyar tahun lebih tua daripada matahari.

IC 1101 adalah galaksi raksasa yang paling terang dari semua galaksi yang ada, ini disebabkan karena terdapat 100 triliyun bintang di dalam IC 1101. Namun sayangnya umur bintang yang lahir di IC 1101 tidaklah lama, banyak bintang yang meledak dan berakhir dengan mati. Hal ini disebabkan karena bintang raksasa membakar gas lebih banyak.

Sama seperti galaksi yang lainnya, IC 1101 pun memilik supermassive black hole. Bisa banyangin nggak guys, ukuran galaksinya aja udah besar banget. Gimana black holenya ya?

5. Galaksi Sombrero

Galaksi Sombrero

Sombrero Galaxy via en.wikipedia.org

Nama lain: M104, NGC 4594
Jarak dari bumi: 28 juta tahun cahaya
Diameter: 50.000 tahun cahaya

Galaksi yang berbentuk spiral ini merupakan galaksi dari rasi bintang Virgo. Diberi nama Sombrero karena jika dilihat dari bumi, bentuk galaksi ini menyerupai topi Sombrero (topi tradisional masyarakat Mexico). Di dalam galaksi ini terkandung banyak debu dan gas hidrogen. Jika kamu lihat di foto, cincin yang melingkari galaksi ini sebenarnya adalah kumpulan dari awan debu.

Di pusat galaksi ini terdapat sebuah black hole. Black Hole dari Galaksi Sombrero ini adalah salah satu black hole terbesar dari semua jantung galaksi. Selain sangat besar, black hole di Sombrero ini sangat kuat.

6. Galaksi Whirlpool

Galaksi Whirlpool

Whirlpool Galaxy via en.wikipedia.org

Nama lain: M51, SA(s)bc pec
Jarak dari Bima Sakti: 25 juta tahun cahaya
Diameter: Sekitar 75.000 tahun cahaya

Galaksi ini adalah galaksi pertama yang diklasifikasi memiliki bentuk spiral oleh para astronom. Galaksi Whirlpool atau galaksi pusaran merupakan salah satu galaksi yang paling terkenal di alam semesta karena sangat terang dan indah. Dari faktor itulah para astronom sering kali menjadikan Galaksi Whirlpool untuk objek penelitian struktur galaksi.

Sama seperti galaksi lainnya, Whirlpool juga memiliki black hole di pusatnya. Black hole pada galaksi ini di kelilingi oleh cincin debu. Inti dari galaksi ini masih cukup aktif, karena alasan inilah para astronom memberi julukan “Seyfret Galaxy” pada Galaksi Whirlpool.

7. Galaksi Triangulum

Galaksi Triangulum

Triangulum via en.wikipedia.org

Nama lain: M33, NGC 598
Jarak dari Bima Sakti: 3 juta tahun cahaya
Diameter: 60.000 tahun cahaya

Galaksi yang memiliki bentuk spiral ini diduga memiliki interaksi yang dekat dengan Galaksi Andromeda, ke dua galaksi ini dihubungkan oleh gas hidrogen. Triangulum termasuk dalam galaksi yang berinti lemah. Namun demikian, Triangulum termasuk galaksi yang aktif memproduksi bintang (bahkan tingkat produktifitasnya melebihi Galaksi Andromeda). Inti dari galaksi ini terdiri dari nebula, gas, dan juga debu. Inti inilah yang aktif dalam memproduksi bintang.

Beberapa peneliti berkata bahwa apabila langit sangat gelap, kita bisa melihat Galaksi Triangulum dengan mata telanjang. Wah, kamu pernah lihat Galaksi Triangulum nggak, guys? Pasti cantik banget ya.

8. Galaksi Pinkwheel

Galaksi Pinkwheel

Pinkwheel via en.wikipedia.org

Nama lain: M101, NGC 5457
Jarak dari Bima Sakti: 20 juta tahun cahaya
Diameter: 170.000 tahun cahaya

Galaksi Pinkwheel memiliki diameter dua kali lebih besar daripada Bima Sakti. Galaksi ini memiliki julukan sebagai galaksi kincir angin, dapat dilihat dari bentuknya yang menyerupai kincir angin. Para astronom berpendapat bahwa galaksi ini tidak memiliki black hole. Walaupun tidak memiliki black hole, Pinkwheel sudah mengalami ledakan supernova sebanyak 4 kali, terhitung antara tahun 1909 – 2011.

9. Galaksi Antennae

Galaksi Antennae

Antennae via apod.nasa.gov

Nama lain: NGC 4038 / NGC 4039
Jarak dari Bima Sakti: 45 – 64 juta tahun cahaya
Diameter: 100.000 tahun cahaya

Galaksi Antennae termasuk dalam rasi bintang virgo. Galaksi ini terbentuk dari dua galaksi yang bertabrakan. Dua inti galaksi yang bertabrakan itu, lalu bersatu dan membentuk black hole.  Akibat dari tabrakan itu, galaksi ini jadi memiliki dua ekor yang panjang yang mengandung  gas dan debu yang tersebar. Kedua ekor dari galaksi ini menyerupai bentuk antena serangga, oleh sebab itu galaksi ini diberi nama Antennae.

Nah! Sekarang sudah tahu kan mengenai beberapa jenis galaksi yang cukup terkenal dan menjadi bahan penelitian para astronom di dunia. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu ya, guys! Good luck!

Galaksi Andromeda Galaksi Antennae Galaksi Bima Sakti Galaksi IC 1101 Galaksi M87 Galaksi Pinkwheel Galaksi Sombrero Galaksi Triangulum Galaksi Whirlpool ilmu astronomi macam macam galaksi objek astronomi penelitian objek astronomi sains

Related Post

Leave a reply

10 + 3 =