Beranikah Kamu Melakukan Olahraga Ekstrim Menantang Seperti Ini ?

979 views

Olahraga memang baik untuk kesehatan, tanpa olahraga, tubuh kita akan terasa pegal-pegal dan yang jelas berbagai penyakit akan menumpuk di tubuh kita. Olahraga ada yang biasa-biasa saja dan ada yang luar biasa, kita melakukannya dengan bantuan alat atau tanpa alat bantu sama sekali. Sebagian olahraga hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman saja karena bisa resikonya nyawa. Olahraga ekstrim menantang maut yang sering kita lihat di televisi akan kita bahas lebih lanjut. Beberapa mungkin sudah dikenal baik dan lainnya mungkin baru anda dengar kali ini. Dengan mengetahui jenis-jenis olahraga ekstrim, kita belajar untuk menghargai keberanian orang lain dalam menaklukkan banyak tantangan alam. Jenis olahraga yang dibahas di sini memerlukan keberanian tinggi, anda boleh berkata mustahil tapi faktanya tetap ada para penantang kematian yang melakukannya dengan berani.

Tak hanya butuh keberanian, upaya untuk melakukannya saja sudah bisa membuat anda terbunuh. Resiko yang dihadapi para pelaku olahraga ekstrim ini adalah cedera hingga kematian. Mari kita simak olahraga ekstrim paling menantang di dunia berikut ini :

Panjat Tebing

Panjat Tebing

Memanjat tebing bukanlah pekerjaan mudah. Diperlukan kekuatan fisik dan mental prima untuk merangkak di tebing bebatuan dengan kemiringan mencapai 90 derajat. Yang anda perlukan adalah ketenangan, fokus dan kelincahan dalam mencapai batu yang dapat di pijak. Salah sedikit saja saat menginjak sebuah batu, resikonya adalah tergelincir dan terjatuh dari ketinggian ratusan meter. Untuk para pemula, biasanya ada rute latihan yang digunakan untuk mengasah kemampuan mendaki mereka. Untuk menjadi seorang pendaki profesional anda membutuhkan jam terbang tinggi dan mengenali formasi batuan di seluruh dunia.

Street Luging

Street Luging

Bermain skateboard tentunya sangat mengasyikkan. Semua orang sangat menikmati permainan ini. Tapi apa yang akan terjadi bila papan skateboard berukuran besar malah ditiduri orang, lantas dipacu dengan kecepatan hingga 100 kilometer per jam di jalanan menurun. Tentunya ini menjadi sebuah aktivitas yang penuh tantangan. Nama olahraga ini adalah Street Luging, dilakukan di jalanan lurus atau membelok pada kecepatan 115 km/jam, iiih ngeri banget. Untuk melakukannya anda harus memakai baju kombinasi dari bahan kulit yang kuat. Papan rodanya sendiri terbuat dari kombinasi beberapa material seperti serat karbon, alumunium, kayu, dan besi. Resiko yang sering dihadapi para peluncur jalanan ini adalah terlempar puluhan meter atau cedera patah tulang parah.

Surfing

Surfing

Olahraga ekstrim dan menantang lainnya adalah big wave surfing. Jika anda biasa melihat turis bermain selancar di gulungan ombak, anda harus mengelus dada menyaksikan para atlet “surfing ekstrim” ini mampu menguasai ombak dengan tinggi 6 sampai 7 meter. Ingat, hanya atlet berpengalaman saja yang bisa melakukan olahraga ini. Selain memerlukan kemampuan teknik tingkat tinggi, atlet profesional juga tahu apa yang harus dilakukan saat menghadapi ombak besar dengan kekuatan tinggi. Untuk melakukan olahraga “surfing ekstrim”, diperlukan papan yang lebih panjang dari biasanya.

Ski Salju

Ski Salju

Orang-orang bule beruntung sekali karena wilayah tempat mereka tinggal dianugerahi dengan musim dingin bersalju. Tumpukan salju biasa menghampar luas di daerah pegunungan di eropa dan menjadi tempat bermain favorit untuk berski. Ski salju sudah dilakukan oleh orang dalam beberapa generasi. Tapi tentu olahraga ski salju ekstrim hanya dilakukan oleh para atlet pro yang bermental pemberani. Dalam olahraga ini diperlukan papan ski berukuran 80 – 120 cm dengan ujung yang sama. Selain itu, diperlukan baju musim dingin yang tebal untuk mengusir suhu yang dingin.

Base Jumping

Base Jumping

Olahraga Base Jumping ini benar-benar olahraga yang sangan ekstrim dan menantang, dilakukan dengan melompat dari sebuah struktur BASE. Rasio kematian dari olahraga ini adalah 1 berbanding 2.317 lompatan. Jadi olahraga ini sangat berbahaya. Pada kenyataannya, olahraga ini sedikit mirip dengan terjun payung hanya saja ada pakaian khusus yang dikenakan untuk meninimalisir resiko yang mungkin ditimbulkan. Yang dimaksudkan dengan BASE di sini adalah Building (Bangunan), Antenna (Antena), Span (Jembatan), dan Earth (Bumi) atau tebing. Saat mendarat anda dituntut untuk bisa membentangkan parasut dengan sempurna, kalau tidak, hidup anda akan berakhir seketika.

Parkour

Parkour

Olahraga ini berkembang di Perancis dan menjadi kegemaran banyak kalangan anak muda. Di sini anda dituntut untuk terbiasa melompat dan berpindah dari satu bangunan ke bangunan yang lain. Dalam olahraga ini digunakan loncatan yang efisien dengan mengkombinasikan kecepatan dan kelenturan tubuh. Resiko yang diakibatkan dari olahraga ini tidak sembarangan, anda harus bersiap jika sewaktu-waktu kepala anda bocor karena terbentur atau mengalami geger otak, selebihnya, patah tulang menjadi resiko besar lainnya.

Sandboarding

Sandboarding

Sepertihalnya olahraga surfing yang lain, sandboarding dilakukan untuk bersenang-senang. Tapi medan yang dilalui berbeda, yaitu bukit pasir. Karena bukit berpasir di dunia sangat terbatas, Cuma beberapa Negara saja yang penduduknya bisa melakukan olahraga ini. Oke, cari dulu sebuah papan snowboarding lalu naik ke bukit pasir. Tidak usah memakai baju atau banyak pengaman, cukup dengan kaus dan celana pendek biasa pun sudah bisa. Meskipun terlihat gampang, anda tetap harus berhati-hati. Sejumlah orang dilaporkan mengalami patah tulang dan cedera lutut karena bermain sandboarding.

Slacklining

Slacklining

Kalau ada orang berani membayar anda belasan juta dollar untuk melintasi sebuah celah di gunung yang sempit, pasti bukan anda orangnya. Ini karena slacklining termasuk olahraga berbahaya yang hanya bisa dilakukan segelintir orang saja. Bayangkan saja, lebar tali lintasannya hanya 1 inci, belum lagi materialnya terbuat dari bahan nilon. Silakan bayangkan sendiri jika anda yang melakukannya. Sungguh pun benar ada orang berani melakukannya, mungkin perbandingannya 1 berbanding 1 juta orang. Itulah faktanya, anda berani mencobanya?

Wingsuit Flying

Wingsuit Flying

Terbang di angkasa adalah impian manusia semenjak dulu. Sejarah mencatat nama Ikarus yang mencoba terbang dengan sayap yang terbuat dari material bulu ayam, Ikarus pun lantas jatuh dengan kecepatan tinggi dan terjerembab ke tanah. Begitulah, sekalipun beresiko kematian, para pemberani tetap saja melakukannya. Inilah olahraga Wingsuit Flying yang tak jauh berbeda dengan terjun payung. Yang membedakannya adalah arah jatuhan yang lebih condong horizontal berkat adanya bentuk sayap dari kostum jumpsuit yang dikenakan si atlet penerjun. Tak semua penerjun diperbolehkan untuk mencoba olahraga ini, hanya skydiver profesional dengan pengalaman 200 kali terjun saja yang boleh mencoba untuk melakukannya.

Mountain Biking

Mountain Biking

Olahraga ekstrim dan menantang terakhir yang akan kita ulas adalah Mountain Biking. Olahraga ini dilakukan di medan offroad dengan permukaan kasar dan keras. Bisa juga di medan buatan yang didesain secara khusus. Untuk jenis sepeda yang dipakai, hanya yang dirancang secara khusus dengan kinerja dan daya tahan ekstrim.

Bagaimana pembaca semua, adakah diantara anda ada yang berani mencoba olahraga ekstrim menantang yang gila ini? Saya yakin anda bisa tapi untuk saat ini sebaiknya anda jaga dulu puasanya agar tidak batal. Oke????

Olahraga ekstrim Olahraga maut olahraga menantang olahraga penuh tantangan

No related post!

Leave a reply

18 + 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.