Berikut 6 Hal Penting yang Harus Kamu Tahu di Saat Hujan Lebat Disertai dengan Petir!

1136 views

Akhir-akhir ini, intensitas hujan diseluruh Indonesia sudah mulai meningkat. Bahkan hujan yang terjadi dibeberapa wilayah yang ada di Indonesia diikuti dengan petir yang menyambar-nyambar. Tentunya hal ini merupakan hal penting yang harus  diperhatikan juga untuk menghindarkan dari berbagai kemungkinan buruk yang terjadi.

Fakta menarik yang perlu untuk diketahui seputar petir yang di Indonesia adalah Indonesia merupakan negara yang memiliki kekuatan petir terbesar didunia. Sehingga kebayang dong gimana besarnya kekuatan petir yang ada di Indonesia? Bahkan untuk beberapa wilayah di Indonesia pun juga dikatakan sebagai wilayah yang rawan hujan dan petir.

Sudah ada beberapa korban yang tewas tersambar oleh petir. Hal itu sebenarnya dikarenakan banyak masyarakat Indonesia yang mengabaikan atau bahkan tidak tahu tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat hujan turun bersamaan dengan petir. Nah, oleh karena itulah berikut ini beberapa Fakta dan Mitos yang harus dihindari saat hujan bersama petir mengguyur tempat anda.

1. Jangan Berdiri Didepan Pintu Saat Hujan. Banyak yang Mengatakan Ini Mitos, Tapi Sebenarnya Ini Fakta lho

Banyak orang dahulu yang mengatakan jangan berdiri ditengah-tengah pintu saat hujan turun. Banyak yang mengatakan jika berdiri ditengah pintu saat hujan itu pamali. Tapi sebenarnya ada penjelasan ilmiah yang bisa menjelaskan kenapa berdiri ditengah pintu itu dilarang saat hujan.

Yaps, berdiri ditengah pintu saat hujan itu benar-benar dilarang. Hal ini dikarenakan bagian pintu dan juga air yang ada pada pintu bisa saja menyentuh bagian tubuh. Jika tubuh sudah basah, maka selanjutnya tubuh akan menjadi perantara bagi petir dalam menarik muatan listrik negative (-) pada tanah.

Bahkan ada kasus beberapa tahun yang lalu yang membuktikan jika ada orang yang tewas dikarenakan berdiri ditengah-tengah pintu saat hujan disertai dengan petir. Hal ini dikarenakan pada saat berdiri didepan pintu tubuh akan lebih basah. Diimbangi dengan saat dipintu juga berada di area yang sedikit terbuka sehingga menjadi tempat penghantar listrik dari petir.

Sebenarnya tak hanya pintu saja. Berada didekat jendela yang terbuat dari besi dan dalam kondisi basah juga harus dihindari. Sebab, sama halnya dengan pintu, jendela pun basah dan siap menjadi penghantar bagi listrik.

2. Saat Hujan Petir, Jangan Bermain Ponsel dan Lekas Matikan Ponsel

matikan ponsel Saat Hujan Petir

Sumber gambar via: media.infospesial.net

Jangan pernah sekali-kali bermain ponsel saat hujan petir. Baik itu didalam rumah maupun saat berada diluar ruangan. Sebab, dari berbagai sebab orang meninggal tersambar petir dikarenakan mereka bermain ponsel dengan asyiknya saat hujan.

Memang, bermain ponsel saat hujan disertai petir sangatlah berbahaya bagi si pengguna. Hal ini dikarenakan adanya signal dan juga magnet yang ada pada ponsel. Signal dalam ponsel atau HP yang terus memancar merupakan salah satu jenis gelombang elektromagnetik yang bisa menjadi salah satu penghantar bagi petir.

Sebetulnya masih juga ada beberapa pendapat yang mengatakan jika bermain ponsel saat hujan disertai petir itu aman-aman saja. Sebab, ponsel sendiri merupakan jenis telepon nirkabel tanpa menggunakan kabel. Sehingga tidak bisa disengat atau juga tersambar oleh petir.

Akan tetapi, jika dilihat dari signal yang dipancarkan oleh ponsel, bisa saja ponsel tersebut menjadi media konduktur arus listrik yang berasal dari petir. Sehingga, dengan kata lain sinyal tersebut juga bisa menjadi salah satu media rambatan arus yang juga bisa memicu petir untuk menyambarnya.

Nah, oleh sebab itu untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan ada baiknya jika jangan bermain ponsel dulu saat hujan dan petir turun. Gunakan saja mode pesawat atau bahkan matikan saja ponselnya untuk lebih aman. Dengan demikian, kamupun akan terhindar dari bahanya kilatan petir yang menyambar.

3. Tidak Hanya Perangkat Ponsel Saja, Berbagai Alat Elektronik Juga Jangan Kamu Gunakan Saat Hujan Disertai Dengan Petir

Untuk hal yang satu ini juga menjadi salah satu penyebab banyaknya orang yang tersambar petir. Menonton tv ataupun mendengarkan radio saat hujan dan petir merupakan kebiasaan yang sangat susah untuk dihilangkah. Padahal, sudah sangat nyata dan jelas begitu banyaknya korban tersambar petir dikarenakan menonton tv.

Sebab kenapa alat-alat elektronik ini menjadi salah satu hal yang harus dihindari saat hujan disertai dengan petir turun sama halnya dengan ponsel. Signal yang terkandung pada TV ataupun radio merupakan gelombang elektromagnetik yang siap menjadi penghantar atau konduktor bagi petir. Sehingga, pada saat dinyalakan ketika terjadi hujan petir akan sangat berbahaya.

Selain itu, antena yang menjulang tinggi juga sangat membahayakan . Sebab signal yang ada pada TV juga ada pada antena. Sehingga, dengan signal elektromagnetik ditambah dengan posisinya yang tinggi akan disambar pertama kali oleh petir.

4. Jangan Berada diluar Ruangan atau diluar Rumah Saat Terjadi Hujan Petir, Berbahaya!

bahaya diluar Rumah Saat Terjadi Hujan Petir

Sumber gambar via: photobucket.com

Saat hujan disertai petir mengguyur ada baiknya untuk segera masuk kedalam ruangan. Jangan terlalu asyik bermain diluar sebab ini juga sangat membahayakan. Bermain diluar terutama ditanah yang lapang merupakan salah satu hal yang harus paling harus dihindari saat hujan turun disertai dengan petir.

Bermain ditempat terbuka merupakan hal yang harus dihindari. Bermain ditengah lapang atau di satu dataran yang sangat lapang akan lebih beresiko tinggi untuk tersambar pentir. Hal ini dikarenakan posisi tubuh yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tumbuhan yang ada disekitar dan juga adanya energi listrik terkandung pada tubuh.

Petir itu akan selalu mencari tempat penghantar listrik yang tinggi dan juga yang memiliki energi listrik yang tinggi. Nah, jika dalam tanah lapang yang tidak ada pepohonan ataupun rumah-rumah, pastinya manusia sangat memadai untuk dua kriteria tersebut. Oleh karena itu, manusia juga  sangat beresiko tersambar petir jika saat hujan petir berada di tanah yang lapang.

Jika tidak menginginkan hal mengerikan tersebut. Pastinya kamu harus segera masuk rumah atau ruangan saat hujan disertai petir. Dengan begitu, kamupun akan aman.

5. Lakukan Hal Ini Jika Hujan dan Petir Turun Ditengah Perjalananmu

Lakukan Hal Ini Jika Hujan dan Petir

Sumber gambar via: viva.co.id

Hujan disertai petir tiba-tiba mengguyur padahal kamu sedang dalam perjalanan pulang atau berangkat ke tempat kerja? Jangan panik. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari sambaran petir yang sangat mematikan baik itu bagi pengendara roda dua ataupun mobil dan berbagai kendaraan lainnya.

Jika kamu menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor, ada baiknya untuk  segera berteduh. Saat mencari tempat berteduh perhatikan tempat yang akan digunakan untuk berteduh. Jangan berteduh ditempat yang lapang, dibawah pohon, dihalte, ataupun dirumah kosong. Usahakan untuk mencari rumah warga untuk lebih menjaga keamanan.

Hal tersebut untuk menghindarkan diri menjadi perantara bagi aliran listrik yang mencapai tanah. Seperti yang kita tahu jika kita berada ditanah lapang, manusia menjadi media listrik yang paling tinggi dan paling besar. Sehingga sangat berkemungkinan besar menjadi penghantar listrik antara petir dan tanah.

Selain ditanah lapang, hindari juga berteduh dibawah pohon. Sebab, saat berteduh dibawah pohon, pohon bisa menjadi konduktor bagi listrik dan manusia juga bisa ikut menjadi perantaranya. Halte pun demikian, sebab halte juga merupakan benda yang terbuat dari besi yang merupakan penghantar yang tepat bagi listrik.

Hindari untuk berteduh dirumah kosong yang terbuka, hal ini juga sangat berbahaya karena saat tubuh basah, tubuhpun juga bisa menjadi konduktor bagi aliran listrik. Jangan melintasi persawahan yang merupakan tanah landai. Karena hal ini juga sangat berbahaya karena manusia menjadi media listrik tertinggi ditempat lapang tersebut.

Hal tersebut diperuntukan untuk kamu yang berkendara dengan motor atau roda dua. Nah, kemudian bagaimana jika kamu menggunakan kendaraan roda empat atau mobil? Bagaimana tindakan tepat yang perlu dilakukan?

Untuk beberapa kendaraan seperti bus, truk dan mobil sangat aman untuk berada didalamnya saat terjadi hujan petir. Hal ini dikarenakan ban mobil yang berupa karet tidak bisa menghantarkan listrik. Meskipun demikian ada hal penting juga yang harus diperhatikan.

Yang paling penting saat anda berada didalam mobil adalah jangan menghidupkan radio. Sebab radio yang ada didalam mobil juga membutuhkan signal. Sehingga, radio tersebut juga sangat bisa menjadi penghantar listrik dari petir.

Kemudian, pastikan jika semua jendela terutup dengan rapat dan jangan memegang logam pada body mobil. Pastinya ini dikarenakan body mobil yang terbuat dari besi atau logam juga bisa menjadi media penghantar bagi listrik. Oleh karena itu, hindari beberapa hal tersebut dan kamupun akan aman dari petir.

6. Kalau Kamu Sedang Berada Ditengah Hutan Atau Diluar Ruangan Lalu Turun Hujan Disertai Petir Bagaimana?

Saat kamu melakukan tracking di tengah hutan dan dalam waktu bersamaan terjadi hujan disertai petir yang mengerikan, kamupun juga bisa mencari cara untuk berlindung dari kilatan petir yang menyambar. Cari tempat perlindungan yang paling aman dengan cepat. Sehingga kamu bisa benar-benar terhindar dari hantaman petir yang mengerikan.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah cari tempat yang jangan terlalu banyak perpohonan. Memang terlihat mustahil saat di hutan. Tapi setidaknya cari perlindungan dibawah pohon yang tidak terlalu tinggi.

Hindari berteduh dibawah pohon yang tertinggi, sebab pastinya akan sangat berbahaya. Beri jarak antara tubuh dan juga pohon. Dengan demikian, aliran listrikpun tidak akan sampai pada tubuh.

Sedang Berada Ditengah Hutan Lalu Turun Hujan Petir

Sumber gambar via: 3.bp.blospot.com

Jika petir sudah menyambar –nyambar tetapi tidak juga menemukan tempat berteduh. Ambil posisi jongkok dan jangan berbaring ditanah. Cara ini merupakan cara yang paling aman untuk terhindar dari sambaran petir saat ditempat terbuka.

Beberapa hal diatas merupakan cara-cara untuk menghindarkan diri dari sambaran petir yang sangat berbahaya. Dengan melakukan hal yang diperbolehkan dan menghindari hal yang tidak diperbolehkan pastinya akan membuat diri kamu selamat dari berbagai kemungkinan mengerikan yang terjadi saat hujan petir. Sehingga, meskipun hujan disertai petir turun, kamu tak perlu panik lagi.

Nah, tetap aman dan jaga keselamatan ya…

 

 

 

bahaya hujan lebat fakta hujan hujan disertai petir hujan lebat petir menyambar saat hujan

Baca Juga

Leave a reply

16 + 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.