Bersyukur Yuk Sama Tuhan Atas 10 Keindahan Alam Indonesia Berikut Ini

962 views

Indonesia dikenal dari dulu sebagai zamrud katulistiwa yang keindahannya sudah mendunia. Di luar sana ada sebuah peribahasa yang mengatakan, “Jangan dulu mati sebelum pergi ke Bali.” Sungguh tepat sekali kata-kata pemeo ini, karena banyak orang yang pernah berkunjung ke Indonesia mengatakan bahwa mereka sudah rindu untuk kembali lagi. Dalam postingan kali ini sengaja saya ingin membahas keindahan alam indonesia untuk mengingatkan kita pada anugerah besar dari Yang Maha Kuasa dengan karunia alam yang begitu mempesona.

Sejak ratusan tahun lalu Indonesia jadi rebutan negara-negara luar. Umumnya para pendatang itu merasa tertarik dengan sumber daya alam Indonesia yang begitu beragam baik flora maupun fauna. Di samping itu Indonesia kaya dengan sumber daya alam tambang yang bisa mengantarkan Indonesia menjadi negara makmur dan sentausa. Tinggal kita saja sebagai sumber daya manusia yang harus mampu mengelola kekayaan yang besar ini. Tak hanya Bali saja dengan keindahan alam yang memukau, banyak daerah lainnya yang tidak kalah cantik dan menggoda untuk dikunjungi. Yuk kita lihat satu persatu kekayaan alam indonesia ini.

Kepulauan Raja Ampat

kepulauan-raja-ampatKeindahan pulau-pulau di Raja Ampat sudah mendunia. Kepulauan kecil ini terletak di wilayah Papua dan menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Keindahan pulau Raja Ampat bahkan sempat didokumentasikan dalam sebuah film yang berjudul “Edis Paradise 3” yang pemutaran perdananya dilakukan di Swiss. Di obyek wisata ini kamu bisa menikmati aktivitas diving dan snorkeling sambil menikmati pesona bawah lautnya yang indah. Di sini kamu bisa menemukan beberapa spesies ikan dan karang yang cantik.

Gunung Rinjani

Gunung-Rinjani

Pegunungan ini dikenal memiliki suasana mistis sekaligus keindahan alam yang tidak ada tandingannya. Sama halnya dengan Gunung Rinjani yang nuansa alamnya sangat sempurna. Gunung Rinjani lokasinya ada di Pulau Lombok NTB. Secara umum saya berani bilang kalau Rinjani pesonanya lebih luar biasa dari pegunungan-pegunungan lain di Indonesia. Dalam setahun, ribuan orang berkunjung ke Gunung Rinjani untuk melakukan pendakian, umumnya antara bulan Juni – Agustus. Perkumpulan Pecinta Alam dari beberapa perguruan tinggi juga sering melakukan pendakian di Gunung Rinjani.

Subak

subak-bali

Bali atau dikenal dengan sebutan Pulau Dewata memiliki alam yang begitu Indah dan cantik. Umumnya orang-orang tertarik untuk berkunjung ke daerah pantai di Bali, tapi setelah melihat pemandangan luar biasa di area pesawahan di Bali, para wisatawan kemudian berdecak kagum karena keindahan Subak begitu mempesona. Subak adalah teknik pengairan yang bernuansa sakral, Agrasis, Ekonomis dan Dinamis.

Gunung Bromo

sunset-gunung-bromo

Kamu harus pergi ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru kalau ingin mengunjungi Gunung Bromo. Bromo dikenal dengan hamparan pasirnya yang luas juga kawah-kawahnya yang eksotis. Selain itu view matahari terbit dan tenggelamnya juga spektakuler. Jadi jangan heran kalau banyak orang pergi ke puncak bromo hanya untuk melihat matahari terbit atau tenggelam saja. Kalau tak ingin kehujanan saat berkunjung ke Bromo, kamu harus datang ke sini di musim kemarau antara bulan Mei sampai oktober.

Danau Kelimutu

gunung-kelimutu

Pergilah ke Flores di NTT untuk menikmati keindahan Danau Kelimutu. Danau cantik dengan tiga warna ini akan membuat kamu betah berlama-lama di sini. Danau ini sangat unik karena punya tiga warna berbeda dan akan silih berganti seiring berlalunya waktu. Pemandangan alam Indonesia memang indah sekali, setuju kan? Seperti danau cantik ini yang oleh masyarakat setempat begitu disakralkan. Menurut masyarakat lokal, warna-warni yang ada di danau ini merupakan pertanda bahwa masing-masing punya kekuatan dahsyat.

Taman Laut Bunaken

keindahan-bawah-laut-bunaken

Bunaken dan keindahan alamnya sudah terkenal ke seluruh dunia. Selain punya panorama yang luar biasa, keindahan bawah lautnya juga sangat mengagumkan. Di sini kamu bisa menemukan berbagai biota laut dan sejumlah spesies terumbu karang. Perairan bunaken dikenal memiliki sekitar 90 spesies ikan laut yang cantik.

Banyak pesohor dunia yang sudah pernah main ke bunaken, khususnya untuk ber-scuba diving. Sebuah majalah wisata di luar negeri bahkan menyebut taman laut Bunaken sebagai spot diving terindah di dunia. Di sini kamu bisa mencoba 19 titik penyelaman di mana kamu bisa menyelam dengan mudah sambil menikmati keindahan biota laut di sana.

Kawah Ijen

kawah-ijen

Kawah Ijen adalah tempat di mana masyarakat sekitar biasa melakukan aktivitas penambangan belerang secara tradisional. Kamu bakal kagum melihat pria-pria di sini memanggul batuan belerang yang beratnya bisa mencapai 80 Kg dalam sekali angkut. Di samping itu, pesona keindahan alam dari kawah ijen juga bisa dinikmati secara maksimal. Karena uniknya keindahan alam di sini, seringkali sejumlah program televisi melakukan peliputan di sini. Di Kawah ijen kamu bisa melihat indahnya api berwarna biru yang keluar dari sela-sela bebatuan di sini.

Pulau Komodo

komodo_zps700fea02

Nah kalau yang ini semua sudah pada tahu kan? Itu lho pulau komodo yang eksotis di mana kadal raksasa prasejarah yang masih tersisa. Satwa Komodo memang hanya ada di Indonesia saja, tepanya di kawasan taman nasional Komodo NTT. Taman Komodo ini adalah salah satu kekayaan alam Indonesia yang harus dilestarikan keindahannya, karena mampu memberikan pemandangan alam yang sangat indah dan eksotis. Terdiri dari sejumlah pulau dengan perairan laut dan pemandangan savananya yang khas.

Anak Krakatau

anak krakatau

Pernahkah kamu mendengar cerita tentang dahsyatnya letusan Krakatau di masa lalu. Kali ini yang kamu lihat adalah pemandangan anak Krakatau yang ada di antara pulau Jawa dan Sumatra. Krakatau sempat meletus antara tanggal 26 sampai 27 Agustus tahun 1883. Letusan gunung Krakatau sangat luar biasa dan mematikan. Tak kurang dari 36.000 Jiwa dirampas jiwanya oleh letusan gunung raksasa ini. Gunung Krakatau merupakan gunung api berbahaya yang statusnya masih aktif dan dapat meletus kapan saja. Namun dibalik berbahayanya Gunung Krakatau, terdapat pemandangan alam yang sangat indah yang layak di nikmati turis lokal maupun mancanegara. Terdapat seburan lahar yang menampilkan cahaya indah yang membuat kita dapat berdecak kagum atas salah satu keindahan alam Indonesia yang satu ini.

Danau Toba

danau toba

Danau toba ada di Sumatera Utara. Merupakan puncak dari beberapa gunung raksasa dengan kubah yang meletus dan membentuk dasar landai. Setelah jutaan tahun lubang landai ini akhirnya terisi air dan membentuk sebuah danau raksasa yang saat ini kita kenal sebagai danau toba. Danau toba luasnya mencapai 100 km dan lebar 30 km. Yang lebih mengesankan, tepat di tengah danau ini terdapat sebuah pulau kecil yang disebut Pulau Samosir. Saat ini danau toba menjadi tempat wisata favorit yang dikunjungi oleh turis lokal dan mancanegara.

Masih banyak lagi sih kekayaan alam Indonesia yang ingin saya bahas lebih banyak di sini. Tapi belum sekarang yah, insya allah dalam beberapa postingan ke depan akan disambung dan dibahas lebih panjang lebar. O iya, seperti biasa silakan dishare dan diberi komen yah, daerah wisata mana yang menurut kamu paling bagus dan paling ingin kamu kunjungi tahun ini.

cuci mata fakta indonesia fakta unik keindahan alam indonesia Kekayaan Alam Indonesia pemandangan indah Pesona ALam Indonesia wisata alam

Related Post

Leave a reply

seventeen + four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.