Buat Para Traveler, 6 Wisata Sunrise dan Sunset di Indonesia ini akan Memanjakan Matamu!

715 views

Pasti kamu tahu kan kalau Indonesia adalah negeri yang indah dengan pesona alamnya yang luar biasa cantik? Banyak sekali turis mancanegara maupun domestik yang mengagumi keindahan alam Indonesia dan rela meluangkan waktu, tenaga, dan isi koceknya hanya untuk menikmati alam negeri ini.

Salah satu yang menjadi daya tarik keindahan alam negeri khatulistiwa ini adalah wisata sunrise dan sunset. Di mana saja sih tempat wisata yang memiliki sunrise dan sunset di Indonesia? Mau tahu? Yuk, kamu harus simak ulasannya di bawah ini.

Golden Sunrise Sikunir, Dieng Plateu, Wonosobo, Jawa Tengah

Golden Sunrise Sikunir

Golden Sunrise Sikunir via pecintaalam.org

Kamu tahu kenapa disebut dengan Golden Sunrise Sikunir? Ini karena pada saat matahari terbit dari ufuk timur, warna langit dataran tinggi Dieng ini berubah menjadi jingga dan memancarkan cahaya kuning keemasan seperti kunir (kunyit). Dari atas bukit Sikunir ini, kamu akan melihat panorama yang sangat cantik dengan latar belakang empat gunung sekaligus yaitu Gunung Sindoro, Sumbing, Merapi, dan Merbabu yang gagah. Menakjubkan bukan?

Puncak Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Untuk mencapai Puncak Sikunir dan melihat pemandangan yang indah, kamu memerlukan usaha dan tenaga yang cukup banyak. Dari lokasi parkir, kamu akan berjalan kaki menuju bukit dan mendaki Puncak Sikunir yang memiliki ketinggian sekitar 2.263 mdpl ini dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Biasanya, sekitar pukul 02.00 pagi sudah mulai ramai wisatawan orang berbondong-bondong datang dan rela untuk antre melakukan pendakian.

Bagi yang ingin berwisata ke Puncak Sikunir, kamu perlu membawa atau memakai pakaian hangat seperti jaket, penutup kepala, sarung tangan, dan scarf karena di sana udaranya sangat dingin. Jangan lupa untuk membawa lampu penerangan atau senter yang akan digunakan selama pendakian malam. Selain itu, bawalah air minum untuk bekal selama perjalanan.

Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung Bromo via pesonaindo.com

Pesona Gunung Bromo yang tidak pernah pudar, menjadikannya tempat wisata yang diincar oleh wisatawan. Hamparan pasir berbisik yang luas serta pemandangan gunung yang elok membuatnya terlihat indah. Wisata Gunung Bromo ini juga terkenal dengan pemandangan sunrise, dan menjadi tujuan wajib para pelancong yang bertandang ke daerah Jawa Timur.

Sama halnya dengan wisata Puncak Sikunir, untuk mendapatkan pemandangan yang indah kamu memerlukan usaha yang sedikit ekstra. Tidak mudah untuk mendaki gunung dan mencapai puncaknya. Namun jangan khawatir, di kawasan wisata Gunung Bromo ini kamu tidak perlu bersusah payah mendaki gunung dengan berjalan kaki, karena di sana banyak mobil jip yang disewakan dan siap mengantarkan kamu ke lokasi untuk melihat matahari terbit.

Keistimewaan dari kawasan Bromo ini adalah kamu dapat melihat sunrise dengan pemandangan tiga gunung sekaligus, yaitu Bromo, Bathok, dan Semeru, ditambah dengan hamparan pasir berbisik yang sangat harmonis.

Borobudur Sunrise, Bukit Punthuk Setumbu

Borobudur Sunrise, Bukit Punthuk Setumbu

Borobudur via nusantaraexplorer.info

Bukit Punthuk Setumbu memiliki pemandangan di pagi hari yang memukau dan berbeda. Dari Bukit Punthuk Setumbu ini kamu dapat menyaksikan terbitnya sang surya di antara Gunung Merapi atau Merbabu dengan nuansa budaya Candi Borobudur. Keeksotisannya selalu menjadi daya tarik pengunjung untuk menikmati keindahannya.

Bukit Punthuk Setumbu ini berlokasi di Magelang, Jawat Tengah, lebih tepatnya terletak di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, atau berjarak sekitar 5 km dari Candi Borobudur. Untuk dapat menikmati pemandangan sunrise di Bukit Punthuk Setumbu, kamu harus sudah sampai di lokasi sekitar pukul 05.00 subuh dan melakukan tracking sekitar 15 menit. Jangan terlalu dipaksakan jika kamu tidak kuat untuk melakukan pendakian bukit, karena di tempat wisata tersebut juga disediakan gazebo gardu pandang agar kamu tetap bisa menikmati pemandangan Candi Borobudur.

Sunset di Bukit Malimbu, Lombok

Sunset di Bukit Malimbu

Bukit Malimbu via jelajahwarnaindonesia.blogspot.co.id

Pulau Lombok adalah pulau yang eksotis. Pulau ini dikenal dengan pantai-pantainya yang indah dan berpasir putih. Namun, di pulau ini juga terdapat bukit di mana kamu bisa menyaksikan keindahan sunset. Yap! Bukit Malimbu menyuguhkan pemandangan sunset bagi para penikmat alam.

Bukit Malimbu ini terletak sekitar 24 km dari pusat Kota Mataram atau sekitar 10 km sebelah Utara Pantai Senggigi. Untuk dapat menikmati pemandangan alam yang sempurna, kamu dapat melihatnya ketika langit dan cuacanya cerah. Dari puncak Bukit Malimbu kita bisa menikmati keindahan sunset dengan pemandangan dua gili dari kejauhan yaitu Gili Trawangan dan Gili Meno.

Di sekitar tempat wisata terdapat penjual-penjual makanan, minuman, penjaja cinderamata, dan kios-kios tempat istirahat yang digunakan sembari menunggu matahari tenggelam. Suasananya yang santai, natural, dan eksotis membuat para turis dimanjakan dengan panorama alam Bukit Malimbu.

Tanjung Nusaniwe, Maluku

Tanjung Nusaniwe

Tanjung Nusaniwe via Kompas

Tanjung Nusaniwe ini terletak di Desa Latuhalat, Kota Ambon, Maluku. Mungkin masih belum banyak orang yang tahu keberadaan Tanjung Nusaniwe. Pemandangan di Tanjung Nusaniwe ini menyajikan sunset yang indah dengan latar belakang pantai.

Kamu akan dimanjakan serta dapat menikmati desiran angin dan ombak serta diiringi tenggelamnya matahari di pinggir pantai. Kamu juga bisa sangat puas menikmati hangatnya mentari sore yang eksotis tanpa gangguan dari turis lain di hari biasa karena hanya pada saat hari libur saja pantai seluas 2 hektar ini didatangi oleh ratusan pengunjung. Kamu bisa menuju ke Tanjung Nusaniwe yang berjarak 18 kilometer dari pusat kota Ambon dengan kendaraan pribadi.

Sunset di Pulau Weh, Sabang

Sunset di Pulau Weh

Pulau Weh via bakauhiyon.files.wordpress.com

Sabang merupakan titik kilometer nol di ujung barat Indonesia. Keindahan alamnya pun sudah tidak diragukan lagi. Selain dikenal sebagai titik paling barat Indonesia, Kota Sabang, di Aceh juga memiliki destinasi wisata yang mengasyikkan. Keanggunan senja yang mebuatnya berbeda dengan panorama senja di pegunungan atau pantai lainnya.

Di Pulau Weh ini kamu dapat menikmati pemandangan alam dan juga melakukan wisata bawah laut. Kekayaan laut di dalamnya juga sangat indah dan beragam. Di sana kamu juga bisa menikmati hangatnya matahari yang akan tenggelam di ufuk barat melalui Tugu Kilometer Nol Indonesia. Pemandangan yang disuguhkan sangat luar biasa cantik. Kalian akan terkagum-kagum jika melihatnya.

So, bagaimana? Pasti kamu sudah tidak sabar untuk menentukan destinasi liburan untuk menikmati pesona sunrise atau sunset yang disuguhkan oleh negara Indonesia yang tercinta ini. Oiya, satu hal lagi jika kamu berkunjung ke tempat-tempat wisata, kamu harus tetap berlaku bijak dan peduli dengan lingkungan ya! Jangan sampai dengan kedatanganmu sebagai pelancong atau turis menjadikan dampak buruk bagi destinasi wisata yang kamu kunjungi.

Ingatlah pepatah orang bijak, “Jangan tinggalkan apa pun kecuali jejak, jangan buang apa pun kecuali waktu, dan jangan ambil apa pun kecuali gambar”. Itu benar sekali, guys! Siapa lagi yang mau peduli kalau bukan diri sendiri? Ayo jaga kelestarian lingkungan  bersama.

Semoga ulasan tempat-tempat wisata ini bermanfaat ya buat liburanmu. Have a nice journey!

Pesona ALam Indonesia pesona sunset di indonesia review tempat wisata sunset terindah di indonesia Wisata Sunrise dan Sunset

Related Post

Leave a reply

9 − eight =