Bukan Indonesia Saja Yang Banyak Hantunya, Ada Juga Makhluk Mitologi Jepang Yang Unik Ini

808 views

Gak seru rasanya kalau di tempat tinggal kita gak ada cerita tentang makhluk mitologi. Makhluk mitologi jepang adalah salah satu yang paling seru untuk dibahas. Jepang yang masih mempertahankan gaya hidup tradisionalnya punya beberapa sisi unik. Makhluk mitologi di jepang bentuknya mengerikan, memiliki kemampuan merubah diri dan menimpakan kesialan pada orang yang melihat penampakannya. Mari kita bahas dan terserah kamu saja mau percaya atau tidak.

Konaki – Jiji

konaki-jiji

Makhluk ini muncul di sore hingga seperempat bagian pertama dari malam. Hanya ditemukan di pelosok pedesaan saja. Saat muncul ia menyamarkan diri sebagai bayi terlantar di pinggir jalan dan menangis sejadi-jadinya. Konak-Jiji tinggal di tempat seram di daerah pegunungan. Ketika orang merasa iba dan menggendong Konak Jiji, dengan tiba-tiba berat badannya berubah drastis hingga 350 kg lebih.

Sudah banyak orang yang tewas karena tubuh mereka terdorong sempoyongan oleh berat Konak Jiji yang naik secara tiba-tiba. Orang itu akan berdiri sempoyongan dan terdorong hingga ke pinggir jurang hingga akhirnya terjatuh dan tewas. Tapi jika orang itu sanggup menggendong konak jiji sampai batas waktu tertentu, ia akan dihadiahi sebuah kesaktian oleh Konaki-Jiji.

Shirme

cf56e3e2ccfeac2d8632305a72245b11

Barangkali hantu jepang ini termasuk yang teraneh di dunia. Bagi yang pernah melihatnya mungkin akan tertawa geli seharian, atau mungkin juga lari tunggang langgang karena ketakutan. Bukan kenapa-kenapa tapi shirme adalah hantu aneh dengan bola mata yang terletak di bagian pantat, itupun Cuma satu-satunya. Sosok shirme mulai dikenal ketika beredar cerita tentang samurai yang diganggu olehnya.

Ceritanya begini, pada suatu ketika seorang samurai berjalan seorang diri di malam hari. Kemudian dia mendengar suara seorang pria menyapanya. Saat memutar kepala, samurai itu melihat si shirme sedang membuka pakaian dan memperlihatkan bokongnya yang  berbiji mata. Menyusual penampakan itu, keluarlah cahaya terang dari mata di pantat shirme. Meski dikenal gagah dan pemberani, samurai itu ternyata kaget sekali juga ketakutan hingga lari terbirit-birit.  Siapapun pasti ngacir ketakutan kalau lihat hantu. Dijamin deh, haha.

Maneki Neko

maneki_neko

Tidak semua setan penampilannya serem dan mengerikan. Ada juga yang tampilannya rapih dan perlente, seperti Maneki Neko yang disebut kucing pemanggil. Maksud saya, ada tuh setan yang berwujud binantang lucu seperti kucing. Rupa mereka 100% seperti kucing hanya saja sedikit berbeda dengan kucing aslinya karena telapak kaki mereka besar dan mengepal seperti tangan manusia.

Cerita tentang Maneki Neko sudah bermula sejak jaman kuno. Oleh orang jepang sosok makhluk ini dianggap sebagai simbol keberuntungan dan penolak bala. So mereka akan memajang patung makhluk mitologi jepang ini di depan rumahnya. Kisahnya bermula di zaman dulu ketika seorang tanah sedang berteduh di bawah pohon ketika hari sedang hujan.

Tuan tanah itu merasa takut kalau-kalau pohon yang dijadikannya tempat berteduh itu disambar petir padahal ia sedang berteduh di bawahnya. Tiba-tiba datang seekor kucing lucu yaitu Maneki-Neko dan mengajak si tuan tanah untuk menjauh dari pohon itu dan mengikutinya masuk ke kuil Gotoku-Ji di seberang pohon itu.

Tanpa berpikir panjang, tuan tanah itu lalu mengikuti Maneki Neko dan sejurus kemudian terdengar suara halilintar yang menyambar pohon tempatnya tadi berteduh, diikuti suara BRAKKKKK, pohon itu tumbang tak lama kemudian. Sungguh beruntung si tuan tanah karena seharusnya ia tewas terpanggang dan tertimpa pohon itu.

Karena merasa diselamatkan oleh kucing Maneki Neko, si tuan tanah lalu menyumbang sedikit uang untuk memperbaiki kuil Gotoku-Ji dan memperbesarnya. Tapi sayang sekali, beberapa bulan kemudian Kucing Maneko-Neki itu mati. Kepergiannya adalah sebuah kehilangan hingga dibuatlah patung maneko-neki untuk mengingat kebaikan dari kucing itu.

Karena itu sudah menjadi hal biasa jika di depan rumah di jepang selalu disimpan patung maneki-neko. Bahan pembuatan patung kucing ini bermacam-macam, sebagian dibuat dari porselen, keramik, bahkan perunggu. Tak hanya di Cina, di Jepang pun Maneki-Neko dianggap sebagai simbol kemakmuran serta keberutungan.

Shachihoko

105807795_720

Shachihoko adalah makhluk mitologi jepang yang cukup populer. Wujudnya adalah campuran dari ikan dan seekor ular naga. Menurut orang jepang, shachikoko adalah makhluk yang bertanggung jawab terhadap turunnya hujan, pencegah gempa bumi, dan pencegah petaka besar lainnya. tak hanya bencana yang akan dicegah oleh Shachikoko, orang yang berniat jahat pun akan diatasinya. Kalau kamu sedang jalan-jalan ke jepang, coba deh liat di atas atap rumah orang jepang pasti ada patung shachikoko nya. ini sudah menjadi tradisi di sana.

Nue

nue

Jika makhluk mitologi lainnya menjadi perlambang hoki dan kebaikan, beda halnya dengan Nue yang merupakan sosok perlambang kejahatan. Wujudnya sendiri digambarkan sebagai campuran dari harimau, ular beracun dan monyet. Kalau tak sengaja kamu bertemu dengannya, kamu bakal bernasib sial karena beberapa musibah akan datang. Musibah ini macam-macam bentuknya, mulai dari terserang penyakit sampai hilang harta. Cara untuk menyingkirkan makhluk ini hanya satu saja, dengan melaksanakan ritual untuk mengusir roh jahat Nue.

Baku

baku

Makhluk mitologi lainnya yang berasal dari jepang dan diidentikkan dengan nasib buruk adalah Baku. Menurut orang jepang baku adalah campuran dari tapir dan gajah. Jadi baku itu seperti seekor tapir tapi berbelalai besar dan panjang seperti gajah. Baku sangat ditakuti karena memiliki nafsu makan yang besar. Penampakannya jarang terlihat tapi kalau sedang beraksi kamu dijamin bakal stress lantaran baku sering sekali muncul di alam mimpi dan merampok mimpi orang-orang yang sedang tidur.

So kalau di Indonesia kita mengenal mimpi tertindih setan sampai badan tidak bisa digerakkan, di Jepang dikenal juga kondisi seperti ini. Hanya saja untuk menyingkirkan gangguan ini orang jepang akan berkata, “Baku, silakan ambil saja mimpi buruk ini buat kamu,” Entah seperti apa efeknya tapi ketika kata-kata itu diucapkan, orang itu akan segera terbebas dari himpitan.

Menarik juga yah membahas Makhluk Mitologi jepang ini. Silakan boleh percaya boleh tidak karena saya sudah membagi apa yang bagus untuk kalian semua.

 

Hantu asli jepang hantu serem dari jepang Makhluk Mitologi Jepang

No related post!

Leave a reply

five × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.