Daripada di Tumbuhi Tanaman Liar, 8 Sayur dan Buah-buahan Ini Harus Kamu Tanam di Halaman Rumahmu!

263 views

Memiliki rumah dengan halaman yang luas merupakan sebuah keberuntungan buat kamu. Mengapa? Yah tentu saja karena rumah dengan halaman yang luas mempunyai banyak manfaat. Bisa sebagai tempat parkir kendaraan kalau rumah kamu kedatangan tamu satu RT, bisa buat main anak-anak, dan juga bisa digunakan untuk berkebun. Kamu enggak mau dong kalau halaman rumah kamu hanya di tumbuhi rumput liar yang tentunya akan merusak keindahan di sekitar rumahmu.

Well, bagi kamu pecinta tanaman dan kebetulan banget punya halaman yang gede di rumah kamu bisa coba untuk menghiasi halaman rumah kamu dengan tanaman yang berguna seperti sayuran atau buah-buahan. Lumayan kan enggak usah repot ke pasar kalau mau masak atau mengkonsumsi buah-buahan. Selain itu, kebersihan dan kesehatan dari mengkonsumsi tanaman tersebut sudah tidak diragunakan lagi toh kamu sendiri yang merawatnya.

Berikut beberapa tanaman yang bisa kamu budidayakan di halaman rumah kamu.

Tomat

Tanaman tomat

Tanaman tomat via www.merdeka.com

Sudah pada tahu kan jenis tanaman yang satu ini? Yups, tanaman ini bisa disebut sayuran dan bisa disebut juga buah-buahan. Tomat merupakan tumbuhan yang pertama kali ditemukan di Amerika dan terus berkembang sampai bisa dikenal oleh seluruh penduduk dunia (hebat yah si tomat ini).

Tanaman ini bisa tumbuh di mana saja dan kapan saja. Dan satu lagi nih, cara menanam tomat juga cukup mudah. Kamu hanya memerlukan bibit dari tomat dan halaman untuk menanamnya. Saat menanam bibit tomat berikan space antara bibit yang satu dengan lainnya. Tujuannya untuk memberi ruang agar tidak menghambat pertumbuhannya. Tanaman tomat memerlukan perhatian ekstra. Kamu harus rajin merawatnya memberi air yang cukup dan juga memberi pupuk agar tanaman ini bisa tumbuh dengan baik.

Tomat juga mempunyai banyak manfaat loh. Tidak hanya untuk makanan tapi juga bisa digunakan untuk kecantikan dan merawat kulit. So, enggak rugi kan menanam tomat di halaman rumah kamu?

Wortel

Tanaman Wortel

Tanaman Wortel via www.hkti.org

Sama halnya dengan tomat, wortel juga mempunyai banyak manfaat baik itu untuk bahan dasar makanan, untuk kesahatan maupun kecantikan. Eits, satu lagi nih, untuk makan kelinci kamu. Kalau kamu punya kelinci di rumah udah enggak usah repot-repot lagi ke pasar buat beli wortel. Kamu bisa memetiknya sendiri di rumah dan juga kamu bisa menghemat pengeluaranmu setiap bulan.

Cara penanamannya sendiri tidak jauh beda dengan menanam tomat. Dimulai dengan memilih bibit yang unggul kemudian menyiapkan lahan lalu memulai menananm bibitnya.  Tanaman wortel juga memerlukan perawatan ekstra. Untuk pemberian pupuk, usahakan untuk menggunakan pupuk organik agar kandungan pada wortel tetap terjaga.

Kangkung

Sayur Kangkung

Sayur Kangkung via www.pbs.org

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digemari masyarakat Indonesia karena kelezatannya. Selain itu, kangkung juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti mengatasi insomnia, mengandung zat besi yang berguna untuk mencegah penyakit anemia, menyehatkan penglihatan, kekebalan tubuh terhadap virus flu dan juga cocok untuk ibu hamil menyusui. Untuk bahan makanan, kangkung bisa diolah menjadi berbagai macam jenis sayuran. Kamu udah pasti tahu ‘kan sayuran apa saja itu?

Untuk penanaman kangkung sama saja dengan tomat dan juga wortel hanya saja kangkung lebih cocok ditanam pada bulan November – desember yaitu saat musim penghujan. Kangkung akan tumbuh dengan baik pada bulan-bulan tersebut.

Cabai

Tanaman Cabai

Tanaman Cabai via www.vemale.com

Cabai merupakan jenis tanaman yang sangat sering dijumpai tumbuh diberbagai tempat. Tak jarang banyak masyarakat Indonesia yang sudah mempunyai tanaman ini di rumah. ”Pasti kamu salah satunya ‘kan?”. Bagi kebanyakan orang Indonesia cabai itu sangat penting sebagai penyempurna makanan. Emang sih makanan akan lebih nikmat jika ada cabainya. Yah pedes-pedes gimana gitu…..

Selain disukai karena rasanya yang bisa menambah selera makan, cabai juga banyak digemari karena bisa menurunkan berat badan. Iya, ternyata cabai bisa menurunkan berat badan. Buat kamu nih yang lagi dalam proses diet, sering-seringlah mengkonsumsi cabai agar berat badan kamu cepat turun. Tapi, jangan berlebihan juga yah nanti malah jadi penyakit atau malah jadi cabe-cabean, haha…

Seledri

Seledri

Seledri via www.lamthenao.com

Seledri mempunyai kegunaan yang sama dengan daun bawang dalam masakan yaitu sebagai penyedap rasa. Aromanya yang khas membuat makanan menjadi semakin lezat dan juga warnanya dapat mempercantik makanan. Tanaman ini sudah banyak dibudidayakan oleh orang tua kita sejak dahulu kala. Wajar kalau sekarang di rumah kamu sudah ada tanaman ini. Cara penanamannya juga sangat mudah kamu hanya memerlukan bibit yang unggul dan juga pupuk tanaman.

Agar tanaman ini terlihat rapi ada baiknya jika kamu menanamnya di dalam pot. Selain untuk perawatan yang lebih mudah juga bisa memperindah halaman rumah kamu loh.

Pohon Pepaya

Buah Pepaya

Buah Pepaya via www.media-aku-sehat.blogspot.com

Selain rasanya yang manis dan juga segar ternyata buah pepaya juga mempunyai banyak manfaat. Bukan hanya buahnya, daun, batang, biji bahkan akarnya pun mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kamu. Untuk buah pepaya sendiri mengandung vitamin C. kamu udah tahu dong kegunaan vitamin C, yang jelas vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh. Daun pepaya bisa juga dijadikan sebagai bahan makanan. Selain untuk kesehatan rasanya juga enak loh. Dan ternyata daun pepaya ini bisa dijadikan ramuan untuk menambah nafsu makan. Cocok nih buat kamu yang lagi males-malesan makan.

Tidak hanya itu, dengan pohon pepaya ini kamu akan betah menikmati sore hari di halaman rumah kamu yang rindang. Sambil duduk manis kamu juga bisa memakan buah pepaya yang kamu petik sendiri.

Mangga

Buah Mangga

Buah Mangga via www.ruangtani.com

Kalau kamu punya halaman yang agak luas kamu bisa coba untuk menanam pohon mangga. Pasti kamu juga salah satu pecinta buah mangga ‘kan? Sudah tidak diragukan lagi kalau mangga yang dijual di pasaran selalu laris manis dan dicari banyak orang. Rasanya yang manis dan segar saat matang membuat sebagian orang menyukai buah yang satu ini. Ada juga loh yang doyan mangga mengkal. Biasanya mangga mengkal dibuat rujak dan juga sambal. Yang pasti rasanya menggugah selera makan.

Cara menanam pohon mangga susah-susah gampang dan juga dibutuhkan kesabaran saat merawatnya. Kamu harus rajin-rajin memberikan pupuk agar pohon mangga kamu berbuah lebat. Selain itu, pohon mangga juga bisa melindungi rumah kamu dari terpaan sinar matahari yang ganas. Pokoknya kamu enggak akan menyesal deh kalau menanam pohon mangga di halaman  rumah kamu.

Rambutan

Buah Rambutan

Buah Rambutan via www.phnompenhgrocery.com

Sama halnya dengan buah mangga, buah rambutan juga banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Bentuknya yang unik membuat orang yang pertama melihatnya penasaran untuk mencicipi buah ini. Kalau kamu pecinta makanan yang manis-manis buah ini pasti merupakan salah satu favorit kamu. Buahnya yang berair dan rasanya yang manis sangat cocok dinikmati di siang maupun sore hari.

Bagi kamu yang menyukai buah rambutan kamu bisa menanam pohon rambutan di halaman rumah kamu daripada harus membelinya di pasar. Tapi, untuk bisa menikmati buahnya kamu harus bersabar selama 2 tahun. “Kok lama banget sih?” Yups, tanaman ini memang merupakan tanaman yang agak lama menghasilkan buah meskipun kamu sudah merawatnya dengan baik dan memberikan pupuk tetap saja tanaman ini akan berbuah lebat sekitar 2 tahun lagi. Tapi, tak apalah jika harus menunggu lama toh kalau sudah berbuah nanti kamu juga yang kelabakan makan rambutan setiap hari, heheheh.

Nah, itu tadi beberapa jenis tanaman yang bisa kamu tanam di halaman rumah. Gimana? Sudah ada pilihan belum tanaman apa yang bakalan menghiasi halaman rumah kamu? Selamat mencoba yah, guys!

budidaya tamanan di halaman rumah memanfaatkan halaman rumah menanam sayur dan buah

No related post!

Leave a reply

2 + 1 =