6 Filosofi Bunga Matahari yang Melambangkan Keteladanan Hidup

5267 views

Tidak hanya dijadikan hiasan rumah, bunga matahari juga sering dijadikan bahan belajar. Mulai dari sains hingga filsafat. Untuk filsafat sendiri, banyak sekali yang bisa kita ketahui dari filosofi bunga matahari. Di mana, semua aspek dalam bunga ini melambangkan keteladanan dalam hidup.

Mulai dari kepatuhan, kesetiaan, keceriaan, hingga persatuan. Sebagai manusia sosial, kita wajib meneladani hal-hal positif dari bunga matahari ini. Dengan begitu, tujuan hidup kita di dunia ini bakalan lebih bermakna dan bermanfaat untuk sesama.

Kira-kira, apa saja filosofi bunga matahari yang bisa kita tiru sama-sama? Berikut ini, telah kami siapkan sederet filosofi bunga matahari yang melambangkan keteladanan dalam hidup.

1. Lambang Kepatuhan

Filosofi bunga matahari patuh

Filosofi bunga matahari patuh via akusanglirang.wordpress.com

Bunga matahari sering dijadikan sebagai lambang kepatuhan. Seperti yang diketahui, setiap matahari terbit hingga terbenam maka bunga matahari akan terus menghadap ke arah matahari.

Tidak ada sifat pembangkang pada bunga matahari terhadap matahari. Sang bunga terus menatap ke arah matahari bergerak. Dengan begitu, maka bunga matahari menjadi salah satu lambang kepatuhan kepada Sang Pencipta.

2. Lambang Kesetiaan

Filosofi bunga matahari setia

Filosofi bunga matahari setia via darkmello.deviantart.com

Selain sebagai lambang kepatuhan, bunga matahari juga melambangkan kesetiaan. Setiap siang selama tidak tertutup mendung, maka bunga matahari akan setia menghadap matahari.

Hal itu menjadi salah satu alasan bunga ini disebut bunga matahari. Kesetiaan bunga matahari terhadap matahari sering menjadi contoh kesetiaan dalam hidup ini.

3. Lambang Keceriaan dan Kebahagiaan

Filosofi bunga matahari ceria

Filosofi bunga matahari ceria via detik.com

Bunga matahari sering disebut sebagai salah satu lambang keceriaan dan kebahagiaan. Warnanya yang cerah (kuning) dianggap sebagai keceriaan dan kebahagiaan.

Bunga matahari tidak hanya memiliki warna cerah pada kelopaknya saja, melainkan biji pada bunga ini juga berwarna cerah. Hal inilah yang menjadikan bunga ini menjadi simbol dari keceriaan dan kebahagiaan.

4. Lambang Persahabatan dan Persaudaraan

Filosofi bunga matahari persahabatan

Filosofi bunga matahari persahabatan via japanesestation.com

Walaupun bunga ini memiliki warna yang cerah namun tidak satupun yang menyatakan cintanya dengan bunga matahari. Artinya, bunga matahari tidak menggambarkan kesan romantisme.

Namun lambang kesetiaan yang ada pada bunga matahari lebih dekat kepada persahabatan atau persaudaraan. Paduan makna kesetiaan dan keceriaan lebih tepat pada persaudaraan dan persahabatan daripada pada seorang kekasih atau hubungan percintaan.

5. Lambang Persatuan

FIlosofi bunga matahari persatuan

FIlosofi bunga matahari persatuan via selingkaran.com

Bunga matahari memiliki ciri yang berbeda dengan bunga yang lain. Yakni pada bunga matahari terdapat banyak bunga dalam satu tandan. Tidak hanya puluhan, beberapa penelitian menyebutkan bahwa banyaknya bunga tabung dalam satu bunga matahari bisa mencapai 2000 bunga. Artinya, bunga ini memberikan makna kebersamaan dan persatuan.

Beberapa orang juga menyebutkan bahwa makna dari banyaknya bunga dalam satu bunga matahari adalah kesamaan visi dan misi dalam satu komunitas atau kelompok akan menghasilkan sesuatu yang besar dan indah.

6. Sarat Manfaat

Filosofi bunga matahari manfaat

Filosofi bunga matahari manfaat via tropicanaslim.com

Kendati hanya sekedar bunga, namun ternayata bunga ini memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari bunga matahari adalah biji bunganya bisa dijadikan sebagai camilan (kuaci). Selain itu, bunga matahari juga bisa dijadikan minyak.

Sebuah pelajaran bagi kita bahwa sebuah bunga saja bisa memiliki banyak manfaat. Sedangkan manusia akan sangat miris jika tak mampu bermanfaat bagi sesama, masyarakat atau bahkan bangsa dan negaranya.

Nah, itulah sederet makna dan filosofi bunga matahari. Begitu banyak hal yang bisa kita pelajari, mulai dari kepatuhan, kesetiaan, keceriaan, persahabatan, sampai persatuan. Semoga dengan informasi tadi, kamu bisa lebih peka dalam memaknai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

bunga matahari Filosofi teladan hidup

Baca Juga

Leave a reply

eighteen + 20 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.