4 Filosofi Daun Hijau yang Membuat Kita Semakin Bersyukur

2146 views

Filosofi daun hijau memiliki begitu banyak pelajaran yang bisa dipetik, tentu hanya untuk mereka yang mau memetiknya. Belajar memang tidak harus selalu mempelajari teori, teori, dan teori. Justru dengan melihat hal sekitar, kita bisa mendapat begitu banyak makna dalam kehidupan. Salah satunya ialah dengan mempelajari bagaimana daun hijau bisa memberi arti penting dalam hidup ini.

Daun memiliki beragam bentuknya, yang melambangkan peran yang berbeda-beda. Daun menjadi sentral pernapasan bagi tumbuhan, serta membantu proses pembuatan makanan untuk disalurkan ke seluruh tubuh tumbuhan. Daun memiliki corak hijau yang menyejukkan mata bila dipandang. Daun pun bermanfaat bagi manusia, memberikan oksigen untuk setiap kebutuhan pernapasan yang tak ternilai harganya.

Mempelajari filosofi daun hijau tentu bukanlah hal yang remeh dan justru memberikan efek luar biasa bagi yang mempelajarinya. Belajar tentang kehidupan dari sudut pandang sebuah daun, awalnya terlihat lucu namun ternyata memberi banyak petuah baru. Lalu, bagaimana hal-hal yang bisa kita pelajari dari daun hijau? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

1. Kemandirian merupakan filosofi daun hijau yang pertama

Filosofi daun hijau

Filosofi daun hijau via images.google.com

Daun sejatinya memproduksi makanannya sendiri melalui proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari. Sejatinya pula, daun tidak menggantungkan tanggung jawab pada orang lain, sebab ia masih bisa mengerjakannya sendiri. Menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar juga menjadi cermin betapa daun itu cerdas. Hidup di suasana gersang, lembab, tropis, dan dingin sekalipun, ia tetap pandai beradaptasi. Produktif juga menjadikan daun hijau patut diberi apresiasi. Setelah tunas tumbuh, ia langsung berfotosintesis, tanpa menunggu dewasa sekalipun.

2. Daun itu mengerti balas budi dan tidak egois

Filosofi daun hijau

Filosofi daun hijau via images.google.com

Daun menyadari bahwa rimbunnya ia dikarenakan ada dukungan dari akar, batang, buah, bunga dan juga tanah. Karena itulah, daun yang rimbun juga akan menjalar ke akar yang kuat dan batang yang kokoh. Daun pun tidak egois seperti kita kebanyakan. Daun mengerti bahwa setiap hal yang kita dapat bukan sepenuhnya kita ambil sendiri. Tidak boleh mementingkan diri sendiri. Karena itu, daun mendapat hasil makanan dari fotosintesis, untuk kemudian dibagikan ke seluruh bagian tanaman tanpa terkecuali.

3. Daun itu indah sekaligus pemurah

Filosofi daun hijau

Filosofi daun hijau via images.google.com

Daun memiliki beragam corak warna dan bentuk yang indah, membuat setiap pepohonan seolah-olah hidup dan menyapa kita tiap kali di jalan. Sejuk berkat daun menentramkan dan menganyomi setiap makhluk yang ada di dekatnya. Daun pun juga pemurah. Ia tidak hanya bermanfaat bagi tumbuhannya sendiri, tetapi bagi kita manusia dan binatang di sekitarnya. Daun membagikan oksigen secara cuma-cuma, tanpa harus berkeluh kesah karena hak yang diambil darinya.

4. Kontribusi yang seimbang menjadi filosofi daun hijau yang hakiki

Filosofi daun hijau

Filosofi daun hijau via images.google.com

Tidak berlebihan dan tidak pula berkekurangan. Daun tidak kelebihan berproduksi sehingga ia tidak layu. Daun tidak kekurangan zat makanan sehingga ia tidak pucat. Daun terus berkontribusi seiring manfaat yang ia bagi. Daun terus membagi oksigen ke binatang dan manusia tanpa henti. Kalaupun ia mati, daun meninggalkan prestasi. Yakni, daunnya yang gugur masih bisa dimanfaatkan untuk pupuk demi menyuburkan tanah dan tumbuhan di bumi ini.

Nah, itulah tadi sederet hal dan pelajaran yang bisa kita ambil dari filosofi daun hijau. Daun menyimpan banyak makna sekaligus pelajaran yang ternyata mampu membuat hidup kita jadi lebih baik ketimbang sebelumnya. Memang, Tuhan menciptakan segala hal di dunia ini tanpa ada satu pun yang tak memiliki arti. Sungguh indah ciptaan-Nya, dan semoga kita tetap bisa mensyukurinya.

Daun Hijau Filosofi

Baca Juga

Leave a reply

one × one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.