5 Filosofi Permainan Catur yang Penuh Pelajaran Kehidupan

21 views

Filosofi permainan catur nyatanya telah menjadi hal yang lumrah untuk diketahui banyak orang. Terutama bagi mereka yang mengaku suka dan jago dalam bermain taktik di kotak hitam putih ini. Permainan catur sendiri, dikenal sebagai permainan yang penuh strategi, dan menjadikan para pemainnya identik dengan julukan “si cerdas”.

Bermain catur nyatanya bukan hal yang remeh temeh dan hanya digunakan sebagai selingan. Menyeriusi permainan catur justru akan memperkaya pandangan hidup kita soal menyikapi pelajaran yang ada di sekitar kita. Sebab, di sini kita bisa melihat dan mempelajari sederet filosofi permainan catur yang ternyata mampu memberikan pencerahan bagi kita.

Nah, kira-kira apa saja ya, hal-hal yang menandakan bahwa filosofi permainan catur benar-benar bisa diterapkan dalam kehidupan? Seberapa besar sih pengaruhnya terhadap kehidupan yang penuh lika-liku ini? Nah, untuk menjawabnya, maka akan lebih enak kalau ditanya seperti ini, filosofi permainan catur mengajarkan kita tentang:

1. Dalam hidup, kita boleh sesekali menggertak dan bersikap tegas.

Filosofi Permainan Catur

Bersikap tegas via maxmanroe.com

Seringkali kita tidak bisa lepas dari suatu kondisi, dimana kita terpojok dan selalu menjadi orang yang terus disalahkan. Misalkan saja, waktu kita baru pertama kali masuk kerja, sudah disuruh ini-itu oleh senior yang bahkan si bos pun tak tega melakukannya. Kondisi ini membuat kita terpojok dan serasa ingin keluar dari masalah. Solusinya ialah menggertak dan bersikap tegas. Kita dianjurkan untuk mampu memiliki kepercayaan diri dan tidak selalu berkata “Ya” pada orang lain.

2. Meski telah berusaha sekuat tenaga, datangnya kekalahan itu wajar dan sah-sah saja.

Filosofi Permainan Catur

Kalah itu wajar via dwitutor.blogspot.com

Permainan catur mengajarkan kita bahwa kalah bukan berarti kita selamanya kalah. Justru pada saat mengalami kekalahan, kita mampu mengevaluasi diri kita dalam segala segi kehidupan. Kita gagal melakukan sesuatu, kita bisa mencari-cari hal apa saja yang bisa diperbaiki. Hal ini berlaku dalam kehidupan kita nanti. Meski telah berusaha sekuat tenaga pun, hidup tak selalu harus menang dan menang. Kalah boleh, asal kita mengevaluasi kekalahan dan bangkit di waktu-waktu selanjutnya.

3. Sesekali dalam hidup, pengorbanan kadang pula dibutuhkan.

Filosofi Permainan Catur

Berkorbanlah via chesscomfiles.com

Dalam permainan catur, tidak jarang kita jumpai kondisi dimana ada dua prajurit yang terpojok dan harus direlakan salah satunya. Hal ini juga sering terjadi dalam kehidupan kita. Kita selalu dihadapkan oleh beberapa pilihan yang berat sekali untuk dipilih. Proses pemutusan inilah yang kadang membuat kita dilema, antara memilih yang satu atau yang lainnya. Memilih memang sudah menjadi tugas kita sebagai seorang manusia, dimana pada dasarnya, kita tidak bisa melakukan semua hal yang kita inginkan.

4. Berpikir unik atau “out of the box” juga bisa menjadi senjata.

Filosofi Permainan Catur

Berpikir kreatif via clear.co.id

Seperti kata orang bijak, pemimpin tidak berbaris tetapi ia jalan sendiri. Sama halnya dengan berpikir out of the box, dimana kita diharapkan bisa berpikir lain daripada yang lain. Dalam permainan catur, berpikir dengan cara seperti ini sangatlah dibutuhkan. Ketika sedang terpojok dan banyak hal yang harus dikorbankan, maka berpikir kreatif ialah solusinya agar tetap bisa bertahan dalam permainan. Begitu pula dalam hidup, kita diharapkan bisa berpikir kreatif untuk selalu mencari solusi dari setiap masalah yang ada.

5. Kalau ada kesempatan datang kepada kita, maka ambil dengan segera.

Filosofi Permainan Catur

Ambil kesempatan via chesscomfiles.com

Kesempatan tidak selalu datang disaat kita butuhkan, melainkan ia selalu datang secara tiba-tiba disaat tidak kita duga. Jadi ketika kita melihat ada sebuah kesempatan, maka yang harus dilakukan ialah mengambilnya tanpa berpikir panjang. Prinsip ini juga berlaku untuk permainan catur, dimana ketika ada peluang untuk mematikan lawan, maka harus segera dilakukan. Dalam hidup pun begitu, ketika kesempatan datang kepada kita, hendaknya kita langsung mengambilnya tanpa berpikir dua kali.

Nah, itulah tadi sederet filosofi permainan catur yang bisa kita maknai dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa menambah wawasan kamu ke depannya, ya!

Catur Filosofi permainan

Related Post

Leave a reply

seven − 3 =