Heyy Ajak Teman-Temanmu Membaca Ulasan Pesawat Terbang Terbesar di Dunia Ini

938 views

Pesawat terbang baru 100 tahun belakangan ini saja melintasi udara bebas. Bermula dari percobaan Wilbur bersaudara untuk menguji prinsip-prinsip aerodinamika yang mereka kembangkan di tahun 1901. Dengan prinsip sederhana, bahwa udara akan memberi daya angkat sederhana pada sayap yang berukuran semakin besar mereka mengetesnya dengan sebuah pesawat terbang awal yang sederhana. Ternyata sukses dan dalam perkembangannya pesawat kemudian dilengkapi mesin piston berkekuatan besar sehingga bisa mengudara selama beberapa jam. Tercatat dalam sejarah, berbagai jenis pesawat ikut serta dalam event perang dunia, kemampuannya yang mumpuni sangat ditakuti. Terutama digunakan dalam aksi pengeboman oleh pesawat berat dan serangan kilat oleh pesawat-pesawat kecil. Banyak sekali jenis Pesawat Terbang Terbesar di Dunia yang dikembangkan oleh pabrikan terkenal, Boeing dan Airbus adalah yang paling dikenal. Berbagai maskapai penerbangan dunia memilih produk pabrikan mereka sebagai yang teraman dan paling mudah digunakan.

Saat ini pesawat terbang tidak hanya dikembangkan sebagai alat angkut besar saja, banyak diantaranya yang dikembangkan untuk keperluan militer. Sejumlah tipe bahkan dipakai untuk misi kemanusiaan, mengirim bahan makanan, dan mengangkut peralatan transportasi. Pesawat-pesawat besar masa kini dilengkapi mesin jet yang 1000x lebih kuat dari angina topan. Hal ini memungkinkan badan pesawat untuk terangkat ke udara berkat daya dorong yang sangat kuat. Saat udara mengalir melewati sayap pesawat terjadi perubahan gaya hingga tercipta daya angkat yang besar pada bodi pesawat. Mesin jet merupakan propulsi yang diandalkan, aman dan lebih hemat bahan bakar. Dengan mesin jet, sebuah pesawat mampu melesat hingga 3000 km/jam dan mencapai jarak ratusan kilometer dengan waktu tempuh yang sangat cepat. Kini sudah bukan zamannya lagi anda harus naik kapal laut untuk pergi haji ke mekkah dan menghabiskan waktu berbulan-bulan. Dengan naik pesawat terbang, jarak jauh bisa dipangkas hingga setengahnya saja dalam waktu beberapa jam.

Well, jadi kebanyakan ngalor-ngidul, sekarang mari kita ulas beberapa Pesawat Terbang Terbesar di Dunia yang sudah kami himpun berikut ini :

Boeing C-17 Globemaster III

Boeing C-17 Globemaster III

Pesawat ini dikembangkan oleh Mc Donald Douglas dari periode 1980 sampai awal 1990an. Dimiliki oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) dan dipakai sebagai pesawat transport. Nama yang kini diusungnya merupakan kelanjutan dari generasi pesawat transport sebelumnya yang memakai mesin piston, mereka adalah Douglas C-74 Globemaster dan Douglas C-124 Globemaster II. Amerika menggunakan C-17 Globemaster untuk berbagai misi stratgis dan taktis diantaranya untuk mengirim kargo dan penumpang ke seluruh bagian dunia, mengangkut peralatan perang, mengevakuasi korban bencana alam hingga misi penerjunan dari udara.

Airbus A300-600 ST (Beluga)

Airbus A300-600ST

Semua orang akan iri dengan kemampuan Airbus A300-600 ST dalam mengangkut kargo. Dijuluki pesawat berbadan besar terstandar yang dimodifikasi dari versi sebelumnya. Beluga sengaja dimodifikasi di bagian atas untuk memungkinkan banyak muatan masuk ke sini. Lihat, aneh sekali kan penampilannya? Anda mau naik pesawat ini atau enggak?

Antonov An – 124

Antonov An-124

Ini adalah pesawat milik rusia yang dikembangkan ketika unisoviet belum pecah. Didesain oleh biro desain Antonov di Ukraina. Saat ini Antonov An-124 merupakan pesawat kargo paling besar yang pernah diproduksi dalam sejarah.

Convair B-36 Peacemaker

Convai B-36 Peacemaker

Menjalani masa tugas di era pasca perang dunia dari tahun 1949 sampai 1959. Dirancang oleh Convair dan digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF). Pesawat ini adalah salah satu Pesawat Terbang Terbesar di Dunia dengan rentang sayap yang sangat panjang. Hanya dipakai untuk misi-misi pengeboman dan mampu membawa rudal berhulu ledak nuklir. Tidak diperlukan modifikasi tambahan untuk bisa dimuati bom nuklir. Yang lebih istimewa lagi, pesawat ini adalah pesawat terbang pertama di dunia dengan daya jelajah yang terpanjang, lebih dari 9700 km dengan beban bawaan maksimum sebesar 33.000 kg.

Hughes H-4 Hercules

hughes h4 - hercules

Pesawat terbang ternyata sempat dibangun dengan campuran material alumunium dan kayu. Barangkali Hughes H-4 Hercules adalah salah satu contohnya. Dikembangkan di masa perang dunia kedua dan dengan terpaksa memanfaatkan bahan kayu karena kurangnya persediaan alumunium di masa itu. Hal ini tak lantas menjadi hambatan bagi pesawat ini untuk bisa dipakai dalam misi pengeboman. Berkat rentang sayap yang lebar sepanjang 320 kaki dan panjang maksimum yang mencapai 218,6 kaki, besi terbang ini bisa diterbangkan beribu mil jauhnya untuk menjalankan misi yang telah ditentukan.

Airbus A380-800F

airbus 380

Airbus adalah spesialis pencipta pesawat angkut modern. Contohnya Airbus A380-800F ini yang dikembangkan beberapa tahun lalu. Merupakan pesawat pengangkut terbesar yang pernah dibuat oleh manusia. Menurut desas-desus, panjang pesawat ini saja sekitar 239 kaki dan rentang antara ujung sayap mencapai 261,8 kaki. Perihal daya angkut, beban seberat 150 ton pun tak jadi masalah untuk dimasukkan ke badan pesawat.

C5-Galaxy

c5 galaxy

Pesawat C5 Galaxy dikembangkan oleh Angkatan bersenjata Amerika Serikat. Hanya dipakai untuk keperluan militer saja. Pesawat ini punya panjang mencapai 247 kaki dan bentang sayap 222 kaki. Sering digunakan untuk mengangkut logistic ke daerah-daerah rawan perang seperti Irak dan Afganistan.

Boeing 777 – 300 ER

boeing 777 300 er

Boeing selalu memproduksi pesawat-pesawat berkualitas untuk armada komersil di seluruh dunia. Seri 777 – 300 ER sendiri menjadi pesawat terbesar yang pernah diproduksi oleh Boeing. Dikembangkan sebagai varian dari generasi pendahulunya di seri 777. Didesain dengan bentang sayap lebih dari 212 kaki dan panjang badan 242 kaki. Dikatakan bahwa pesawat Boeing 777 mendominasi penjualan armada pesawat komersil di seluruh belahan bumi.

Masih banyak lagi Pesawat Terbang Terbesar di Dunia yang bisa saya ulas di sini. Tapi saying sekali, karena hari sudah malam, saya tutup sampai di sini dulu yah. Insya allah dalam beberapa hari ke depan postingan ini akan saya lanjut kembali untuk kepuasan anda. See you.

Pesawat terbang terbesar di dunia

No related post!

Leave a reply

14 + 9 =