Hidup Sehat dengan 6 Kombinasi Warna Makanan dalam Pelangi Gizi!

237 views
Pelangi gizi

Pelangi gizi via drklug.typepad.com

Apa itu pelangi gizi? Pelangi gizi adalah istilah untuk gizi makanan yang bisa kamu lihat dari warnanya. Jadi, buah-buahan dan sayur-mayur yang kamu makan sehari-hari itu memiliki gizi dan fungsi yang bisa kita lihat dari warnanya. Lucu juga ya, setiap warna itu memiliki fungsi yang berbeda. Yuk kita lihat, gizi dan manfaat apa aja yang pelangi gizi ini berikan untuk kita.

Merah

Buah merah

Buah merah via smartlunches.files.wordpress.com

Buah dan sayuran berwarna merah mengandung banyak Antosianin dan Likopen. Antosianin adalah antioksidan yang dapat mencegah infeksi dan kanker kantong kemih. Likopen adalah antioksidan alami yang terbukti dapat mencegah dan memperbaiki segala kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, terbukti efektif dalam mencegah penyakit kanker, jantung, dan kolesterol tinggi. Likopen yang terkandung dalam buah dan sayur berwarna merah ini juga dapat menjaga kesehatan gigi, mata, tulang, kulit, dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah dan sayuran yang berwarna merah mengandung vitamin A dan E. Contoh buah dan sayuran berwarna merah adalah strawberi, tomat, rapsberry, cranberry, ceri, kol merah, dan bayam merah.

Jingga

Buah jeruk

Buah jeruk via parentinghealthybabies.com

Buah dan sayuran yang berwarna jingga menggandung antioksidan dan nutrisi dominan seperti alfa, betakaroten, dan falkarinol yang dapat menjaga kesehatan mata dan kulit, juga meningkatkan produksi sel darah putih dan sistem imun. Nutrisi-nutri yang terkandung dalam buah dan sayur yang berwarna jingga ini juga berfungsi untuk menghambat proses penuaan pada sel-sel tubuh, dan dapat membantu meremajakan sel-sel tubuh. Sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit kita.

Contoh buah dan sayur yang berwarna jingga adalah jeruk, pepaya, wortel, mangga, dan labu.

Kuning

Nanas dan pisang

Nanas dan pisang via pedalpops.com

Warna kuning yang terkandung pada buah dan sayuran merupakan indikasi adanya kandungan kalium dan antioksidan yang dipercaya dapat mencegah penyakit jantung koroner dan juga penyakit stroke. Selain itu, buah dan sayuran yang berwarna kuning juga mengandung pigmen lutein. Pigmen lutein ini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya buta warna, terutama bagi wanita yang sudah tua.

Buah dan sayuran yang berwarna kuning, banyak mengandung vitamin A. Contoh buah dan sayuran yang berwarna kuning: pisang, nanas, lemon, dan jagung. Buah pisang ini juga memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah membantu meningkatkan energi pada tubuh.

Hijau

Buah dan sayur hijau

Buah dan sayur hijau via www.theislandexperience.com

Buah dan sayuran yang memiliki warna hijau merupakan buah dan sayur yang banyak mengandung sulfarovan, isotiosianate, dan indores yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyakit kanker . Warna hijau pada buah dan sayurannya terbentuk karena klorofil. Semakin gelap warna buah dan sayur, menandakan semakin banyak pula klorofil yang terkandung di dalamnya.

Buah dan sayur yang berwarna hijau itu sangat kaya akan manfaat. Buah dan sayur ini juga mengandung asam elagat yang dipercaya sangat ampuh untuk membasmi berbagai macam sel kanker. Asam elagat juga bisa membantu menormalkan tekanan darah. Buah dan sayuran yang berwarna hijau banyak mengandung vitamin C dan B kompleks, zatbesi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten, dan serat.

Nah! Banyak banget kan fungsinya! Buah dan sayuran yang berwarna hijau ini sangat baik untuk kesehatan kulit wanita! Nah, girls, jangan malas untuk mengkonsumsi buah dan sayur ya! Contoh buah dan sayur yang berwarna hijau: bayam, kacang polong, brokoli, sawi, selada hijau, alpukat, anggur hijau, dan melon.

Biru / ungu

Buah biru/ungu

Buah biru/ungu via gatherforbread.com

Warna biru dan ungu yang terdapat pada buah dan sayuran memberikan indikasi adanya zat antosianin. Senyawa antosianin dapat membantu melawan radikal bebas dalam aliran darah dan memperbaiki kerusakan sel. Kandungan antosianin ini juga dapat mencegah terjadinya stroke, serangan jantung, dan kanker. Selain itu, buah dan sayur berwarna biru atau ungu juga berfungsi untuk pelindung sel otak dan pembuluh darah, dan dapat mencegah terjadinya peradangan.

Meskipun demikian, kita juga perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi buah dan sayuran berwarna biru/ungu ini. Bila dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan berat badan karena buah dan sayur biru/ungu memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Contoh buah dan sayuran yang memiliki warna biru/ungu: blueberrry, blackberry, anggur merah, rapsberries, terong, dan plum.

Putih

Buah dan sayur putih

Buah dan sayur putih via www.ciklemfusa.com

Buah dan sayuran yang memiliki warna putih tidak memiliki pigmen, namun kaya akan serat dan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah dan sayur yang berwarna putih sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga meningkatkan sistem ketahanan tubuh. Selain itu, buah dan sayuran jenis ini mengandung plavonoid yang berfungsi untuk membantu kinerja sel dalam tubuh, serta kalsium yang jelas sangat baik untuk tulang kamu.

Contoh dari buah dan sayur serta makanan yang berwarna putih: Leci, duku, bengkoang, sirsak, sawi putih, taoge, lobak, susu, dan yoghurt.

Rainbow veggie

Rainbow veggie via heavenlyblush.com

Dari yang kita bahas di atas, kita tahu bahwa buah dan sayur yang berbeda warna itu memiliki beberapa kesamaan. Mereka semua mengandung antioksidan. Kita juga sering banget mendengar kata antioksidan di iklan minuman sari buah, bahkan di iklan body lotion juga ada.

Sebenarnya antioksidan itu apa sih? Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi sebagai penangkap senyawa radikal bebas, di mana senyawa radikal bebas ini sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena dapat merusak DNA. Senyawa radikal bebas ini timbul karena reaksi kimia kompleks dalam tubuh manusia. Penyebabnya bisa bermacam-macam seperti, olahraga yang berlebihan, asap kendaraan bermotor, asap sisa pembakaran sampah, asap rokok, dan jenis polusi lainnya.

Lalu apa yang terjadi bila kita membiarkan senyawa radikal bebas ini bebas masuk ke tubuh kamu? Wah! Tentu saja bahaya! Senyawa radikal bebas ini adalah cikal bakal dari penyakit lever, jantung koroner, katarak, penyakit hati, dan berbagai macam penyakit dalam lainnya. Haduh, yang kayak gini nggak bisa dibiarinkan! Kamu harus menjaga kesehatan tubuhmu dengan baik.

Ternyata buah-buahan dan sayur mayur itu memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Jadi kamu nggak boleh malas mengkonsumi makanan-makanan sehat seperti buah dan sayur. Sehat itu nggak mahal kalau kamu bisa menjaga tubuhmu dengan baik.

Nah, karena sudah mengetahui ini semua, mulai dari sekarang berusahalah untuk memiliki pola hidup ya sehat ya, guys! Selain makan makanan yang sehat dan bergizi, jangan lupa untuk olahraga teratur. Jangan tunggu sakit dulu baru mulai mengubah pola hidup sehat. Lebih baik mencegah daripada menggobati kan? So, good luck!

gaya hidup sehat Kombinasi Warna Makanan Pelangi Gizi

No related post!

Leave a reply

one × one =