Inilah 10 Alasan Kenapa Kamu Mengantuk di Siang Hari dan 5 Cara Cepat dan Mudah Mengatasinya!

524 views

Semua orang pasti pernah mengantuk. Tentu saja, mengantuk adalah hal yang manusiawi. Kalau kalian tidak pernah mengantuk, dapat dipastikan kalian bukan manusia normal, bahkan bukan manusia. Tapi, kalau mengantuk di setiap saat, itu adalah suatu masalah.

Biasanya, rasa kantuk menyerang saat malam hari atau saat kalian sudah terlalu lelah. Tapi, ada juga yang dilanda rasa kantuk saat jam-jam sekolah bertepatan saat pelajaran, ada juga yang mengantuk saat berkendara, dan lain sebagainya. Mengantuk disaat-saat seperti itu sangat tidak menguntungkan, kalian bisa ketinggalan pelajaran saat mengantuk di tengah pelajaran dan kalian bisa kecelakaan apabila mengantuk saat berkendara. Kalian pasti tidak mau itu semua terjadi pada diri kalian, kan?

Orang Menguap

Orang Menguap via www.vemale.com

Tapi, taukah kalian, kalau kalian mengantuk di setiap saat, itu berarti ada yang tidak beres pada kalian? Mengantuk yang tidak tentu, ternyata menjadi tanda bahwa kesehatan kalian terganggu. Mungkin kalian tidak begitu merasakannya, tapi kita patut untuk tau, apakah kesehatan kita terganggu. Berikut ini adalah penyebab rasa kantuk datang tidak menentu.

Gangguan saat tidur

Mungkin kalian tidak sadar, saat kalian tengah terlelap, tidur kalian sedikit terganggu. Pernah merasa sesak nafas tiba-tiba atau beberapa kali terbangun dalam satu malam? Nah, itu menyebabkan kalian mudah mengantuk keesokkan harinya. Sekalipun kalian sudah tidur selama 8 jam, tapi tetap saja rasa kantuk tak terelakkan.

Kurang Tidur

Ketika kalian memiliki banyak tugas sekolah atau pekerjaan kantor dengan deadline keesokkan harinya, pasti hal yang kalian lakukan adalah lembur. Saat kalian lembur, waktu tidur kalian yang seharusnya paling tidak 8 jam itu, tersita untuk berpikir dan menguras tenaga mengerjakan tugas atau pekerjaan. Setelah tugas kalian selesai, kalian hanya mendapat kesempatan tidur selama 4 jam. Keesokkan harinya, saat kalian sekolah atau bekerja, rasa kantuk akan sering datang dan mengganggu aktivitas kalian, bahkan membuat kalian terlihat tidak bersemangat.

Anemia

Tau anemia? Itu lho, penyakit kurang darah yang membuat orang-orang yang anemianya kambuh bisa pusing dan lemas. Nah, anemia ini salah satu penyebab mudahnya rasa kantuk datang. Jadi, buat kalian yang merasa mudah sekali mengantuk dan juga lemas, bisa periksa ke dokter, siapa tau kalian anemia tapi kalian tidak menyadarinya.

Dehidrasi

Minum adalah hal yang sangat penting dalam hidup. Kalau kalian kurang minum, kalian bisa mengalami dehidrasi. Dehidrasi adalah suatu kondisi, dimana kalian kekurangan cairan dalam tubuh. Ketika kalian dehidrasi, tubuh akan lemas dan tidak bersemangat sehingga rasa kantuk akan dengan senang hati datang. Cobalah, saat kalian mulai mengantuk, minumlah air putih, kalau rasa kantuk kalian hilang, itu berarti kalian mengantuk karena dehidrasi.

Diabetes

Siapa yang tidak tau penyakit yang satu ini? Penyakit yang berhubungan dengan gula dalam darah ini, ternyata menjadi salah satu penyebab rasa kantuk datang. Kok bisa? Bagi penderita diabetes tipe 2, mengantuk adalah hal yang selalu datang dikarenakan tubuh mereka yang lemas akibat tidak adanya pembakaran glukosa untuk energi dalam tubuh.

Penyakit Jantung

Penyebab yang satu ini patut untuk diwaspadai. Mengapa? Karena, ketika kalian mulai mudah lelah dan mengantuk, salah satu dari sekian banyak kemungkinan penyebab itu adalah jantung yang tidak sehat. Periksalah jantung kalian untuk meyakinkan kalau jantung kalian baik-baik saja.

Alergi pada Makanan

Untuk kalian yang tidak bisa sembarangan mengkonsumsi makanan, ini bisa menjadi salah satu penyebab rasa kantuk datang. Alergi makanan, ternyata bisa membuat penderitanya mengantuk dan lemas. Biasanya, kalau kalian yang alergi bisa toleran terhadap rasa gatal, maka gejala pertama yang muncul adalah tubuh lemas dan berlanjut dengan mengantuk.

Gangguan pada saluran kemih

Apa hubungannya gangguan saluran kemih dengan mengantuk? Untuk yang mempertanyakan itu, jawabannya mudah. Ketika kalian mengalami gangguan pada saluran kemih, pada saat kalian tidur, pasti tidur kalian akan terganggu dan membuat tubuh kalian gagal beristirahat. Alhasil, keesokkannya, kalian akan mengantuk.

Peralihan kerja

Penyebab yang satu ini khusus untuk yang sudah bekerja ya. Bagi kalian yang baru saja mendapat shift kerja malam, berlatihlah untuk menahan kantuk yang akan melanda. Ingat, mengantuk biasanya datang di malam hari atau saat kalian merasa lelah.

Sindrom kelelahan kronis

Ini adalah penyebab mengantuk yang cukup mengerikan. Sindrom kelelahan kronis adalah suatu posisi dimana tubuh kalian sudah teramat sangat lelah dan tidak bisa hilang hanya dengan sekali beristirahat. Sindrom ini biasanya ditandai dengan kelesuan, emosi yang tidak terkontrol, mengantuk, nyeri otot, bahkan bisa sampai kehilangan memori. Jagalah kesehatan kalian kawan.

 

Sudah ada 10 buah penyebab orang mudah mengantuk. Selanjutnya akan ada 5 cara menghilangkan rasa kantuk disaat yang tidak tepat. Berikut penjabarannya.

Tidur Cukup

Orang tidur

Orang tidur via www.tanyoe.com

Ini merupakan cara paling umum untuk menghilangkan rasa kantuk. Tapi, memang benar, ketika waktu tidur kalian cukup pada malam hari, keesokkan harinya kalian akan lebih fresh dan mengantuk akan jarang menghampiri kalian. Tidurlah kurang lebih 8 jam sehari, karena kalau lebih, keesokkan harinya kalian bisa mengantuk juga loh.

Minum Segelas Air Putih

Minum air putih

Minum air putih via malahayati.ac.id

Minumlah air putih sebanyak mungkin. Minimal 8 gelas perhari, kalau bisa, minumlah lebih dari itu. Semua itu untuk menghindari dehidrasi yang akan membuat kalian mengantuk.

Cuci Muka

Cuci muka

Cuci muka via pondokibu.com

Kalau kalian ketiduran di kelas saat jam pelajaran, pasti pernah disuruh guru untuk cuci muka. Ya, cuci muka merupakan salah satu cara untuk mengurangi rasa kantuk yang kadang sudah kelewat batas. Hanya mengurangi lho, ya, bukan menghilangkan. Tapi, kalau rasa kantuk kalian belum tingkat dewa, mungkin cuci muka bisa menghilangkan rasa kantuk itu.

Istirahat Sejenak

Istirahat sejenak

Istirahat sejenak via www.peluangproperti.com

Sedang belajar, bermain games, atau bekerja? Merasa lelah dan mengantuk? Berhentilah beraktivitas dan regangkanlah tubuh kalian agar peredaran darah lebih baik dan tubuh kalian lebih rileks. Istirahat tidak harus tidur kok, kalian bisa beristirahat dengan ngemil, mendengarkan lagu, atau berbicara.

Usahakan Ruang Terang

Emang apa hubungannya? Kalau kalian berada di ruangan yang gelap seperti suasana kamar kalian saat akan tidur, pasti akan sangat mudah bagi kalian untuk memejamkan mata, karena rasa kantuk lebih cepat datang saat ruangan gelap. Cobalah berada di ruangan yang terang, karena dengan ruangan yang terang, otak akan merespon suasana sekitar dan menjadikan pikiran kalian terus aktif sehingga tidak mengantuk.

Sekali lagi, mengantuk adalah hal yang manusiawi. Tapi, mengantuk tidak baik kalau selalu datang setiap saat. Kesehatan berpengaruh pada rasa kantuk yang melanda diri kalian secara tak menentu. Jagalah kesehatan kalian agar rasa kantuk tidak mengganggu aktivitas kalian. Ingat, tubuh yang sehat akan menjadikan segala sesuatu pada diri kalian sehat. Sekian, 10 penyebab orang mudah mengantuk dan 5 cara mengatasi rasa kantuk, semoga bermanfaat!

alasan mengantuk melawan rasa ngantuk menghilangkan rasa kantuk penyebab sering ngantuk tips biar gak ngantuk

Baca Juga

Leave a reply

two × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.