Inilah 7 Olahraga Air Paling Baru dan Menarik yang Perlu Kamu Coba!

627 views

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang kaitannya selalu mengenai kebugaran dan kesehatan tubuh. Berbagai macam olahraga dapat menjadi pilihan kamu yang disesuaikan dengan minat dan kondisi tubuhmu. Olahraga dapat diadakan didarat atupun dilaut yang disebut olahraga air. Olahraga air yang dikenal biasanya hanya olahraga renang, tapi lebih jauh dari itu ada beberapa olahraga air yang tak kalah menarik, serta beberapa diantaranya telah diadakan kompetisinya. Berikut beberapa olahraga air yang terbilang baru dan tak kalah menarik dari olahraga air lainnya:

Flyboarding Memang Terbilang Baru, Untuk Itu Kamu Juga Bisa Segera Mecobanya

Flyboarding

Flyboarding via flyboardqt.com

Terbilang olahraga air atau watersport yang masih sangat baru, karena olahraga ini pertama kali dikenalkan pada tahun 2011 di Inggris. Olahraga ini merupakan suatu kombinasi yang canggih antara jetski dengan jetpack. Dimana flyboard akan terhubung dengan selang kevler yang berguna untuk memompa air, sensasi menegangkan justru ketika kamu berusaha menstabilkan posisi diatas semburan air tersebut.

Flyboard yang dikenal sebagai salah satu olahraga ekstrem yang baru muncul sudah menjadi idola dikalangan pecinta olahraga ekstrem. Alat yang dipatenkan oleh Franky Zapata ini mengadopsi mekanisme mesin jet yang dapat menyemburkan air dari kedua nozze. Sehingga tekanan yang ditimbulkan mesin jet akan dapat dengan mudah melayangkan penggunanya ke udara. Flyboard dapat mengangkat stuntman (pengguna flyboard) hingga ketinggian 10 meter diatas air.

Dari teknologi modern ini, stuntman dapat melakukan akrobat diatas air dengan gerakan layaknya lumba-lumba yang menyelam kemudian dan melompat diatas air. Tidak kalah dengan Dubai dan Amerika yang sudah banyak mengenal flyboard ini, di Indonesia juga baru-baru ini telah banyak menyediakan fasilitas olahraga air flyboard. Tanjung Banoa, Bali merupakan salah satu tujuan bagi para pecinta olahraga air ini.

Rasakan Juga Sensasi Menegangkan dari Cliff Diving (Menyelam dari Tebing)

Cliff Diving

Cliff Diving via marriott.com

Menikmati keindahan alam sekaligus menguji adrenalin, Cliff Diving tampaknya tepat untuk kamu. Olahraga ini merupakan hasil modifikasi olahraga menyelam (diving). Perbedaannya terletak pada prosesi menyelam yang terlebih dahulu harus memanjat tebing dengan ketinggian tertentu. Jadi dengan Cliff Diving ini kamu terlebih dahulu harus memanjat tebing sebelum akhirnya menerjunkan diri kedalam air untuk menyelam. Untuk ukuran ketinggian pendakian tebing disesuaikan dengan jenis kelamin, misalnya untuk laki-laki ketinggian maksimum tebing yang diperbolehkan untuk didaki mencapai 28 meter, sedangkan untuk perempuan hanya mencapai 23 meter.

Hantaman keras dari dalam air menambah kesan ekstrem tersendiri untuk penikmat olahraga ini. Tentu saja olahraga ini hanya boleh dilakukan untuk kamu yang sudah sangat professional tentunya. Namun jangan berkecil hati jika kamu masih terbilang pemula dan ingin mencoba merasakan sensasi ekstrem dari olahraga ini, karena olahraga ini juga selalu mendapat pengawasan dari instruktur. Dengan ketinggian pendakian tebing yang telah ditentukan tersebut, para penyelam hanya membutuhkan waktu sekitar 3 detik untuk dapat menghantam keras permukaan air laut, hal ini setara dengan kecepatan 75 – 100 km/jam.

Di indonesia sendiri telah banyak memiliki tempat terkenal yang biasa digunakan oleh para pecinta Cliff Diving, diantaranya yaitu Batu Payung Green Canyon yang terletak di Pangandaran Jawa Barat, Nusa Ceningan Bali, dan Sungai Oyo di Gunung Kidul Yogyakarta. Hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi ombak dan aliran air yang tenang saat musim kering dari Juli – Oktober, sehingga tidak berisiko tinggi.

Snorkeling Tak Kalah Seru Untuk Dicoba Untuk Kamu yang Masih Belajar Menyelam

Snorkeling

Snorkeling via poolmax.net

Snorkeling merupakan olahraga renang dibawah permukaan laut dangkal yang hanya memiliki batas penyelaman tertentu. Biasanya olahraga snorkeling dilengkapi dengan peralatan renang berupa alat bantu nafas berupa kaca mata renang dan selang berbentuk huruf J, serta alat bantu gerak berupa kaki katak.

Berbeda dengan diving yang memang membutuhkan keahlian untuk dapat menyelam dikedalaman tertentu, snorkeling tidak membutuhkan keahlian tersebut. Snorkeling dapat disebut sebagai skin diving, jadi cukup aman dilakukan bagi kamu yang tidak memiliki keahlian berenang.

Olahraga ini dapat memanjakan kamu dengan pemandangan bawah lautnya yang indah. Laut Indonesia merupakan salah satu destinasi para pecinta olehraga snorkeling ini. Beberapa daerah di Indonesia yang terkenal karena olahraga snorkelingnya adalah Kepulauan Karimunjawa di Jepara, Pulau Menjangan di Bali, Gili Trawangan di Lombok, dan sebagainya. Masih banyak lagi tempat-tempat di Indonesia yang menjadi tujuan para pecinta olahraga snorkeling ini. Air laut yang jernih, lingkungan yang masih alami dan belum banyak tereksplorasi, terumbu karang yang beragam, serta biota laut yang tak kalah menarik dapat mengundang para wisatawan mancanegara dan lokal untuk mengunjungi lokasi-lokasi ini.

Menikmati Indahnya Lautan dengan Olahraga Parasailing 

Parasailing

Parasailing via baliwatersport.net

Parasailing yaitu olahraga yang memanfaatkan parasut agar dapat terbang diatas permukaan laut dengan ketinggian tertentu. Berbeda dengan olahraga Paralayang yang memungkinkan kamu untuk terjun dari dataran tinggi, Parasailing justru hanya memanfaatkan speedboat untuk menariknya agar dapat terbang di udara. Sehingga kamu bisa mengelilingi pantai dan mendapat sensasi terbang yang sangat menakjubkan.

Adapun lokasi olahraga Parasailing di Indonesia yang sudah banyak dikenal oleh pecintanya adalah Tanjung Benoa di Bali. Disana kamu bisa menikmati keindahan laut Tanjung Benoa dengan terbang diatas permukaan laut dengan parasut yang ditarik oleh speedboat.

Untuk Kamu Pecinta Ski Air, Cobalah Olahraga Wakerboarding Ini

Wakeboarding

Wakeboarding via hawaiianwatersportscenter.com

Wakerboarding yang memang cukup mirip dengan ski air memanfaatkan kecepatan speedboat untuk dapat menarik wakeboarder yang berada di atas papan. Sehingga kamu bisa melakukan peluncuran diatas air yang membutuhkan keseimbangan dalam menggunakannya. Adapun peralatan untuk memulai olahraga wakeboarding adalah papan ski dengan kabel yang terhubung dengan speedboat.

Lokasi yang sangat cocok untuk melakukan olahraga Wakeboarding di Indonesia sudah sangat banyak, salah satunya yaitu Pantai Bias Tugel di Bali.

Waterski Tak Kalah Seru Untuk Menguji Keahlianmu Di Atas Air

Waterski

Waterski via one2seven.org

Olahraga air yang hampir mirip dengan selancar, yang membedakan hanyalah pemanfaatan speedboat untuk menarik papan selancar. Sehingga kamu bisa cukup kencang meluncur dalam air dengan sensasi terpaan ombak yang cukup tinggi.

Waterski berbeda dengan olahraga Wakeboarding, yang membedakan hanyalah papan seluncur yang digunakannya. Papan ski yang digunakan merupakan alat yang sudah mencapai standarisasi, dimana papan ski ini telah dirancang khusus dengan tambahan sepatu yang melekat diatasnya. Ada dua pilihan papan ski yang dapat digunakan dalam olahraga Waterski ini, yang pertama adalah papan ski terpisah dan papan ski yang menyatu. Namun keduanya dapat digunakan sesuai dengan keahlian.

Adapun lokasi yang banyak dikunjungi atlet Waterski lagi-lagi adalah Tanjung Benoa, Bali. Selain karena Bali merupakan destinasi utama turis mancanegara, Bali juga banyak memiliki kekayaan bahari yang dapat dinikmati keindahannya.

Walaupun Sudah Banyak Dikenal, Jetski Tetap Menjadi Favorite Di Lepas Pantai

Jetski

Jetski via tribunnews.com

Jetski merupakan jenis olahraga air yang memang sudah lama dikenal, namun pesonanya tetap dapat menarik para peminat olahraga ini. Jetski merupakan olahraga yang memanfaatkan speedboat yang dapat kamu kendarai didalam air. Sehingga kamu bisa merasakan sensasi mengendarai sepeda motor diatas air. Dibeberapa kota wisata di Indonesia juga sudah banyak menyediakan fasilitas olahraga Jetski ini bagi para pecintanya.

dunia olahraga olahraga air menantang olahraga air terbaru

Related Post

Leave a reply

twenty + fifteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.