Inilah Daftar Menu Kuliner Berbuka Puasa Yang Nikmat Bisa Dicoba Di Rumah

872 views

Inilah Daftar Menu Kuliner Berbuka Puasa Yang Nikmat Bisa Dicoba Di Rumah – Pengertian puasa atau shaum menurut bahasa berarti menahan diri. Sedangkan menurut istilah pengertian puasa adalah menahan diri dari makan dan minum, berhubungan suami isteri dan hal terlarang lainnya dari terbit fajar hingga malam hari atau maghrib. Dalil diwajibkannya umat Islam berpuasa berdasarkan firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah : “Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa pada bulan Ramadhan sebagaimana telah diwajibkan atas umat sebelum kalian agar kalian bertakwa kepada Allah”

Daftar Menu Kuliner Berbuka Puasa Yang Nikmat Bisa Dicoba Di Rumah

Daftar Menu Kuliner Berbuka via rumahsedekah.or.id

Atas hal itulah, sekarang umat islam di seluruh dunia melaksanakan ibadah saum sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Pada saat berpuasa, umat islam menahan diri dari hal-hal yang dilarang seperti makan dan minum, berhubungan suami isteri, membicarakan aib orang lain, dan menghindarkan diri dari perbuatan dan perkataan yang sia-sia. Pada bulan ramadhan ini hawa nafsu dikekang dan dikendalikan agar bisa mengikuti kebaikan.

Namun kewajiban berpuasa ini berlaku pada kaum muslimin yang mampu. Adapun orang yang sakit, safar, dan orang yang tidak mampu lainnya tidak dikenakan kewajiban untuk berpuasa. Karena berpuasa adalah menahan diri dari makan dan minum selama seharian penuh. Sehingga diperlukan tubuh yang prima dan daya tahan fisik manusia yang fit dan sehat. Salah satunya mengkonsumsi menu kuliner makanan ketika sahur untuk menguatkan berpuasa.

Bukan hanya penting makan menu bergizi ketika sahur, tapi juga ketika kita berbuka puasa pun sangat penting untuk memperhatikan menu buka puasa. Agar puasa yang dijalani sebulan penuh dapat berhasil seratus persen. Tubuh sehat dan badan pun jadi lebih prima.

Setelah diteliti oleh penulis seluruh menu makanan untuk berbuka puasa adalah makanan yang manis sebagai pengganti cairan hormon manis enzim yang hilang dari tubuh akibat berpuasa selama satu hari penuh. Misalnya buah kurma rasanya manis. Rasulullah SAW menganjurkan menu berbuka puasa adalah makanan yang manis seperti kurma, kolak, martabak, air putih dan lain sebagainya. Dan tidak diperbolehkan langsung makan nasi karena bisa mengakibatkan hal tertentu yang tidak diinginkan.

Cara Memilih Menu Berbuka Puasa Yang Benar

Apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW dahulu terbukti benar sekarang ini menurut ilmu kedokteran. Berbuka puasa yang baik dan benar adalah terlebih dahulu mengkonsumsi makanan yang manis seperti tiga buah kurma atau minum segelas air putih untuk mengganti ion tubuh manusia yang hilang. Dengan makan menu buka puasa yang kuliner rasanya manis dapat menambah tenaga dan energi dalam tubuh secara cepat. Selepas itu bisa makan menu makanan berbuka puasa yang berat seperti nasi dan sayur mayur.

Pemilihan menu berbuka puasa tidaklah boleh sembarangan. Harus diperhatikan aspek nutrisi, vitamin, protein, karbohidrat, mineral, kesehatan, serat dan lain sebagainya yang dibutuhkan oleh tubuh. Selanjutnya agar dalam menjalani ibadah puasa dengan sehat dan prima dapat makan buah-buahan yang mengandung serat, sayur-sayuran dan banyak minum air putih supaya sobat tak mengalami yang namanya dehidrasi.

Inilah Daftar Menu Kuliner Berbuka Puasa Yang Nikmat Bisa Dicoba Di Rumah

Tanpa panjang lebar, inilah menu berbuka puasa yang bisa dicoba dalam rumah sobat sebagai menu makanan sehat dan bergizi, antara lain :

  1. Bubur kacang ijo
    Bubur kacang ijo

    Bubur kacang ijo via belumtahu.com

    Barusan penulis menikmati menu hidangan berbuka puasa yakni bubur kacang ijo yang manis dan lezat. Bubur kacang ijo sangat tepat dijadikan menu berbuka puasa karena manis dan mampu mengembalikan kesegaran tubuh. Pendek kata, bagi yang ingin tahu daftar menu kuliner berbuka puasa yang bisa dicoba di rumah salah satunya adalah menu bubur kacang ijo.

  2. Kurma
    kurma

    kurma via sarikurma.org

    Jenis kuliner yang menjadi ciri khas dalam berbuka puasa di tanah air adalah kurma. Ada banyak jenis kurma yang terdapat di pasaran dengan harga bervariasi dan terjangkau. Berbuka puasa dengan kurma sangat dianjurkan oleh agama Islam sesuai sunah Nabi Muhammad SAW.

  3. Es Sekoteng
    Es Sekoteng

    Es Sekoteng via santapsedap.com

    Kuliner ini disebut juga es pacar cina yang memiliki rasa manis dan enak serta menyegarkan. Menu sakoteng menjadi makanan yang disukai banyak orang dan cocok dijadikan menu berbuka puasa. Ciri khas menu sakoteng adalah bulatan-bulatan kecil berwarna merah kenyal dicampur bubur sumsum dan air gula dan santan. Es pacar cina ini sangat menyegarkan dan membikin setiap orang ketagihan. Silahkan buktikan sendiri dengan membelinya di gerai usaha di pinggir jalan yang menjual es sekoteng dengan harga terjangkau. Di tempat tinggal penulis dibanderol harga Rp 3000 perporsi.

  4. Es Pisang Ijo
    Es Pisang Ijo

    Es Pisang Ijo via resepmakanan.me

    Kuliner ini sekarang menjadi makanan popular karena memiliki rasa yang enak dan lezat. Es pisang ijo adalah sebuah pisang yang dibaluti oleh kulit yang warnanya hijau sehingga menggugah rasa untuk menikmatinya. Untuk menikmati es pisang ijo bisa mendatangi gerainya di pinggir jalan saat menjelang buka puasa.

  5. Es Jelly Melon
    Es Jelly Melon

    Es Jelly Melon via kiosresep.com

    Siapa yang tidak menyukai es dicampur jelly dan buah melon? Tentu setiap orang sangat menyukai kuliner ini yang dibuat dari buah melon ditambah sirup dan es serut. Jika di lokasi tempat tinggal sobat tidak ada yang menjualnya maka sobat bisa membuatnya sendiri melalui informasi di mesin pencarian google atau majalah masakan kuliner favorit.

  6. Es Selasih nata de coco
    Es Selasih nata de coco

    Es Selasih nata de coco

    Menu ini sangat cocok dihadirkan sebagai menu berbuka puasa. Karena rasanya sangat menyegarkan, enak, lezat dan nikmat. Kuliner ini termasuk dalam daftar menu kuliner berbuka puasa yang nikmat bisa dicoba di rumah

  7. Martabak manis
    martabak manis enak

    Martabak manis via resephariini.com

    Salah satu menu buka puasa yang enak dan nikmat adalah martabak manis dengan berbagai varian rasa. Seperti rasa strawberry, kacang, cokelat, keju, susu dan lain sebagainya.

Dengan demikian untuk para isteri tidak usah bingung lagi dalam mencari menu makanan maupun minuman buka puasa yang praktis dan sederhana atau menu takjil. Menu kuliner yang sederhana di atas bisa dijadikan patokan dalam menu buka puasa. Dan setelah diteliti seksama oleh penulis dan tim kedokteran, mengapa banyak kuliner berbuka puasa rasanya manis? Seperti kurma, bubur kacang ijo, kolak, sop buah dan lain sebagainya? Ternyata rasa manis itu dibutuhkan oleh tubuh manusia sebagai pengganti hormon manis yang hilang dalam tubuh manusia setelah seharian berpuasa.

Semoga para ibu rumahtangga tidak merasa kebingungan dalam menyiapkan menu buka puasa bagi suami tercinta dan keluarga besar. Karena banyak sekali menu buka puasa kuliner seperti di atas. Mudah-mudahan dengan membuat dan menyiapkan menu buka puasa bagi suami dan keluarga bisa memberikan pahala berlipat bagi anda. Sebagaimana hadist dari Rasulullah SAW bagi orang yang menyediakan menu makanan untuk orang yang berpuasa maka pahalanya akan sama dengan orang yang berpuasa.

Demikianlah informasi bagi yang membutuhkan Daftar Menu Kuliner Berbuka Puasa Yang Nikmat Bisa Dicoba Di Rumah. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Baca juga : Menu Makanan Agar Anak Berselera Mengkonsumsi Makanan Sehat

daftar menu buka puasa menu berbuka puasa menu buka puasa simpel menu takjil buka puasa resep menu buka puasa

No related post!

Leave a reply

15 − 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.