4 Kisah Sukses Inspirator Kaliber Dunia Ini Patut Jadi Inspirasimu!

649 views

Tolak ukur sebuah kesuksesan memang berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang menargetkan sebuah pencapaian yang tinggi dan gelimangan harta sebagai sebuah kesuksesan dan ada pula mendapatkan jabatan tinggi menjadi tolak ukur kesuksesan untuknya. Di sisi lain, ada pula yang melihat sebuah pencapaian sederhana menjadi sebuah kesuksesan baginya.

Menjadi seseorang yang sukses memang sebuah impian bagi banyak orang. Tak heran jika apapun akan dilakukan untuk mencapai kesuksesan yang diidam-idamkan. Bahkan, banyak orang yang mempertaruhkan uang dalam jumlah besar untuk mencapai kesuksesan yang ia bayangkan.

Tapi, terkadang upaya dan harapan tak berbanding lurus dengan realita yang ada. Kamu pasti pernah mendengar berbagai kisah di luar sana di mana seseorang harus bangkrut berkali-kali dan gagal berkali kali untuk mencapai apa yang ia inginkan.

Atau mungkin kamu adalah salah satunya? Memang, pandangan kesuksesanmu dengan orang lain bisa saja sangat berbeda. Mungkin kamu memandang sesuatu yang jauh lebih sederhana sebagai sebuah kesuksesan yang kamu harapkan.

Namun, apa jadinya jika kamu tiba-tiba terpuruk? Memang sebuah kegagalan adalah rasa pahit yang harus kamu telan. Dan sebuah kegagalan pula yang akan mengingatkanmu ketika kamu mencapai kesuksesan. Hal yang harus kamu ingat adalah untuk tidak pernah berpikir untuk menyerah.

Orang-orang sukses di dunia ini pun juga mengalami hal yang serupa. Jangan bayangkan mereka sukses dengan jalan yang mulus-mulus saja. Banyak di antara mereka yang berasal dari keluarga miskin dan bermodal pas-pasan. Banyak pula yang semakin nelangsa karena tertipu ketika merintis usaha.

Tapi toh nyatanya mereka tetap bangkit dan menjadi raksasa. Kisah-kisah sukses berikut ini bisa menjadi inspirasimu dan akan menegakkan kepalamu kembali!

1. Si Pencipta Kartun Dan Taman Hiburan, Walt Disney.

Walt Disney

Walt Disney via ulpnet.com

Kamu pasti sudah tak asing dengan nama yang satu ini. Walt Disney terkenal dengan kartun-kartun akan-anaknya yang legendaris. Dari jaman dulu hingga sejarang hasil karyanya tak pernah termakan usia. Semua orang bahkan mengingatnya.

Tak cuma berhenti sampai di situ saja. Ia membangun sebuah taman hiburan megah bernama Disney Land yang menjadi impian semua anak di dunia. Tak sedikit orang dewasa yang bermimpi mengunjunginya. Sampai akhirnya banyak taman hiburannya yang juga dibangun diberbagai belahan dunia.

Tapi, taukah kamu bahwa kesuksesan yang ia petik hingga ia wafat merupakan sebuah perjalanan yang begitu panjang?

Di awal usahanya membuat sebuah perusahaan animasi, ia sering ditipu oleh kliennya. Modalnya yang sudah pas-pasan pun menjadi sia-sia. Ia rugi banyak dan harus memulai semuanya dari awal.

Ketika ia sudah mulai bangkit dan mendapat tawaran, ia mendapatkan sebuah pelajaran berharga. Ia kembali belajar dari bisnis yang ia jalankan. Walt Dinsey harus menyerahkan animasi buatannya untuk dipatenkan pihak lain. Saat itu ia belum mengerti dan tidak mematenkannya.

Alhasil, kepopuleran karyanya menjadi sebuah keuntungan bagi orang lain. Tapi ia pun tidak lalu putus asa dan menyerah. Ia menciptakan sebuah karya besar hingga memperoleh Piala Oscar dan menginvestasikan uang dengan jumlah yang fantastis saat itu untuk membuat taman hiburan.

2. Si Raja Makanan Cepat Saji, McDonald.

McDonald

McDonald via huzlers.com

Kamu pasti sudah tak asing dengan brand yang satu ini kan? McDonald merupakan brand waralaba makanan cepat saji terkenal asal Negeri Paman Sam. Waralaba ini sudah menyebar ke seluruh pelosok dunia dengan sistem franchise-nya.

Rasanya yang disesuaikan dengan lidah tiap negara membuatnya mudah diterima oleh banyak orang. Kamu pasti juga pernah merasakan makanan dari waralaba yang satu ini kan? Tapi apakah kamu tahu cerita dibalik berdirinya McDonald ini?

Taukah kamu bahwa Maurice dan Richard McDonald pernah menjadi seorang kuli? Yap. Orang-orang sukses ini mengawali karir pekerjaan mereka menjadi seorang kuli. Mereka melakukannya untuk membantu keluarganya dengan menjadi mandiri.

Tak hanya itu mereka kemudian mengawali usahanya justru bukan dari restoran cepat saji. Ia dan kakaknya awalnya mengawali usaha bioskop yang tentu saja tidak selamanya berhasil. Bioskop sempat tutup dan diganti dengan bioskop mobil yang sangat populer di Amerika Serikat.

Mereka sempat berganti-ganti usaha sampai akhirnya mereka menemukan konsep restoran cepat saji. Kesuksesan yang sudah ada pun tidak lalu bertahan lama. Mereka harus mengalami kemunduran dan menutup restoran awal dan mengawali dengan yang baru sampai akhrinya mereka mampu membuat brand  yang dikenal dengan lambang M berwarna kuning.

Hingga saat ini, restoran mereka akhirnya meraja lela di dunia. Tapi tak semua orang tahu jika pendirinya melewati begitu pasang surut sampai akhirnya dapat mencapai kesuksesan.

3. Anak Desa yang Menjadi Raja Alat-alat Elektronik, Konosuke Matsushita.

Konosuke Matsushita

Konosuke Matsushita via azquotes.com

Kisah kali ini datang dari Jepang. Kamu pasti sudah tahu kalau Jepang dikenal sebagai negara yang pandai menciptakan alat-alat elektronik canggih. Bahkan, berbagai karya masyarakat Jepang ini menjadi contoh bagi negara lain.

Budaya kerja masyarakat Jepang-lah yang turut mempengaruhi kemajuan dan inovasi mereka dan mampu merajai pasar-pasar dunia.

Tahukah kamu brand bernama Panasonic? Yap! Brand ini merupakan salah satu label alat-alat elektronik yang terkenal di Indonesia. Tapi apakah kamu tahu kalau alat-alat ini diciptakan melalui proses yang panjang dari sang penciptanya?

Alat-alat eletronik yang berlabel Panasonic ini merupakan hasil kerjasama pengusaha Indonesia dan perusahaan Matsushita. Perusahaan Matsushita didirikan oleh Konosuke Matsushita.

Asal kamu tahu. Konosuke Matsushita berasal dari keluarga miskin di Jepang. Namun kegigihannya untuk terus mau belajar membuatnya bisa sukses sampai akhir hayatnya. Ketika ia sudah sukses pun, ia tetap mengembangkan ilmunya.

Perjalanan hidup Konosuke Matsushitata tak selamanya sukses. Ketika Jepang kalah pada Perang Dunia II, Konosuke Matsushita sempat ditangkap oleh Pasukan Sekutu karena tuduhan mendukung Tentara Jepang dalam perang selama ini. Padahal ia tak pernah melakukannya.

Usahanya pun gulung tikar. Sampai akhirnya ia dinyatakan tidak bersalah. Ia dan beberapa rekannya akhirnya kembali membuka perusahaan agar perekonomian Jepang kembali pulih. Ketika ia berada di puncak karirinya pun, ia tetap belajar hingga ke luar negeri.

4. Ferrari Sang Lambang Kecepatan.

Enzo Ferrari

Enzo Ferrari via carscoops.com

Apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu ketika mendengar kata Ferrari? Bingo! Mobil balap lambang kecepatan yang tak hanya melaju di sirkuit balap tetapi juga jalanan kota dengan jumlahnya yang sangat terbatas di dunia.

Ferarri sendiri diambil dari nama pendirinya yaitu Enzo Ferrari yang berasal dari Italia. Untuk sampai di titik kesuksesannya, pendiri Ferrari banyak mengalami pasang surut dalam hidupnya. Kemegahan dan popularitas yang diperoleh Ferrari saat ini merupakan hasil kerja keras dan kerja sama tim yang tidak pernah berhenti.

Taukah kamu, di masa-masa mudanya seorang Enzo Ferrari harus kehilangan banyak orang yang dicintainya? Ketika sedang berjuang menjadi seorang pembalap muda pun ia terpaksa harus kehilangan teman sekaligus gurunya dalam sebuah kecelakaan. Ia hampir saja menyerah karena keputusasaannya.

Namun, hal yang patut kamu contoh adalah kemauannya untuk bangkit dan kegigihannya untuk menciptakan sesuatu dengan cemerlang serta kerja sama tim. Hingga akhirnya ia mendapat tempat di hati masyarakat dunia karena karya hebatnya tanpa melupakan kerja sama tim yang ia miliki.

Nah, sekarang kalian tahu kan? Ternyata kesuksesan yang dimiliki banyak tokoh dunia pun harus mereka capai dengan susah payah. Jatuh bangun hingga kekecewaan harus mereka alami.

Tak cuma itu, rasa putus asa pun sempat menghampiri. Tetapi semua itu mereka kalahkan dengan semangat untuk bangkit dan mau belajar. Jadikan ini sebagai inspirasi ya!

inspirasi sukses inspirator dunia kisah sukses motivasi bisnis motivasi sukses

Baca Juga

Leave a reply

seventeen − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.