Jangan Anggap Sepele 10 Hewan Terpandai di Dunia Ini

880 views

Kamu pasti demen kan punya hewan peliharaan yang cute, bisa diajak main dan bisa kamu perintah-perintah sedikit sekadar buat lucu-lucuan? Hehe, pastinya emang bangga sih. Tapi udah tahu belum kalo hewan juga pinter-pinter lho. Gak percaya? Coba deh baca dulu artikel tentang 10 hewan terpandai di dunia ini, saya jamin pandangan kamu terhadap hewan pasti segera berubah deh. Nih dia laporannya.

Tikus Tidak Akan Terjebak Dua Kali Di Tempat Yang Sama

06-BERBAGI 10

Siapapun pasti tahu kalo tikus adalah binatang jorok yang menjijikkan. Seringnya sih tinggal di atap rumah, bikin gaduh dan ganggu orang di rumah. Tapi ternyata tikus tidak sejelek yang kita kira tuh. Tikus sering banget dijadiin hewan percobaan di laboratorium. Bukan Cuma untuk penelitian kimia dan obat-obatan saja, kepandaian tikus juga sudah dipelajari. Menurut hasil studi, dikatakan bahwa tikus tidak akan terjebak sebanyak 2x di tempat yang sama. Jika seekor tikus kedapatan terjebak di sebuah tempat, ia akan mencicit keras-keras agar temannya tidak terjebak di tempat yang sama.

Gak cuman itu, tikus adalah hewan yang pandai berenang dan seperti halnya manusia, tikus juga bisa stress lho. Ketika tikus ditempatkan di sebuah labirin, ia bisa menemukan jalan keluar dalam waktu yang relative cepat. Wow, ternyata tikus keren juga yah.

Gurita Mampu Membuka Tutup Toples Hanya Dengan Melihat

Poulpe quittant son rocher

Di urutan berikutnya dari hitungan mundur 10 hewan terpandai di dunia ini ditempati oleh Gurita. Kamu tahu kan Gurita yang sukses menebak Negara mana saja yang akan lolos dalam pertandingan di Piala Dunia 2010? Yap, gurita memang pandai. Gurita sering bermain-main dengan buah kelapa lalu kelapa itu ia jadikan rumahnya. Gurita keren banget karena punya beberapa tentakel yang bisa dikoordinasikan oleh otak sebesar biji salak di dalam kepala Gurita. Setiap tentakel dilengkapi dengan sistem syaraf tersendiri yang cukup kuat. Jika gurita kamu simpan di dalam aquarium, ia akan menatap tajam ke matamu karena penglihatan gurita memang cukup baik. Diantara kemampuannya yang lain adalah membuka tutup toples dengan hanya mengamatinya saja.

Merpati Bisa Menemukan Jalan Pulang Biarpun Telah Terbang Beribu-ribu Mil Jauhnya

piegon

Merpati adalah burung yang cantik, punya memori yang sangat kuat karena bisa menemukan jalan pulang persis ke tempat asalnya meskipun ia telah terbang beribu-ribu mil jauhnya. Selain pandai, burung merpati adalah burung yang setia dan hanya kawin dengan satu merpati betina saja seumur hidupnya. Di zaman dulu merpati sering dijadikan tukang antar surat sekalipun dalam kondisi peperangan.

Di Negara lain, populasi burung merpati begitu melimpah hingga sering dianggap hama. Tapi seiring bertambahnya kesadaran manusia, keberadaan merpati dianggap sebagai berkah. Kita sering melihat begitu banyak merpati di kota-kota besar dunia. Bagi saya merpati bukanlah hama, mereka masih  punya banyak manfaat meski sekedar untuk menambah keindahan di kota-kota. Betul kan sob?

Anjing Mampu Mengidentifikasi Nada Suara dan Ekspresi Wajah Manusia

dog

Anjing adalah hewan yang setia dan sangat cerdas. Kamu bisa melatih dan memberi sejumlah perintah sederhana seperti duduk, berbaring, berlari dan menangkap bola pada anjing. Anjing punya otak yang lumayan besar yang membuatnya mampu mengidentifikasi nada suara dan ekspresi wajah manusia. Daya penciuman anjing sangat tajam sehingga sering dimanfaatkan untuk membantu mencari korban bencana alam, mengejar pencuri dan tugas-tugas menantang lainnya. Anjing bisa dijadikan sahabat setia dan dilatih untuk berbagai kepentingan lainnya.

Saking setianya seekor anjing, ia disebut sebagai sahabat terbaik manusia. Di banyak Negara, kita sering mendengar kisah seekor anjing yang begitu setia pada tuannya hingga setelah pemiliknya meninggalpun ia tetap menunggu dengan setia. Rata-rata anjing bisa hidup dari 8 sampai 9 tahun, tergantung pada ras dan ukuran anjing itu sendiri.

Gagak, Burung Cerdas Yang Loyal Pada Keluarganya

crow

Burung gagak adalah burung yang cerdas tapi manusia suka salah kaprah karena menjadikan burung gagak sebagai pertanda datangnya kesialan. Burung gagak sangat loyal pada keluarga mereka, ia akan berkonfrontasi dengan burung gagak dari keluarga lain jika menemukan kehadiran mereka membahayakan keluarganya. Dalam keadaan ini ia berani mengorbankan dirinya untuk kepentingan kelompoknya.

Dalam beberapa studi Gagak sukses mengambil makanan yang disimpan dalam beberapa tabung berbeda di mana setiap tabung dihubungkan dengan kawat yang berbentuk kail. Dari hasil penelitian terlihat bahwa Gagak tidak serta-merta mengambil makanan, tapi ia mengidentifikasi setiap alur dan memutuskan untuk bertindak. Aduh cerdas juga burung gagak ini.

Tupai Bisa Mempelajari Banyak Hal Hanya Dengan Mengamati

squirrel

Tupai adalah makhluk yang lucu, sering ditemukan di batang-batang pohon di kebun hingga dianggap sebagai hama bila jumlahnya sudah terlalu banyak. Tupai sangat pandai melompat dengan jangkauan hingga 10 kali panjang tubuh mereka. Seekor tupai bisa mempelajari banyak hal hanya dengan mengamati dan memperhatikan. Mata tupai sangat tajam dengan kemampuan melihat ke kiri dan kanan, atas dan bawah tanpa harus memutar kepalanya. Di beberapa tayangan dokumenter, kita melihat tupai mengumpulkan banyak biji dengan menguburnya di tanah sebagai persiapan untuk menghadapi musim dingin yang panjang.

Gajah, binatang besar dengan ingatan memori yang sangat baik

elephant

Hewan paling pandai di dunia berikutnya adalah Gajah. Gajah tergolong mamalia darat raksasa dengan bobot yang sangat berat. Karena bobot tubuhnya yang berat, Gajah tidak begitu gesit ketika menemui hambatan di depannya. Meskipun begitu, Gajah punya daya ingat yang baik, mereka bisa mengingat orang yang pernah menyakitinya sekalipun itu sudah terlewat 8 tahun lamanya. Gajah sangat perhatian pada kelompoknya. Mereka berkomunikasi menggunakan gelombang berfrekuensi rendah (infrasonik) sehingga sekalipun sebuah kelompok beranggotakan banyak gajah, mereka terlihat seperti terkoordinasi dengan baik dan tahu kemana harus pergi. Gajah juga pandai berakrobat dan melukis dengan belalai mereka yang panjang.

Orang Utan Pandai Mengeksplorasi Banyak Hal Dan Belajar Hal Baru

orangutan

Orang-orang menganggap kera berukuran jumbo sebagai makhluk paling cerdas setelah manusia. Bahkan dalam penelitian dikatakan bahwa kera memiliki struktur genetik yang mirip dengan manusia. Salah satu kera raksasa yang ada di Indonesia adalah Orang Utan. Mereka dikenal sebagai hewan yang pandai berkomunikasi, ramah dan sering berbagi makanan. Orang utan pandai mengeksplorasi banyak hal dan belajar hal baru. Sebagai contoh, dari hasil mengamati tingkah laku penjaga kebun bintang, seekor orang utan di kebun binatang Perth berhasil meloloskan diri dari kandangnya. Ini sangat mengejutkan, ternyata orang utan pun bisa berbuat hal yang keren seperti itu.

Lumba-Lumba Berkomunikasi Dengan Cara Yang Canggih

dolphin

Di urutan terakhir daftar hewan terpandai di dunia kita kali ini dipegang oleh Lumba-lumba. Mereka adalah hewan yang sangat cerdas dan bisa dilatih untuk melakukan beberapa trik. Cara lumba-lumba berkomunikasi sangatlah canggih dengan memakai gelombang ultrasonar dengan frekuensi tinggi. Dikatakan bahwa Lumba-lumba mampu membantu anak-anak down syndrome, anak autis, dan mempercepat proses penyembuhan orang-orang yang mengalami kerusakan saraf motorik setelah stroke.

Jika kamu berlayar di laut kamu mungkin akan menemukan segerombolan lumba-lumba yang meloncat dengan begitu gembira ke atas laut. Mereka bisa dilatih dengan mudah dan bisa melakukan beberapa perintah dari manusia dengan sangat gesit.

hewan paling pandai Hewan terpandai di dunia hewan yang dapat di latih Hewan-Hewan Cerdas

No related post!

Leave a reply

four + 20 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.