Jangan Dekati Si Tukang Cari Muka, Perhatikan Lagaknya Yang Menjijikkan

708 views

tipe-orang-cari-muka

Di belahan manapun di dunia ini kita mengenal orang-orang dengan istilah penjilat, atau bisa juga disebut tukang Cari Muka. Manusia jenis ini bisa terdapat di mana saja, mereka hidup melebur dengan banyak orang tapi hanya satu yang ada di pikiran mereka. Mereka Cuma ingin cari untung dari orang lain dengan berbagai cara, termasuk dengan berbuat tidak jujur. Yang namanya penjilat pasti butuh orang lain untuk mereka pengaruhi, mereka kendalikan hingga ia bisa menyedot banyak untung besar dari aksi jilat sana-jilat sininya. Keuntungan ini bisa bersifat material dan non material. Keuntungan berbentuk materi banyak sekali macamnya, bisa uang bisa juga barang. Keuntungan non materi bisa jadi berupa kemudahan dalam naik jabatan, promosi kenaikan gaji dan banyak lagi, tapi ya begitu, ini orang melakukannya dengan cara-cara curang dan kotor.

Kalau anda pengen tahu siapa saja di lingkunganmu sekarang yang hobinya Cari Muka, saya akan membantu sebisa saya. Sebagai penulis, saya bukannya sok alim atau mengaku diri lebih sempurna kepribadiannya, tapi saya rasa anda harus sadar betul bahwa seorang penjilat berpotensi membahayakan karir anda. Ingat sahabat, menjilat atasan atau pihak lain untuk mengejar keuntungan sendiri hanya akan menempatkan diri anda dalam posisi sulit. Segera saja rasakan semua orang akan merasa kecewa pada anda, segera mereka akan menjauhi dan mungkin membalas kelakuan anda.

Secara intelektual para penjilat memang punya otak yang lebih brilian, ini bisa dibuktikan melalui kemampuannya dalam menyembunyikan keinginan busuk mereka. Sikut sana-sikut sini Cuma untuk ngambil untung menjadikan mereka dibenci. Si Bos boleh jadi cuek saja karena bagi dia tak banyak yang dibutuhkan dari bawahannya, yang penting operasional perusahaan berjalan seperti biasa dan roda profit bergulir lebih maksimal. Mungkin itu saja yang dipikirkan oleh Bos di tempat anda bekerja. Lain lagi dengan pikiran si tukang Cari Muka yang bisa saja berkeinginan buruk dengan menjatuhkan posisi pimpinan, apalagi kalau dia termasuk kalangan ekskutif di perusahaan tempat kerja anda. Baiklah dari pada kita berbicara gak karuan sementara karakter Cari Muka itu sendiri masih belum clear rupanya, kita bahas saja langsung yuk.

Penjilat dan Tukang cari muka itu menjijikkan

cari-muka

Coba deh bayangin aja anda sedang berhadapan dengan seseorang yang mukanya manis di depan anda, padahal di belakang anda dia punya niat busuk untuk menghancurkan masa depan anda. Ingat, orang seperti ini bermuka dua, mereka ini seperti seekor kutu loncat yang lincah dengan pikiran yang oportunis bahwa segala hal itu sangat mudah dan bisa digeboy. Anda harus berhati-hati bila di lingkungan kantor anda ada seseorang yang ternyata berkepribadian seperti ini. Nah ini dia deskripsi lengkapnya :

  • Seorang penjilat dikenal memiliki banyak muka dan identitas
  • Para penjilat akan sok akrab untuk mengidentifikasi kelemahan anda
  • Visioner tapi ya itu, Cuma cari keuntungan pribadi saja
  • Suka memata-matai aktivitas rekan kerja
  • Melakukan banyak cara untuk mencapai keinginannya
  • Di depan baik, di belakang ingin menusuk
  • Pura-pura sanggup mengerjakan banyak tugas padahal pekerjaan itu lalu diberikan pada orang lain
  • Sering menjelek-jelekkan teman kerja sendiri
  • Sering mensabotase atau menindas teman kerja dengan banyak cara

Kalau saya kebetulan ada di perusahaan atau di sekitar tempat tinggal anda, saya akan buru-buru menghabisi manusia macam ini lalu saya lemparkan ke dasar bumi. Kenapa saya berkata seperti ini? Karena orang seperti ini bisa menimpakan banyak bencana kepada orang lainnya.

Mereka Tidak Sadar Dengan Apa Yang Mereka Lakukan

Namanya juga penjahat, mereka cuek aja kalau lagi jahilin orang. Orang lain rugi yang biarin aja deh, kan itu bukan gue ini. Mungkin seperti itu prinsip hidupnya, aduh buruk banget deh. Lihat saja dari kacamata agama, seorang penjilat sangat dibenci oleh Tuhan sekalipun. Nih saya sampaikan di sini beberapa hadits Nabi yang menegaskan betapa penjilat itu sangat menyebalkan :

– Rasulullah SAW, bersabda ”Kalian pasti akan bertemu dengan orang-orang yang paling Allah benci, yaitu mereka yang Bermuka Dua. Di satu kesempatan, mereka memperlihatkan Satu Sisi Muka, namun di kala yang lain, mereka memperlihatkan Muka Yang Lain Pula.” (HR Bukhari-Muslim).

– Hadis lain yang diriwayatkan Abu Dawud dan Muslim, yaitu Rasulullah SAW bersabda, “Seburuk-buruknya manusia adalah yang Bermuka Dua. Datang di satu kesempatan dengan Satu Muka, dan pada lain kesempatan datang dengan Muka Yang Lain.”

Kitab Suci juga mengatakan hal yang sama :

– Allah SWT berfirman : ”Di antara manusia ada yang mengatakan bahwa mereka Beriman, namun sesungguhnya mereka Tidak Beriman. Mereka mencoba Menipu Allah dan orang-orang beriman, tapi sayang, sebetulnya mereka telah Menipu Diri Mereka Sendiri.” (Al-Baqarah: 8-9)

– Dalam ayat lain, Allah SWT juga berfirman: ”Sesungguhnya orang-orang Munafik itu Menipu Allah, dan Allah akan membalas Tipuan Mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.” (An-Nisa’: 142).

– Allah SWT berfirman, ”Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan, ‘Tuhan kami ialah Allah’, kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan), ‘Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu’.” (Fushshilat: 30).

Weww, ngenes banget tuh nasib tukang Cari Muka dan penjilat di akhirat nanti. Hmmm…. Nah, anda sering nonton film luar negeri bukan. Di sana ada sebuah istilah yang lazim dikatakan pada para penjilat, yaitu “Kiss My Butt” atau dalam bahasa Indonesia artinya kira-kira “Cium Pantat Gue”. Tuh, dengerin tuh, para penjilat disuruh nyium pantat orang saking ngeselinnya dan merugikan orang lain. Harap perhatikan, jika didiamkan para penjilat akan semakin menjadi dan penyakit hatinya bertambah parah.

Coba sadarkan mereka dengan sindiran-sindiran halus, kembalikan pikiran lurus mereka tentang sifat buruk itu. Katakana pada mereka bahwa hidup itu harus amanah dan bertanggung jawab. Mari berharap agar si penjilat segera menyadari kekeliruannya dan berbuah sikap. Semoga tuhan sendiri memberi hidayah dan membalik hatinya agar penyakit hati mereka disingkirkan. Aamiin.

Orang bermuka banyak Penjilat Si Tukang Cari Muka

No related post!

Leave a reply

18 − 12 =