Kata “LDR” Tidak Selalu Berisikan Hal Negatif Saja. Ternyata Ada 10 Manfaat yang Bisa Kamu Ambil Dari LDR, Lho!

460 views

Kamu pasti sering mendengar istilah LDR (Long Distance Relationship) atau biasa disebut hubungan jarak jauh. Kebanyakan orang berpendapat bahwa LDR terasa sulit dijalani karena mereka terbatas oleh jarak yang mengakibatkan frekuensi bertemu menjadi berkurang. Hal inilah yang menjadikan LDR sebagai momok dalam sebuah hubungan. Terpisah oleh jarak, terbatas ruang dan waktu itulah yang mengakibatkan LDR dihindari oleh kebanyakan pasangan.

Tidak hanya itu saja, segala risiko terburuk juga menjadi pertimbangan untuk menghindari hubungan jarak jauh, seperti perselingkuhan yang kerap terjadi dikalangan LDR. Oleh karena itu, mereka memilih untuk tidak menjalani LDR agar bisa dekat dan terus bersama pasangannya.

Akan tetapi, bagi kamu yang sudah menjalani LDR kamu tidak perlu takut atau khawatir dengan segala kemungkinan buruk yang akan menimpamu bersama pasanganmu. Hal itu dikarenakan tidak selamanya hubungan jarak jauh menjadi ancaman bagi yang menjalaninya. Ada beberapa alasan yang menjadikan LDR tidak lagi sebagai hantu yang menyeramkan sehingga perlu untuk dihindari. Justru ketika kamu sedang menjalani hubungan jarak jauh itu, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat yang bisa kamu ambil untuk kamu dan juga pasanganmu.

Yuk, intip 10 sisi positif yang bisa kamu ambil jika kamu sedang menjalani LDR dengan pasanganmu!

Mengurangi Tingkat Kebosanan Dia Dan Kamu

Kebosanan dalam hubungan

Kebosanan dalam hubungan via surabaya.wartakesehatan.com

Tingkat bertemu yang terlalu sering di antara kamu dan dia dapat memicu kebosananan yang mungkin akan menghampiri dalam hubunganmu. Hal ini dikarenakan setiap hari bahkan berjam-jam kamu habiskan bersamanya, sehingga apapun aktivitas yang ia lakukan kamu selalu ada bersamanya. Segala macam rutinitasmu dengan si dia dilakukan bersama-sama, jadi tidak heran jika untuk bertemu dengan dia kamu akan merasa bosan.

Kebosanan itu tidak akan terjadi bagi kamu kaum LDR yang jarang bertemu dengan pasanganmu. Kamu sudah disibukkan dengan urusan rindu dan ingin segera bertemu, sehingga rasa bosan tidak ada dalam pikiranmu. Kamu patut bersyukur karena dengan menjalani hubungan jarak jauh ini rasa bosan itu tidak lagi mengganggu pikiranmu.

Fokus Pada Pekerjaanmu

fokus pada pekerjaan

fokus pada pekerjaan via careerrealism.com

Keberadaan LDR bisa membuat kamu berfokus pada pekerjaanmu, si dia pun juga bisa fokus pada pekerjaannya. Kamu tidak dipusingkan dengan waktu yang mengharuskan kamu untuk bertemu si dia pada jam-jam tertentu. Dengan hubungan LDR yang sedang kamu jalani, kamu akan mempunyai waktu lebih untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Selain itu, jika kamu dan pasangan berkomitmen untuk hidup bersama di kemudian hari, penghasilan kamu berdua bisa digabungkan untuk biaya pernikahan. Tidak ada salahnya untuk menggunakan biaya pribadi tanpa membebani orang tua saat pernikahan kamu nanti.

Menghemat Budget Pengeluaranmu

Pengeluaran

Pengeluaran via futuready.com

Kamu tentu bisa membandingkan pengeluaran yang kamu habiskan ketika sering bertemu dan saat menjalani hubungan jarak jauh. Saat kamu tidak menjalani LDR, kamu bisa menghabiskan uang untuk makan, nonton, atau jalan-jalan setiap minggu bareng si dia. Hal itu tentu akan menambah pengeluaranmu setiap bulan. Lain halnya ketika kamu menjalani LDR, semua anggaran tiap bulan yang telah kamu alokasikan untuk jalan-jalan bisa kamu gunakan untuk keperluan kamu pribadi dan sisanya bisa kamu tabung untuk kebutuhan masa depanmu bareng dia. Dengan menjalani LDR kamu pun bisa belajar untuk hidup berhemat sehingga pengeluaran bulananmu dapat terkendali.

Rasa Kangenmu Terhadap Dia Semakin Besar

rasa kangen

rasa kangen via myheartsays.com

Namanya juga LDR, sudah pasti tidak bertemu dan sudah pasti kangen untuk cepat-cepat bertemu. Sebagai kaum LDR kamu wajib bangga karena kangen kamu dengan dia sudah tak terhitung. Akan lain cerita ketika kamu sering bertemu dengannya, rasa kangenmu tak akan sebesar ketika kamu dan dia sering bertemu anytime and anywhere.

Setiap hari dengan rutinitas yang sama bareng dia tentu akan memiliki rasa rindu yang berbeda dibanding ketika kamu dan dia menjalani hubungan jarak jauh. Kamu bisa merencanakan untuk bertemu dengan pasanganmu enam bulan sekali atau satu tahun sekali sesuai dengan kesepakatan yang kamu dan dia sudah tentukan.

Mengurangi Tingkat Bertengkar Antara Kamu Dan Dia

mengurangi pertengkaran

mengurangi pertengkaran via lisashield.com

Kamu pasti tidak menginginkan hubunganmu dengan dia selalu menemui pertengkaran. Tingkat bertemu yang sering dan berujung pada kebosanan dapat memicu pertengkaran. Dari hal kecil dan sepele pun bisa memicu pertengkaran karena seringnya intensitas waktu bertemu antara kamu dan dia.

Bagi kamu kaum LDR, terpisah jarak bisa menjadi sisi yang menguntungkan karena kamu tak punya waktu untuk membuang-buang energi hanya demi bertengkar. Waktumu akan tersita untuk mencari cari agar segera bertemu dengannya. Selain itu waktumu sudah terbuang untuk bekerja di kantor, jadi bertengkar hanya akan membuang waktumu sia-sia.

Memanfaatkan Waktumu Untuk Quality Time Bareng Dia

Quality time bareng si dia

Quality time bareng si dia via lifehack.org

Momen bertemu dia menjadi hal yang paling kamu tunggu-tunggu. Hal itu yang menjadikan kamu tak akan melewatkan kebersamaan ketika bertemu dengannya. Jarangnya kamu bertemu dengannya menjadikan kamu amat sangat menghargai waktu untuk dihabiskan ketika bertemu.

Saat inilah yang paling tepat untuk meluapkan rasa kangenmu terhadapnya setelah sekian lama terpisah jarak. Menghabiskan waktu untuk quality time bareng dia ketika bertemu tentu dapat mengajarimu bagaimana cara untuk menghargai waktu yang setiap detiknya begitu berharga untuk dihabiskan bareng dia.

LDR Mengajarimu Untuk Belajar Mandiri

memasak

memasak via splendidtable.org

Jarangnya kamu dan dia bertemu menjadikan kamu mengurus segala keperluanmu sendiri. Kamu harus melakukannya sendiri tanpa dia yang akan siap membantumu, mulai dari belanja kebutuhan bulanan, masak, atau bahkan sekedar shopping untuk membeli sepatu favoritmu.

Karena kamu sudah terbiasa melakukannya sendiri, hal ini menjadikan kamu sebagai pribadi yang mampu untuk hidup mandiri. Kamu tidak bergantung pada pasanganmu yang setiap saat selalu ada untuk mengantarkanmu ke mana pun yang kamu mau. Kamu pun akhirnya memiliki sifat tidak bergantung pada orang lain dan tidak manja karena segala sesuatu kamu yang mengatur dan mengurusnya sendiri.

Kamu Jadi Punya Waktu Bersama Teman-Temanmu

punya waktu bersama teman-teman

punya waktu bersama teman-teman via everydaylife.globalpost.com

LDR tidak menjadikanmu kesepian sepanjang waktu. Segala sesuatu memang kamu sendiri yang mengatur dan mengurusnya, tetapi hal itu tidak membuatmu menyendiri dan tertutup terhadap lingkungan sekitar. Memanfaatkan waktu LDR untuk berkumpul bersama teman-temanmu adalah salah satu pilihan yang tepat.

Selain kamu dapat bersosialisasi dengan dunia luar, kamu pun juga tidak mengalami lost communication dengan teman-temanmu. Hal ini tentu saja harus diimbangi dengan komunikasi yang bagus antara kamu dan pasanganmu agar tidak terjadi kesalahpahaman saat kamu kumpul bersama teman-temanmu.

Komunikasi yang Terjalin Antara Kamu Dan Dia Semakin Baik

jalin komunikasi yang baik

jalin komunikasi yang baik via ezcouple.com

Jarangnya kamu dan dia bertemu membuat kamu memikirkan cara untuk berkomunikasi dengan pasanganmu. Satu-satunya cara untuk berkomunikasi dengan pasanganmu adalah melalui ponsel pintar dengan berbagai macam aplikasi pesan ataupun video call yang dapat membantumu bertatap muka dengan si dia walaupun hanya terbatas lewat ponsel.

LDR antara kamu dan dia menjadikan kamu mempunyai bahan cerita setiap hari yang bisa kamu bagikan padanya, sehingga komunikasi yang terjalin semakin baik. Saling bertukar cerita membuat hari-harimu terasa berwarna untuk dinikmati bersamanya.

Kesetiaanmu Padanya Akan Teruji

Kesetiaan pada pasangan

Kesetiaan pada pasangan via sayabangga.com

Menjalani LDR berarti kamu sudah siap dengan segala risiko yang akan kamu hadapi bersama pasanganmu. Jarak yang memisahkan kamu dan dia menyebabkan intensitas bertemu menjadi jarang terjadi. Hal itu yang menyebabkan risiko perselingkuhan rentan terjadi bagi kaum LDR. Akan tetapi, jika kamu dan pasanganmu berkomitmen untuk menjaga hubungan yang telah terjalin, selingkuh bukan sesuatu yang akan dimanfaatkan ketika kamu menjalani LDR bersama pasanganmu. Justru dengan kamu menjalani LDR, setia bukanlah perkara yang susah untuk menjaga hubungan dan perasaan satu sama lain.

Bagi sebagian orang menjalani hubungan jarak jauh atau LDR bukanlah hal yang mudah untuk dijalani bersama pasangan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, termasuk segala kemungkinan buruk yang akan terjadi. Kebanyakan orang tidak berani untuk menjalani LDR karena takut jika selingkuh terjadi di dalam hubungan, takut tidak bisa bertemu dengan pasangan, takut ini dan takut itu.

LDR memang menjadi momok yang menakutkan, tetapi kamu tak perlu mengkhawatirkan semua itu karena ada beberapa manfaat yang bisa kamu ambil saat harus manjalani LDR dengan dia. Semua itu tidak akan terjadi selagi kalian berdua bisa berkomitmen untuk menjaga hubungan dan menghargai satu sama lain. Jadi, masih takut dengan LDR? Share pengalamanmu yuk!

hubungan asmara hubungan percintaan Long Distance Relationship manfaat LDR sisi positif LDR tips LDR asik

Baca Juga

Leave a reply

11 − 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.