Legenda Para Manusia Raksasa dari Seluruh Dunia. Apa Mereka itu Betul-Betul Ada Atau Enggak yah

1315 views

Hampir dalam legenda semua bangsa-bangsa di dunia kita mendengar cerita tentang para manusia raksasa. Dalam legenda orang sunda dikenal sosok buta hejo yang artinya raksasa hijau, dalam legenda india juga dikenal sosok rahwana yang dikenal sebagai manusia bertubuh raksasa, bahkan dalam kitab suci agama yahudi, Kristen, dan islam terdapat cerita nabi daud yang menantang seorang raksasa untuk duel dan berakhir dengan kekalahan si raksasa itu karena diketapel oleh beliau. Melihat ini semua seakan-akan kita hidup di negeri dongeng di mana semua yang tak mungkin menjadi mungkin. Berikut adalah beberapa cerita tentang raksasa dari seluruh dunia.

Oni Merah dan Oni Biru, Kisah Manusia Raksasa Setengah Iblis dari Jepang

Manusia raksasa oni merah dan biru

Jepang pernah mengalami zaman kegelapan di mana modernisasi belum menyentuh banyak aspek kehidupan. Kala itu hal-hal yang berbau klenik dipegang teguh dan sangat dipercaya. Sebagai contoh, di Jepang ada legenda tentang setan raksasa bernama Oni yang berbentuk setengah iblis dan setengah manusia. Menurut kepercayaan, setan raksasa berwarna merah ini datang ke bumi untuk membuat kehancuran dan bencana bagi umat manusia.

Sosok oni dikatakan sebagai sesok bertubuh raksasa dengan rambut gondrong, gigi bertaring layaknya harimau, dan berkulit merah. Ketika turun ke bumi, oni akan memikul gada raksasa yang berduri tajam, kemudian, siapa saja manusia yang ditemuinya di jalan akan langsung dibunuh olehnya. Ada dua macam oni, yang berwarna biru memiliki satu tanduk sementara oni merah bertanduk dua. Meskipun begitu, oni merah jauh lebih bersahabat dibanding oni biru.

Menurut legenda jepang, setan oni memiliki kemampuan untuk berubah wujud dan seringkali ia merubah dirinya menjadi wanita cantik. Jika berhasil menggoda seorang pria, setan oni akan menculik pria itu kemudian memakannya.

Raksasa Goliat dari Gat

David and Goliath

Cerita tentang para raksasa tak hanya ada dalam agama bumi saja, agama samawi juga banyak bercerita tentang sosok raksasa  yang menghuni bumi. Diceritakan bahwa di zaman dulu ada seorang raksasa bernama Goliath yang menantang orang Israel untuk berduel satu lawan satu. Sayang sekali tidak ada orang yang berani untuk menghadapinya.

Dengan sombong Goliath berkata bahwa jika ada orang Israel yang berani menghadapinya, apalagi sampai mengalahkannya, ia dan seluruh bangsa Filistin akan menghamba pada bangsa Israel untuk selamanya. Di tengah kekalutan yang hebat itu kemudian tampillah Daud, seorang penggembala domba yang berani. Hanya dengan bersenjatakan ketapel dan batu akhirnya Daud berhasil menghempaskan daud ke tanah dan kemudian memenggal kepala Goliath dengan Pedang.

Raksasa Cyclops – Yunani

cyclop

Ada juga lho raksasa dalam mitologi Yunani. Bangsa Yunani mengenal seorang sosok raksasa serem yang bernama Cyclops. Diceritakan bahwa Cyclops adalah seorang raksasa bertubuh besar dengan satu mata saja di tengah dahinya. Ia dikenal memiliki kekuatan yang sangat besar, suka merusak dan doyan makan.

Raksasa Cyclops begitu kuat hingga para dewa yunani pun kewalahan untuk menghadapinya. Tapi di antara semua dewa sembahan orang Yunani, hanya satu dewa saja yang tidak berani dilawan oleh Cylops yaitu Zeus. Rupa-rupanya ini karena jasa Zeus yang telah membebaskan Cyclops dari penjara Cronus.

Raksasa Grendel

manusia raksasa grendel

Dahulu kala ketika banjir zaman Nabi Nuh sudah mulai reda, sisa-sisa ras para raksasa ikut turun dari kapal beliau untuk kemudian kembali beranak pinak di muka bumi. Di antara raksasa-raksasa itu ada yang bernama Cain. Cain si raksasa punya anak yang bernama Grendel. Diceritakan bahwa Grendel adalah seorang raksasa yang wujudnya sangat buruk dan sering membuat kekacauan di desa-desa. Tak jarang pula ia memakan hidup-hidup manusia yang melawannya. Kala itu tak ada seorang pun yang berani untuk menghadapinya, ia terlalu kuat. Kalaupun ada yang mencoba untuk melawan maka bisa dipastikan orang itu akan mati terbunuh.

Tapi kemudian tampil seorang pria perkasa bernama Beowulf dan pergi untuk menantang Grendel. Pertempuran pun terjadi dan berlangsung dengan sengit. Dalam sebuah kesempatan Beowulf sukses menebas leher Grendel hingga kepalanya terhempas jatuh ke tanah.

Orge (Raksasa Cewek)

orge

Orang Perancis punya legenda tentang ras manusia raksasa yang mengerikan. Di antara raksasa-raksasa itu ada seorang wanita yang bernama Ogre. Ia adalah wanita raksasa yang berkepala besar, punya bulu lebat dan kekuatan fisiknya sangat hebat. Salah satu kelebihan Orge yang paling menjijikkan adalah sering memangsa bangsa manusia. Ia bisa makan seorang manusia utuh dalam sehari karena nafsu makannya yang besar.

Troll Raksasanya Orang Nordic

raksasa troll

Troll adalah legenda raksasa dari bangsa Nordik (orang Denmark, norwegia, islandia, dan swedia). Menurut legenda bangsa Troll tinggal di lembah-lembah gunung. Tapi beruntung sekali, ras raksasa ini termasuk baik hati dan tak pernah mengganggu orang-orang. Tapi kalau sampai ada yang berani memasuki daerah kekuasaannya jangan harap bisa keluar hidup-hidup karena akan dibunuh rame-rame. Berbeda halnya dengan cerita orang Skandinavia yang mengatakan bahwa Troll adalah ras raksasa yang tak mempunyai agama serta hidup dalam kelompok-kelompok kecil.

Raksasa Api dan Es

raksasa api

Orang Nordik rupa-rupanya punya legenda yang lumayan banyak tentang ras manusia raksasa. Menurut bangsa Nordik, jauh di sebuah tempat terpencil di benua Eropa terdapat sebuah daerah yang disebut Jotunheim. Tempat ini didiami oleh sejumlah ras raksasa yang menyeramkan dan terbilang luas.

Selain di Jotunheim, ada lagi tempat bernama Utgard sebuah tempat yang beriklim dingin di mana sekelompok raksasa es tinggal. Raksasa-raksasa yang tinggal di sini bentuknya menyerupai serigala.

Sekalipun raksasa-raksasa ini tinggal berjauhan, mereka mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk berperang melawan para dewa, khususnya dewa Aesir. Sahabatku semua, saya yakin masih ada ratusan legenda lainnya di seluruh dunia tentang ras raksasa. Dengan banyaknya cerita tentang raksasa, mungkin menjadi bukti otentik bahwa pada suatu masa, ribuan tahun yang lalu, para raksasa mungkin pernah menghuni dunia ini.

fakta aneh fakta raksasa fakta unik kisah manusia raksasa ras manusia raksasa

Baca Juga

Leave a reply

five × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.