Lihat Dulu Nih 10 Daftar Negara Terkorup di Dunia Versi Business Insider

1389 views

Sebuah negara memiliki elemen-elemen yang dibangun untuk menciptakan keteraturan. Di sini sebuah pemerintahan bertanggung jawab untuk mengorganisir kehidupan bernegara. Tapi tak selamanya sebuah negara ada dalam kondisi damai dan tentram. Kadang-kadang sejumlah pihak justru memanfaatkan kepercayaan dan jabatan di instansi yang dipegangnya untuk kepentingan mereka sendiri. Inilah 10 daftar Negara Terkorup di Dunia Versi Business Insider yang melakukan index korupsi terhadap 168 negara kemudian mempersempitnya menjadi 10 negara paling korup di dunia. Negara mana saja itu, silakan baca sebagai berikut :

Israel

olmert

Israel berada di nomor 10 di daftar 10 Negara Terkorup di Dunia. Sebagai sekutu Amerika terbesar di Timur Tengah, Israel menerima bantuan dana yang sangat besar untuk menjalankan roda negaranya. Sayangnya semua bantuan ini sering dikorupsi oleh beberapa pejabat pemerintah di sana. Kasus korupsi yang paling mencuat ke permukaan terjadi di tahun 2015 yang lalu. Kala itu Mantan Perdana Menteri Ehud Olmert diketahui menerima uang sogokan sebesar US $ 150.000 dari perusahaan properti yang berbasis di Amerika.

Afganistan

afghanistan

Mungkin kita semua tahu kalau Afganistan adalah negara yang paling rajin jadi sasaran penyerbuan kekuatan militer barat di timur tengah. Afganistan adalah negara yang sangat korup, sayangnya kasus-kasus korupsi yang terjadi di sana selalu ditutupi sehingga membuat dunia tidak tahu dengan apa yang sudah terjadi di sana. Kebijakan pemerintahan tidak diinformasikan kepada rakyat sehingga rakyat seolah-olah buta dengan apa yang dilakukan pemerintah mereka.

Sekalipun kesempatan untuk berbisnis ada, peluangnya hanya diberikan ke segelintir orang saja. Justru yang sering terjadi adalah pemerintah menutup bahkan memberikan larangan pada kesempatan berusaha. Imbasnya, Afganistan menjadi pengekspor obat-obatan terlarang di wilayah asia tengah. Faktor-faktor inilah yang menyebabkan Afganistan masuk dalam 10 daftar Negara Terkorup di Dunia.

Korea Utara

1847392Kim-Jong-Un-membungkuk780x390

Korea Utara adalah negara sekutu Cina dan Rusia. Dipimpin oleh seorang diktator muda yang represif. Anggaran Belanja Korea Utara diorientasikan untuk kepentingan militernya. Rakyat Korea Utara dibiarkan kelaparan dan keberadaannya diabaikan. Para pemimpin Korea Utara menikmati uang rakyat untuk kepentingan pribadi mereka, kalaupun dibelanjakan maka biasanya hanya untuk hal yang kurang bermanfaat. Tak seorang pun berani untuk memberantas Korupsi di Korea Utara, karena bisa berakibat hilangnya nyawa. Seringkali pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un melemparkan tuduhan tak berdasar pada orang yang dicurigainya, orang itu pun akhirnya dieksekusi dengan cara yang menyedihkan.

Somalia

somalia-kelaparan130502c

Negara Terkorup di Dunia berikutnya adalah Somalia. Secara administratif, tidak ada pemerintahan resmi yang diakui dunia internasional di negara ini. Yang ada hanyalah sekelompok orang yang mata pencahariannya sebagai petani atau melaut. Pasti anda pernah mendengar beberapa kasus penculikan yang terjadi di lepas pantai Somalia. Sebagian rakyat Somalia memang menggantungkan diri dari uang tebusan tawanan mereka. Di Somalia, korupsi, kekerasan dan kekacauan sudah menjadi makanan sehari-hari penduduknya. Di sini pemerintahan negara sepertinya sudah mati, karena itu sudah tidak mungkin lagi menyelamatkan negara yang sudah kacau balau ini.

Irak

1145356620X310

Akhir-akhir ini berita tentang irak menjadi highlight yang ramai dibicarakan di berbagai belahan dunia. Irak punya banyak persoalan internal yang hingga kini belum terselesaikan. Mungkin tak mengejutkan jika Irak masuk dalam daftar Negara paling korup di Dunia karena perekonomian mereka kacau balau, tingkat pengangguran tinggi dan didera konflik sektarian. Tak banyak negara yang bersedia menjalin hubungan diplomatik dengan Irak. Meskipun pemimpin-pemimpin irak sedang giat melakukan pembenahan, target yang mereka kejar biasanya tidak pernah realistis. Salah satu faktor penghambatnya antara lain Korupsi.

Turkmenistan

turkmenistan

Turkmenistan berdiri menjadi negara merdeka setelah memisahkan diri dari Uni Soviet beberapa tahun yang lalu.  Di sini pemerintahan dikuasai oleh seorang Diktator korup. Stabilitas ekonomi sangat buruk karena dikontrol oleh banyak pejabat tak berkompeten. Uang rakyat sering dipakai oleh para pemimpinnya sedangkan rakyat tak tahu menahu kemana uang mereka pergi.

Uzbekistan

uzbekistan                                                                                                                                                                                                                      Uzbekistan seringkali luput dari perhatian dunia karena menerapkan kebijakan untuk menutup diri dari kerjasama asing. Investor asing tidak diperkenankan untuk berinvestasi di sini dan berakibat pada kemunduran perekonomian. Keadaan semakin memburuk karena Uzbekistan tak memiliki sumber daya alam yang memadai. Akibatnya tanah pertanian yang sudah dikelola pun kering kerontang karena habis masa pakainya. Sebagian orang di sini tidak punya pekerjaan dan para petingginya berpesta pora menghabiskan uang negara.

Libya

libya

Libya adalah negara yang dikecamuk perang saudara. Beberapa tahun setelah Presiden Ghadafi dilengserkan dari tampuk pemerintahan, keadaan semakin kacau. Fraksi-fraksi bersenjata saling berebut kekuasaan. Pertempuran berdarah tidak bisa dielakkan dan jadi pemandangan miris sehari-hari.

Libya kini berada di ujung tanduk karena mengandalkan bantuan internasional untuk stabilitas di dalam negerinya. Dana bantuan itu dipergunakan untuk memperbaiki sektor bisnis dan ketenagakerjaan. Tapi sepertinya semua itu tak berdampak sedikitpun pada perbaikan perekonomian jika mentalitas pejabat-pejabatnya yang korup tak diantisipasi sesegera mungkin.

Sudan Selatan

dk-jan-2014-sudan-foto-2

Di daftar no 2 Negara korup di Dunia adalah Sudan selatan. Negara ini adalah pecahan dari negara sudan yang mendapatkan kemerdekaannya di tahun 2011. Tak jauh berbeda ketika masih bersatu dengan negara pendahulunya, Sudan Selatan Juga sama korupnya. Kini setelah 5 tahun merdeka, keadaan dalam negeri Sudah Selatan sangat buruk. Meskipun sudan dianugerhi kekayaan minyak bumi, pengolaannya sangat ancur-ancuran. Seakan-akan tidak ada pemerintahan yang berdiri di sini.

Eritrea

eritrea

Barangkali nama negara ini masih asing di telinga kita. Tak banyak yang tahu bahwa negara ini memiliki indeks korupsi paling buruk di dunia sehingga menempatkannya di urutan pertama dari 10 daftar Negara Terkorup di Dunia. Di sini korupsi menjalar ke berbagai sektor pemerintahan. Diperparah dengan pemimpin negara yang bertindak sewenang-wenang membuat rakyat Eritrea tidak bisa hidup dengan tenang.

Nah itulah 10 Daftar Negara Terkorup di Dunia yang kita bahas kali ini. Kita harus bersyukur bahwa negara kita tercinta masih ada di peringkat yang jauh. Semoga saja keadaan seperti ini tidak terjadi di Indonesia. Aamiin.

 

fakta unik korupsi di berbagai negara Negara Korup di Dunia Negara Terkorup di Dunia

Baca Juga

Leave a reply

twenty − twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.