Lihat Nih 8 Hewan Paling Beracun di Dunia Ini Agar Kamu Lebih Berhati-Hati

807 views

Berkenalan dengan lawan jenis sudah biasa, baik cewek atau cowok pasti bakal merasa seru. Yang paling luar biasa adalah berkenalan dengan 8 hewan paling beracun di dunia yang bentuknya bermacam-macam. Kalau nemuin kucing atau anjing dalam aktivitas sehari-hari sudah biasa, tapi kalo nemuin hewan-hewan beracun yang berbahaya, pasti kamu bakal lari terbirit-birit untuk cari selamat. Itu memang langkah yang benar, ancamannya bukan hanya sakit atau tubuh tersiksa, malah nyawapun bisa melayang. Saya sarankan kamu untuk tidak meremehkan hewan sekecil apapun karena mereka punya sesuatu yang mematikan. Sesuatu yang membunuh, mematikan dan tak mungkin kamu ingin menemukan mereka lagi.

Hewan-hewan di dunia ini banyak macamnya, ada yang berkaki dua, ada yang berkaki empat, ada yang melata, dan ada yang merayap. Tapi yang bikin bulu kuduk merinding pastinya hewan paling beracun dan berbahaya di dunia. Pengen tahu hewan apa saja itu? Nih sudah saya siapkan laporannya buat kamu. Cekidot guys :

Box Jellyfish

australian_box_jellyfish

Barang kali kamu takkan berpikir kalo makhluk semacam ubur-ubur masuk ke deretan hewan paling mematikan di dunia. Tapi begitulah adanya, alam memang penuh dengan kontroversi yang harus kita maklumi keberadaannya. By the way, Box Jelly Fish atau ubur-ubur kotak adalah hewan yang mematikan, karena sejak 1954 sudah membukukan rekor pembunuhan sebanyak 5000 kematian. Biasanya hewan ini tersebar di lepas pantai Australia. Hewan ini menyerang dengan sengatan dan rasa sengatan ini sangat menyakitkan. Pada awalnya kamu akan merasa kaget, lalu kehilangan kesadaran, tenggelam dan akhirnya meninggal karena gagal jantung.

Untuk menyelamatkan diri dari serangan ubur-ubur kotak hampir tidak mungkin karena jumlah mereka sangat banyak. Untuk penanganan, orang yang disengat ubur-ubur kotak harus diberi larutan cuka di daerah yang terkena bisa. Hal ini memang tidak memberi banyak pertolongan tapi setidaknya bisa menunda kematian hingga si korban di bawa ke rumah sakit terdekat.

Blue Ringed Octopus

blue_ringed_octopus

Di urutan kedua paling atas dari hewan paling mematikan di dunia adalah Blue Ringed Octopus yang tinggal di kawasan laut pasifik dan india. Ciri-cirinya sangat kontras dengan banyak cincin biru di tubuh mereka. Kalau kamu bertemu mereka, sebaiknya tidak main-main deh lantaran racunnya setara 10.000 kali efek sianida. Dan yang lebih parah lagi, sampai saat ini belum ditemukan anti racunnya.

Beberapa gejala yang dirasakan bila kamu tergigit oleh hewan ini adalah kebutaan, muntah dan sulit bernafas. Bila kamu merasakan gejala ini, mintalah pada temanmu untuk dilakukan CPR alias bantuan pernafasan. Selanjutnya, kalau dalam 24 jam pertama kamu masih bisa sadar, ada kemungkinan bagi kamu untuk sembuh total.

Brazillian Wandering Spider

brazilian_wandering_spider

Laba-laba ada di urutan ketiga hewan paling berbahaya di Dunia. Ingat kan dengan tokoh spiderman yang ahli berayun di antara gedung-gedung tinggi untuk menegakkan kebenaran di Amerika sana? Itu sih versi manusia, laba-laba versi aslinya malah jauh dari kata kebaikan. Mereka beracun, salah satunya adalah Brazillian Wandering Spider. Laba-laba jenis ini banyak terdapat di benua amerika, khususnya amerika selatan. Deposit racunnya sangat minim tapi kemampuannya dalam membunuh tidak bisa dianggap remeh. Kalau kamu disengat laba-laba ini, tak lebih dari 10 menit kamu pasti sudah mati karena kesulitan bernafas. Kamu tahu, laba-laba ini jauh lebih mematikan dari Laba-laba Black Widow yang dikenal mematikan sekalipun.

Inland Taipan

inland_taipan

Hewan beracun ini tinggal di benua Australia dan punya bisa yang sangat kuat. Dikatakan bisanya 50 kali lebih beracun dari bisa ular kobra dan sekali saja tergigit maka nyawa 100 orang manusia bisa melayang. Tapi meskipun ular taipan dikatakan sebagai ular paling berbisa dan mematikan di dunia, ular king cobra jauh lebih menakutkan karena lebih agresif daripada ular taipan. Waktu yang kamu miliki untuk selamat dari gigitan taipan Australia ini hanya 50 menit, lebih dari itu maka kamu hanya akan tinggal nama saja.

Stonefish

stonefish

Ikan ini jelek banget kan guys? Mirip banget sama bentuk batu dan karang-karang di laut. Banyak terdapat di sekitar perairan india, karibia, dan fasifik. Disebut ikan batuan alias stonefish karena pandai ngeblend dengan lingkungan sekitar. Banyak diver yang sering menginjak ikan jelek ini karena mengira benda yang mereka injak itu batu. Dan akhirnya mereka tersengat bisa yang bisa menyebabkan kematian mendadak. Menurut mereka yang selamat dari racun ikan stonefish, dikatakan bahwa penderitaannya setara rasa sakit paling hebat yang mungkin ada di dunia ini.

Poison Dart Frog

poison_dart_frog

Eits yang ini ukurannya super mini bahkan ada yang hanya sebesar 2 inci saja. Meskipun begitu poison dart frog dikenal punya racun mematikan yang bisa dirasakan mereka yang hanya menyentuh permukaan kulitnya saja. Menurut para ahli, racun dari katak/kodok mini ini bisa membunuh 10 orang dewasa atau tikus sebanyak 20.000 ekor. Bentuknya sih kecil banget tapi efeknya itu tuh yang bikin stress. Nyentuh kulitnya doang bakal bikin kamu keracunan, muntah-muntah lalu kamu pun meninggal dunia.

Puffer Fish

fugu_fish

Pasti ingat kan sama tokoh nyonya puff dalam kartun sponge bob. Itu si tante ikan yang tubuhnya bakal menggelembung kalau merasa kecewa atau terancam bahaya. Jangan remehkan bentuk mereka yang lucu sebab dia adalah ikan paling beracun di dunia. Sekalipun punya racun yang bisa membunuh, orang Jepang dan Korea dikenal sangat menyukai ikan ini. Tapi tentu setelah bagian-bagian yang beracun disingkirkan oleh koki profesional yang punya jam terbang tinggi untuk memasak ikan ini.

Sydney Funnel Web Spider

sydney_funnel_web

Nah lho, laba-laba lagi nih guys. Australia memang dikenal sebagai gudangnya hewan-hewan paling beracun di dunia. Hewan ini harus kamu jauhi. Racun laba-laba ini terdiri dari 40 jenis protein yang bisa mengakibatkan kelumpuhan, muntah, kejang-kejang, serangan jantung dan akhirnya kematian. Kayaknya gak ada deh tempat di mana kamu bisa melarikan diri dari laba-laba keren ini karena laba-laba ini adalah perenang yang handal.

Seandainya seseorang digigit laba-laba funnel web spider, orang itu tidak punya waktu melebihi 2 jam. Kalau anak-anak, waktu hidup yang tersisa bahkan lebih singkat lagi, hanya 15 menit saja. Tapi untung banget, sudah ada penawar racun untuk bisa dari hewan ini. Berkat penemuan ini, hingga kini belum tercatat lagi ada korban meninggal karena sengat atau gigitan.

Waduh makanya kalau jalan-jalan ke hutan jangan sembarangan deh. Salah-salah kamu malah ketemu Hewan Beracun dalam daftar di atas. Serem banget deh, kalau tahu begini mendingan diem aja di rumah sambil nonton tivi terus ngemil keripik pisang. Iya gak sih??

dunia fauna fakta unik Hewan paling beracun di dunia Korban sengatan hewan

Related Post

Leave a reply

five × three =