5 Lukisan Abstrak Paling Mahal Ini Bikin Takjub Semua Orang

117 views

Lukisan abstrak paling mahal kian dicari oleh semua orang, terutama bagi mereka yang merasa penasaran. Lukisan menjadi sebuah karya seni yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sejarah panjang lukisan dalam dunia kesenian membuatnya menjadi salah satu karya seni paling dihormati. Setiap pelukis pun memiliki sepak terjangnya sendiri-sendiri. Berbagai gaya dan aliran telah dibuat sedemikian rupa dengan penghargaan yang begitu banyaknya.

Lukisan abstrak paling mahal tentu menjadi sebuah berita yang sangat bikin orang penasaran. Seperti apa kira-kira bentuk lukisannya, siapa yang membuatnya, hingga berapa banderol harga yang ditentukan untuk satu lukisan tersebut. Lukisan-lukisan ini telah mendapat pengakuan dari berbagai instansi, kolektor, hingga sesama pengkarya seni. Lukisan-lukisan abstrak yang sekilas tak memiliki arti, namun apabila dikupas ternyata berbeda.

Lukisan abstrak paling mahal kali ini bakal menjadi sajian utama yang penulis berikan. Ada lima lukisan abstrak yang dihargai dengan nominal paling tinggi di dunia. Lukisan-lukisan ini tentu merupakan hasil karya para pelukis handal dan melegenda. Kira-kira seperti apa ya bentuk lukisannya? Langsung simak saja yuk!

1. Lukisan abstrak paling mahal: No. 6 (Violet, Green, and Red)

lukisan abstrak paling mahal

via images.google.com

Lukisan yang pertama ialah lukisan karya Mark Rothko. Lukisan ini dibuat pada 1951 lalu, dan pada 2014 ada seorang kolektor dari Rusia bernama Dimitry Rybolovlev membelinya tanpa melalui pelelangan terlebih dahulu. Nominal beli pada waktu itu sebesar 186 juta US dolar atau setara dengan 2,4 triliun rupiah. Wah, sangat mahal ya? Secara sekilas memang terlihat biasa saja, namun jika ditilik lebih lanjut, ternyata artinya sangat mendalam. Lukisan ini merepresentasikan emosi manusia saat bekerja.

2.  Les Femmes d’Alger (Version O)

lukisan abstrak paling mahal

via images.google.com

Lukisan selanjutnya ialah lukisan karya Pablo Picasso, yang membuat lukisan ini pada 1955 silam. Nominal harga untuk lukisan ini berkisar antara 179 juta US dolar atau sekitar 2,3 triliun rupiah. Sebuah angka yang sangat besar untuk karya seni lukisan. Pada 1956, lukisan ini dibeli oleh Sally Ganz dan Victor. Hingga pada 2013 lalu, Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani yakni beliau merupakan mantan perdana menteri Qatar, membelinya dalam pelelengan lukisan Les Femmes d’Alger (Version O).

3. Le Reve

lukisan abstrak paling mahal

via images.google.com

Lukisan abstrak paling mahal selanjutnya masih dimiliki Pablo Picasso sebagai pelukisnya. Yakni lukisan yang berjudul Le Reve, yang berhasil diciptakan pada 1932 silam. Kesan fauvisme sangat kental dengan tokoh utama seorang perempuan. Perempuan ini berperan sebagai kekasih gelap dengan emosi dinamis layaknya perempuan pada umumnya. Hingga pada tahun 2006, salah seorang dari SAC Capital, Steven A Cohen membeli lukisan ini seharga 155 juta US dolar atau setara dengan 2 triliun rupiah.

4. No. 5

lukisan abstrak paling mahal

via images.google.com

Kali ini giliran pelukis kondang bernama Jakson Pollock yang mengisi daftar lukisan abstrak termahal di dunia. Lukisan ini dibuat pada tahun 1948, dengan judul utama dari lukisan ini adalah “No. 5”. Dalam penciptaannya, Pollock sengaja memberikan judul berupa angka karena satu alasan. Yakni, supaya para penikmat seni mampu menginterpretasikan sendiri makna-makna dari karya seni yang dilihatnya. Banderol untuk lukisan ini berkisar 140 juta US dolar atau setara dengan 1,8 triliun rupiah.

5. Woman III

lukisan abstrak paling mahal

via images.google.com

Lukisan abstrak paling mahal yang terakhir ialah Woman III, karya seni yang diciptakan oleh Willem de Kooning. Proses penciptaan lukisan ini berlangsung pada 1951 hingga 1953, mengingat masih ada beberapa lukisan lain yang juga masuk dalam karyanya. Lagi-lagi seorang milyarder Steven A Cohen membeli lukisan abstrak yang digemarinya, yakni senilai 137 juta US dolar atau setara dengan 1,7 triliun rupiah. Sebuah angka yang fantastis untuk lukisan legendaris.

Nah, itu dia tadi sederet lukisan abstrak paling mahal yang telah mengisi dunia karya seni. Lukisan abstrak memang sekila tak memiliki makna, namun jika ditilik lebih lanjut, dan dipelajari secara mendalam, maka yang diberikan pun sangat dalam. Makna para pelukis memang kebanyakan tersirat, sehingga seolah-olah mengajak siapa saja yang melihat lukisan itu menjadi berpikir dan terus berpikir tentang apa makna sebenarnya dibalik lukisan fenomenal itu.

Lukisan Abstrak Paling Mahal

No related post!

Leave a reply

fourteen + 3 =