Macam-Macam Olahraga Tradisional Asli Indonesia Yang Harus Kamu Tahu dari Sekarang

2209 views

Indonesia tidak hanya terkenal dengan keramahan penduduk dan kekayaan alamnya saja, kita punya banyak hal menarik lainnya yang memposisikan Indonesia sebagai salah satu negara istimewa di dunia. Indonesia terletak di persimpangan dua benua sehingga menjadi tempat singgah banyak kebudayaan, mereka menetap dan berasimilasi dengan penduduk bangsa kita. Pada akhirnya, semua hal ini turut memperkaya kultur bangsa kita yang majemuk. Misalnya saja dalam hal permainan tradisional yang kini diperlombakan dalam berbagai ajang olahraga bergengsi baik di tingkat nasional maupun regional. Sungguh menarik untuk diikuti karena negara lain belum tentu memiliki ragam permainan atau Olahraga asli Indonesia yang begitu banyak. Lalu apa saja olahraga Asli dari negeri kita tercinta ini, tim kami sudah menyiapkan laporan lengkapnya untuk anda. Silakan dinikmati sambil bersantai bersama keluarga di rumah.

Sepak Takraw

276507-sepak-takraw700-2

Meskipun awalnya hanya dimainkan oleh anak-anak di kampung, tak disangka kini olahraga sepak takraw berubah wujud menjadi olahraga menarik yang difavoritkan jutaan orang. Memang sih beberapa negara tetangga ada yang memiliki olahraga macam ini, tapi bentuk bolanya itu lho yang berbeda. Olahraga tradisional asli Indonesia ini biasa dimainkan oleh anak-anak hingga remaja di daerah tepi pantai yang berpasir sehingga tidak begitu keras dan aman.

Untuk menjadi seorang atlet sepak takraw, anda harus punya badan yang lentur. Secara umum, aksi dalam olahraga ini agak mirip dengan gerakan seni bela diri silat. Status kepemilikan olahraga sepak takraw sudah diperebutkan oleh beberapa negara sejak lama seperti Malaysia, Laos, Filipina, hingga Thailand.

Kita patut berbangga hati karena olahraga Sepak Takraw sudah kita miliki sejak dulu kala. Mari kita berbuat sesuatu agar tidak ada bangsa lain yang mengklaim kepemilikannya. Jangan sampai terjadi lagi kasus di mana budaya kita diklaim sebagai milik resmi dari negara tetangga. Say never again.

Pathol

Pathol

Jangan dulu ngomongin WCW dan WWF deh, bangsa kita punya juga jenis olahraga gulat tradisional yang bernama pathol. Seru juga lho olahraga tradisional Indonesia ini. Olahraga Pathol aslinya berasal dari daerah Rembang, Jawa Tengah. Menurut cerita, Pathol sudah dimainkan oleh orang-orang sejak zaman majapahit. Dulunya, pathol diadakan sebagai sebuah acara untuk merekrut prajurit terlatih untuk menjaga daerah pelabuhan Tuban. Di zaman majapahit, pelabuhan tuban adalah daerah yang sering disatroni oleh penyamun dan perompak. Olahraga ini kemudian berkembang pesat dengan gerakan-gerakan yang bervariasi. Penggemarnya semakin banyak dan menjadi salah satu kesenian tradisional asli Indonesia. Gulat pathol ini biasanya dilakukan di pinggir pantai ketika hari menjelang purnama, juga pada hari-hari tertentu yang bersamaan dengan upacara sedekah laut.

Karapan Sapi

Karapan-Sapi

Olahraga yang terdapat pada keeping uang logam seratus rupiah ini memang cukup disukai. Asalnya dari Madura, diperlombakan setiap mejelang bulan September sampai Oktober. Dalam Karapan Sapi, anda diharuskan untuk menunggang sebuah karapan yang ditarik oleh dua ekor sapi kemudian melalui lintasan sepanjang 100 meter. Yang harus diketahui, menjadi joki sapi itu sangat sulit, anda tidak pernah ada dalam posisi seimbang. Justru tugas andalah yang harus menjaga keseimbangan tubuh dan memacu lari sapi dengan pecut yang anda bawa. Karapan sapi kini tidak hanya diperlombakan dengan hadiah yang ecek-ecek. Kini hadiah yang diperebutkan sudah lebih mewah, piala bergilir presiden siap anda raih jika berhasil memenangkan adu pacu yang beringas ini.

Pencak Silat

Pencak-silat-500px-670x383

Kalau bangsa lain punya olah raga seni bela diri seperti kungfu, karate, dan aikido, kita juga punya pencak silat. Hampir setiap daerah di Indonesia punya tipikal seni bela diri tersendiri dengan gerakan yang beragam. Pencak silat kini sudah mendunia dan diperlombakan dalam ajang bergengsi seperti Asian games. Aliran pencak silat sangat banyak, sebagian ada yang bernuansa mistis, dan lainnya menekankan penguasaan gerak tubuh untuk menguasai lawan.

Sebagai olahraga asli Indonesia, kita memiliki induk dari organisasi pencak silat di Indonesia yaitu IPSI (Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia). Selain dalam lingkup nasional, ada pula federasi pencak silat yang pembentukannya diinisiasi oleh Indonesia dengan anggota Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Nama dari persekutuan ini adalah PERSILAT (Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa).

Pacu Jalur

Pacu-Jalur

Olahraga ini identik dengan aktivitas tubuh untuk melatih kelenturan, membentuk otot dan kekuatan. Kali ini saya mengenalkan anda pada olahraga Pacu Jalur. Sebuah olahraga perahu dayung tradisional yang asalnya dari daerah Riau. Dalam olahraga ini, 40 hingga 60 orang masuk ke dalam sebuah perahu sepanjang 40 meter kemudian saling berlomba memacu perahu dayungnya dengan perahu yang dikayuh partisipan lain. Lomba pacu jalur ini biasa dilangsungkan di hari-hari besar islam seperti tahun baru muharram, Idul Fitri, dan Maulid Nabi SAW. Olahraga asli Indonesia ini kini dimasukkan ke dalam agenda pariwisata nasional tahunan dengan pengunjung yang begitu ramai. Event pacu jalur kini diselenggarakan setiap tanggal 23 – 26 Agustus setiap tahunnya. Lomba pacu jalur sering diadakan di Sungai Batang Kuantan dan menjadi ajang pamer kekuasaan karena pada mulanya hanya boleh diikuti oleh kalangan datuk dan bangsawan kerajaan saja.

Bakiak

Bakiak

Bakiak adalah sejenis sandal yang dibuat dari kayu dengan bentuk yang panjang dan bisa dimuati oleh beberapa orang sekaligus. Lomba bakiak sering diikuti oleh banyak orang termasuk ibu-ibu, remaja dan anak-anak. Lomba Bakiak sering diadakan di setiap peringatan 17 Agustus, menjadi tontonan yang menarik karena banyak orang mencoba untuk melangkahkan kakinya bersamaan di atas sebuah palang kayu panjang.

Gala Asin/Gobak Sodor

Gobak-Sodor

Istilah untuk olahraga permainan ini berbeda-beda di setiap daerah. Secara umum kita menyebutnya dengan istilah Galah Asin atau Gobak Sodor. Olahraga tradisional asli Indonesia ini bisa dimainkan oleh 5 orang sekaligus. Arena permainan berupa bidang segi empat dengan ukuran 9 x 4 meter yang dibagi ke dalam enam bagian. Setiap batas garis biasanya diberi tanda dengan kapur. Anda pasti menyukai permainan ini karena memerlukan strategi, ketangkasan, kecepatan dan pastinya, kekompakan.

Egrang

2602BermainEgrang300

Beranikah anda menaiki sebuah galah panjang lalu berjalan kesana-kemari diatasnya? Belum tentu berani bukan? Tapi begitulah adanya, olahraga permainan ini sudah ada sejak lampau di negara kita. Egrang adalah sebuah tongkat panjang yang biasanya terbuat dari Bambu dan diberi tangga untuk tempat berdiri, plus tali pengikat yang kemudian diikatkan di kaki. Untuk bisa berjalan di atas egrang, anda harus pandai menjaga keseimbangan dan menghindari jatuh. Tak ada yang tahu pasti sejak kapan olah raga ini mulai berkembang tapi kenyataannya sudah ada sejak berabad-abad silam.

Olahraga Asli Indonesia Olahraga tradisional indonesia Permainan tradisional asli indonesia

Related Post

Leave a reply

1 × two =