Masuk Ke Dunia Game Melalui Virtual Reality!

693 views

Tahun 2016 ini akan menjadi tahun yang special untuk para gamers khususnya karena di tahun 2016 ini akan dirilis beberapa perangkat berteknologi virtual reality yang memungkinkan kita untuk merasakan sensasi nyata dari bermain game. Berikut ini ada 2 perangkat virtual reality yang siap untuk menemanimu bermain game:

Playstation VR

Siapa  sih yang tak tahu Playstation, konsol game yang mungkin paling populer dan mendunia saat ini. Playstation pertama kali diproduksi oleh perusahaan dari jepang yang bernama Sony pada tahun 1990. Playstation telah memproduksi berbagai macam konsol game, mulai dari PSOne atau orang Indonesia menyebutnya PS satu sampai yang baru-baru ini beredar adalah Playstation 4. Tentu banyak pengguna dari Playstation termasuk Indonesia yang terdapat banyak sekali rental PS, mulai dari PS2 sampai dengan PS4. Tidak hanya sampai disini saja, pihak Sony tidak henti-hentinya untuk terus berinovasi dan memberikan kejutan baru kepada seluruh konsumennya. Belum lama setelah dirilisnya Playstation 4 pihak Sony akan merilis konsol game terbarunya, yaitu Playstation VR.

Playstation VR

Playstation VR

Sebenarnya telah ada perusahaan yang terlebih dahulu menggunakan perangkat yang berbasis virtual reality seperti Microsoft dan Oculus. Sekatang, giliran Sony yang juga tidak mau kalah dan mengumumkan secara resmi perangkatnya yang berbasis virtual reality yang diberi nama Playstation VR atau Virtual Reality. Playstation VR yang merupakan produk pertama Sony yang menggunakan virtual reality ini juga mendukung game-game yang ada pada Playstation 4 seperti yang disebutkan oleh pihak Sony dalam Paris Games Week. Playstation yang sebelumnya diberi nama Project Morpheus ini berbentuk sebuah kaca mata yang tebal serta dilengkapi dengan virtual reality headset dan juga menggunakan Motion Controller atau Wireless Controller sebagai Playstation Move.  Playstation VR juga menggabungkan antara Oculus Rift dengan Playstation 4, sehingga game PS4 yang kita mainkan akan menimbulkan sensasi yang berbeda dan lebih nyata.

Dalam trailer dari Playstation VR yang disuguhkan oleh pihak Sony diperlihatkan mengenai tampilan yang akan kita lihat saat memainkan Playststion VR. Di situ diperlihatkan bahwa kita tidak melihat karakter yang kita mainkan seperti pada Playstation biasa karena kita yang akan menjadi karakter dalam permainan tersebut. Mungkin akan sedikit sulit karena belum terbiasa, namun kita akan benar-benar merasakan menjadi karakter itu sendiri dalam game yang kita mainkan. Playstation VR sendiri sebenarnya pernah ditunjukkan dalam acara Tokyo Game Show 2015. Dalam acara tersebut, Playstation VR menunjukkan beberapa demo, seperti Final Fantasy XIV Online, Dynasty Warrior 8: VR Demo dan lain sebagainya.

Untuk tanggal rilis dari Playstation VR disebutkan dalam sebuah event di San Fransisco adalah pada bulan maret tahun 2016. Sebenarnya tanggal rilis dari Playstation VR sempat mengalami beberapa perubahan, pernah direncanakan bahwa Playstation VR akan dipasarkan pada bulan april 2016. Walaupun sepertinya seluruh perangkat dari Playstation sudah selesai dan siap untuk diapasarkan, namun pihak Sony ingin benar-benar mempersiapkannya dengan matang sebelum diluncurkan. Playstation VR akan diluncurkan di jepang untuk pertama kali setelah itu akan disusul untuk diluncurkan di amerika, untuk Indonesia kapan ya? Untuk harga dari Playstation VR, mungkin sekitar $399.

Bentuk dari adalah kacamata visor berwarna hitam dengan pinggiran yang diwarnai oleh lampu LED berwarna putih. Playstation VR memiliki display OLED (Organic Light Emitting Diode full HD 1080p dengan resolusi sebesar 980 x 1080 untuk setiap mata. Headset dari Playstation VR akan dihubungkan ke Playstation 4 yang kemudian akan memproses game dan mengirimkannya ke perangkat Playstation VR. Playstation VR juga dapat dihubungkan ke TV atau monitor.

Oculus Rift

Mungkin tidak banyak yang tau mengenai Oculus Rift, sama seperti Playstation VR, Oculus Rift adalah sebuah perangkat yang menggunakan display virtual reality. Oculus Rift ditemukan oleh Palmer Luckey yang merupakan pendiri dari perusahaan Oculus VR. Oculus Rift sebenarnya adalah penyempurna dari perangkat-perangkat virtual reality yang ada sebelumnya. Karena Oculus Rift mampu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh perangkat-perangkat virtual reality sebelumnya. Oculus Rift dirilis lebih dulu daripada Playstation VR, yaitu pada bulan januari 2016 lalu.

Oculus Rift

Oculus Rift

Sebelumnya Oculus Rift  mempunyai versi pertama, Oculus Rift Developer Kit adalah versi pertama dari Oculus Rift. Versi pertama dari Oculus Rift tersebut mempunyai harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 3 juta rupiah dengan layar berukuran 5,5 inchi. Tentu, kemampuannya juga tidak secanggih Oculus Rift yang terbaru.

Sama seperti Playstation VR, dalam Oculus Rift juga terdapat sensor utama yang berfungsi untuk mendeteksi putaran kepala. Pada awalnya Oculus Rift diciptakan khusus untuk game. Namun setelah Oculus Rift semakin banyak diketahui pemilik Facebook, Mark Zuckerberg membeli Oculus Rift tersebut, sehingga mengalami perubahan pada fungsi dari Oculus Rift. Selain Oculus Rift digunakan untuk main game, Oculus Rift juga digunakan untuk tour wisata, bagaimana bisa begitu? Karena dari Oculus Rift kita bisa berada di Negara lain dengan display virtual reality-nya yang membuat kita seolah-olah seperti benar-benar berada pada negara tersebut. Hanya dengan Oculus Rift kita tidak perlu keluar ruangan untuk merasakan berada di Negara lainnya maupun tempat wisata yang ingin kita kunjungi. Walaupun, mungkin rasanya pasti sangat berbeda apabila kita benar-benar berada disana. Tapi, lumayan untuk menghilangkan penasaran atas tempat yang ingin kamu ketahui. Oculus Rift juga bisa dimanfaatkan dalam bidang kedokteran, terutama untuk calon dokter. Karena melalui Oculus Rift para calon dokter bisa melihat proses pembedahan atau operasi langsung dengan sensasi seakan-akan benar-benar melakukan operasi tersebut.

Oculus Rift

Oculus Rift

Oculus Rift dapat dimainkan melalui PC anda sendiri. Namun, tentu dengan spesifikasi PC yang cukup tinggi. Berikut ini adalah spesifikasi PC yang dibutuhkan :

  1. Video Card minimal NVIDIA GTX 970 / AMD R9 290.
  2. Minimal processor intel core I5.
  3. Minimal RAM 8 GB.
  4. Video Output HDMI 1.3.
  5. Miinimal OS Windows 7 64-bit.
  6. 3x USB 3.0 ditambah 1x USB 2.0.

Namun, apabila sebelum dapat menggunakannya pada PC, kita harus menginstal Software Development Kit dari Oculus agar dapat mengintegrasikan game milik kita dengan Oculus Rift, dari pihak Oculus sendiri pun juga menghadirkan banyak game yang siap untuk dimainkan. Apabila anda mempunyai Xbox, pas sekali karena sekarang Oculus Rift juga bisa untuk digunakan pada konsol game Xbox. Untuk harga dari Oculus Rift yang saat ini telah rilis adalah sekitar 8 juta rupiah.

Mungkin Playstation VR dan Oculus Rift adalah awal dari dunia game seperti pada anime Sword Art Online. Apakah kamu tertarik untuk membeli dan menjajal bagaimana sensasi dalam memasuki dunia virtual secara nyata? Untuk para gamers mungkin ini adalah kabar gembira, karena bisa merasakan menjadi karakter dalam games yang dimainkannya. Kalau kamu ingin membelinya, mungkin kamu harus segera menabung, karena harganya yang juga cukup mahal. Namun, hal itu sepadan karena kita bisa merasakan sensasi yang benar-benar berbeda dalam bermain game dan merasakan sesuatu yang nyata dari perangkat virtual reality tersebut.

dunia games dunia teknologi sensasi nyata virtual reality teknologi virtual reality

Baca Juga

Leave a reply

fourteen − one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.