Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Hujan Asam dan Cara Mengatasinya

612 views

Hello guys, selamat bertemu kembali dengan postingan terbaru di blog malesnulis.com. Seperti sebelumnya kita akan membahas sebuah info penting yang jadi highlight di banyak media pemberitaan dunia. Masalah yang kali ini kita obrolkan adalah soal Apa itu Hujan Asam berikut cara paling mudah untuk mengatasinya. Tahukah kamu hujan asam saat ini menjadi persoalan besar yang mengancam kehidupan di permukaan bumi. Hujan asam bila terjadi dalam skala besar dan jangka panjang berpotensi menghilangkan kehidupan di muka bumi karena menyebabkan ekosistem di bumi rusak sehingga tumbuhan dan binatang tidak bisa hidup.

dampak-hujan-asam-terhadap-kesehatan-alodokter

Di beberapa Negara Industri besar yang pabrik-pabriknya menghasilkan polutan berbahaya, biasanya berkontribusi pada kemunculan hujan asam sehingga areal hutan dan pegunungan terdekat cenderung rusak karena hujan asam. Hal seperti ini sering terjadi di China, Negara-negara Eropa dan tentu, Amerika Serikat. Banyak sekali pabrik, khususnya pembangkit tenaga listrik yang menggunakan batu bara sebagai sumber energinya. Karena hal ini, asap pabrik yang dihasilkan diduga beracun dan tinggi kadar karbondioksidanya. Di atmosfer, semua polutan ini akan menyatu dan menghasilkan zat-zat yang membentuk hujan asam. Hanya dalam waktu beberapa hari, terjadi akumulasi asam di atas 6 PH dan akirnya turun ke bumi menjadi hujan asam.

Berdasarkan fakta, hujan asam bisa terbentuk karena berbagai proses alami di luar campur tangan manusia. Nah, Apa Itu Hujan Asam akan terjawab di sini selengkap-lengkapnya karena gunung berapi yang sedang meletus akan memberikan banyak semburan bermuatan gas yang akan terbawa angina sampai beberapa ratus kilometer di atas atmosfer sebelum berubah jadi asam dan jatuh ke tanah. Ada sebuah temuan mengejutkan terkait fenomena hujan asam ini. Kini para ahli mendapati bahwa hujan asam tidak hanya terjadi di daerah dengan iklim tropis atau sub tropis dan sedang saja, di daerah kutub pun hujan asam sudah mulai terbentuk dan turun di beberapa bagian benua itu. Karena hal ini, banyak organisme di kutub terancam mati dan tidak bisa bereproduksi.

Serem banget kan? Hujan asam bukan hujan yang ramah, malah mengancam populasi makhluk hidup di bumi. Lalu kalau diruntut ke belakang, sejak kapan sih fenomena hujan asam mulai terjadi? Khususnya yang berlangsung karena campur tangan manusia gitu. Setahu penulis, hujan asam yang muncul karena aktivitas manusia yang merusak lingkungan bermula sejak zaman revolusi industri di Inggris di mulai, tepatnya sejak abad ke 19. Pada saat itu sebagian masyarakat di Inggris menemukan fenomena baru di lingkungan mereka. Di tahun 1852, Robert Angus Smith yang tinggal di Manchester, menemukan kaitan antara polusi udara yang dihasilkan pabrik-pabrik dengan terbentuknya hujan asam yang berpotensi menghancurkan alam.

Tapi kendati sudah ditemukan sejak tahun 1852, fenomena hujan asam baru mulai diteliti dengan sungguh-sungguh di Amerika Serikat pada decade 70an. Saat itu masyarakat Amerika mulai menyadari bahaya yang mengintai mereka karena perubahan di Alam yang diakibatkan oleh hujan asam. Di tahun 90an, Hubbard Brook Experimental Forest melaporkan banyaknya kehancuran alam yang disebabkan oleh hujan asam di New York Times. Mengatahui hal ini, masyarakat dunia mulai bergerak untuk mencari solusi nyata untuk mengatasi persoalan hujan asam yang membahayakan ini. Banyak praktisi teknologi dan ahli kimia bekerjasama untuk menemukan solusi mengatasi efek hujan asam. Bukan hanya solusi after effect nya saja, kalau memungkinkan bahkan metode untuk mengolah polusi yang dihasilkan pabrik-pabrik agar tidak langsung mengotori atmosfer, melainkan dijadikan produk akhir lain yang bisa dipakai kembali.

Metode ini jelas membutuhkan investasi yang tidak sedikit, kita melihatnya dari segi sumber daya manusia yang mengerti tentang hal ini masih sangat terbatas belum lagi aplikasi teknologi yang dipakai masih dalam tahap pengembangan. Terkait Apa Itu Hujan Asam dan bagaimana cara mengatasinya, kita melihatnya dari sudut ilmu kimia. Jadi begini, banyak sekali pembangkit listrik di seluruh dunia yang memakai batu bara sebagai sumber pembangkit energinya. Ini disadari berdampak buruk pada lingkungan. Tapi banyak pembangkit listrik saat ini menggunakan FGD (Flue Gas Desulfurization) untuk membatasi kandungan belerang yang keluar dari cerobong asap mereka.

Salah satu aplikasi dari teknik FGD ini dinamakan wet scrubber. Dan tahukah kalian apa itu wet scrubber? Ini adalah sebuah tower raksasa yang diberi kipas kemudian menyedot asap dari cerobong ke tower itu. Kemudian batu kapur berbentuk bubur diinjeksikan ke dalam tower supaya bereaksi dengan sulfur dioksida di sana, batu kapur yang mengandung kalsium karbonat akan menghasilkan kalsium sulfat dengan PH netral yang bisa dikeluarkan dari sana dalam bentuk fisik. Karena hal inilah scrubber bisa merubah polusi menjadi sulfat industri.

Kini kita melihatnya dari efek yang dihasilkan hujan asam pada kehidupan di bumi. Banyak hal terpengaruh karena hujan asam ini salah satunya yaitu tanah yang kesuburannya berkurang disebabkan asam yang berlebihan. Selain itu, plankton sebagai sumber makanan ikan akan banyak yang mati karena air tempat mereka hidup tercemar oleh asam yang tinggi. Berikutnya, tumbuhan sebagai penghasil pangan penting bagi manusia juga akan sulit tumbuh karena proses fotosintesisnya terhambat. Tak hanya itu, binatang-binatang juga akan banyak yang mati karena sumber air minum mereka terkontaminasi asam berlebih yang merusak pencernaan dan mengakibatkan kanker.

Dampak hujan asam sangat merugikan. Bila hujan asam mengenai benda dari logam, banyak bagian dari logam itu akan mengalami korosi lebih cepat. Salah satunya adalah besi. Karena itu bila ada jembatan yang dibangun dari besi, kemungkinannya untuk roboh bisa lebih cepat karena bagian-bagiannya akan karatan. Itulah sebagian dampak serius yang harus dirasakan banyak penghuni planet bumi akibat terjadinya hujan asam.

Jika kamu sudah tahu Apa Itu Hujan Asam dan sudah sedikit paham cara-cara untuk mengatasinya, mudah-mudahan suatu hari nanti kamu bisa menjadi praktisi yang kompeten dalam bidang lingkungan hingga bisa menemukan solusi lebih tepat guna mengatasi hujan asam. Seandainya nanti kamu berkarir sebagai pengusaha, jangan lupa untuk menyediakan fasilitas pengolah polusi udara dan semacamnya agar limbah yang dihasilkan tidak merusak lingkungan.

Nah sudah cukup bisa dipahami bukan? Saya sangat senang bisa berbagi banyak informasi di website ini bersama kamu semua. Tapi jangan Cuma satu arah dong, kita di sini bicara tentang komunikasi dua arah. Saya ingin tahu feedback dari kamu tentang kajian yang kita bahas di atas. Sekarang berikan komentar terbaikmu di bagian komentar di bawah yah. Yukkk ahh saya pamit dulu, nanti disambung dengan postingan baru yang pastinya lebih keren dan informatif buat kamu semua. Ciauwww guys.

Dampak Hujan Asam Efek Hujan Asam Hujan Asam Solusi Hujan Asam

No related post!

Leave a reply

nineteen − nine =