Menjadi Penemu yang Terbunuh Oleh Alat Temuannya Sendiri. Seperti Inilah Akhir Tragis dari Orang-Orang Itu

194 views

Orang-orang jenius menciptakan berbagai benda yang sebelumnya belum pernah ada. Dan tahukah anda, benda-benda itu memberi manfaat besar bagi seluruh dunia. Dengan banyaknya temuan yang dihasilkan, hidup manusia tidak lagi sesulit dulu ketika segalanya masih serba manual. Tapi sayang sekali nasib tragis justru dialami oleh para pencipta itu, banyak dari mereka yang harus kehilangan nyawanya. Dalam postingan ini sengaja kami memperkenalkan beberepa penemu yang terbunuh oleh alat temuannya sendiri. Perhatikan, imajinasi adalah dasar dari kemampuan untuk menciptakan benda-benda mengagumkan ini.

Wan HU

wan-hu

Sudah sejak lama manusia bermimpi untuk bisa terbang. Dengan apapun itu manusia sudah mencoba berulang kali dan selama itu pula belum ada yang membuahkan hasil. Di cina sudah dikenal penggunaan bubuk mesiu yang diracik dari bahan belerang. Di Cina bubuk mesiu hanya dipakai untuk petasan, tak seperti orang eropa yang menjadikannya sebagai bahan pelontar proyektif melalui mekanisme ledakan di ruang tertutup yaitu tabung besi panjang.

Ada seorang tokoh penemu bernama Wan Hu yang bermimpi untuk bisa pergi ke bulan dengan kursi berpendorong roket. Kisah Han Wu bermula dari abad ke 16, saat itu ia mengembangkan sebuah kursi khusus yang direkatkan dengan roket sejumlah 47 buah. Kalian mungkin bertanya-tanya mengapa roket dipakai dalam percobaan ini? Jawabannya karena roket sudah lebih dulu ditemukan dan dikenal luas di daratan cina. Tapi terjadi sebuah kesalahan, pada saat Han Wu duduk di kursi spesial itu, ketika menunggu untuk dilontarkan menuju bulan, roket yang dinyalakan itu bukannya mendorong kursi han wu sejauh-jauhnya, tapi malah meledak dan menewaskan Han Wu di tempat. Hmmm, Tragis sekali yah.

Henry Winstanley

henry-winstanley

Henry dikenal sebagai pelopor dari pembangunan mercusuar Eddystone. Ia berkebangsaan Inggris dan memiliki bakat di bidang lainnya seperti melukis dan keahlian teknik. Ia memimpikan membangun sebuah mercusuar modern yang tahan terhadap terpaan gelombang dan badai besar. Bahkan ia bermimpi untuk bisa berada di dalam bangunan mercusuar yang ia ciptakan itu. Keinginan Henry akhirnya dikabulkan oleh tuhan di mana ia berada di dalam mercusuar itu ketika roboh saat terjadi badai besar di bulan November tahun 1703. Kejadian ini membunuh Henry dan sejumlah orang lain yang berada di sana.

Thomas Andrews Jr

thomas-andrews

Siapa tak kenal dengan arsitek ini yang berhasil menciptakan kapal trans atlantik pertama di dunia yang akhirnya tenggelam karena menabrak gunung es. Dia adalah Thomas Andrews Jr yang bekerja sebagai pebisnis sekaligus perancang kapal di perusahaan Kapal Harland ad Wolff di Belfast, Irlandia. Dialah yang mengatakan bahwa TITANIC adalah kapal raksasa yang tak bisa tenggelam. Karena kesombongannya inilah tuhan menakdirkan hal lain kepada kapal ciptaannya. Kapal TITANIC yang terkenal itu kemudian kolaps ketika menabrak sebuah gunung es pada pagi hari di bulan April tahun 1912. Thomas menjadi salah satu korban tewas dalam tragedy yang terkenal itu.

Franz Reichelt

reicheit

Franz Reichelt adalah seorang warga perancis kelahiran Austria. Profesinya sebagai penjahit professional menyebabkan ia dikontrak pihak militer untuk menciptakan parasut pertama yang dipakai pilot pesawat ketika terpaksa harus terjun bila terjadi masalah teknis di pesawat. Percobaan-percobaan pertama memang berhasil karena menggunakan boneka, lagipula benda itu dijatuhkan dari lantai lima di apartemen yang ditinggalinya.

Karena penasaran, reichelt kemudian berpikir untuk mencoba sendiri parasut yang ia ciptakan. Untuk itu sengaja ia naik ke puncak menara Eiffel dan menjatuhkan diri dari sana. Tapi sayang sekali, parasut yang dipasangkan ditubuhnya gagal terbuka hingga akhirnya ia terjun bebas dan tewas seketika. Nahas banget nich.

Henry Smolinski

henry-smolinski

Tokoh penemu yang terbunuh oleh alat temuannya sendiri selain orang-orang tadi adalah Henry Smolinski. Akhir hidupnya sangat nahas karena harus jatuh dari langit dari ketinggian beberapa ribu kaki. Pasti dong tak ada yang selamat dari kecelakaan macam ini. Jadi begini, henry adalah seorang insinyur yang resign dari tempat kerjanya. Ia kemudian mendirikan perusahaan sendiri di bidang aviasi, Advanced Vehicle Engineer. Melalui perusahaannya itu Henry berfokus menciptakaan mobil terbang pertama di dunia.

Idenya itu direaliasikan dengan memasang bodi pesawa Cessna skymaster ke mobil ford pinto. Tapi sial sekali, ketika mobil ini sukses diterbangkan, dengan serta merta sayap pesawat terlepas begitu saja hingga mobil pun terjatuh dan menewaskan henry bersama pilot di dalam mobil. Itu adalah kematian yang sangat menyakitkan.

Horace Lawson Hunley

hunley-picture

H.L Hunley adalah seorang pengembang kapal selam tempur asli Amerika Serikat. Ia sukses menciptakan prototype kapal selam pertama yang diuji coba semasa terjadinya perang sipil di Amerika Serikat. Dalam dua tes pertama yang seluruhnya gagal, Hunley memutuskan untuk mencoba sendiri kapal selam yang aia buat. Nasib buruk tidak bisa ditolak, saat berada di dalam air, kapal selam itu tidak bisa muncul kembali ke permukaan. Ia terjun ke dasar perairan dan tak bisa diselamatkan. Ia bersama tujuh awak yang lain tewas tenggelam. Untuk menghormati jasa-jasanya, Hunley dimakamkan dengan upacara militer di pemakaman Charleston di Carolina Selatan.

Alexander Bogdanov

bogdanov

Tak sembarang orang bisa menjadi seorang pencipta. Mereka haruslah orang-orang jenius, berpendidikan tinggi dan berotak encer. Semua pengetahuan yang ia pahami berasal dari pendidikan yang dijalani selama puluhan tahun. Tak perlu heran jika penemuan demi penemuan dihasilkan oleh satu penemu saja. Alexander Bogdanov terbilang sukses karena ia menciptakan berbagai karya fenomenal di bidang filsafat, sastra dan teknik. Ia melakukan beberapa eksperimen ilmiah di bidang transfusi darah.

Sebelumnya ia telah melakukan transfusi darah pada orang-orangterkenal. Di tahun 1928, alex memutuskan untuk melakukan transfuse darah dari dirinya sendiri ke orang lain. Tapi apa yang terjadi kemudian mungkin harus disesalinya karena pasien yang darahnya ditransfusikan ke tubuhnya itu mengandung virus TBC dan malaria. Karena hal ini ia pun meregang nyawa sementara si pasien sendiri sembuh total berkat transfuse darah itu.

Aduh ngapain sih kalau belum yakin kok bisa bertindak seberani itu yah? Tapi itulah takdir, tak bisa ditolak saat kematian sudah harus tiba. Nah pembaca semua itulah beberapa penemu yang terbunuh oleh alat temuannya sendiri.

 

penemu yang tewas oleh ciptaannya sendiri Penemu-penemu hebat

No related post!

Leave a reply

fourteen + ten =