Ngaku Pecinta Otomotif? 17 Usaha Otomotif Ini Harus Banget Kamu Ketahui!

727 views

Bagi kamu pecinta dunia otomotif, ataupun orang yang memiliki kendaraan bermotor dan ingin mengembangkan ataupun bergabung pada bisnis otomotif, tentunya seringkali kebingungan dalam menentukan bisnis yang tepat. Padahal, ada banyak sekali bisnis di bidang otomotif yang dapat kamu coba. Jangan khawatir dengan modal kecil, karena beberapa dari bisnis ini tidak memerlukan modal banyak. Kira-kira apa saja ya? Yuk langsung kita simak!

1. Rental Mobil

Rental Mobil

Rental mobil via planetrentcarmks.com

Bagi kamu yang memiliki cukup banyak dana ataupun punya mobil yang bisa disewakan, usaha rental mobil dapat kamu coba. Berbekal mobil dan kios rental mobil, kamu sudah dapat membuat usaha rentalmu sendiri. Bagi yang tidak ingin menyewa kios, tenang saja! Kamu juga bisa mengiklankan jasa rental mobil milikmu di sosial media.

2. Rental Motor

Rental Motor

Rental motor via www.penbaypilot.com

Tempat tinggalmu berada di kawasan pariwisata atau lingkungan mahasiswa? Cobalah bisnis penyewaan motor. Dengan modal yang tidak terlalu banyak, kamu dapat memulai bisnis ini. Tidak punya banyak motor? Tenang saja, kamu bahkan bisa meminjam motor temanmu atau membagi modal dengan beberapa temanmu. Menarik bukan?

3. Jual Mobil

Memiliki dana yang cukup banyak dan ingin memulai bisnis otomotif? Cobalah dengan usaha jual mobil. Kamu dapat bekerjasama dengan berbagai dealer mobil terkemuka agar dapat potongan harga. Setelah itu, kamu dapat menjualnya kembali dan mendapatkan untung yang tidak kalah besarnya. Jadi ayo, tunggu apalagi?

4. Jual Beli Kendaraan Bekas

Biaya minim tapi ingin memulai usaha otomotif yang menjanjikan? Tenang, kamu bisa memulai bisnis jual beli kendaraan bekas. Carilah orang yang hendak menjual mobilnya dan jualkan mobil itu kepada orang yang sedang mencari mobil bekas. Dengan menjalankan bisnis jual beli mobil bekas, kamu bisa untung besar dan mendapatkan kepuasan tersendiri tentunya.

5. Usaha Bengkel Mobil

Semakin banyaknya jumlah mobil di Indonesia, bisa kamu manfaatkan dengan mencoba memulai bisnis bengkel mobil. Untuk memulai bisnis ini, kamu harus belajar bagaimana cara mengatasi berbagai jenis kerusakan pada mobil terlebih dahulu. Jika punya banyak modal, kamu juga dapat merekrut karyawan. Jangan lupa untuk menyewa kios bengkel yang strategis, ya.

6. Usaha Bengkel Motor

Banyaknya jumlah motor di kota-kota besar, seringkali membuat macet dan emosi karena banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh pengendaranya. Tapi, banyaknya jumlah motor itu dapat juga kamu manfaatkan, lho. Kamu bisa menjual jasa bengkel motor dan membuka usaha kecil-kecilan. Jangan lupa juga mempelajari berbagai kerusakan pada motor sebelum memulai usaha ini, ya.

7. Usaha Cuci Mobil

Satu lagi usaha otomotif bagi pecinta mobil yang dapat kamu coba. Kamu hanya membutuhkan kios cuci mobil dan beberapa karyawan untuk memulai bisnis ini. Jangan lupa untuk memilih kios yang strategis agar bisnis cuci mobilmu banyak diminati.

8. Usaha Cuci Motor

Usaha bisnis cuci motor juga bisa kamu coba, terutama bagi kamu yang tidak memiliki modal besar. Kamu dapat menyewa kios kecil dan membagi modal bersama temanmu. Jika ingin lebih berhemat, kamu juga dapat menjadi karyawan di kiosmu cuci mobilmu sendiri.

9. Toko Aksesoris Kendaraan

Bagi pecinta dunia otomotif, bisnis aksesoris kendaraan bisa kamu coba. Berbekal pengetahuan akan dunia aksesoris kendaraan dan juga modal, kamu dapat memulai bisnis ini. Jangan lupa menentukan lokasi kios sesuai dengan pasar yang kamu tuju, ya.

10. Angkutan Umum

Mau memulai bisnis otomotif sekaligus membantu mobilitas masyarakat? Cobalah bisnis angkutan umum. Tidak perlu membeli banyak mobil mahal, asalkan keamanan penumpang terjamin, bisnis ini pasti akan bertahan. Jangan lupa untuk mengurus izin usaha angkutan umum milikmu ke Pemerintah setempat, ya. Kamu ngga mau kan, bisnismu ditutup karena dianggap bisnis illegal?

11. Mobil Travel

Mobil Travel

Mobil travel via pro.dv-web-design.ro

Punya minat pada bidang otomotif sekaligus traveling? Menyewakan mobil untuk jalan-jalan juga dapat kamu coba. Kamu dapat menyewa atau bahkan membeli bus kecil agar dapat mengangkut banyak orang. Buatlah paket-paket wisata keluarga agar bisnismu semakin diminati. Selain bisa mendapatkan uang, kamu juga bisa jalan-jalan tanpa menghabiskan uangmu sendiri. Menarik sekali bukan?

12. Ojek

Bisnis ojek aplikasi sedang sangat ramai dan menjanjikan di kota besar. Tapi hingga kini layanan ojek aplikasi belum menyentuh beberapa kota di Indonesia. Bagi kamu yang daerahnya masih belum terjangkau ojek aplikasi, bisnis ojek bisa kamu coba. Kamu dapat mengumpulkan banyak tukang ojek dan menyatukan mereka dalam satu komunitas ojek. Buatlah satu nomor yang dapat dihubungi untuk pemesanan oleh pelanggan. Selain menjanjikan, bisnis ojek ini juga akan bermanfaat bagi tukang ojek yang sering bertengkar mencari pelanggan. Menarik bukan?

13. Usaha Tambal Ban

Seringkali pengendara kendaraan bermotor mengalami ban kempes ataupun pecah, tetapi kebingungan karena tidak ada jasa jual dan pasang ban disekitarnya. Untuk itu, bisnis ini bisa kamu coba. Tidak perlu menyewa kios yang strategis dan mahal, bisnis ini dapat kamu buat di tempat sepi namun sering dilalui pengendara motor ataupun mobil.

14. Jemputan Sekolah

Jemputan Sekolah

Jemputan sekolah via www.feelguide.com

Satu lagi usaha berbau otomotif yang dapat kamu coba, apalagi jika kamu adalah pecinta anak-anak. Berbekal mobil atau motor milikmu, kamu sudah dapat membuat jasa jemputan sekolah milikmu sendiri. Jangan lupa mencari link diberbagai sekolah untuk memasarkan jasa jemputan sekolah milikmu. Dengan memulai bisnis ini, kamu bisa mendapatkan uang sekaligus bercengkrama dengan anak-anak.

15. Custom Mobil

Banyak orang yang ingin mendekorasi mobil mereka dengan selera mereka sendiri. Untuk itu, bisnis custom mobil juga dapat kamu coba. Kamu hanya memerlukan pengetahuan tentang custom mobil, ataupun menyewa jasa orang yang ahli pada bidang ini. Jangan lupa untuk selalu update tentang tren bentuk mobil agar bisnis custom mobil milikmu selalu ramai, ya.

16. Usaha Antar Barang

Bagi kamu yang memiliki mobil pick up atau sejenisnya, usaha antar barang wajib kamu coba. Apalagi jika kamu bisa menyetir mobil dan memiliki banyak waktu luang. Pasanglah brosur jasa antar barang milikmu di perumahan ataupun kontrakan. Dijamin deh bisnismu akan laku keras.

17. Bergabung Dengan Penyedia Layanan Taksi Berbasis Aplikasi

Bergabung Dengan Penyedia Layanan Taksi Berbasis Aplikasi

Taksi berbasis aplikasi via www.independent.co.uk

Memiliki mobil yang jarang dipakai serta memiliki waktu luang? Bergabunglah dengan jasa layanan taksi berbasis aplikasi yang sedang marak di Jakarta dan sekitarnya. Selain menambah uang, kamu juga akan bertemu dengan banyak orang. Menyenangkan sekaligus menambah kenalan baru, bukan?

Begitulah kira-kira 17 bisnis otomotif yang dapat kamu coba. Bagaimana? Jadi tertarik untuk menyalurkan hobi atau waktu luangmu dibidang ini?. Kira-kira apalagi ya, bisnis dibidang otomotif yang dapat kita coba? Bagi kamu yang tahu, yuk berbagi di link comment. Selamat mencoba dan semoga sukses memulai bisnis otomotif milikmu sendiri, ya!

bisnis otomotif dunia otomotif ide usaha di bidang otomotif pecinta otomotif

Related Post

Leave a reply

4 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.