Para Ilmuwan Berencana Untuk Mengkloning Hewan Punah Berikut Ini. Baca Sampai Selesai Yah

769 views

Di dunia ini terdapat jutaan spesies makhluk hidup, itu termasuk manusia, hewan dan tumbuhan. Beberapa diantaranya sudah habis kelestariannya alias punah dan para ahli berjuang untuk mengkloning hewan punah dengan teknologi tinggi saat ini. Melakukan semua itu tak semudah yang kita pikirkan karena mereka harus meneliti segalanya secara mendalam. Riset demi riset pun dilakukan hingga disimpulkan bahwa beberapa spesies tertentu bisa dikloning dan dihidupkan lagi meski sudah punah beberapa ribu tahun yang lalu.

Teknologi kloning sendiri telah beberapa kali diterapkan pada sejumlah binatang, salah satunya dolly yang merupakan hewan hasil kloning pertama dari seekor domba piaraan. Kini para ahli berencana untuk menghidupkan kembali beberapa hewan prasejarah dan binatang yang punah sejak ratusan tahun lalu. Semoga rencana ini berhasil dan kita bisa melihat seperti apa rupa binatang dari zaman lampau yang terselubung oleh waktu.

Berikut adalah beberapa spesies hewan yang akan dibangkitkan kembali dengan teknologi kloning, yaitu:

Aurochs

lol

Hewan ini adalah nenek moyang dari ras sapi yang saat ini diternakkan di daratan eropa. Karena dianggap produktif dengan hasil susu perahan yang melimpah, hewan ini kemudian diternakkan di belahan bumi lainnya, termasuk asia dan afrika utara. Sapi ini begitu besar dengan tinggi melebihi 2 meter. Yang disayangkan, hewan ini dinyatakan sudah punah sejak tahun 1627 karena habitat yang terus menyusut sebagai akibat berkembangnya ras manusia yang menghuni habitat mereka.

Saat ini sejumlah ilmuwan dari belanda sedang mempelajari struktur dari pecahan tulang sapi ini untukkemudian digabungkan lagi dengan DNA dari jenis sapi lainnya. Berikutnya DNA baru akan diciptakan dan para ahli akan mencari dulu sapi dengan DNA yang hampir serupa. Kalau sudah ketemu, DNA baru auroch akan disuntikkan ke dalam embrio sapi modern dan diharapkan dari proses ini akan terlahir bayi Auroch baru yang rencananya akan diternakkan di daerah Belanda untuk mengganti jenis sapi yang telah ada.

Percobaan untuk Mengkloning Hewan punah tidak hanya dilakukan baru-baru ini saja. Sebelumnya sudah pernah dilakukan percobaan serupa. Misalnya seperti yang pernah dilakukan oleh NAZI yang mengkloning sapi aurochs pada sapi kepunyaan NAZI dan lahirlah sapi generasi baru yang memiliki DNA dengan karakter sapi Aurochs. Oh ya, nama sapi ini adalah Heck Cattle.

Rusa Besar Irlandia

irish_elk

Ada spesies rusa raksasa yang saat ini sudah punah. Nama rusa jenis ini adalah Megaloceros Giganteus, dulu hidup di daerah Irlandia. Diperkirakan spesies rusa ini telah punah sejak puluhan ribu tahun silam dan hanya bisa ditemukan tulang belulangnya saja. Untuk mengkloning hewan yang sudah punah selama ribuan tahun tidaklah mudah. Langkah pertama yang dilakukan para ahli adalah yang tersulit, yaitu menemukan spesies rusa modern yang diperkirakan bisa melahirkan rusa yang tingginya bisa mencapai 2 meter.

Tapi dengan perjuangan keras akhirnya disetujui kandidat paling mendekati rusa besar irlandia, hewan ini adalah rusa fallow yang secara genetik mirip sekali dengan karakter rusa besar Irlandia. Kini langkah yang dilakukan oleh para ahli adalah melakukan DNA Mapping dari fosil rusa besar Irlandia dan berharap agar hewan ini tak lama lagi bisa dihidupkan kembali.

Steller si Sapi Laut

stellars-sea-cow1

Steller adalah sapi laut yang sudah lama punah dan sebelumnya bisa ditemukan tercecer di sekitar pantai laut bering di asia. Hewan ini terakhir kali terlihat tahun 1741 oleh para nelayan dan 30 tahun setelah itu tak pernah lagi ditemukan. Diduga hewan ini telah punah karena perburuan oleh manusia begitu manusia tiba di pulau-pulau sekitar daerah ini.

Sekalipun tak pernah ada hewan sejenis yang bertahan hidup dalam 250 tahun terakhir, sisa-sisa tulangnya bisa ditemukan menumpuk di sepanjang pantai. Akhirnya muncul beberapa ilmuwan dari Rusia yang merasa tertarik untuk mengkloning hewan eksotis ini dengan mengumpulkan spesimen DNA dari tulang-tulangnya. Diharapkan spesimen DNA ini bisa ditransfer ke embrio hewan lain dan sukses melahirkan bayi steller baru yang cantik.

Merpati Penumpang

passpigeon

Merpati adalah burung lambang cinta dan kasih sayang, karena itu banyak sekali yang menyayangi burung ini dan menjadikannya hewan peliharaan. Di Amerika Serikat ada spesies burung merpati yang habis diburu karena dagingnya enak dan mudah didapat, karena itu burung merpati ini habis diburu sampai punah. Ras burung merpati ini dinamaan merpati penumpang atau passenger pigeon. Burung merpati ini tak lagi bisa ditemukan di habitat aslinya yang kian hari kian menyusut karena aktivitas manusia.

Pada abad ke 18 berlangsung perburuan besar-besaran terhadap burung merpati ini dan satu-satunya merpati penumpang yang masih tersisa di awal abad ke 20 adalah seekor merpati penumpang yang diberi nama Martha. Merpati ini pun akhirnya mati pada tanggal 1 september 1914.

Di Universitas Carolina sedang dilakukan upaya untuk menghidupkan kembali spesies merpati penumpang dari DNA Martha si merpati penumpang terakhir. Akhirnya dilakukanlah pemetaan DNA dari burung merpati ini dan ketika sample sudah didapat, tinggal dicari jenis burung merpati lain yang kekerabatannya dengan merpati penumpang tak begitu jauh. Akhirnya kandidat utama berhasil ditemukan, ia adalah merpati jenis Band tailed. Para ahli berharap bahwa kedepannya akan menetas sebuah telur yang berisi merpati penumpang.

Mammoth Berbulu Tebal

prehistoric_mammals_woolly_mammoths_by_balcsika-d78cv9a

Mammoth berbulu tebal adalah spesies gajah raksasa yang sudah punah sejak 13.000 tahun lalu. Fosil hewan ini banyak ditemukan di daerah Siberia yang bersalju tebal. Dalam lapisan es ditemukan beberapa mumi gajah mammoth yang membeku dengan kondisi yang sangat baik. Untuk mengkloning hewan punah ini bukan langkah mudah. Pertama-tama mereka harus mendapat sample daging dari mumi mammoth itu kemudian inti sel nya akan diekstrak dan disimpan pada embrio spesies gajah lainnya. Sayang sekali upaya ini belum membuahkan hasil karena ketika sel mamut sudah dicairkan, ada kecenderungan di mana mereka mati sebelum pengekstrakan nucleus bisa dilakukan.

Itulah beberapa hewan yang rencananya akan dikloning oleh para ahli. Semoga rencana mereka untuk mengkloning hewan punah ini akan berhasil dan kita bisa menyaksikan keajaiban dari masa lampau.

Menghidupkan kembali hewan punah Mengkloning Hewan Punah

No related post!

Leave a reply

3 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.