Penemuan-Penemuan Luar Biasa dari Masa Lalu Yang Keberadaannya Tidak Diketahui Lagi

544 views

Penemuan-penemuan luar biasa yang sering ditemukan di zaman modern ini ternyata juga telah ditemukan ratusan bahkan ribuan tahun lalu. Manusia selalu berpikir bahwa peralatan teknis dan mekanik hanya bisa diciptakan di generasi kita saja, padahal jauh sebelum itu manusia zaman dulu sudah berpikir untuk menciptakan berbagai alat untuk mempermudah hidup mereka. Sayang sungguh sayang alat-alat luar biasa ciptaan leluhur kita itu tidak ada yang mengetahui lagi cara pembuatannya hingga hanya menjadi dongeng saja. Saya katakan luar biasa hebat karena temuan-temuan itu teknologinya melebihi peradaban kita saat ini bahkan ilmuwan-ilmuwan modern pun kesulitan untuk meniru penemuan pada leluhur kita dahulu.

Antikythera Mechanism

Antikythera Mechanism

Bagaimana menurutmu kalau bangsa romawi yang menguasai sepertiga peradaban masa lalu telah menciptakan sejenis komputer kuno? Memang sulit untuk dipercaya tapi itu benar adanya. Alat-alat ini ditemukan di sebuah puing kapal kuno yang tenggelam di daerah Antikythera, Costa Rica. Para ahli berspekulasi bahwa ini adalah semacam alat untuk menghitung peredaran bintang secara astronomi. Meskipun demikian dengan kondisi yang rusak parah dan berkarat, para ahli mengalami kesulitan untuk lebih jauh meneliti penggunaan alat tersebut. Berdasarkan prediksi diketahui bahwa alat itu diciptakan sekitar tahun 150 sampai 200 tahun sebelum masehi. Sungguh sebuah penemuan luar biasa dan mengingatkan kita bahwa orang-orang zaman dulu sudah berpikir untuk menciptakan mesin dengan mekanisme yang rumit bahkan sebelum tahun masehi dimulai.

Stradivarius

Stradivarius

Teknik adalah kemampuan khusus yang dikuasai sekelompok orang untuk menciptakan banyak penemuan baru. Melalui teknik yang dikuasai, seseorang bisa menciptakan banyak hal baru yang menarik untuk diikuti. Misalnya saja peralatan music yang penciptaannya begitu sempurna sehingga menghasilkan irama suara yang bagus dan sulit ditandingi. Kemampuan inilah yang dimiliki oleh keluarga Stradivari yang mahir dalam pembuatan alat music berbasis senar seperti Biola, Cielo dan lain sebagainya. Stradivari hidup di abad ke 17. Teknik pembuatan alat music yang dikuasai oleh Stradivari kemudian dirahasiakan dan hanya diberitahukan kepada anak-anaknya saja. Saat Stradivari sudah meninggal hanya anak-anaknya saka yang mewarisi kemampuan teknis membuat alat musik itu dan tak seorang pun diberi tahu. Hingga skill misterius itu hilang ketika anak-anak Stradivari meninggal semuana. Tak ada lagi orang yang tahu bagaimana membuat alat musik senar yang suaranya bagus dan cantik.

Pedang Damaskus

Pedang Damaskus

Teknik metalurgi, sebuah pengetahuan tentang cara mencampur besi dan membuat logam adalah pengetahuan penting yang dikuasi peradaban kita saat ini. Begitu penting hingga manusia bisa menciptakan berbagai peralatan untuk mempermudah hidup kita sehari-hari. Di zaman kuno pengetahuan tentang metalurgi digunakan untuk membuat persenjataan seperti baju besi dan pedang. Bahkan ada sebuah pedang yang teknik pencampuran logamnya tidak diketahui. Nama pedang ini adalah pedang damaskus yang formulasi campuran logamnya hingga kini tidak diketahui. Dalam sejarah, Pedang Damaskus sangat ditakuti oleh musuh-musuh islam karena kemampuannya sangat hebat yang bahkan bisa menghancurkan tameng yang terbuat dari baja keras hingga membelah pedang berbahan besi dengan mudahnya. Menurut para ahli pedang damaskus ini bahkan lebih hebat dari pedang samurai masa kini yang begitu indah. Pedang damaskus ini begitu ringan tetapi dengan kekuatan yang luar biasa hebat. Para ahli hanya bisa menebak-nebak jika pedang damaskus ini diciptakan memakai teknologi nano seperti yang kita gunakan saat ini. Tapi sekalipun begitu, teknologi modern masih belum bisa meniru teknik pembuatan pedang ini yang begitu aneh dan canggih.

Sistem Kompresi Digital Sloot

Sloot Digital Coding System

Di permulaan tahun 90an tersebutlah seorang pria bernama Romke Jan Bernhard Sloot yang lahir pada tanggal 27 Agustus 1945. Dia adalah pioneer penciptaan teknologi kompresi digital. Dengan kemampuan ini ia bisa mengkompres data sebesar 10 gigabyte menjadi hanya sekitar 8 kb saja, itupun tidak mengurangi besaran data dan kualitas data yang telah dikompresi. Ini adalah penemuan hebat yang belum tentu bisa dilakukan oleh ahli komputer lainnya. Penemuan Sloot begitu menarik sehingga salah satu perusahaan elektronik raksasa, Phillips, tertarik untuk bekerjasama dan bersedia membayar puluhan juta dollar untuk penemuan Sloot tersebut. Tapi Sloot justru malah ditimpa nasib buruk karena ketika ia akan menandatangani kerjasama dengan Phillips, tiba-tiba saja ia terkena serangan jantung dan meninggal dunia. Seorang pun tak ada yang tahu bagaimana Sloot bisa menciptakan penemuan yang luar biasa bahkan disket yang ia simpan pun hilang tak diketahui rimbanya. Hingga kini belum ada seorang pun yang sanggup meniru apa yang sudah diciptakan oleh Sloot.

Vitrum Flexile

Vitrum Flexile

Alkisah di masa kekaisaran Romawi telah diciptakan sebuah teknologi penciptaan kaca yang begitu kuat. Kaca itu dinamakan Vitrum Flexile yang sangat kuat hingga nyaris tidak bisa dipecahkan dengan cara apapun. Rencananya penemuan ini akan diperkenalkan kepada Kaisar Tiberius oleh penemunya dan hari yang ditunggu pun tiba. Sang Kaisar dengan sengaja membanting kaca itu ke lantai dan sungguh ajaib, kaca itu sama sekali tidak pecah atau retak. Tapi sangat disayangkan, sebelum penemuan ini dipatenkan dengan persetujuan sang kaisar, si penemu didapati sudah tewas terbunuh. Bersama dengan hilangnya nyawa si penemu, hilang pula pengetahuan penting yang berharga untuk menciptakan kaca Vitrum Flexile ini. Para spekulan di masa itu menganggap bahwa kejadian itu dipicu oleh rasa takut Kaisar Romawi jika kaca Vitrum Flexile bisa menjatuhkan harga emas. Ilmuwan masa kini pun berusaha untuk membuat sejenis Vitrum Flexile dengan teknologi termodern tapi tetap saja belum berhasil.

Mithridatium

Mithridatium

Ada sebuah legenda di eropa yang mengisahkan tentang ditemukannya sebuah formula obat yang bisa menyembuhkan semua jenis penyakit. Legenda itu muncul di zaman Raja Mithridates IV (134 – 63 M) dan nama formula obat itu menggunakan nama sang raja, Mithridatium. Serum obat itu diformulasi dari berbagai bahan yang sangat dirahasiakan dan memungkinan siapapun yang meminumnya menjadi resisten terhadap semua jenis racun. Akan tetapi formulasi obat itu tidak pernah ia bagi kepada siapapun hingga sang raja akhirnya meninggal dunia. Mithridatium tetap menjadi sebuah legenda dan formula itu pun hilang ditelan zaman.

Api Yunani

api yunani

Api Yunani Adalah sejenis api yang diciptakan dengan campuran dari berbagai bahan kimia kuno yang belum diketahui materialnya. Api yang dihasilkan sangat luar biasa panasnya dan mematikan. Sangat luar biasa karena ketika api ini disemburkan ke berbagai alat perang musuh dengan tiba-tiba alat-alat itu meleleh seketika. Lebih luar biasa lagi karena api yang dihasilkan bisa menyala di dalam air. Karena penemuan hebat ini armada perang Byzantin selalu menang dalam berbagai pertempuran. Ini adalah sejenis senjata pemusnah missal dari zaman kuno yang sangat canggih. Kini para ilmuwan berusaha menirunya tapi sayang sekali, material pembuatan api Yunani tidak diketahui oleh siapapaun.

Penemuan Luar Biasa dari Masa Lalu Temuan teknologi dari masa lalu

No related post!

Leave a reply

nineteen + 8 =