4 Penulis Wanita Paling Sukses dan Memiliki Karya Paling Fenomenal!

970 views

Bagi kamu yang suka membaca novel seperti Twilight, Harry Potter, dan The Hunger Games kamu pasti tidak asing lagi dengan penulis ini. Wanita-wanita cerdas dan memiliki imajinasi tinggi ini adalah wanita dibalik kesuksesan novel yang sudah difilmkan dan fenomenal diseluruh negara.

menulis sebuah cerita

Writing a story via amylivesay.com

Para penulis novel ini mampu membawa kita kedalam dunia imajinasi mereka, yang mereka gambarkan seperti nyata dan sangat menarik. Pasti kamu pernah berpikir untuk masuk ke sekolah sihir seperti di Harry Potter kan? Atau mungkin ingin hidup dan jatuh cinta kepada vampir seganteng Edward Cullen di novel Twillight.

Tulisan dan plot cerita yang menarik membawa kita ke dalam cerita tersebut dan merasakan apa yang dirasakan tokoh utama dalam novel itu. Siapa sajakah para penulis hebat ini? Yuk kita simak!

JK. Rowling Penulis Harry Potter

JK Rowling penulis novel harry potter

JK Rowling via www.access2knowledge.org

Dia adalah JK Rowling, penulis novel seri terkenal dan paling laku di dunia. Novel Harry Potter telah membawanya menjadi orang paling kaya dengan menjual karya tulisannya. Novel yang kemudian difilmkan ini memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Kehidupan JK Rowling yang dulunya hanya seorang ibu dan pernah mengalami perceraian dengan suaminya ini berubah seketika ketika Harry Potter booming di pasaran.

JK Rowling lahir di Yate, Gloucestershire, Inggris pada tanggal 31 Juli 1965. Wanita yang akrab dipanggil “Jo” ini sempat mendapat beberapa kali penolakan atas penerbitan karyanya di beberapa kantor penerbitan. Namun, Jo membuktikan bahwa karyanya bukan karya sembarangan dengan memenangkan beberapa penghargaan atas novelnya.

Sebelum menjadi penulis, Jo pernah bekerja sebagai tim riset dari organisasi non-pemerintah internasional di Inggris. Sejak kecil Jo memang suka menulis cerita fantasi yang selalu ditunjukan kepada kakak perempuannya.

Awalnya, Jo menulis Harry Potter untuk anaknya yang masih kecil, anaknya selalu suka cerita-cerita yang di buat olehnya dan akhirnya Jo membuat banyak cerita seri tentang Harry Potter dan berpikir untuk menerbitkannya untuk umum.

Berikut adalah karya Jo dan tahun penerbitannya:

  1. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone tahun 1997
  2. Harry Potter and the Chamber of Secrets tahun 1998
  3. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban tahun 1999
  4. Harry Potter and the Goblet of Fire tahun 2000
  5. Harry Potter and the Order of Phoenix tahun 2003
  6. Harry Potter and the Half-Blood Prince tahun 2005
  7. Harry Potter and the Deathly Hallows tahun 2007

Buku lainnya yang masih memiliki keterkaitan dengan Harry Potter adalah:

  1. Fantastic Beast and Where to Find Them
  2. Quidditch Through the Ages
  3. The Tales of Beedle the Bard
  4. The Harry Potter Prequel

Stephenie Meyer Penulis Novel Twilight

Stephenie Meyer Penulis Novel Twilight

Stephenie Meyer via www.tvguide.com

Penulis novel seri Twilight ini lahir di Hartford, Connecticut, Amerika pada tanggal 24 Oktober 1973. Pada awalnya, dia tidak memiliki keahlian menulis novel dan cerita fiksi.

Dia mulai menulis Twilight ketika dia bermimpi tentang seorang gadis yang jatuh cinta kepada seorang vampir, lalu dia menulisnya ke dalam sebuah cerita. Kakaknya yang mengetahui tentang tulisannya itu mencoba membujuknya untuk mengirim kepada penerbit.

Dari 15 penerbit hanya satu yang berminat untuk menerbitkan tulisan dari Stephenie Meyer. Lalu, pada tahun 2005 novel Twilight diterbitkan di Amerika dan mendapat tempat di hati para pembaca dan pecinta novel fiksi romantis. Novelnya pun mendapat penghargaan Best-Selling Book of 2008 di Toko Buku Amerika.

Sebelum menjadi penulis, Stephenie adalah seorang resepsionis perusahaan properti. Setelah kesuksesan novel Twilight, dia mendapat banyak penghargaan dari beberapa majalah, salah satunya adalah wanita yang menginspirasi. Pendapatan dari penjualan novelnya pun sangat besar, pendapatannya pertahun bisa mencapai $50 Milyar.

Meyer mendapatkan inspirasi novelnya dari beberapa karya penulis terkenal lainnya. Dia mendapatkan inspirasi Twilight, novel seri pertama dari karya Jene Austen yang berjudul Pride and Prejudice, lalu lanjutan dari seri pertamanya yaitu New Moon dari novel Shakespeare yang berjudul Romeo and Juliet, dan novel terakhirnya yang berjudul Breaking Dawn terinspirasi juga dari karya Shakespeare yang berjudul The Merchant of Venice dan A Midsummer Nights Dream.

Meyer adalah penikmat buku-buku romantis, harinya dihabiskan dengan membaca buku dan akhirnya buku yang dia baca dapat memberikan inspirasi untuknya.

Cassandra Clare Penulis Novel The Mortal Instruments

Cassandra Clare Penulis Novel The Mortal Instruments

Cassandra Clare via tmisource.com

Cassandra Clare adalah nama pena dari Judith Rumelt. Wanita kelahiran Tehran, Iran pada tanggal 27 Juli 1973 ini adalah penulis dibalik novel Best-Seller The Shadowhunters Chronicles.

Clare pindah ke Lost Angeles saat dia SMA, sebelumnya dia tinggal di Swiss, Inggris, dan Perancis. Dia menulis fan fiction pertamanya dan diterbitkan di blog miliknya. Fan fiction-nya diambil dari novel Harry Potter yang dia beri judul The Draco Trilogy dan dari novel The Lord of The Ring yang diberi judul The Very Secret Diaries.

Dalam trilogy yang dia beri nama The Mortal Instruments, dia juga menulis prequel trilogy-nya yang terdiri dari 3 buku. Buku pertama dengan judul Clockwork Angel, Clockwork Prince, dan Clockwork Princess. Prequel trilogy ini masuk ke dalam The Shadowhunters Chronicels miliknya.

Sedangkan untuk The Mortals Instruments, terdapat 3 buku inti yaitu City of Bones, City of Ashes, dan City of Glass. Dalam buku seri kedua, City of Ashes, terdapat 3 buku yaitu City of Fallen Angels, City of Lost Souls, dan City of Heavenly Fire.

Buku best-seller miliknya ini kini ditayangkan di Netflix dan berbentuk film seri. Novelnya ini berhasil meraih banyak penghargaan seperti Winner of the 2010 Pacific Northwest Library Association Young Reader’s Choice Award dan Shortlisted for The North Carolina School Library Media Association Young Adult Book Award.

Suzanne Collins Penulis Novel The Hunger Games

Suzanne Collins Penulis Novel The Hunger Games

Suzanne Collins via www.theguardian.com

Suzanne Collins adalah seorang penulis dibalik kisah Katniss Everdeen dalam The Hunger Games Trilogy. Dia lahir di Hartford, Connecticut, Amerika pada 10 Agustus 1962.

Awalnya karirnya adalah seorang penulis naskah untuk acara anak-anak di Nickelodeon. Lalu, dia berkeinginan untuk menulis buku untuk anak-anak dan akhirnya dia mengeluarkan buku The Underland Chronicles yang terinspirasi dari cerita Alice in Wonderland. Buku ini menjadi buku terlaris dari The New York Times. Dia mulai menulis The Underland Chronicles sejak tahun 2003 dan mengeluarkan 5 buku.

Pada tahun 2008, Suzanne menulis novel barunya, The Hunger Games Trilogy. Novel ini terinspirasi dari mitos Yunani, Thesus dan Minotaur. Selain mitos Yunani, Suzanne juga terinspirasi oleh ayahnya yang bekerja sebagai Tentara di Angkatan Udara Amerika yang sering ikut berperang memperjuangkan Amerika.

Dari situ lah Suzanne mendapat ide tentang perang untuk plot dan cerita di novelnya. Suzzane dan novelnya mendapatkan banyak penghargaan dari dunia.

Suzanne pun dianggap orang paling berpengaruh di dunia dari majalah Time.

Luar biasa sekali ya prestasi dari keempat penulis tadi. Mereka adalah contoh penulis sukses yang karyanya fenomenal dan sudah difilmkan hingga mancanegara. Novelnya pun laku jutaan copy dan mereka menghasilkan uang yang tidak sedikit.

Kesuksesan memang berawal dari usaha yang keras. Hal ini dapat dibuktikan dari bagaimana mereka menawarkan novelnya agar diterbitkan dan beberapa kali ditolak oleh perusahaan penerbit.

Jika kamu memiliki passion dibidang menulis karya fiksi, cerpen, maupun novel, teruslah menulis hingga menjadi sukses seperti mereka. Tidak ada usaha yang tidak membuahkan hasil, semoga kisah keempat wanita hebat ini dapat menginspirasi kamu.

karya fenomenal novel fenomenal novel paling laku di dunia penulis fenomenal penulis novel karya fenomenal penulis terkenal penulis terkenal dunia

Baca Juga

Leave a reply

11 − 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.