Perhatikan DOs and DON’Ts LDR ini Jika Kamu Ingin Memiliki Hubungan yang Langgeng dan Tanpa Masalah Dengan Si Dia!

470 views
Long distance relationship

Long distance relationship via lifehack.org

Hubungan jarak jauh atau yang lebih populer disebut dengan LDR (Long Distance Relationship) memang seringkali merepotkan bagi beberapa pasangan. Pasalnya, LDR tidak memungkinkan suatu pasangan untuk dapat bertemu setiap saat. Jarak yang jauh, kesibukan masing-masing, dan mahalnya biaya seringkali menjadi kendala.

Terutama bagi pasangan yang sama-sama masih bersekolah/kuliah. Biaya bisa menjadi permasalahan utama. Untuk menjaga LDR tetap bertahan harmonis, sebenarnya apa saja, sih, yang harus kita lakukan? Sikap-sikap apa saja yang harus kita hindari? Temukan jawaban-jawabannya di bawah ini!

DOs

Kejutan romantis

Kejutan romantis via 1080.plus

  • Jaga Komunikasi Sebaik Mungkin

Komunikasi merupakan salah satu kunci utama dalam sebuah hubungan. Tanpa komunikasi yang baik antara kedua belah pihak, sebuah hubungan pasti akan sangat berantakan dan rawan konflik. Untuk itu, wajib hukumnya bagi kamu para pelaku LDR untuk dapat menjaga komunikasi sebaik mungkin dengan pasangan.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga komunikasi tetap stabil. Misalnya menelpon. Teleponlah dia sesekali, karena saat sedang berjauhan, mendengar suara orang tersayang dapat meningkatkan mood secara drastis. Hiburlah dia dengan cerita kegiatanmu sehari-hari.

Kalau biaya menelpon dirasa terlalu mahal, kamu bisa berkomunikasi melalui aplikasi chatting dengan bermodalkan kuota internet. Hal ini tentu lebih menghemat biaya, khususnya bagi kamu yang masih bersekolah. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan fitur video call yang ada di aplikasi tersebut agar bisa bertatap muka dengan pasanganmu.

  • Berpikir Positif

Berusahalah untuk selalu berpikir positif mengenai pasanganmu. Walaupun si dia terkadang menyebalkan dalam beberapa hal. Kalian sudah sepakat menjalani LDR dengan segala konsistensinya, termasuk tidak bisa mengawasi apa saja yang dilakukan pasanganmu.

Untuk itulah, berpikiran positif menjadi hal yang sangat penting. Jangan terlalu sering menaruh curiga dan berprasangka yang tidak-tidak tanpa alasan jelas. Percayalah bahwa pasanganmu juga berusaha setia menjaga hubungannya denganmu.

  • Atur Jadwal Pertemuan Berkala

Rasa kangen memang tak bisa dipungkiri oleh para pelaku LDR. Bagaimana tidak, bertemu merupakan sesuatu yang sangat jarang terjadi. Terutama bagi kamu yang terpisah ratusan hingga ribuan kilometer dengan pasangan. Kesibukan masing-masing yang tidak bisa ditinggalkan sering menjadi kendala utamanya.

Namun, usahakan untuk tetap menyempatkan waktu untuk bertemu. Kamu bisa mengunjungi pasanganmu, atau sebaliknya. Bila perlu, buatlah jadwal yang kalian sepakati untuk saling berkunjung. Dua minggu atau satu bulan sekali, misalnya. Kunjungan itu bisa dilakukan di akhir pekan atau mencuri waktu di tanggal merah.

  • Siapkan Kejutan Manis untuk Dia

Everybody loves surprise! Begitulah bunyi salah satu pepatah yang sudah sering kita dengar. Ya, semua orang selalu menyukai kejutan, meskipun pada awalnya dia bilang tidak. Kejutan yang manis dapat membuatnya semakin sayang dan memperbaiki kebosanan dalam sebuah hubungan.

Kejutan dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti pada saat ulang tahunnya. Tidak harus menunggu saat bertemu untuk dapat memberi kejutan. Mengirim hadiah ke meja kerjanya juga dapat menjadi alternatif yang bagus untuk memberinya semangat bekerja secara tidak langsung.

Selain itu, kejutan tidak harus berwujud sebuah benda. Kamu bisa merencanakan untuk mengunjunginya secara diam-diam. Pilih waktu yang tepat dan pastikan dia tidak mengetahui rencanamu. Mintalah bantuan teman-teman terdekatnya. Dijamin, deh, dia akan langsung terharu dan bahagia bukan main!

DON’Ts

Bertengkar dengan pasangan

Bertengkar dengan pasangan via wovgo.com

  • Jangan Melupakan Detail-detail Tentangnya

Setiap orang pasti mempunyai ciri khas masing-masing. Entah itu dalam hal pemikiran, makanan favorit, selera musik, cara berpakaian, ataupun sekedar cara berjalan. Hal-hal itulah yang sering membuat seseorang terlihat menarik. Tidak terkecuali dengan pasanganmu, kan? Banyak hal yang mungkin sepele namun membuatmu tertarik dan menyukainya.

Untuk itu, berusahalah agar tidak melupakan dan menyepelekan semua itu. Jangan biarkan padatnya aktivitas dan orang-orang baru di sekitarmu mengaburkannya. Teruslah ingat semua tentangnya. Banyak yang berpendapat bahwa ketika kamu memerhatikan setiap detail tentang pasanganmu, dia akan merasa bahwa Kamu benar-benar perhatian dan menyayanginya.

Tunjukkan hal tersebut dengan memberinya hadiah berupa sesuatu yang ia sukai. Selain itu, bisa juga kamu menunjukkannya dengan bersikap seperti apa yang ia mau. Dengan begitu, pasanganmu pasti akan merasa sangat terkesan dan dihargai. Jangan malah dengan sengaja melakukan hal-hal yang tidak disukainya.

  • Jangan Coba-coba Mendua

Perselingkuhan sangat rawan terjadi kepada pasangan-pasangan yang menjalani LDR. Merasa tidak ada kekasihnya yang mengawasi, seseorang cenderung mudah untuk dekat dengan orang lain. Terutama bagi tipe orang yang tidak bisa jauh dari pasangannya.

Bagi kamu yang termasuk dalam tipe tersebut, berusahalah sedikit lebih keras untuk tidak menduakan pasanganmu yang sedang merindu. Selain dapat menyakitinya, hal ini tentu dapat memberikan dampak yang kurang baik pula untukmu. Pasalnya, banyak yang berpendapat bahwa selingkuh merupakan penyakit yang dapat kambuh sewaktu-waktu.

Sekali melakukan perselingkuhan tanpa ketahuan, kamu akan merasa ketagihan dan melakukannya lagi. Untuk itu, jagalah dirimu sendiri saat jauh dari pasangan. Jangan lupakan komitmenmu. Ingat, selingkuh tidak hanya secara fisik. Chatting mesra dan intens dengan orang lain pun, itu sudah termasuk mendua secara tidak langsung.

  • Jangan Terlalu Posesif

Terlalu posesif berarti mempunyai rasa memiliki yang sangat berlebihan. Sifat ini dapat diterapkan terhadap apa saja, terutama terhadap pasangan. Beberapa contoh sifat terlalu posesif adalah melarang pasangan untuk pergi jauh, makan malam bersama teman-temannya, atau melakukan hobi kesukaannya.

Pasangan yang menjalani LDR tentu sering merasa posesif terhadap pasangannya. Rasa khawatir dan curiga adalah beberapa faktor yang dapat memicu. Posesif itu wajar, tapi jangan sampai berlebihan sehingga mengganggu pasanganmu. Percayalah bahwa pasanganmu sudah cukup dewasa dan tahu apa yang harus dilakukan.

Kamu tidak perlu terlalu melarangnya ini-itu. Ingat, pasanganmu juga punya dunianya sendiri. Dia akan cenderung merasa terkekang apabila kamu bersikap demikian. Perasaan itu dapat menimbulkan ketidaknyamanan yang justru membuat pasanganmu menjauh. Ingatlah bahwa dia masih berstatus sebagai pacarmu, belum menjadi istri atau suamimu.

  • Jangan Pernah Mengingkari Janji 

Janji bagaikan hutang yang wajib hukumnya untuk dibayar. Begitulah hukum yang berlaku. Ketika kamu berjanji kepada seseorang, otomatis orang tersebut akan mengingatnya dan menunggumu untuk menepatinya. Akan sangat tidak etis apabila kamu membatalkan atau mengingkarinya.

Dalam berhubungan, mengingkari janji dapat berujung pada masalah serius. Terutama dalam hubungan jarak jauh yang sangat rawan salah paham. Usahakan untuk tidak mengingkari janji yang sudah Kamu ucapkan. Janji untuk mengunjunginya, misal.

Kamu mungkin saja membuatmu percaya dengan segala alasanmu. Tapi jika ini berlangsung terus menerus, akibatnya bisa sangat fatal. Belajarlah untuk menghargai janji dan pasanganmu. Ingat, kepercayaan itu mahal harganya.

Distance is just a test to see how far love can travel

Distance is just a test to see how far love can travel via qtations.com

Kamu memang tidak pernah tahu bagaimana keadaan yang sebenar-benarnya dari pasanganmu saat menjalani LDR. Jadi, berusahalah untuk menjaga hubungan sebaik-baiknya dan ingat selalu petuah di atas. Well, good luck on your long distance relationship!

hubungan asmara hubungan jarak jauh hubungan percintaan Long Distance Relationship tips LDR asik

Related Post

Leave a reply

one × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.