Perjalananmu ke Magelang Belum Lengkap Tanpa Mencicipi 7 Makanan Khas Magelang Ini !

980 views

Makanan Khas Magelang – Kira-kira sudah pada tau kota Magelang belum ya? Kota Magelang berada di Provinsi Jawa Tengah. Memang kotanya sangat kecil, tapi jangan salah, kota Magelang ini sangat aman, nyaman, dan asri. Kota yang mempunyai selogan Kota Sejuta Bunga ini memang tidak seluas kota-kota lain.

Meskipun kota Magelang ini kecil, kota kecil ini punya makanan khas yang lumayan banyak. Tentunya sangat enak dan membuat kalian pasti ingin mencoba lagi. Terbukti dengan ucapan Tantri Kotak yang memuji kuliner Makanan Khas Magelang di salah satu stasiun tv.

7 Makanan Khas Magelang Ini

1. Bakso Krikil

Makanan khas magelang

Bakso Krikil Via (Liputan6.com)

Memang sih Makanan Khas Magelang terkenal dengan kupat tahu, tapi sebenernya bakso krikil ini lah yang paling banyak di cari oleh pengunjung lokal ataupun pengunjung dari luar negeri.

Kenapa bakso krikil ? Karena bakso ini jarang di temukan di kota lain. Kalaupun kalian menemukan bakso krikil ini di kota lain, pasti rasanya akan jauh berebeda. Maka dari itu , kami letakkan bakso krikil , makanan khas Magelang di urutan pertama.

Nama memang melambangkan sesuatu dari barang tersebut. Seperti bakso krikil ini, disebut bakso krikil karena ukurannya yang sangat kecil. Pada umumnya jika kita memakan bakso pasti kita akan membelah bakso tersebut menjadi dua. Atau kalian bisa langsung makan bakso tersebut satu butir.

Tapiii,, untuk yang ini, kalian ga perlu tuh repot-repot buat ngebelah baksonya menjadi dua. Bahkan pasti kalian memakan bakso ini lebih dari satu dalam satu suapan. Mungkin kalian bisa memakan 5-10 bakso di dalam satu sendok. Akan terasa lebih sedap jika kalian makan bakso ini dengan mie putih dan mie kritingnya.

Sudah banyak juga stasiun televisi yang berkunjung ke Magelang untuk mencicipi bakso krikil ini. Jika kalian sedang berkunjung ke Magelang dan ingin coba ngerasain dahsyatnya rasa bakso ini, kalian bisa nemuin di Taman Badakan.

2. Wedang Kacang

Wedang Kacang

Wedang Kacang via kuliner.panduanwisata.id

Setelah kita makan, yuk kita minum yang anget-anget. Biar perut anget badan juga seger. Kira-kira pada tau wedang kacang ga nih ? Wedang berasal dari bahasa jawa yang artinya minuman. Wedang kacang ini sudah sangat terkenal di Magelang. Tapi untuk wisatawan lokal belum banyak yang tau.

Wedang kacang ini isinya kacang gaes. Namanya juga wedang kacang, tapi wedang kacang di Magelang dijamin bisa ngebuat perut kalian semua menjadi anget. Warung wedang kacang ini tidak terlalu besar. Jadi kalau kalian telat sedikit saja, kalian tidak bakalan dapet tempat duduk.

Warung wedang kacang tidak cuma menyediakan wedang kacang saja, tapi ada wedang-wedang yang lain contohnya wedang ronde. Wedang ronde disini  juga tidak kalah nikmatnya dengan wedang kacang. Bola-bola di wedang ronde ini akan meleleh saat kamu gigit. Kebayang kan kaya apa enaknya.

Disini juga kalian bisa memesan makanan. Tapi menu untuk makanannya tidak banyak ya gaes, hanya nasi goreng dan bakmi goreng saja. Meskipun begitu, setidaknya ada menu makanan berat yang bisa kalian santap untuk mengisi perut yang kosong.

3. Kupat Tahu.

Kupat tahu di kota Magelang memang sudah sangat terkenal jika kita dibandingkan dengan wedang kacang. Apalagi pada saat musim lebaran, siap-siap saja kalau tidak kedapetan tempat duduk atau bahkan tidak dapet kupat tahunya karena habis. Yang paling terkenal di Magelang adalah kupat tahu Pak Pangat.

Tapi warung kupat tahu yang lain juga gak kalah enak ya. Kupat tahu sebenarnya bisa kalian buat sendiri di rumah karena bahannya yang mudah. Namun tidak sama halnya dengan kuahnya. Karna kuah kupat tahu dibikin oleh bahan rempah-rempah juga.

Sekarang warung kupat tahu di Magelang sudah berkembang sangat baik. Karena tempatnya yang luas dan bersih membuat pembeli menjadi nyaman. Ditambah dengan kenikmatan kupat tahu yang kita makan.

4. Nasi Godhog

Nasi Godhog

Nasi Godhog via infokuberita.com

Karna kalau nasi di goreng sudah biasa, Magelang menyuguhkan nasi godhog untuk kalian. Memang pertamanya kalian pasti merasa sedikit aneh. Tapi survei membuktikan orang yang sudah mencicipi nasi godhog ini pasti bakalan doyan dan di jamin pasti ketagihan.

Di dalam nasi godog ini terdapat mie untuk menambah kenikmatan rasa dan tentunya suwiran ayam yang akan membuat lidah anda bergoyang. Menu ini pas buat kalian yang sedang tidak enak badan. Karna nasi godhog akan membuat kalian berkeringat.

5. Mangut Ikan Beong

Mangut Ikan Beong

Mangut Ikan Beong via kompasiana.com

Sekarang adalah waktu yang pas untuk memperkenalkan kalian pada masakan khas Magelang yang namanya mulai naik. Makanan ini sudah laris dari dulu, tetapi akhir-akhir ini semakin populer. Ini adalah Mangut Ikan Beong.

Mangut Ikan Beong adalah makanan yang menggunakan santan, sejenis dengan gulai. Kuah di dalam makanan ini memberikan rasa asam, gurih, dan pedas. Mangut Ikan Beong ini adalah makanan asli khas Magelang karena ikan beong hanya ada di aliran sungai progo.

Pasti masih pada asing dengan ikan beong ya ? Ikan beong adalah ikan yang mirip dengan lele karena sama-sama mempunyai sungut. Namun ikan beong mempunyai daging yang lebih tebal dan durinya lebih sedikit daripada lele.

Pengalaman aja nih, kalau kalian wisatawan yang sedang berlibur di Magelang dan benar-benar ingin mencicipi masakan asli khas Magelang ini diusahakan jangan lebih dari jam 11.00 WIB ya. Lebih dari jam itu dijamin ga kebagian. Masih ragu dengan rasanya ?

6. Senerek

Dari ikan-ikanan kita pindah ke kacang-kacangan ya gaes. Senerek adalah makanan khas Magelang yang berikutnya. Senerek yang sangat terkenal di Magelang berada di dekat pom bensin Cacaban.

Tempatnya memang tidak begitu besar dan tidak begitu mewah. Tapi boleh kalian buktikan sendiri bagaimana suasana pagi di warung senerek ini. Rasa memang tidak bisa di lihat dari seberapa bagus bangunan yang menjajakannya.

7. Gethuk

Gethuk

Gethuk via id.wikipedia.org

Habis ke makanan berat, kita ke makanan yang ringan-ringan aja ya. Makanan ringan yang selalu di buru oleh para wisatawan adalah Gethuk. Ada bermacam-macam gethuk di Magelang. Ada gethuk pasar dan gethuk trio.

Biasanya para wisatawan memburu gethuk trio, mungkin karena bus yang mereka tumpangi tidak masuk ke dalam pasar. Sesuai dengan namanya gethuk trio ini seperti terbagi menjadi tiga karena warnanya yang berbeda-beda. Meskipun begitu rasanya tetap sama.

Soal rasa gak usah di tanya lagi. Memang gethuk Magelang is the best deh. Cocok banget buat kalian yang ingin membelikan saudara.

—————

Nah gimana gaes, masih ga tertarik pergi ke Magelang ? Sekali-kali luangkan waktu untuk mencicipi kuliner khas Magelang ini. Siapa tau bisa anda jadikan referensi untuk membuka usaha.

7 makanan khas magelang makanan khas magelang wisata kuliner magelang

Related Post

Leave a reply

11 − 10 =