Punya Adik yang Beranjak Remaja? 10 Hal Asyik Ini Bisa Kamu Lakukan Bersama Adikmu!

823 views

Ketika kecil dulu pasti banyak terjadi pertengkaran kecil yang konyol dan memalukan jika diungkit. Namun, sekarang kamu dan adikmu sudah remaja. Kalian sudah boleh pergi sendiri kemanapun tanpa dikawal oleh orang tua. Tak jarang kalianlah yang menjadi pelindung di rumah.

Tertawa bersama keluarga

Tertawa bersama keluarga via www.frankslycreative.wordpress.com

Saat adikmu mulai besar, kamu dan adikmu mulai nyambung dan bisa ber-partner dalam berbagai hal. Kalau kamu adalah kakak yang aktif, adikmu juga pasti akan mencontoh aktivitas yang sama saat kamu seumuran dia dulu. Dia pun mulai menghiraukan dan mendengarkan nasihatmu karena merasa kamu sudah pernah merasakan apa yang ia rasakan saat ini. Nah, momen seperti ini sangat tepat buat kamu dan adikmu beraktivitas bersama. Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan bersama adikmu? Yuk, lihat hal apa saja yang bisa kamu lakukan.

1. Pergi ke Bioskop

Pergi ke Bioskop

Menonton film di bioskop via www.havingtime.com

Kamu dan adikmu yang mulai besar kini bisa pergi ke bioskop dan menonton film terbaru. Kamu biarkan adikmu memilih film yang dia suka. Turuti jika memang film yang ingin dia tonton masih cocok untuk remaja seumurannya.

Menonton film bersama bisa membantu kamu memahami adikmu. Film yang ia pilih bisa menunjukkan apa yang ia senangi. Kamu bisa membahas hal-hal terkait film yang akan ditonton. Semakin sering kalian nonton bersama, adikmu akan lebih senang menghabiskan waktu denganmu.

Jika adikmu nyaman pergi bersamamu, maka hubungan kakak beradik ini akan bebas dari konflik yang mungkin bisa meretakkan hubungan keluarga kalian. Banyak loh kakak adik yang ketika kecil akur, namun saat sudah besar tidak lagi berkomunikasi dengan baik bahkan sering bertengkar hebat.

2. Travelling

Travelling

Travelling dengan saudara via www.learnenglishteens.britishcouncil.org

Jika ayah dan ibumu sibuk dengan rutinitas harian sementara kamu dan adikmu libur, kamu bisa pergi ke tempat wisata baru yang mungkin letaknya jauh dari rumah. Tempat baru yang kekinian ini biasanya dikunjungi dengan teman-teman, namun jika adikmu bisa menjadi teman yang menyenangkan ada baiknya kamu tak menunda waktu yang berharga ini. Ajak adikmu untuk berburu sunset di tepi pantai atau sunrise di gunung pada weekend ini agar ia tidak kalah gaul dengan teman-temannya. Jika ia pergi wisata dengan teman-teman sampai menginap mungkin orang tuamu tidak akan mengizinkan, namun jika dengan kakak tercinta masa iya gak boleh juga?

3. Pergi ke Cafe

Pergi ke Cafe

Ngopi bareng adik via www.wisebread.com

Cafe adalah tempat kekinian yang sering dikunjungi bersama teman. Nah kalau kamu dan adikmu tipe orang yang suka browsing dengan kecepatan tinggi, kamu bisa pergi ke cafe bersama adikmu untuk mendapat koneksi yang cepat via wifi sambil minum kopi. Sembari main internet, kamu dan adikmu bisa ngobrol santai dan membicarakan beragam hal. Kamu akan banyak belajar tentang kesehariannya, mulai  dari sekolah, hingga  masalah percintaan yang  sedang ia alami. Suasana cafe yang nyaman mungkin akan membantu adikmu untuk curhat jika ia memang tipe orang yang pendiam.

4. Memperbaiki Barang yang Rusak

Memperbaiki Barang yang Rusak

Memperbaiki rumah via www.publicradio.org

Di rumah kadang terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya angin besar meniup genteng dan melubanginya sampai bocor. Atau komputermu tiba-tiba rusak tak mau menyala. Nah, hal-hal semacam ini adalah saat tepat untuk bekerja bergotong royong bersama adikmu.

Sebelum memanggil tukang servis cobalah uji kecerdasan kalian untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kamu bisa berbagi tugas. Jika adikmu perempuan, maka mintalah ia menjaga tangga sementara kamu naik ke atas genteng untuk memperbaikinya. Selain itu, memperbaiki komputer dengan adikmu bisa jadi lucu dan menyenangkan lho. Kamu yang sama-sama nggak paham dengan urusan komputer harus mencoba semua tips yang ditemukan di internet demi menyelamatkan semua data yang ada di dalam harddisk.

5. Membuat Resep Favorit

Membuat Resep Favorit

Memasak resep baru via www.hercampus.com

Kamu nggak mungkin kan hidup tanpa makan? Kalau biasanya ibu yang memasak untuk seluruh keluarga, sekali-kali kamu dan adikmu bisa membuat kejutan dengan memasak makanan untuk orang tua kalian. Ketika orang tuamu masih di kantor dan kalian tidak ada kesibukan, pergilah ke dapur dan berilah kejutan orang tuamu dengan makanan buatan kalian.

Mulailah dengan mencari resep, menyiapkan semua bahan lalu masak dengan sepenuh hati. Jangan lupa berdoa agar makananmu terasa enak ya. Tapi, sebenarnya meskipun masakanmu kurang sedap orangtuamu pasti akan tetap menyantapnya karena bahagia dengan hadiah kecil yang kamu dan adikmu siapkan seharian.

6. Menonton TV

Menonton TV

Menonton tv dengan adikmu via www.irkitated.com

Jika liburan tak kunjung datang, kamu dan adikmu tetap bisa menikmati hari bersama. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan menonton TV di rumah. Kadang ada acara TV yang kamu anggap konyol dan aneh. Semakin aneh acara TV, maka akan semakin seru acara menonton TV karena kamu bisa mengomentari setiap detail tontonan bersama adikmu. Kalian bisa tertawa sepuasnya tanpa membuang uang secara berlebihan.

7. Berbelanja Keperluan Sehari-hari

Berbelanja Keperluan Sehari-hari

Berbelanja sayuran via www.peteradamsphoto.com

Pergi belanja sendiri mungkin akan terasa malas dan membosankan. Apalagi kalau kamu cowok dan harus membeli terigu, gula, minyak goreng, dan kebutuhan lainnya. Percaya deh ini adalah saat yang tepat untuk mengajak adikmu pergi berbelanja. Kalau ada teman bicara, paling tidak kamu tidak akan bosan atau malas mengumpulkan barang dapur satu persatu. Kamu dan adikmu juga bisa memilih cemilan untuk nonton TV di rumah nanti.

8. Main Game

Main Game

Main play station bersama via www.fraghero.com

Kamu yang suka main game harus merasakan berbagai game kesukaan dengan adikmu. Asyik rasanya kalau di rumah kalian jadi bisa ngobrol tentang game. Saling menanyakan level dan membantu dengan tips jitu memenangkan sebuah stage. Kamu juga bisa berbagi di kala kamu kehabisan nyawa. Punya sekutu di rumah terbukti bisa membuat aktivitas game mu menjadi lebih menyenangkan. Karena sering main game bareng, kamu jadi ingin cepat pulang demi main bersama adikmu.

9. Jalan-Jalan ke Mal

Jalan-Jalan ke Mal

Ke Mal dengan adik perempuan via www.rd.com

Pergi ke mal sekedar melepas penat sangat menyenangkan jika dilakukan di akhir minggu. Kamu bisa mengajak adikmu untuk pergi main. Dengan pergi bersama kakak, ia akan menjadi lebih berhemat. Dia tidak perlu membayar bensin dan parkir sendiri karena ada kamu yang siap mentraktir apapun untuknya.

Tak masalah buat kamu yang sudah bekerja, bukan? Namun jika kalian sama-sama masih sekolah, sebaiknya kamu dan adikmu saling berbagi. Misalnya kamu beli bensin dia yang bayar parkir atau jika minggu ini giliranmu traktir, minggu depan dialah yang harus menyisihkan uang jajan demi main bersama kakak tercinta.

10. Mengerjakan Tugas

Mengerjakan Tugas

Membantu mengerjakan tugas via www.sofaworldjaipur.com

Mengerjakan tugas dan PR pasti kegiatan yang menjemukan buat adikmu yang masih sekolah. Nah, inilah saatnya kamu menjadi kakak yang hebat. Kamu yang sudah lewat masa sekolah pasti ingat beberapa pelajaran di sekolah dulu. Kamu bisa menemaninya belajar dengan membantu mencari informasi dari buku atau internet. Untuk kamu yang adiknya sedang sibuk skripsi, kamu bisa meringankan bebannya dengan bantuan edit dokumen skripsinya atau sekedar menerjemahkan dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia.

Wah, banyak banget ya ternyata yang bisa kamu lakukan dengan adikmu. Mumpung kamu sedang tidak sibuk atau sedang liburan, temani adikmu agar ia tahu bahwa ia punya kakak yang menyenangkan dan bisa diandalkan. Share pengalamanmu, yuk!

beranjak remaja keluarga bahagia

No related post!

Leave a reply

3 + 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.